Download Firmware VIVO Semua Tipe Lengkap

VIVO merupakan salah satu produsen serta merek dari smartphone asal Dongguan, Guangdong, Tiongkok yang juga merupakan anak dari perusahaan BBK Electronics. Dalam perkembangannya, VIVO selalu menghadirkan varian smartphone yang mampu memanjakan penggunanya, terutama sektor kameranya yang hadir dengan resolusi yang begitu tinggi.

Baru-baru ini VIVO juga telah menghadirkan varian terbarunya yakni VIVO S1 Prime yang hadir dengan Chipset Snapdragon 665 lengkap dengan kamera beresolusi tinggi 48 MP. VIVO S1 Prime ini akan tersedia mulai 15 Agustus 2020 dengan warna Jede Black dan Nebula Blue yang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 4,5 jutaan.

Beragam tipe dan varian yang dihadirkan VIVO terbilang mengesankan, namun tak semuanya nyaman ketika digunakan. Banyak pengguna yang justru mengeluhkan masalah kamera VIVO yang tidak dapat beralih. Kemungkinan dari masalah tersebut bisa jadi karena sistem atau hardware yang tidak berjalan maksimal, akibatnya pengguna dirugikan dan tidak dapat menggunakan kamera depan sebagaimana mestinya.

Selain itu, beberapa masalah yang kadang juga terjadi pada perangkat VIVO adalah sebagai berikut;

Dari masalah sistem serta pesan error yang muncul membuat pengguna ingin melakukan Flashing atau install ulang sistem. Dan untuk melakukannya, pengguna membutuhkan Firmware atau Stock ROM. Bagi anda yang membutuhkan Firmware VIVO, silahkan simak daftar dan penjelasannya berikut ini;

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Instagram Error di HP VIVO

Download Firmware VIVO Lengkap

Dari daftar firmware dibawah ini, anda bisa pilih firmware sesuai dengan tipe smartphone VIVO yang anda gunakan. Untuk melakukan Flashing, silahkan ikuti panduannya dibawah form download Firmware.

1. VIVO Seri S

Tipe VIVOLink Download
VIVO S1 ProDownload
VIVO S1Download

2. VIVO Seri Z

Tipe VIVOLink Download
VIVO Z1 ProDownload

3. VIVO Seri X

Tipe VIVOLink Download
VIVO X50 ProDownload
VIVO X50Download
VIVO X5 MaxDownload
VIVO X5 ProDownload

4. VIVO Seri Y

Tipe VIVOLink Download
VIVO Y50Download
VIVO Y30Download
VIVO Y11Download
VIVO Y19Download
VIVO Y15Download
VIVO Y12Download
VIVO Y91CDownload
VIVO Y17Download
VIVO Y91 2019Download
VIVO Y93Download
VIVO Y95Download
VIVO Y91Download
VIVO Y83Download
VIVO Y81Download
VIVO Y81DDownload
VIVO Y71Download
VIVO Y65Download
VIVO Y69Download
VIVO Y53Download
VIVO Y55sDownload
VIVO Y55Download
VIVO Y51Download
VIVO Y35Download
VIVO Y21Download

5. VIVO Seri V

Tipe VIVOLink Download
VIVO V19Download
VIVO V17 ProDownload
VIVO V15 ProDownload
VIVO V15Download
VIVO V11 ProDownload
VIVO V11Download
VIVO V9 6GBDownload
VIVO V9Download
VIVO V7Download
VIVO V7+Download
VIVO V5 PlusDownload
VIVO V5sDownload
VIVO V5Download
VIVO V5 LiteDownload
VIVO V3 MaxDownload

Lihat Juga : Cara Hard Reset VIVO Semua Tipe

Ketentuan Flashing Terbaru VIVO

Informasi yang saya dapatkan dari laman resminya VIVO mengatakan bahwa untuk tipe perangkat VIVO yang sudah menggunakan Android 8 (Oreo) atau yang lebih tinggi tidak dapat menggunakan Firmware dibawahnya. Artinya, apabila tipe HP VIVO anda secara default sudah menggunakan Android 8 (Oreo) maka tidak bisa melakukan downgrade ke Android 7 (Nougat).

Jikapun dapat dilakukan, maka kemungkinan sistem tidak berjalan maksimal atau ada beberapa fitur dan hardware yang tidak berfungsi karena sistem yang tidak sesuai. Jadi, buat anda yang ingin melakukan Flashing, perlu diperhatikan baik-baik ketentuan ini.

Panduan Flashing HP VIVO

Untuk melakukan Flashing, ada dua metode berbeda antara VIVO dengan layar Fullview Display dan Layar dengan ratio 16:9. Jadi, anda perlu menyesuaikan cara Flashing sesuai dengan tipe smartphone yang anda gunakan. Resiko melakukan Flashing akan menghapus semua data ponsel seperti kontak dan pesan. Jadi harap untuk melakukan backup atau pencadangan terlebih dahulu.

1. Untuk VIVO Layar Penuh (Fullview Display)

Beberapa smartphone VIVO yang telah mengadopsi layar Fullview adalah varian VIVO keluaran terbaru seperti VIVO 91, 91C, 93, 81, 83, V95, V11, V11 Pro, dan masih banyak lagi.

Lakukan Wipe Data terlebih dahulu

Pertama, silahkan matikan smartphone VIVO anda terlebih dahulu. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan sampai nantinya muncul logo VIVO untuk masuk ke Fastboot mode. Pilih Recovery Mode menggunakan Volume Down dan memilih dengan tekan tombol Power.

1 Masuk Recovery Mode VIVO

Untuk melakukan Wipe Data, silahkan pilih Wipe Data » Wipe Data » Masukkan password kunci layar (input the unlock password). Jika sudah, pilih Reboot sistem untuk me-reboot smartphone anda.

2 Wipe Data VIVO

Lakukan Flashing secara manual

Selanjutnya, silahkan unduh Firmware sesuai dengan tipe perangkat yang anda gunakan. Simpan Firmware tersebut di direktori root penyimpanan ponsel anda atau kartu SD tanpa melakukan dekompresi.

NOTE: Direktori root merupakan bagian pertama yang bisa anda lihat ketika membuka File Explorer. Dengan kata lain, jangan menempatkan Firmware di dalam folder tertentu, cukup diluarnya saja. Anda bisa menemukan bagian ini pada antarmuka Penyimpanan Ponsel di File Manager anda.

Flashing VIVO Manual

Untuk menginstalnya, silahkan klik Firmware yang ada File Manager tersebut. Ikuti panduan selanjutnya dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Lakukan Flashing melalui Recovery Mode

Jika anda tidak dapat masuk ke dalam antarmuka smartphone karena sistem yang bermasalah, anda bisa ikuti langkah-langkah Flashing melalui Recovery Mode. Silahkan simpan dulu Firmware di dalam SD Card. Dari fitur Recovery Mode, pilih Install Pembaruan (Install Update) » Penyimpanan Telepon (Phone Storage) / Kartu SD (SD Card) » pilih Firmware » tekan Selanjutnya untuk menginstall.

Flashing VIVO Lewat Recovery Mode

2. Untuk VIVO dengan Layar tampilan 16:9

Smartphone VIVO yang mengadopsi layar dengan ratio 16:9 adalah varian VIVO versi lama seperti VIVO Y65, Y69, Y53, Y55s, Y51, V5, V5 Plus, dan lainnya. Bagi anda yang mungkin masih menggunakan varian VIVO lama, silahkan ikuti panduannya berikut ini;

Lakukan Wipe Data terlebih dahulu

Sama seperti penjelasan sebelumnya, silahkan matikan smartphone VIVO anda terlebih dahulu. Klik tombol Power + Volume Up secara bersamaan sampai nantinya muncul logo VIVO dan masuk ke fitur Recovery Mode.

1 Masuk Recovery Mode VIVO Lama

Setelah itu, tap Wipe Data » Wipe Data » Wipe Data. Kemudian pilih Reboot sistem untuk me-reboot smartphone VIVO anda. Bagi yang masih menggunakan (Funtouch OS 2.0 dan versi yang lebih rendah), pilih Recovery dengan menggunakan Volume Down serta gunakan tombol Power untuk memilih. Lalu, pilih Wipe Data / Factory Reset » Wipe Data » Wipe Data. Pilih Reboot sistem sekarang untuk menyelesaikan proses.

2 Hard Reset VIVO Lama

Lakukan Flashing secara manual

Sebelumnya, pastikan anda telah mengunduh Firmware yang anda butuhkan. Tempatkan Firmware tersebut ke Direktori root di penyimpanan ponsel anda tanpa dekompresi.

NOTE: Direktori root merupakan bagian pertama yang bisa anda lihat ketika membuka File Explorer. Dengan kata lain, jangan menempatkan Firmware di dalam folder tertentu, cukup diluarnya saja. Anda bisa menemukan bagian ini pada antarmuka Penyimpanan Ponsel di File Manager anda.

Instal Ulang VIVO Manual

Untuk Flashing, silahkan klik Firmware tersebut untuk mulai melakukan instalasi sistem. Ikuti petunjuk berikutnya dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Lakukan Flashing melalui Recovery Mode

Apabila anda tidak dapat masuk ke antarmuka ponsel VIVO anda, lakukan Flashing melalui Recovery Mode. Pada fitur Recovery Mode, pilih Install Pembaruan (Install Update) » Penyimpanan Telepon (Phone Storage) / Kartu SD (SD Card) » pilih Firmware » tekan Selanjutnya untuk menginstall.

Flashing VIVO Lewat Recovery Mode

Untuk ponsel yang masih menggunakan Funtouch OS 2.0 atau versi yang lebih rendah, silahkan pilih Terapkan pembaruan dari sdcard Internal (Penyimpanan Telepon) atau Terapkan pembaruan dari sdcard Eksternal (Kartu SD) » lalu pilih Firmware untuk memasangnya.

Lihat Juga : 14 Masalah WhatsApp dan Solusi Mengatasinya

Akhir kata,

Itulah daftar Firmware VIVO yang bisa kalian unduh serta panduan dalam melakukan Flashing. Selain Flashing secara manual serta lewat Recovery Mode, anda juga dapat melakukan Flashing menggunakan perangkat PC beserta tools yang dibutuhkannya.

Sekian tutorial dari saya, semoga bisa membantu dan beramanfaat. Apabila ada link yang rusak atau ingin menambahkan komentar lain, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.