10 Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang Timbul

Apa sinyal Android Anda terkadang muncul dan terkadang hilang? masalah tersebut tentunya membuat Anda sedih dan…

Apa sinyal Android Anda terkadang muncul dan terkadang hilang? masalah tersebut tentunya membuat Anda sedih dan galau. Bagaimana tidak, tanpa adanya sinyal aktivitas harian seperti telepon, SMS, chatting, sosial media, dan browsing serasa kurang maksimal. Tapi Anda harus bisa memaklumi karena hal tersebut biasanya di sebabkan oleh kondisi sinyal operator di lokasi Anda memang kurang bagus. Indonesia adalah Negara kepulauan, kualitas dan jangkauan sinyal memang tidak sebagus di negara maju, banyaknya gunung menjadi halangan kenapa sinyal sulit untuk masuk ke HP kita.

Apakah Anda tinggal di desa? Jika Anda tinggal di desa yang lumayan terpencil mungkin dari hal tersebutlah yang membuat sinyal Android terasa sulit di dapat. Jika Anda perhatian, pasti akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan sinyal di area perkotaan di banding area perdesaan. Tower BTS yang terdapat di kota lebih banyak di banding di desa dan cakupannya juga lebih mudah karena tidak terhalang oleh gunung. Tapi hal tersebut tidak menghalangi Anda untuk bisa berkomunikasi dengan orang jauh walaupun Anda tinggal di desa. Ada beberapa solusi dalam mengatasi sinyal Android yang sering hilang. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang / Tidak Muncul

Penyebab Sinyal Android Hilang Timbul

Ada banyak faktor yang menyebabkan sinyal Android hilang timbul. Secara umum hal ini lebih sering terjadi karena area / lokasi tidak memiliki cakupan sinyal yang bagus.

  • Provider sedang dalam perbaikan atau perawatan – Ada kemungkinan provider sedang melakukan perbaikan atau perawatan (maintenance). Kebanyakan provider lebih sering melakukan perawatan pada malam hari (antara jam 00.00 sampai jam 03.00 pagi). Tetapi tidak menutup kemungkinan perawatan juga dilakukan pada siang hari. Jika benar demikian, Anda hanya bisa menunggu sampai jaringan normal dan stabil kembali.
  • Di luar cakupan area jaringan – Anda berada di luar cakupan area provider sehingga kualitas sinyal yang didapatkan tidak maksimal sampai sinyal hilang timbul bahkan hilang total. Kondisi semacam ini mungkin dapat Anda rasakan ketika berada di lokasi pedesaan.
  • Sinyal di tempat Anda kurang bagus / tidak stabil – Meskipun area Anda memiliki kualitas sinyal yang cukup bagus. Faktor lain seperti di dalam dan di luar ruangan juga sangat berpengaruh. Ketika di dalam ruangan sinyalnya hanya 3 bar, sementara di luar ruangan bisa dapat 5 bar.
  • Cuaca buruk – Faktor cuaca seperti hujan deras disertai angin dan petir juga dapat menyebabkan gangguan sinyal. Lalu lintas jaringan dapat terhambat atau terganggu karena cuaca yang buruk. Hal ini beralasan karena jaringan seluler menggunakan frekuensi radio yang sangat bergantung pada kondisi cuaca.
  • Masalah sistem dan aplikasi terinstall – Bugs pada sistem dan aplikasi juga dapat menyebabkan jaringan seluler tidak berfungsi dengan baik. Coba lakukan perbaikan dengan update sistem atau Flashing ulang sistem Android.  
  • Terjadi kerusakan komponen – Kemungkinan lain terjadi kerusakan pada komponen jaringan. Terutama di bagian slot SIM Card dan penangkap sinyal. Tetapi hal tersebut masih belum pasti, coba datang ke service HP terdekat atau tanyakan langsung ke Service Center (resmi) untuk mendapatkan penjelasan dan penanganan.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Tersambung Internet

Mengatasi Sinyal Android Hilang Timbul

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, saatnya melakukan perbaikan pada masalah sinyal yang hilang timbul tersebut. Tak ada aplikasi tambahan dari tips yang saya berikan di bawah ini. Cukup dengan memanfaatkan fitur yang tersedia pada smartphone Android Anda maka sinyal operator dapat kembali normal.

1. Gunakan mode pesawat terbang

Aktifkan Mode Pesawat Terbang Android
1. Aktifkan mode pesawat terbang. RUDI DIAN ARIFIN

Mode pesawat terbang (Airplane Mode) di fungsikan untuk menonaktifkan operator SIM Card dan semua aktivitas jaringan ponsel untuk tidak aktif sesuai dengan keinginan kita. Aktifkan mode pesawat terbang selama beberapa detik (misal 10 detik) kemudian matikan kembali mode pesawat terbang tersebut. Hal ini bertujuan untuk memancing sinyal Android agar mendapatkan sinyal operator yang baru.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Pengaturan Jaringan & Nirkabel » aktifkan Modus Pesawat.
  3. Tunggu selama beberapa saat. Setelah itu, matikan Modus Pesawat.
  4. Lihat apakah sinyal normal kembali normal atau tidak.
  5. Selesai.

2. Cek setelan jaringan smartphone

Aktifkan Jaringan 4G Android
2. Cek setelan jaringan smartphone. RUDI DIAN ARIFIN

Pada ponsel Android terdapat beberapa opsi jaringan, di antaranya GSM only, WCDMA only, WCDMA/GSM otomatis, dan LTE/WCDMA/GSM otomatis. Coba ingat-ingat kembali apakah sebelumnya Anda telah melakukan perubahan pada setelan jaringan atau tidak. Opsi tersebut sangat berpengaruh pada kualitas jaringan yang Anda dapatkan. Jika misalnya Anda memilih WCDMA only maka sinyal yang Anda dapatkan hanya 3G/3,5G/ HSDPA. Namun jika Anda memilih LTE/WCDMA/GSM otomatis maka Anda bisa mendapatkan sinyal hingga 4G LTE.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Pengaturan Jaringan & Nirkabel » Jaringan Seluler.
  3. Pastikan Aktifkan 4G dalam keadaan aktif (enable) serta Jenis jaringan yang dipilih sudah LTE/WCDMA/GSM otomatis.
  4. Selesai.

Opsi jaringan juga sangat berpengaruh pada lokasi tempat tinggal Anda. Jika Anda merasa lokasi tempat tinggal Anda belum mendukung jaringan 4G LTE, maka saya sarankan untuk memilih WCDMA only agar sinyal yang ditangap lebih fokus pada jaringan 3G/3,5G.

Lihat Juga : 7 Cara Mengubah Sinyal 2G/3G Menjadi 4G LTE di HP Android

3. Coba pindah ke lokasi lain

Sinyal Android yang hilang timbul dapat terjadi karena kualitas sinyal di lokasi Anda kurang bagus / buruk. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, perbedaan di dalam dan di luar ruangan sangat berpengaruh. Apalagi ruangan tersebut dibuat dari metal atau beton berulang, sinyal provider akan sulit masuk. Jika Anda berada di dalam ruangan, cobalah pindah ke bagian lain atau keluar dari ruangan untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik. Tanyakan teman atau rekan Anda yang juga menggunakan provider yang sama, apakah ia mengalami masalah yang sama atau tidak.

4. Tes kartu SIM

Kebiasaan meletakkan kartu SIM di sembarang tempat berisiko terjadinya goresan pada kuningan kartu. Goresan pada kuningan kartu tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kartu, sinyal hilang, hingga kartu tidak terbaca. Maka dari itu Anda perlu berhati-hati dan jangan sembarangan meletakkan kartu SIM. Coba lakukan tes atau pengecekan pada kartu SIM yang Anda gunakan. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah kartu SIM Anda bermasalah atau tidak.

  • Coba ganti kartu SIM Anda dengan yang baru (yang juga menggunakan provider yang sama). Kalau kartu SIM tersebut tidak ada masalah sama sekali, berarti kartu SIM yang lama memang rusak.
  • Coba masukkan kartu SIM yang lama ke smartphone lain. Kalau kartu SIM tidak terjadi masalah dan sinyal tidak hilang timbul maka kemungkinan slot SIM Anda bermasalah.
  • Coba pindahkan kartu pada slot berbeda. Misalnya kartu SIM terpasang pada slot SIM 1 maka Anda bisa pindahkan ke slot SIM 2.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi SIM Card Android Tidak Terbaca

5. Perbarui sistem Android Anda

Update Sistem Android
5. Perbarui sistem Android Anda. RUDI DIAN ARIFIN

Masalah tersebut mungkin saja terjadi karena bugs pada sistem Android atau antarmuka smartphone sehingga menyebabkan penangkap sinyal tidak bekerja dengan baik. Cobalah untuk melakukan update sistem Android ke versi terbaru saat ini. Biasanya pembaruan membawa sejumlah fitur dan perbaikan yang mana dapat memperbaiki masalah sinyal hilang timbul.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Tentang ponsel » Pembaruan sistem.
  3. Jika tersedia versi sistem terbaru, Anda bisa lakukan update.
  4. Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, Anda bisa restart ponsel Android Anda.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android

Penutup,

Jika semua cara tidak berhasil maka tips terakhir yang bisa saya berikan adalah dengan membawa ke Service Center atau bertanya kepada yang lebih ahli. Dari tips yang saya berikan di atas, saya sendiri tidak bisa menjamin 100% berhasil. Terkadang cara tersebut berhasil di satu smartphone tapi belum tentu berhasil di smartphone lain. Apabila dengan tips di atas tidak berhasil, carilah tips yang lebih ampuh dari tips yang saya tulis.

Metode sederhana di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, NOKIA, dan lainnya. Jika nantinya terdapat perbedaan tampilan maupun nama fitur, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Tulis tanggapan Anda mengenai artikel di atas melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

  1. 13 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Bunyi & Tidak Muncul di HP Samsung

    Notifikasi di HP Samsung Anda tidak bunyi dan tidak muncul, simak penyebab dan tips memperbaikinya berikut…
  2. 12 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

    Periksa kondisi Touchpad terlebih dahulu, lalu pastikan driver tidak bermasalah
  3. Perbedaan antara Wibu, Otaku, Wota

    Meskipun merujuk pada Jepang, namun ketiga istilah tersebut memiliki arti yang berbeda-beda