21 Daftar Biaya Servis HP Android Lengkap

Berikut informasi lengkap mengenai tarif biaya yang dikeluarkan untuk servis HP Android lengkap!

Meskipun Android telah memanjakan Anda dengan beragam fitur dan layanan yang menarik, bukan berarti Anda bisa menggunakannya tanpa kendala sama sekali. Terkadang akan ada waktu di mana para pengguna HP Android merasa kesal dengan permasalahan error yang di alaminya. Contohnya seperti masalah kinerja HP yang lemot saat digunakan, bootloop, force close, not responding, tidak mengeluarkan suara, dan lain sebagainya. Kondisi ini sering kali terjadi pada smartphone dengan spesifikasi mid-range ke bawah, tetapi tidak menutup kemungkinan pengguna smartphone flagship juga dapat mengalaminya.

Memperbaiki kesalahan error pada HP Android terkadang bisa dilakukan secara mandiri, apalagi dengan kecanggihan teknologi informasi saat ini, Anda bisa mendapatkan banyak sekali opsi perbaikan melalui internet. Namun bagaimana jika kerusakan tersebut tergolong parah? Tentu saja Anda perlu melakukan servis HP, apalagi kerusakannya berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras. Beberapa pengguna Android mungkin bertanya, lalu berapa biaya yang diperlukan untuk servis HP yang rusak? Apakah mahal atau masih cukup wajar?

Biaya yang Anda perlukan untuk melakukan servis HP Android sangat lah bervariasi, biaya ini pun juga tergantung dari kebijakan masing-masing penyedia jasa servis. Umumnya biaya ini dimulai dengan tarif 50 ribuan saja untuk servis kerusakan ringan. Namun biaya tersebut bisa lebih tinggi hingga jutaan jika harga komponennya cukup mahal. Berikut daftar biaya servis HP Android lengkap yang bisa Anda jadikan referensi sebelum mendatangi tempat servis HP Android di wilayah atau kota Anda.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO

Jenis kerusakan pada HP

Beli HP Samsung Shopee
Beli HP Samsung di Shopee

Sebelum Anda melihat biaya servis HP Android di bawah ini, Anda perlu mengetahui bahwasanya terdapat dua jenis kerusakan pada HP, yaitu sistem dan komponennya. Berikut penjelasan dari kedua kerusakan tersebut.

  • Kerusakan sistem – Jenis kerusakan yang berasal dari data sistem Android yang error. Contohnya seperti HP macet / hang, muncul notifikasi telah berhenti, aplikasi tidak bisa dibuka, bootloop, terkena virus, dan sebagainya.
  • Kerusakan komponen – Sedangkan masalah ini dapat diakibatkan oleh salah satu bagian komponen HP. Contohnya, IC Power, Touchscreen susah digerakkan, suara speaker tidak jernih, kamera tidak berfungsi, dan sejenisnya. Dan jangan heran jika jenis kerusakan ini cenderung lebih mahal dibandingkan kerusakan sistem, karena Anda harus membeli komponen yang rusak tersebut + biaya servis.

Lihat Juga : 10 Cara Masuk Safe Mode HP Xiaomi

Daftar Biaya Servis HP Android Lengkap

Daftar Harga Servis HP
Sumber Gambar : unsplash.com

Di bawah ini tersedia tabel informasi yang berisikan jenis kerusakan dan kisaran biaya yang akan Anda keluarkan ketika ingin servis HP Android Anda. Harga tersebut kemungkinan besar hampir sama untuk setiap merek HP, baik Samsung, ASUS, Xiaomi, dan merek HP Android lainnya.

Jenis KerusakanKisaran Biaya
Backup Data50 – 150 ribuan
Restore Data50 – 150 ribuan
IMEI Hilang50 – 150 ribuan
Flash Ulang HP50 – 200 ribuan
Perbaiki HP Terkena Air350 – 1 jutaan
Perbaiki HP Konslet400 – 1 jutaan atau bisa lebih
Perbaiki HP Mati Total100 – 500 ribuan
Servis Bootloop50 – 150 ribuan
Reset Ulang HP50 – 100 ribuan
Lupa Pola/Password50 – 100 ribuan
Mengganti IC Power100 – 300 ribuan
Mengganti IC Sinyal70 – 200 ribuan
Mengganti IC Charger100 – 200 ribuan
Mengganti Konektor Baterai50 – 100 ribuan
Mengganti Baterai100 – 300 ribuan
Mengganti EMMC100 – 400 ribuan
Ganti Tombol Power50 – 80 ribuan
Ganti Port Headset50 – 150 ribuan
Ganti Konektor Layar50 – 150 ribuan
Ganti LCD Layar/Touchsreen300 – 1 jutaan
Ganti Speaker100 – 300 ribuan

1. Biaya backup data

Umumnya melakukan backup data bisa dilakukan secara mandiri ketika HP Android yang Anda gunakan masih aktif dengan normal. Namun bagaimana dengan yang sudah mati total atau bootloop? Apakah masih bisa diperbaiki? Tentu saja bisa, akan tetapi Anda membutuhkan bantuan dari penyedia jasa servis HP Android untuk mem-backup nya. Tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak ada jaminan semua HP yang rusak bisa dilakukan backup data, mengingat backup data pada HP yang sudah rusak / mati total bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan.

Biaya yang diperlukan untuk sekali backup data berkisar antara 50 – 150 ribuan. Namun tidak semua tempat service menerima jasa backup data.

2. Biaya restore data

Tujuan melakukan Restore Data ini adalah untuk mengembalikan data yang sudah hilang atau secara tidak sengaja terhapus oleh Anda sendiri. Sama seperti halnya jasa Backup Data sebelumnya, tidak semua tempat service mampu mengembalikan data yang sudah hilang tersebut. Meskipun ada yang menawarkan jasa Restore Data, Anda tidak perlu heran jika biaya jasa yang ditarif cukup tinggi yaitu antara 50 – 150 ribuan. Biaya jasa ini bahkan bisa lebih tinggi hingga 500 ribuan, tergantung dari tingkat kesulitan dan banyaknya data yang dipulihkan.

3. Biaya servis IMEI HP hilang

IMEI merupakan sebuah nomor khusus yang digunakan sebagai identitas HP. Nomor IMEI ini berfungsi agar HP Anda bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon hingga browsing di internet. Namun dalam kasus tertentu, masalah error yang terjadi pada HP bisa mengakibatkan IMEI hilang/rusak tanpa sebab. Alhasil HP Anda secara otomatis tidak bisa terhubung dengan jaringan seluler, dan HP Anda bisa terindikasi BM (Black Market).

Memperbaiki IMEI yang hilang/rusak ini sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri, Anda bisa mengikut berbagai tutorialnya melalui internet. Namun jika Anda ragu dan tidak bisa melakukannya, akan lebih baik bawa ke tempat servis untuk memperbaikinya. Biaya yang ditarif sekitar 50 – 150 ribuan saja.

4. Biaya flash ulang HP

Flashing HP merupakan salah satu metode sering kali digunakan untuk memperbaiki segala masalah yang berkaitan pada sistem operasi HP, baik itu HP tidak bisa menyala, bootloop, hang, macet, atau sejenisnya. Opsi perbaikan ini sebenarnya juga bisa dilakukan secara mandiri dengan mengikuti tutorial flash HP di internet. Namun jika Anda ragu, sebaiknya jangan dipaksakan karena sedikit kesalahan bisa membuat kerusakan HP menjadi lebih parah.

Flashing HP bisa dikatakan sebagai metode perbaikan yang cukup sulit dilakukan, apalagi bagi Anda yang masih pemula dalam bermain gadget. Maka dari itu sangat disarankan untuk memperbaikinya di tempat servis. Melalui servis ini mungkin Anda akan dikenai biaya sekitar 50 – 200 ribuan.

5. Tarif servis perbaikan HP korslet / terkena air

HP yang korslet bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu charger yang tidak benar atau mungkin HP terkena air. Dan ketika hal tersebut terjadi pada Anda, kemungkinan besar HP tidak bisa berfungsi dengan baik, seperti touchscreen gerak sendiri hingga mati total. Segera kunjungi tempat servis untuk mendapatkan perbaikan.

Besaran biaya yang diperlukan untuk memperbaiki HP Android yang korslet sekitar 350 ribuan hingga jutaan. Biaya ini juga bisa lebih tinggi/mendekati harga HP tersebut, apabila kerusakan yang dialami HP sangat parah. Mengapa biayanya bisa sangat mahal? Karena korslet yang terjadi ini biasanya mengenai mainboard, di mana mainboard sudah 1 paket dengan HP.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

6. Tarif servis perbaikan HP mati total

Ada dua faktor yang menyebabkan HP bisa mati total, yaitu terjadi masalah error pada sistem atau kerusakan pada komponen HP. Biaya yang diperlukan untuk memperbaiki HP mati total sangat bervariasi. Jika kerusakannya terjadi pada sistem, mungkin Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 100 – 200 ribuan. Namun jika terjadi kerusakan pada komponen dan harus menggantinya, biaya servis bisa mencapai 500 ribuan (tergantung komponen dan tipe HP).

7. Tarif biaya servis bootloop

Bootloop merupakan suatu kondisi di mana HP hanya menampilkan loading screen/tampilan logo saja ketika dinyalakan dan setelah itu HP melakukan restart sendiri. Hampir setiap pengguna HP Android pasti pernah mengalami bootloop. Mereka beranggapan jika masalah ini sering kali timbul karena adanya kerusakan pada file sistem. Biaya servis yang untuk memperbaikinya tidak begitu mahal, cukup sekitar 50 – 150 ribuan saja.

8. Biaya reset ulang HP

Layaknya flashing HP, Reset HP juga bisa dikatakan sebagai salah satu opsi perbaikan pada Android. Metode ini sering kali dimanfaatkan oleh pengguna Android untuk memperbaiki error jika terdapat kerusakan pada sistem. Sebenarnya melakukan reset HP bisa dilakukan secara mandiri tanpa perlu ke tempat servis. Anda bisa mengikuti salah satu dari tutorial di bawah ini untuk melakukannya.

Akan tetapi jika Anda merasa ragu dan tidak bisa melakukannya, Anda bisa mengunjungi Service Center. Biaya yang diperlukan juga tidak terlalu mahal, mungkin berkisar antara 50 – 100 ribuan saja.

9. Biaya lupa pola / password HP

Memberikan pola / password pada HP merupakan hal yang sangat diperlukan. Tujuannya adalah meningkatkan keamanan HP agar tidak diakses oleh orang lain tanpa seizin Anda. Namun dibalik manfaatnya tersebut, ternyata tidak sedikit pengguna yang sering kali melupakan pola / password HP mereka. Pada akhirnya HP terkunci dan tidak bisa dibuka. Memperbaiki lupa pola pada HP sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri dengan mengikuti tutorial yang ada seperti di bawah ini.

Namun jika Anda merasa ragu untuk melakukannya, Anda bisa kunjungi tempat servis HP saja agar aman. Biaya servis lupa pola / password pada HP Android ini sekitar 50 – 100 ribuan, namun biaya ini juga bisa lebih dari itu.

10. Mengganti IC Power

IC Power merupakan komponen yang berfungsi untuk menghantarkan daya pada HP. Ketika komponen IC Power ini mengalami kerusakan, bisa membuat HP tidak bisa dinyalakan, tidak merespon, dan tidak ada getar sama sekali. Kerusakan ini hanya bisa diperbaiki dengan cara mengganti komponennya. Kisaran biaya yang diperlukan untuk ganti komponen berkisar antara 50 – 150 ribuan, namun jika ganti IC Power keseluruhan bisa mencapai 300 ribuan lebih (tergantung tipe HP).

Lihat Juga : 7 Cara Keluar dari Mode Fastboot Xiaomi

11. Mengganti IC Sinyal

Jika Anda merasa HP tidak bisa menangkap sinyal dalam waktu yang cukup lama, maka kemungkinan besar terdapat masalah pada IC Sinyal. Kondisi ini biasanya terjadi ketika bar sinyal HP terlihat kosong, meskipun Anda sudah berusaha memperbaikinya dengan cara mengganti kartu provider dan mengubah setelan jaringannya. Kerusakan pada IC Sinyal ini hanya bisa diganti dengan yang baru jika ingin HP normal kembali. Kisaran harga yang akan Anda keluarkan sekitar 70 – 200 ribuan, dan biasanya sudah termasuk jasa pemasangan.

12. Mengganti IC Charger

IC Charger merupakan komponen perantara yang berfungsi untuk menghantarkan daya dari charger ke baterai saat HP sedang diisi ulang. Ketika komponen ini mengalami kerusakan, maka dampaknya akan membuat HP Anda tidak bisa di cas, meskipun Anda sudah mencobanya berulang kali dan bahkan dengan charger yang baru sekalipun. Biaya servis IC Charger di HP Android ini sekitar 100 – 200 ribuan dan sudah termasuk jasa pasangnya.

13. Mengganti konektor baterai

Masih saling berkaitan dengan komponen sebelumnya, konektor baterai juga berfungsi sebagai penghantar daya baterai ke HP Anda. Jika konektor baterai ini rusak / bermasalah, bisa membuat HP tidak bisa di cas sama sekali atau bahkan mati total. Memperbaiki masalah ini hanya bisa dilakukan dengan menggantinya dengan konektor yang baru. Biayanya mungkin antara 50 – 100 ribuan saja.

14. Mengganti baterai

Rusaknya baterai HP bisa ditandai dengan beberapa faktor, di antaranya seperti baterai cepat habis saat digunakan, memakan waktu lama saat HP di cas, mati total, dan sebagainya. Jika Anda melihat tanda-tanda tersebut pada HP, kemungkinan besar baterai sudah rusak dan harus diganti. Biaya yang diperlukan hanya berkisar 100 – 300 ribuan (tergantung kualitas baterai yang dipilih).

Namun penting untuk diperhatikan bahwa ada dua jenis tipe baterai pada HP, yaitu removable dan non-removable. Jika baterai HP Anda bertipe removable, Anda hanya perlu membeli baterai baru dan memasangnya secara mandiri. Namun sebaliknya jika HP Anda menggunakan tipe non-removable (baterai tanam), Anda perlu membawanya ke tempat servis untuk menggantinya. Tarif biaya pemasangannya sekitar 20 – 50 ribuan.

15. Mengganti EMMC

EMMC (Embedded Multi Media Controller) bisa dikatakan sebagai otak sarana media penyimpanan pada smartphone Android. EMMC yang rusak disebabkan karena Anda sering melakukan modifikasi pada sistem HP, seperti root atau melakukan custom rom. Ketika hal ini terjadi pada Anda, biasanya HP tidak akan bisa di reset maupun flashing. Satu-satunya opsi perbaikan yang bisa dilakukan yaitu mengganti komponen EMMC. Biaya yang perlu Anda siapkan sekitar 100 – 400 ribuan. Biaya ini juga bisa lebih tinggi tergantung dengan tipe HP.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung

16. Ganti tombol Power HP

Pemakaian HP yang cukup lama sering kali membuat beberapa komponen mengalami kerusakan, terutama pada bagian tombol Power. Terkadang inilah yang membuat beberapa pengguna sulit menyalakan HP karena power sudah rusak. Biaya untuk menggantinya sekitar 50 – 80 ribuan, namun biaya ini juga bisa lebih mahal untuk beberapa tipe HP.

17. Ganti port Headset HP

Ketika HP Anda susah sekali terhubung dengan headset saat disambungkan, maka kemungkinan besar port sedang bermasalah. Terkadang permasalahan pada headset bisa diperbaiki secara mandiri, namun jika kerusakannya ini terjadi pada port audio, Anda harus menggantinya di tempat servis. Biaya servis ditawarkan cukup beragam, namun biasanya sekitar 50 – 150 ribuan dan sudah termasuk jasa pemasangannya.

18. Ganti konektor layar

Permasalahan pada layar HP bukan hanya disebabkan oleh kerusakan komponen, mungkin saja kendala tersebut terjadi pada kabel konektor layar yang telah rusak. Kondisi ini biasanya ditandai dengan layar tiba-tiba berbayang, berwarna aneh atau tidak mengeluarkan gambar. Dalam memperbaikinya, Anda perlu mengganti konektor di tempat servis dengan biaya sekitar 50 – 150 ribuan.

19. Ganti LCD layar / touchscreen

Namun sebaliknya jika Anda mendapati layar HP retak, pecah, blank, hingga touchscreen tidak bisa digunakan, maka kemungkinan besar Anda harus mengganti layar tersebut agar bisa digunakan kembali. Kisaran biaya yang perlu Anda siapkan untuk mengganti layar sangar bervariasi, mulai dari harga 300 – 1 jutaan lebih tergantung dari tipe HP yang Anda miliki. Semakin tinggi spesifikasi atau kelas HP Anda, maka biayanya servis yang ditarif pun juga semakin mahal.

20. Ganti speaker

Tanda-tanda speaker yang bermasalah terjadi ketika HP tidak mengeluarkan suara sama sekali, meskipun Anda telah mencoba memutar musik dengan volume yang tinggi. Ada dua faktor kemungkinan yang menjadi penyebab masalah ini terjadi, yaitu sistem atau komponennya yang telah rusak. Sebaiknya Anda coba lakukan reset HP terlebih dahulu untuk mengetahuinya. Jika dengan reset HP masih tidak mengeluarkan suara, Anda bisa bawa HP ke tempat servis untuk ganti speaker. Biaya ganti speaker HP berkisar antara 100 – 300 ribuan beserta jasa pemasangannya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung di HP Samsung

Penutup,

Seperti itulah daftar biaya yang perlu Anda siapkan untuk servis HP Android berdasarkan jenis kerusakannya, baik permasalahan yang disebabkan oleh sistem atau komponen HP. Seperti yang Anda lihat pada tabel informasi di atas bahwa harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa pun cukup bervariasi, antara 50 ribuan untuk kerusakan ringan hingga jutaan bagi HP Android yang mengalami kerusakan parah. Informasi biaya servis HP android ini kurang lebih hampir sama di kota seluruh Indonesia dan pastinya berlaku untuk semua merek HP Android.

Apakah perlu menjalankan pembaruan perangkat lunak di Android?

Sangat perlu, dengan menjalankan pembaruan perangkat lunak, bisa meningkatkan kinerja dan stabilitas sistem, memperbaiki bugs, mendapatkan fitur terbaru, hingga perubahan antarmuka yang lebih baik dan modern.

Kenapa aplikasi muncul pop-up pesan telah berhenti?

Notifikasi β€œβ€¦ telah berhenti” sering kali disebabkan oleh bugs/error pada aplikasi. Dengan menghapus data aplikasi melalui β€œManajemen Aplikasi”, masalah tersebut bisa terselesaikan. Jika tidak berhasil, coba perbarui aplikasi atau re-install aplikasi.

Mengapa HP sering lemot dan hang saat digunakan?

HP yang sering mengalami hang/macet biasanya dikarenakan memori internal yang telah mencapai batasnya. Namun tidak menutup kemungkinan juga masalah ini ditimbulkan karena service sistem yang mengalami crash, terlalu banyak menginstall aplikasi, penumpukan file sementara, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin memperbaikinya, silakan optimalkan HP Anda dengan membersihkan file sampah dan data-data yang tidak dibutuhkan lagi.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!