17 Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Android

Berikut penyebab dan solusi mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Android yang dapat Anda simak…

Kenapa memory card saya tidak terbaca, apa sudah tidak layak pakai? Memory Card merupakan menjadi salah satu komponen penting pada smartphone, terutama bagi smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan kecil. Memori card yang tidak terbaca membuat pengguna merasa kesal dan sedih. Apalagi jika banyak data-data penting tersimpan di memori card tersebut; seperti foto, video, musik, dokumen, aplikasi, serta file-file penting lainnya.

Yang paling menyedihkan jika pengguna telah menginstall berbagai aplikasi penting seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram di memori card lalu tiba-tiba memori card tidak terbaca maka secara otomatis semua aplikasi terinstall pasti tidak bisa di buka. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa simak ulasan penyebab dan solusi berikut ini.

Lihat Juga : 18 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri

Penyebab memori card tidak terbaca

Beli MicroSD Shopee
Beli MicroSD SanDisk di Shopee

Tidak ada penyebab yang pasti mengapa memori card tidak bisa terbaca. Tapi dari pengalaman pengguna Android mereka mengatakan mungkin karena umur memori card yang sudah lama, sehingga maklum jika memori card tersebut sulit terbaca. Tetapi faktor umur bukan satu-satunya penyebab, ada faktor lain yang menyebabkan kartu memori tidak terbaca, Anda bisa simak beberapa poin penyebab berikut ini.

  • Usia pemakaian sudah cukup lama – Rata-rata umur kartu memori sekitar 4 –  6 tahun, hal ini juga tergantung dengan merek dan jenis kartu memori. Penggunaan kartu memori yang cukup lama, lebih dari 5 tahun sangat rentan terjadi kerusakan.
  • Kuningan tergores – Kuningan tembaga pada kartu memori merupakan konektor yang berfungsi agar kartu memori dapat terbaca. Kuningan tersebut sangat sensitif, jika terdapat goresan atau kerusakan kecil dapat mempengaruhi proses baca kartu memori.  
  • Posisi memori tidak pas – Kemungkinan lain pemasangan kartu memori tidak tepat / kurang pas sehingga proses baca tidak maksimal.
  • Suka memindahkan memori ke smartphone lain – Memindahkan memori ke smartphone lain dapat menyebabkan kartu memori bermasalah. Hal ini beralasan karena mungkin saja terdapat malware pada smartphone yang merusak / mengubah file konfigurasi pada kartu memori.
  • Kartu memori mengalami corrupt – Kemungkinan lain file konfigurasi kartu memori terjadi kerusakan / corrupt. Anda bisa menggunakan HP Drive Boot Utility untuk mengatur ulang file konfigurasi.
  • Memori tidak support – Sebelum membeli kartu memori cek dulu kompabilitas kartu memori pada smartphone. Bisa jadi kartu yang Anda pasang tidak kompatibel pada smartphone.
  • Partisi memori rusak – Terakhir, kemungkinan kerusakan partisi juga dapat menyebabkan kartu memori tidak terbaca. Anda bisa mengatur ulang partisi kartu memori menggunakan software Mini Tool Partition Wizard.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android

Cara mengatasi memori card tidak terbaca

Mungkin masih banyak penyebab-penyebab dari memori card yang tidak terbaca dan tidak menutup kemungkinan, kartu memori Anda memiliki penyebab yang berbeda. Untuk mengatasi beberapa penyebab di atas, coba atasi dengan tips mengatasi kartu memori tidak terbaca berikut ini.

1. Cek kompabilitas kartu memori

Sebelum membeli kartu memori pastikan untuk melihat kompabilitas pada smartphone yang Anda gunakan. Tidak semua kartu memori yang dijual cocok pada smartphone Anda. Dalam perkembangannya, kartu memori terbagi menjadi 4 jenis, yakni SDSC, SDHC, SDXC, dan yang terbaru SDUC. Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

  • SDSC (Secure Digital Standard Capacity) – Jenis kartu memori yang hanya menyediakan kapasitas 2GB. Kartu memori jenis ini sudah jarang ditemukan.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity) – Jenis kartu memori yang menyediakan kapasitas penyimpanan 4GB sampai 32GB.
  • SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) – Jenis kartu memori yang menyediakan kapasitas penyimpanan 32GB sampai 2TB. Rata-rata, ponsel Android keluaran terbaru telah support pada kartu jenis ini.
  • SDUC (Secure Digital Ultra Capacity) – Jenis kartu memori terbaru yang diperkenalkan pada Juni 2018 yang lalu. SDUC menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 128 TB, dengan kecepatan transfer data mencapai 985 MB/s.

Dari perbedaan jenis kapasitas tersebut, Anda perlu memastikan kembali smartphone yang Anda gunakan support pada jenis kartu mana serta berapa kapasitas maksimal yang dapat ditampung.

Misalnya, Anda memiliki ponsel Android seri lama yang hanya mendukung MicroSD dengan kapasitas maksimal 32GB, kemudian Anda pasang MicroSD dengan kapasitas lebih besar, yakni 64GB. Hal ini tentu saja membuat kartu memori tidak terbaca, karena Anda telah memasang kartu memori dengan kapasitas lebih dari 32GB.

2. Bersihkan kartu memori

Debu atau kotoran yang menempel pada konektor dapat menyebabkan proses baca tidak maksimal. Coba bersihkan bagian kuningan tembaga pada kartu memori untuk membersihkan debu atau kotoran tersebut. Anda bisa gunakan cairan pembersih khusus, kain, tisu, atau karet penghapusan untuk membersihkannya. Ikuti petunjuk di bawah ini agar tidak terjadi kesalahan;

  1. Pertama, matikan ponsel Android Anda.
  2. Kemudian keluarkan kartu memori (MicroSD) dari slot penyimpanan internal.
  3. Hati-hati dalam melepas kartu memori, jangan sampai lecet atau tergores.
  4. Bersihkan kuningan tersebut menggunakan cairan pembersih, tisu, atau karet penghapusan supaya lebih bersih.
  5. Jika sudah bersih, pasang dan masukkan kembali kartu memori.
  6. Pastikan pemasangan sudah benar dan tepat.
  7. Coba cek kembali apakah kartu memori bisa terbaca atau tidak.
  8. Selesai.

4. Format kartu memori

Apabila kartu memori dapat terbaca tetapi tidak bisa dibuka (dalam keadaan yang masih memungkinkan untuk di format), maka sebaiknya lakukan format untuk memperbaiki kartu memori. Anda bisa format kartu memori melalui smartphone atau PC. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

Format kartu memori melalui smartphone

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih fitur Storage / Penyimpanan.
  3. Pada bagian tersebut tampil dua pilihan; penyimpanan internal dan eksternal.
  4. Pilih memori eksternal (opsi kedua) yang pada ponsel Android Anda.
  5. Pilih Format Kartu SD, kemudian konfirmasi format kartu memori.
  6. Tunggu sampai proses format kartu SD berhasil dilakukan.
  7. Selesai.

Apabila kartu memori tidak terbaca di smartphone, tetapi terbaca di PC atau komputer, maka Anda bisa mencoba format kartu memori melalui PC/ komputer.

Format kartu memori melalui PC/ laptop/ komputer

  1. Pertama, sambungkan kartu memori (MicroSD) Anda ke komputer atau laptop menggunakan Card Reader.
  2. Buka File Explorer / Windows Explorer.
  3. Jika kartu memori terbaca, salin semua data Anda ke penyimpanan komputer.
  4. Klik kanan pada Drive kartu memori » pilih Format.
  5. Sebelum melakukan format kartu, atur file system menjadi FAT. Kemudian centang pada Quick Format.
  6. Klik Start untuk melakukan proses format » jika muncul kotak dialog, klik OK.
  7. Tunggu sampai proses format selesai dilakukan.
  8. Jika sudah, Anda bisa pindahkan data-data yang sebelumnya telah disalin ke kartu memori Anda.
  9. Eject kartu memori lalu masukkan kembali ke smartphone.
  10. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Format Kartu Memori

5. Coba tes pada smartphone lain

Tips selanjutnya, coba pasang kartu memori pada smartphone lain. Anda bisa meminjam smartphone keluarga atau teman Anda untuk melihat apakah kartu memori dapat terbaca atau tidak. Hal ini dilakukan untuk memastikan kompabilitas serta rusak tidaknya kartu memori. Saya sarankan untuk tes menggunakan smartphone keluaran terbaru. Biasanya smartphone terbaru lebih support kartu memori berkapasitas besar.

  • Jika misalnya kartu memori dapat terbaca pada smartphone lain, maka kemungkinan smartphone Anda tidak support pada kartu memori tersebut.
  • Tetapi jika kartu memori juga tidak terbaca pada smartphone lain, maka kemungkinan kartu memori telah rusak.

6. Cek error via PC / komputer

Selain format kartu memori, Anda bisa mencoba alternatif lain dengan cek error pada kartu tersebut. Opsi ini dapat Anda jadikan pilihan jika Anda tidak ingin kehilangan data pada kartu memori. Anda bisa memanfaatkan fitur bawaan Windows “Error Checking”. Fitur tersebut berfungsi untuk memperbaiki error pada file konfigurasi serta bad sector pada kartu memori. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, hubungkan kartu memori (MicroSD) Anda ke komputer atau laptop menggunakan Card Reader.
  2. Setelah itu, buka Windows Explorer / File Explorer.
  3. Klik kanan pada Drive kartu memori » pilih Properties.
  4. Kemudian klik Tools » klik bagian Check Now.
  5. Kemudian centang pada bagian automatically fix file systems errors dan scan for and attempt recovery of bed sector.
  6. Klik Start lalu tunggu sampai proses cek selesai dilakukan.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Local Disk Not Responding Windows

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips di atas, diharapkan kartu memori dapat normal dan bisa terbaca kembali. Jika masih belum berhasil, kemungkinan telah terjadi kerusakan sehingga tidak bisa digunakan kembali. Tetapi jika kondisi kartu memori masih terbaca di PC, sebaiknya lakukan partisi ulang menggunakan Mini Tool Partition Wizard. Apabila perbaikan selalu gagal dan tidak membuahkan hasil, Anda bisa memanfaatkan cloud storage sebagai penyimpanan alternatif, seperti Google Drive atau Dropbox.

Metode di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, ASUS, Xiaomi, VIVO, NOKIA, Huawei, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya. Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa penyebab utama kartu memori tidak terbaca?

Kompabilitas menjadi salah satu penyebab kartu memori tidak terbaca. Tetapi faktor masalah tidak selalu kompabilitas, kerusakan fisik seperti kuningan tembaga yang tergores, overheat, serta usia pemakaian juga dapat menyebabkan kartu memori tidak terbaca.

Kartu memori atau SD Card error, apa masalahnya?

Ada kemungkinan file konfigurasi sistem pada kartu memori mengalami corrupt / bermasalah. Hal ini dapat disebabkan oleh virus / malware yang tersimpan di kartu memori.


Penulis : Rudi Dian Arifin, Editor : Wahyu Setia Bintara

Masalah Android

  1. 10 Cara Cek Apakah Sinyal Smartfren Gangguan Hari ini atau Tidak

    Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah jaringan Smartfren gangguan hari ini atau tidak
  2. 10 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang / Tidak Muncul

    Sinyal Smartfren tidak muncul, bertanda X, ini penyebab dan solusi mengatasinya!
  3. 15 Cara Mengatasi Sinyal HP Android Hilang Timbul / Tidak Muncul

    Atasi sinyal HP Android yang hilang / tidak muncul dengan mencoba beberapa tips perbaikan berikut ini!