4+ Cara Mengatasi Kontak SIM Android Hilang / Tidak Terbaca

Dianisa.com – Memperbaiki Kontak SIM Tidak Terbaca di HP Android. Kontak SIM adalah salah satu keutamaan yang harus ada pada smartphone dan tablet android. Jika Kontak SIM Hilang Semua Atau Tidak Terbaca oleh sistem maka kegiatan komunikasi seperti SMS dan Telepon akan sulit untuk dilakukan.

Sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan, jika anda hafal dengan nomor tujuan yang ingin anda hubungi maka anda tetap bisa melakukan komunikasi. Sebaliknya, jika anda tidak hafal dengan nomor tujuan maka anda tidak akan bisa melakukan komunikasi, baik itu SMS ataupun Telepon.

Kontak SIM Tidak Terbaca, Bagaimana Solusinya? Sebelum menuju ke solusi dari permasalah tersebut. Alangkah lebih baiknya anda cek terlebih dahulu, apakah hanya Kontak SIM Saja Yang Tidak Terbaca atau Kartu SIM Anda Yang Tidak Terbaca.

Jika memang yang tidak terbaca ialah Kontak SIM saja maka dapat di pastikan bahwa Aplikasi Mengalami Error, tapi jika semua data konfigurasi kartu SIM seperti sinyal, nama provider, dan Kontak SIM Hilang Semua maka yang rusak ialah kartu SIM anda.

Masalah Pada Smartphone

Mengatasi Kontak SIM Tidak Terbaca

Untuk Mengatasi Kontak SIM Yang Hilang tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan nantinya. Cara pertama menghapus file cache Android.

Kedua, mengatur ulang bagian konfigurasi Kontak SIM. Ketiga, Membersihkan Kontak Storage. Lakukan cara berikut ini dari mulai cara pertama.

Dan apabila cara pertama, tidak berhasil maka lakukan dengan cara kedua dan cara ketiga. Berikut ulasannya.

1. Kontak SIM Hilang, Coba Hapus File Cache

Tidak hanya file cache pada aplikasi Kontak saja, melainkan yang dihapus ialah semua file cache yang anda di memori perangkat android anda, baik di Internal Card ataupun di Ekternal Card (Micro SD).

Gunakan Aplikasi Clean Master sebagai solusinya. Aplikasi tersebut dapat menghapus file cache secara cepat hanya dengan satu klik saja. Dan apabila proses membersihan selesai, cobalah untuk melakukan Reboot pada Android anda.

Tunggu beberapa saat, dan lihat kontak SIM bisa terbaca atau tidak.

Hapus Cache Kontak Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Kontak” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Cara diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Menampilkan Kontak Nomor Yang Tersimpan di Kartu SIM

Jika sebelumnya anda pernah mengotak – atik bagian konfigurasi kontak SIM yang mungkin ada beberapa pengaturan yang secara tidak sengaja anda lakukan perubahan, dan perubahan tersebut mengarah pada semua Kontak SIM yang hilang tersebut.

Dan untuk memastikannya cobalah dengan cara berikut ini, siapa tahu nantinya bisa berhasil.

Menampilkan Kontak Nomor Android

  • Masuk pada menu Pengaturan » Kontak » Kontak Untuk Ditampilkan » Selanjutnya, anda tap “Semua Kontak”.

NOTE: Cara diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

3. Hapus Semua Data Kontak Android

Jika dengan cara pertama dan cara kedua tidak berhasil maka cara terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan Menghapus Data Kontak Smartphone Android anda. Cara ini memang sangat beresiko, tapi tidak jika anda melakukan backup pada semua kontak yang ada di Android anda.

Backup kontak sangat penting, hal ini sebagai cara agar kontak anda tetap ada dan nantinya bisa anda impor kembali setelah Pembersihkan Data Kontak selesai. Untuk melakukan backup kontak, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Ekspor Kontak Android

  • Untuk melakukan backup caranya cukup mudah. Masuk pada aplikasi Pengaturan » Kontak » Impor/Ekspor Kontak » Ekspor Ke KartuSD » pilih “Semua” kontak. Buat nama untuk backup kontak anda, lalu tap “OK”.

Apabila anda telah berhasil melakukan backup maka langkah selanjutnya anda bisa Menghapus Data Kontak Android anda. Berikut Caranya.

Hapus Data Kontak Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Kontak” » Kemudian tap “Hapus Data”.

NOTE: Cara diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

4. Menghindari Kontak Yang Hilang, Sinkronisasikan ke Akun Google

Untuk kedepannya, cobalah untuk melakukan sinkronisasi Android anda ke Akun google. Hal ini tentu akan mengamankan data – data penting anda, termasuk data kontak yang anda miliki.

Tidak hanya pada akun Google, jika anda pengguna Xiaomi, anda juga bisa menggunakan Mi Account untuk melakukan backup pada semua kontak tersimpan.

Kesimpulan,

Dengan adanya metode – metode diatas, semoga nantinya kontak SIM di HP Android anda bisa tampil kembali. Metode yang saya berikan memang tidak bisa di pastikan 100% berhasil, namun setidaknya anda coba dahulu dan barulah anda tahu hasilnya seperti apa.

Jika memang Kontak Android Anda Error, Bermasalah, anda bisa tanyakan langsung melalui kolom komentar supaya lebih jelas.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Android seperti ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, Samsung Galaxy, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, OPPO, Realme, Lenovo, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya.

Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (18)