Download Firmware Realme Semua Tipe Lengkap

Realme merupakan salah satu brand smartphone baru yang muncul sekitar tahun 2018 yang lalu. Awalnya Realme merupakan sub-merek dari OPPO yang dinamakan sebagai OPPO Real pada tahun 2010. Namun setalah tahun 2018, Realme menjadi perusahaan independen dengan induk perusahaan BBK Electronics.

Dalam perkembangannya, Realme menjadi salah satu brand yang sangat sukses dengan pertumbuhan yang sangat cepat. Data dari Counterpoint Q1 2020, Realme membuktikan kepada dunia mampu masuk ke peringkat ke tujuh dengan pertumbuhan per tahunnya hingga 157%. Fokus utama Realme adalah menghadirkan desain yang trendi bagi anak muda.

Pada peluncuran pertamanya, Realme memang masih menggunakan ColorOS, namun untuk saat ini, varian Realme terbaru telah menggunakan user interface sendiri yakni Realme UI. Dari sisi penggunaan, user merasa sangat terpuaskan, namun ada beberapa hal yang kadang terjadi pada smartphone Realme. Beberapa diantaranya sebagai berikut;

  • Masalah bootloop (berhenti di LOGO).
  • Lupa pola kunci yang sulit teratasi.
  • Kamera gagal dalam mengambil gambar.
  • Muncul pesan error tertentu.
  • dll…

Dari beragam masalah tersebutlah yang terkadang membuat pengguna perlu melakukan Flashing atau install ulang sistem. Maka dari itu, pengguna membutuhkan Firmware atau Stock ROM. Bagi anda yang membutuhkan Firmware Realme, simak ulasannya berikut ini;

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Realme

Download Firmware Realme Semua Tipe

Download Stock ROM Realme Terbaru

Dari daftar Firmware atau Stock ROM Realme dibawah ini, pilih sesuai dengan tipe perangkat yang anda gunakan. Stock tersebut saya ambil langsung dari situs resmi Realme. Apabila ada link yang rusak atau download failed, silahkan informasikan melalui kolom komentar.

Tipe RealmeLink Download
Realme C11Download
Realme X3 SuperZoomDownload
Realme 6 ProDownload
Realme 6Download
Realme 5iDownload
Realme X2 ProDownload
Realme XTDownload
Realme 5 ProDownload
Realme 5sDownload
Realme 5Download
Realme XDownload
Realme 3 ProDownload
Realme 3Download
Realme C2Download
Realme U1Download
Realme C1Download
Realme 2Download

Lihat Juga : 6 Cara Membersihkan Cache di HP Realme

Panduan Flashing / Update Sistem Realme

Untuk melakukan Flashing atau update sistem Realme, ada dua metode yang bisa anda lakukan. Pertama, anda bisa melakukannya melalui fitur update system langsung dengan klik Firmware yang telah anda unduh. Kedua, anda bisa melakukannya melalui Recovery Mode. Sebelum itu, pastikan untuk melakukan backup pada semua data ponsel anda. Berikut penjelasan dan langkah-langkahnya;

1. Backup data sebelum melakukan pembaruan

Untuk melakukan back-up, anda bisa klik menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Cadangan dan Pulihkan. Selanjutnya, silahkan pilih data yang ingin di back-up. Setelah proses back-up selesai, anda bisa mulai melakukan update sistem dengan mengikuti panduan dibawah ini.

Lihat Juga : Cara Backup Semua Data Android

2. Update Sistem dengan Cara Manual

*NOTE: Sebelum melakukan update sistem, pastikan daya baterai anda berada diatas 30% serta jangan mematikan ponsel selama proses instalasi berlangsung.

Pastikan anda telah mengunduh Firmware sesuai dengan tipe perangkat yang anda gunakan. Simpan Firmware tersebut di dalam penyimpanan telepon. Buka File Manager » pilih Firmware yang anda simpan tersebut » lalu tap Perbarui Sekarang (Update Now).

Update Sistem Realme

Silahkan tunggu sampai proses instalasi selesai. Dalam hal ini jangan melakukan aktivitas apapun dan jangan mematikan ponsel agar instalasi tidak terjadi kegagalan.

3. Flashing melalui Recovery Mode

Untuk anda yang mungkin tidak dapat masuk ke antarmuka Realme, silahkan melakukan Flashing melalui Recovery Mode. Sebelumnya, pastikan anda telah menyimpan Firmware di Kartu SD.

Untuk masuk ke Recovery Mode, matikan ponsel Realme lalu tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan, sampai nantinya masuk ke Mode Pemulihan. Pilih bahasa yang diinginkan. Setelah itu, tap Install from storage device » From SD Card.

1 Flashing Realme Recovery Mode

Kemudian temukan dan klik Firmware yang telah anda simpan sebelumnya. Klik OK untuk konfirmasi dan mulai melakukan Flashing. Silahkan tunggu sampai proses Flashing selesai dilakukan.

2 Update Sistem Realme Recovery Mode

Dalam proses ini, mohon untuk tidak melakukan aktivitas apapun agar tidak terjadi kegagalan.

Lihat Juga : Cara Masuk Recovery Mode Realme

Akhir kata,

Itulah daftar Firmware Realme yang bisa anda download lengkap dengan panduan instalasinya. Flashing dapat menjadi pilihan ketika sistem Androd anda bermasalah. Selain dengan dua metode tersebut, anda juga dapat melakukan Flashing menggunakan PC. Silahkan cari informasi lebih lanjut jika anda tertarik untuk mencobanya.

Demikian ulasan singkat dari saya, jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai Flashing Realme, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. Aditya Arrofi berkata:

    Realme 2 pro gaada gan?