Pengertian WhatsApp | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Sosial media berbasis pesan instan menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna ponsel cerdas masa kini. Kebutuhan akan informasi dan komunikasi sangat penting untuk menunjang produktivitas dan sosial yang pastinya akan sangat dibutuhkan. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling dominan di Indonesia. Lebih dari 83% pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp sebagai pilihan komunikasi.

Selain itu, data terbaru Februari 2020 menunjukkan bahwa WhatsApp memiliki dua milyar pengguna secara global. Data tersebut menjadikan WhatsApp sebagai pesan instan nomor satu dunia dengan pengguna terbanyak, mengalahkan Telegram, LINE, WeChat, dan lainnya. Meskipun demikian, ada sebagian pengguna yang juga menginstal aplikasi pesan instan lain seperti Telegram, LINE, dan sejenisnya.

Dominasi pengguna WhatsApp di Indonesia sangat tinggi, penyebaran informasi dan komunikasi apapun juga lebih banyak dilakukan melalui WhatsApp, mulai dari bisnis, pembelajaran, private, hingga perkumpulan komunitas/kelompok. Jika ingin mengenal lebih dalam mengenai apa itu WhatsApp? anda bisa simak penjelasan lengkap mengenai pengertian WhatsApp, sejarah, hingga manfaatnya. Berikut ulasannya;

Lihat Juga : Pengertian Instagram | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Apa itu WhatsApp?

Apa itu WhatsApp
Image source : Forbes

WhatsApp Messenger atau WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan lintas platform gratis (freeware) yang juga memanfaatkan teknologi Voice over IP (VoIP) yang dimiliki oleh Facebook, Inc. Dengan teknologi tersebut, pengguna dapat saling mengirim pesan teks dan suara, melakukan panggilan suara (audio) dan video, berbagi gambar/ foto, video, dokumen, lokasi, dan jenis format media lainnya.

Aplikasi WhatsApp dapat digunakan pada perangkat selular seperti Android, iOS, Windows Phone, BlackBerry OS, dan lainnya. WhatsApp juga dapat digunakan pada perangkat desktop melalui browser web dengan catatan ponsel dan komputer saling terhubung jaringan internet. WhatsApp juga telah memperkenalkan versi lain untuk bisnis skala kecil seperti UKM dan UKM, dikenal dengan WhatsApp Business. Hadirnya WhatsApp Business akan memaksimalkan perusahaan atau bidang usaha dalam berkomunikasi dengan klien yang juga menggunakan WhatsApp.

Selain WhatsApp dari Facebook, Inc, ada beberapa developer dari pihak ketiga yang melakukan perubahan atau costum WhatsApp seperti WhatsApp GB atau WhatsApp MOD. Agar mudah memahaminya, berikut penjelasan varian WhatsApp yang berkembang di Internet.

WhatsAppMerupakan aplikasi pesan instan (instant messenger) versi standar yang dikembangkan oleh WhatsApp, Inc.
WhatsApp WebMerupakan versi WhatsApp yang dibuka melalui browser komputer / desktop.
WhatsApp BusinessMerupakan versi WhatsApp yang diperuntuhkan untuk kebutuhan bisnis skala besar maupun kecil.
WhatsApp MODMerupakan versi WhatsApp non-resmi yang sudah dimodifikasi dengan penambahan fitur-fitur unik yang tidak dimiliki WhatsApp standar.

Lihat Juga : Pengertian Telegram | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Fungsi

Sejarah WhatsApp

Sejarah Berdirinya WhatsApp
Image source : Android Authority
PengembangWhatsApp Inc.
Jenis usahaAnak perusahaan
Perusahaan IndukFacebook
PendiriJan Koum
Brian Acton
Rilis perdanaJanuari 2009
Sistem operasiAndroid, iOS, Windows Phone, BlackBerry OS, Symbian, Windows, MacOS, Web
JenisPesan instan dan sosial media
LisensiPerangkat lunak gratis
Situs webwww.whatsapp.com
Peringkat Alexa66 (19 September 2020)
Pengguna2 Milyar (Fabruari 2020)

2009 adalah tahun dimana WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum, mantan karyawan Yahoo!. Brian Acton dan Jan Koum keluar dari Yahoo pada September 2007 setelah mengambil cuti di Amerika Serikat. Pada waktu itu, mereka melamar pekerjaan di Facebook tetapi ditolak.

Sebuah ide baru muncul ketika membeli iPhone dan menyadari potensi aplikasi di App Store. Koum dan Acton mulai melakukan diskusi untuk mengembangkan aplikasi perpesanan bersamaan mengunjungi teman Koum, Alex Fishman di West San Jose, California. Dari diskusi tersebut, mereka akhirnya sepakat untuk mengembangkan aplikasi perpesanan. Pada waktu itu, mereka membutuhkan developer iOS (iPhone), Fishman mencari developer di RentACoder.com bernama Igor Solomennikov dari Rusia.  

Pendiri WhatsApp Jan Koum
Image source : Fortune | Co-Founder WhatsApp Jan Koum

Istilah WhatsApp?

Koum menamai aplikasi WhatsApp agar terdengar seperti “Ada Apa”. Pada tanggal 24 Februari 2009, WhatsApp Inc. didirikan di California, Amerika Serikat. Karena keterbatasan fungsi di iPhone, Koum ingin menyerah namun Acton mendorongnya untuk terus menunggu selama beberapa bulan lagi. Juni 2009, iPhone meluncurkan push notification yang memungkinkan pengguna untuk di-ping ketika pengguna tidak menggunakan aplikasi.

Dengan hadirnya fitur tersebut, Koum mulai melakukan perubahan yang akhirnya membuat WhatsApp mulai diminati pengguna iPhone. WhatsApp 2.0 rilis dengan peningkatan pengguna yang mencapai 250.000. Setelah beberapa bulan dalam versi beta, akhirnya pada November 2009 WhatsApp versi global rilis di App Store untuk iPhone. Desember 2009, WhatsApp menambahkan fitur mengirim foto dan pada awal tahun 2011, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi teratas di App Store.

Pada bulan Februari 2013, WhatsApp memiliki sekitar 200 juta pengguna aktif. Pada bulan Februari 2014, Facebook, Inc melakukan akuisisi WhatsApp senilai $19 milyar dalam bentuk uang tunai dan saham. Pada awalnya akuisisi tersebut membuat pengguna marah dan sebagian pengguna beralih ke aplikasi lain seperti Telegram dan LINE. Waktu terus berjalan, Agustus 2014 WhatsApp memiliki 600 juta pengguna.

Pada tanggal 24 Februari 2017, WhatsApp meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat cerita (story) seperti Snapchat dan Facebook. Awal tahun 2020, WhatsApp telah meluncurkan fitur “Dark Mode” untuk perangkat Android dan iPhone. Adanya fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan chat menjadi gelap sehingga tidak melelahkan mata.

Lihat Juga : Pengertian Twitter | Sejarah, Fitur, Manfaat

Fitur dan Manfaat WhatsApp

Manfaat WhatsApp
Image source : Blog WhatsApp

Sebagai aplikasi chat, WhatsApp tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi namun telah berkembang menjadi media pendidikan, bisnis, hingga hiburan. Bahkan kedepan kemungkinan WhatsApp akan menghadirkan fitur pembayaran (payment) sehingga fungsinya menjadi lebih beragam. Untuk memahami lebih jauh mengenai aplikasi WhatsApp, simak daftarnya berikut ini;

1. Media komunikasi personal dan grup

Sebagai aplikasi pesan instan, WhatsApp memiliki peranan penting dalam berkomunikasi, baik untuk personal ataupun grup. Dengan WhatsApp, pengguna dapat berkirim pesan teks, foto, audio, video, dokumen, serta melakukan panggilan audio dan video. WhatsApp juga mengizinkan pengguna untuk saling berbagi lokasi dengan dengan rentan waktu selama beberapa jam atau secara real-time.

Pengguna juga dapat saling berkomunikasi dalam sebuah grup. Fitur terbaru juga memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dalam grup dengan anggota terbatas.

2. Media pendidikan dan pembelajaran

Kemudahan komunikasi menjadi alasan penggunaan WhatsApp sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Banyak contoh seperti sekolah, universitas, serta lembaga kursus memanfaatkan WhatsApp sebagai tempat belajar dan berbagi informasi, baik secara personal maupun grup. Pandemi COVID-19 juga memaksa anak-anak untuk belajar secara daring dari rumah lewat aplikasi WhatsApp.

3. Media Bisnis

WhatsApp juga telah dimanfaatkan banyak pebisnis untuk melakukan promosi, informasi, hingga pemesanan produk/ jasa. Fitur story biasanya dimanfaatkan pebisnis untuk mengiklankan produk hingga testimoni pembeli. WhatsApp juga telah menghadirkan Business version sehingga para pebisnis lebih maksimal dalam menanggapi pesan yang masuk. Di WhatsApp Business, pengguna dapat menambahkan fitur jam buka hingga auto-reply sehingga sangat sesuai untuk kebutuhan bisnis.

4. Berbagi informasi dan hiburan

WhatsApp juga dapat dimanfaatkan sebagai media berbagi informasi dan hiburan. Dukungan fitur forward akan mempercepat penyebaran informasi dari pengguna satu ke pengguna lain, bahkan grup. Pengguna juga dapat memanfaatkan story untuk berbagi hal-hal seru, sebagai hiburan/ refreshing.

Lihat Juga : Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi WhatsApp
Image source : Blog WhatsApp

WhatsApp memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Fiturnya memang sangat memanjakan pengguna, namun dalam hal keamanan dan privasi masih jadi pertanyaan banyak pengguna. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi WhatsApp;

Kelebihan WhatsApp

  • Banyak pengguna. Lebih dari 83% pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. Teman-teman anda mungkin juga menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi sehingga menghubunginya akan jauh lebih mudah.
  • Sinkronisasi kontak secara otomatis. Ketika pengguna menyimpan kontak baru maka secara otomatis kontak tersebut akan di sinkronkan ke aplikasi WhatsApp. Pengguna tidak perlu lagi menambahkan kontak baru ke WhatsApp satu per satu.
  • Bisa Backup chat secara otomatis. WhatsApp memiliki fitur backup otomatis dalam sehari pemakaian ke Google Drive. Artinya, pengguna tidak perlu takut ketika menggunakan smartphone baru sedangkan data chat berada di smartphone lama.
  • Sistem keamanan yang cukup baik. November 2014, WhatsApp menghadirkan fitur enkripsi end-to-end untuk menjamin keamanan sebuah percakapan antar pengguna, baik ketika mengirim pesan, foto, video, hingga panggilan suara dan video.
  • Pengguna dapat membatalkan pesan. Ketika mengirimkan pesan, pengguna dapat membatalkan atau menarik pesan tersebut dengan catatan masih dalam rentan waktu 7 menit. Lebih dari itu, pengguna tidak dapat melakukannya.

Kekurangan WhatsApp

  • Tidak menggunakan sistem cloud. Tidak seperti Telegram yang semua pesan tersimpan di cloud server, sedangkan WhatsApp tidak menyimpan semua data di server. WhatsApp hanya mengizinkan data tersimpan di server selama beberapa waktu, setelah itu data tersebut akan terhapus.
  • WhatsApp Web tidak bisa digunakan video call. Ketika pengguna membuka WhatsApp lewat browser komputer, pengguna tidak dapat melakukan panggilan audio dan video. Bahkan hadirkan program WhatsApp untuk MacOS dan Windows juga tidak menyediakan panggilan audio dan video.
  • WhatsApp Web tidak bisa digunakan ketika aplikasi WhatsApp smartphone off. Ketika menggunakan WhatsApp web, pastikan internet dan WhatsApp smartphone dalam keadaan aktif. Jika tidak maka WhatsApp web juga tidak dapat digunakan.
  • Data pengguna dimanfaatkan Facebook untuk periklanan. WhatsApp memanfaatkan data pengguna seperti nama dan nomor telepon untuk meningkatkan periklanan Facebook agar lebih tertarget. Tidak heran apabila pertemanan Facebook terlihat nama-nama yang ada di kontak WhatsApp.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Operasi | Sejarah, Fungsi, Jenis

Kesimpulan,

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang masih mendominasi aplikasi pesan instan di Indonesia. Selain WhatsApp, aplikasi yang mulai dilirik oleh sebagian pengguna adalah Telegram dimana saat ini menjadi kompetitor WhatsApp yang kedepan akan semakin populer. Telegram tidak membebankan semua pesan tersimpan di memori internal sehingga tidak menyebabkan memori internal smartphone penuh.

Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membuka wawasan lebih jauh mengenai aplikasi WhatsApp.

Apa itu enkripsi end to end WhatsApp?

Sistem keamanan WhatsApp menggunakan teknologi enkripsi end-to-end dimana hanya pengirim dan penerima yang bisa mengaksesnya, baik itu pesan teks, foto, video, hingga panggilan audio dan video.

Apakah pesan WhatsApp dapat dilihat pemerintah?

Jika penerapan enkripsi end-to-end benar-benar dilakukan, maka pemerintah dan pihak manapun tidak dapat mengaksesnya. Sampai saat ini, belum ada informasi mengenai pemerintah melihat semua pesan privasi pengguna WhatsApp.

Apakah WhatsApp Mod aman?

WhatsApp Mods merupakan WhatsApp non-resmi (fake versions) dan pihak WhatsApp menghimbau untuk tidak menginstalnya karena tidak ada jaminan keamanan.

Apa perbedaan WhatsApp dan WhatsApp Business?

WhatsApp reguler digunakan untuk kebutuhan personal sedangkan WhatsApp Business digunakan untuk kebutuhan bisnis dan komunikasi dengan klien. Fitur WhatsApp Business lebih difokuskan untuk kebutuhan bisnis, meskipun fitur WhatsApp reguler tetap ada.

Apa perbedaan WhatsApp dan Telegram?

Ada banyak perbedaan antara WhatsApp dengan Telegram. Salah satunya WhatsApp menyimpan semua pesan di ponsel pengguna, sedangkan Telegram menyimpan semua pesan di cloud server.

Bagaimana cara menggunakan WhatsApp?

Pengguna bisa unduh aplikasi WhatsApp di Google Play untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone). Kemudian lakukan pendaftaran menggunakan nomor ponsel.

Bagaimana cara menggunakan WhatsApp web?

Pengguna dapat login ke WhatsApp web lewat web.whatsapp.com dengan scan barcode melalui kamera “WhatsApp web” smartphone.

Itulah informasi dan penjelasan yang dapat saya berikan mengenai aplikasi WhatsApp, sejarah, hingga manfaatnya. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

CATATAN: Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.