7+ Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah

Alih – alih perubahan generasi dari Industri 3.0 menjadi 4.0 mampu merubah segala lini masa dalam kehidupan sehari – hari kita, semuanya ingin serba cepat, instan, dan murah. Tidak ada batasan dalam penyebaran informasi dan komunikasi, semua diharusnya dapat menjangkau ruang dan tempat dalam sendi – sendi kehidupan.

Dulunya, melakukan panggilan telepon harus mendaftar paket telepon agar biaya bisa murah dan terjangkau, walaupun kenyataannya masih tetap mahal. Namun kini perubahan terjadi, panggilan telepon dapat dilakukan secara gratis, cukup dengan koneksi internet. Terlebih untuk pengguna yang terhubung dengan WiFi area yang sepenuhnya dapat dimanfaatkan secara gratis.

WhatsApp menjadi salah satu penyedia panggilan telepon gratis sekitar tahun 2015, dan dari situlah banyak pengguna yang sering melakukan panggilan telepon beralih menggunakan WhatsApp. Kemudian pada beberapa waktu, dilanjutkanlah panggilan video yang dengan begitu, WhatsApp sangat lengkap dari segi kegunaan.

Ke depan, pasti akan ada lagi fitur – fitur baru dari WhatsApp yang pastinya akan sangat menarik dan membantu dari segi lini kehidupan kita.

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Masalah HP Android

Jenis Error Panggilan WhatsApp

Kembali ke topik pembahasan terkait masalah pada panggilan telepon atau video yang di alami oleh pengguna, berikut beberapa jenis error yang terjadi pada panggilan WhatsApp. Ada hal – hal yang perlu kamu perhatikan bahwa tidak semua hal mengenai panggilan WhatsApp bermasalah pada aplikasi, bisa jadi itu terjadi karena human error atau dalam keadaan tertentu.

  • Menghubungkan Terus Menerus. Pesan tersebut biasanya ada ketika kamu melakukan panggilan kepada seseorang (sudah terima) namun menghubungkan secara terus menerus, biasanya karena koneksi internet yang lambat.
  • Tidak Dapat Memanggil, Tidak Ada Koneksi Internet. Ketika pesan bertuliskan tidak dapat melakukan panggilan maka dapat dipastikan koneksi internet tidak tersedia.
  • Sedang Berada Pada Panggilan lain. Dapat diartikan, pengguna sedang melakukan panggilan dengan orang lain. So, kamu harus menunggu selama beberapa saat.
  • Masalah Panggilan lainnya. Mungkin ada masalah lain yang tidak saya ketahui, entah itu karena panggilan ditolak, human error, ataupun yang lainnya.

Baca Juga : Cara Mengalihkan Panggilan di HP Xiaomi (All Type)

Mengatasi Tidak Dapat Melakukan Panggilan WhatsApp

Setelah mengetahui beberapa hal diatas, saatnya melakukan berbaikan dengan beberapa metode sederhana yang saya berikan berikut ini. Dengan ini, diharapkan WhatsApp dapat digunakan untuk panggilan telepon dan video lagi.

#1. Pastikan Konektivitas Jaringan Stabil

Yang pertama, kamu perlu memastikan koneksi internet di HP Android kamu benar – benar stabil, bisa digunakan untuk sosial media, youtube, download, dan lainnya. Dengan internet yang stabil maka kemungkinan besar panggilan telepon dan video tidak akan terjadi masalah.

Pesan bertuliskan menunggu terus menerus biasanya terjadi karena koneksi internet yang lambat. Coba lakukan pengecekan dengan membuka YouTube, facebook, atau aplikasi lainnya.

Masalah Koneksi Internet

#2. Cek Perizinan Aplikasi WhatsApp

Apabila masalahnya terjadi ketika kamu sedang melakukan panggilan, namun tidak ada suaranya atau penerima tidak mendengar suara, bisa jadi masalahnya terjadi pada perizinan aplikasi. Apalagi untuk smartphone Android saat ini (buatan terbaru) yang sistemnya mengharusnya pengguna melakukan perizinan terlebih dahulu (secara manual).

Untuk melakukannya, kamu bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

Perizinan Aplikasi WhatsApp
  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » pilih WhatsApp » Izin » kemudian pastikan semuanya bagian dalam keadaan aktif, khususnya bagian Kamera, Kontak, Mikrofon, Penyimpanan, dan Ponsel.

#3. Pastikan Nomor Yang Dituju Benar

Selanjutnya, kamu perlu pastikan nomor yang dituju benar dan pengguna dalam keadaan aktif. Karena bisa jadi, walaupun foto profil ada, namun terus saja bertuliskan memanggil, ini karena nomor tujuan tidak dalam keadaan aktif atau memang sudah tidak digunakan, walaupun pada server WhatsApp belum terhapus.

Maka dari itu, kamu perlu pengecekan lebih lanjut terkait hal ini.

#4. Pastikan Nomor Kamu Tidak Sedang Diblokir

Selanjutnya, kamu juga perlu memastikan nomor kamu tidak sedang diblokir. Karena bisa jadi apabila tulisannya memanggil terus – menerus tidak ada perubahan, tanpa bahwa kamu diblokir. Biasanya, tanda pemblokiran dapat terlihat ketika foto profil tidak terlihat, saat di chat hanya centang satu, dan bio tidak terlihat.

Untuk masalah ini, kamu bisa cari informasi lebih lanjut dengan orang terkait.

Artikel Terkait : Cara Blokir Kontak teman di WhatsAppp

#5. Cek Tanggal dan Waktu Smartphone

Pastikan tanggal dan waktu di smartphone kamu berada pada setelan otomatis. Hal ini untuk menghindarkan masalah jaringan pada SIM Card dan WhatsApp. Biasanya beberapa aplikasi, khususnya WhatsApp akan menolak beberapa aktivitas ketika tanggal dan waktu smartphone tidak sesuai dengan keadaan sekarang.

Untuk melihat dan melakukan penyetalan tanggal dan waktu, kamu bisa lihat langkah – langkahnya berikut ini.

Setting Tanggal dan Waktu
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Tanggal dan Waktu » pastikan bagian Atur Tanggal dan Waktu berada pada posisi aktif.

#6. Coba Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Apabila dengan beberapa tips diatas tidak membuat WhatsApp kembali normal dan mengalami kesulitan dalam melakukan panggilan telepon maupun video, coba kembalikan setelan WhatsApp ke posisi default. Jika kamu tidak ingin data chat WhatsApp hilang semua, lakukan backup ke akun Google terlebih dahulu.

Menghapus data aplikasi WhatsApp di sini akan menghapus data – data sementara seperti cache, cookies, basis data, dan data login. Kamu bisa login kembali nantinya dengan nomor yang sama dan lakukan verifikasi dengan mengirimkan kode via SMS.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih WhatsApp » Kemudian tap Hapus Data.

Artikel Terkait : Cara Menghapus Data Aplikasi di HP Android

#7. WhatsApp Sedang Mengalami Gangguan

Kemungkinan lain yang tak bisa terhindarkan ialah, WhatsApp mengalami gangguan, entah itu pada server utama atau karena pembatasan dibeberapa negara dalam jangka tertentu. Beberapa kali, WhatsApp pernah mengalami gangguan, hingga tidak bisa membuat status, berkirim pesan terasa lambat, sampai tidak bisa melakukan panggilan.

Bahkan disaat pemilu, WhatsApp dibatasi dalam aktivitas dan penggunaan fitur, baik chat, panggilan telepon dan video. Artinya, pemerintah dapat ikut andil dalam menangani penggunaan WhatsApp di Indonesia. Bisa jadi juga, pemerintah dapat melihat isi chat dari WhatsApp yang kita gunakan (tanpa kita sadari).

Kesimpulan,

Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam menangani masalah tidak bisa melakukan panggilan telepon dan video pada aplikasi WhatsApp. Yang paling sering, saat panggilan telepon bermasalah biasanya karena jaringan internet yang sangat lambat, solusinya coba gunakan provider lain yang dirasa maksimal dalam menangkap sinyal (biasanya setiap daerah beda – beda), entah itu Telkomsel, Indosat, XL, atau yang lainnya.

Ke depan artikel ini akan terus saya lakukan update, agar metode yang diberikan lebih informatif. Jika dari kamu punya tips lebih terkait masalah panggilan telepon atau ingin bertanya – tanya seputar masalah aplikasi WhatsApp, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)