11 Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah

Perubahan generasi dari Industri 3.0 menjadi 4.0 mampu mengubah segala lini masa dalam kehidupan sehari – hari kita, semuanya ingin serba cepat, instan, dan murah. Tidak ada batasan dalam penyebaran informasi dan komunikasi, semua diharusnya dapat menjangkau ruang dan tempat dalam sendi – sendi kehidupan.

Dulunya, melakukan panggilan telepon harus mendaftar paket telepon agar biaya bisa murah dan terjangkau, walaupun kenyataannya masih tetap mahal. Namun kini perubahan terjadi, panggilan telepon dapat dilakukan secara gratis, cukup dengan koneksi internet. Terlebih untuk pengguna yang terhubung dengan WiFi area yang sepenuhnya dapat dimanfaatkan secara gratis.

WhatsApp menjadi salah satu penyedia panggilan telepon gratis sekitar tahun 2015, dan dari situlah banyak pengguna yang sering melakukan panggilan telepon beralih menggunakan WhatsApp. Kemudian pada beberapa waktu, dilanjutkanlah panggilan video yang dengan begitu, WhatsApp sangat lengkap dari segi kegunaan. Ke depan, pasti akan ada lagi fitur – fitur baru dari WhatsApp yang pastinya akan sangat menarik dan membantu dari segi lini kehidupan kita.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Status WhatsApp (WA) Teman Tidak Muncul

Jenis Error Panggilan WhatsApp

Kembali ke topik pembahasan mengenai masalah pada panggilan telepon atau video yang dialami oleh pengguna, berikut beberapa jenis error yang terjadi pada panggilan WhatsApp. Ada hal – hal yang perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua hal mengenai panggilan WhatsApp bermasalah pada aplikasi, bisa jadi itu terjadi karena human error atau dalam keadaan tertentu.

  • Menghubungkan Terus Menerus. Pesan tersebut biasanya ada ketika Anda melakukan panggilan kepada seseorang (sudah terima) namun menghubungkan secara terus menerus, biasanya karena koneksi internet yang lambat.
  • Tidak Dapat Memanggil, Tidak Ada Koneksi Internet. Ketika pesan bertuliskan tidak dapat melakukan panggilan maka dapat dipastikan koneksi internet tidak tersedia.
  • Sedang Berada Pada Panggilan lain. Dapat diartikan, pengguna sedang melakukan panggilan dengan orang lain. So, Anda harus menunggu selama beberapa saat.
  • Masalah Panggilan lainnya. Mungkin ada masalah lain yang tidak saya tahu, entah itu karena panggilan ditolak, human error, ataupun yang lainnya.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status WhatsApp

Cara Mengatasi Tidak Dapat Melakukan Panggilan WhatsApp

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, saatnya melakukan berbaikan dengan beberapa metode sederhana yang saya berikan berikut ini. Dengan ini, diharapkan WhatsApp dapat digunakan untuk panggilan telepon dan video lagi.

1. Pastikan Konektivitas Jaringan Stabil

Yang pertama, Anda perlu memastikan koneksi internet di HP Android Anda benar – benar stabil, bisa digunakan untuk sosial media, YouTube, download, dan lainnya. Dengan internet yang stabil maka kemungkinan besar panggilan telepon dan video tidak akan terjadi masalah. Pesan bertuliskan menunggu terus menerus biasanya terjadi karena koneksi internet yang lambat. Coba lakukan pengecekan dengan membuka YouTube, Facebook, atau aplikasi lainnya.

Masalah Koneksi Internet

2. Cek Perizinan Aplikasi WhatsApp

Cek Perizinan Aplikasi WhatsApp
2 Cek semua perizinan aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila masalahnya terjadi ketika Anda sedang melakukan panggilan, namun tidak ada suaranya atau penerima tidak mendengar suara, bisa jadi masalahnya terjadi pada perizinan aplikasi. Utamanya untuk smartphone Android saat ini (buatan terbaru) yang sistemnya mengharusnya pengguna melakukan perizinan terlebih dahulu (secara manual).

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp, terlihat info aplikasi.
  3. Pilih Izin untuk melihat semua info perizinan aplikasi.
  4. Pastikan semua perizinan akses telah aktif.
  5. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Link Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp

3. Pastikan Nomor Yang Dituju Benar

Selanjutnya, Anda perlu pastikan nomor yang dituju benar dan pengguna dalam keadaan aktif. Karena bisa jadi, walaupun foto profil ada, namun terus saja bertuliskan memanggil, ini karena nomor tujuan tidak dalam keadaan aktif atau memang sudah tidak digunakan, walaupun pada server WhatsApp belum terhapus. Maka dari itu, Anda perlu pengecekan lebih lanjut terkait hal ini.

4. Pastikan Nomor Anda Tidak Sedang Diblokir

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan nomor Anda tidak sedang diblokir. Karena bisa jadi apabila tulisannya memanggil terus – menerus tidak ada perubahan, tanpa bahwa Anda diblokir. Biasanya, tanda pemblokiran dapat terlihat ketika foto profil tidak terlihat, saat di chat hanya centang satu, dan bio tidak terlihat. Untuk masalah ini, Anda bisa cari informasi lebih lanjut dengan orang terkait.

Lihat Juga : 5 Cara Blokir Kontak Teman di WhatsApp

5. Cek Tanggal dan Waktu Smartphone

Atur tanggal dan waktu Android
5. Atur zona waktu dan tanggal secara otomatis . RUDI DIAN ARIFIN

Pastikan tanggal dan waktu di smartphone Anda berada pada setelan otomatis. Hal ini untuk menghindarkan masalah jaringan pada SIM Card dan WhatsApp. Biasanya beberapa aplikasi, khususnya WhatsApp akan menolak beberapa aktivitas ketika tanggal dan waktu smartphone tidak sesuai dengan keadaan sekarang. Untuk melihat dan melakukan perubahan tanggal dan waktu, Anda bisa lihat langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Buka fitur Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Sistem » Tanggal & waktu.
  3. Aktifkan fitur Tanggal & waktu otomatis dan Zona waktu otomatis.
  4. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

6. Coba Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Data Aplikasi WhatsApp
6. Coba hapus data aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila dengan beberapa tips di atas tidak membuat WhatsApp kembali normal dan mengalami kesulitan dalam melakukan panggilan telepon maupun video, coba kembalikan setelan WhatsApp ke posisi default. Jika Anda tidak ingin data chat WhatsApp hilang semua, lakukan backup ke akun Google terlebih dahulu. Menghapus data aplikasi WhatsApp di sini akan menghapus data – data sementara seperti cache, cookies, basis data, dan data login.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa login kembali ke akun WhatsApp menggunakan nomor telepon yang sama dan lakukan verifikasi dengan mengirimkan kode via SMS.

Lihat Juga : 5 Cara Hapus Data Aplikasi Android

7. WhatsApp Sedang Mengalami Gangguan

Kemungkinan lain yang tak bisa terhindarkan ialah, WhatsApp mengalami gangguan, entah itu pada server utama atau karena pembatasan di beberapa negara dalam jangka tertentu. Beberapa kali, WhatsApp pernah mengalami gangguan, hingga tidak bisa membuat status, berkirim pesan terasa lambat, sampai tidak bisa melakukan panggilan.

Bahkan di saat pemilu, WhatsApp dibatasi dalam aktivitas dan penggunaan fitur, baik chat, panggilan telepon dan video. Artinya, pemerintah dapat ikut andil dalam menangani penggunaan WhatsApp di Indonesia. Bisa jadi juga, pemerintah dapat melihat isi chat dari WhatsApp yang kita gunakan (tanpa kita sadari).

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Ada Notifikasi Pesan Masuk

Kesimpulan,

Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam menangani masalah tidak bisa melakukan panggilan telepon dan video pada aplikasi WhatsApp. Yang paling sering, saat panggilan telepon bermasalah biasanya karena jaringan internet yang sangat lambat, solusinya coba gunakan provider lain yang dirasa maksimal dalam menangkap sinyal (biasanya setiap daerah beda – beda), entah itu Telkomsel, Indosat, XL, atau yang lainnya.

Ke depan artikel ini akan terus saya lakukan update, agar metode yang diberikan lebih informatif. Jika dari Anda punya tips lebih terkait masalah panggilan telepon atau ingin bertanya – tanya seputar masalah aplikasi WhatsApp, silakan sampaikan melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Masalah HP Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 38 Comment

  1. Alin berkata:

    Kenapa kalo pas tlf ditinggal tidur mati ya?
    gabisa sampe lama mati” sendiri

  2. Fiya berkata:

    Ka kenapa telpon wa suka mati sendiri klo di bawa tidur?

  3. Bella berkata:

    Mau nanya dong, kenapa yah tiap tlp wa pake data seluler selalu tiba2 beberapa detik kemudian jaringan internetnya suka hilang,beberapa detik kemudian nnti muncul lagi jaringan internetnya?

  4. Ibad berkata:

    Pacar saya lagi tidur, ko di hape dia tiba tiba bisa nelpon saya dan di riwayat panggilan saya pun ada suara tak terjawab. Tapi di hape dia riwayat panggilan nya gaada di HP saya ada. Apakah yg nelpon saya itu setan?

  5. Lili berkata:

    Kenapa saya tidak bisa membuka aplikasi lain saat sedang teleponan di whatsapp? Kalau saya keluar whatsapp dan buka aplikasi lain, lawan telepon saya jadi tidak bisa mendengar suara saya. Jadi saya harus stay membuka whatsapp ketika teleponan. Ini kenapa ya? Padahal saya juga ingin teleponan sambil buka buka aplikasi lainnya.

    Mohon pencerahannya.

  6. shelti berkata:

    ka’ kalau aku di vc di wa ko’ muncul tulisan tidak dpt melakukan pamggilan krna terhalang jaringan seluler telpon

  7. Alfika berkata:

    Kak kok ak lagi ga nerima panggilan tapi orang yg mau tlvn ke ak , ak lagi berada dalam panggilan lain tu knapa ya? Pada ga lagi trima tlvn ☹️

  8. Yuliana berkata:

    Kenapa y disaat menghbngi suami dijam tertntu pangilannya memanggil trus n klw dichat cntang satu, kata suami signal tdk bagus dtanya aktif knapa sampai bisa smpai stngh jam. Sedang ini tdk berlaku klw sy chat tmn sy dgn kartu dta yg sama.mohon solusinya

  9. Subihah berkata:

    Kenapa yah whatsupp saya sllu berada dalam panggilan lain saat Ditelpon padahal saya tidak sedang telponan?

  10. Nscie berkata:

    Setelah melakukan panggilan makan waktu 6 jam dan sengaja gk dimatiin . Pas udh mati saya cek pengen tau berapa jam di keterangan waktu nya gk ada waktu brp jam telfonan yg ada dengan keterangan “dibatalkan”

  11. Novita berkata:

    Kenapa teman saya mengatakan ada menelpon di WhatsApp dan dipanggilannya ada tulisan berdering dan tidak lama setelah itu tak terjawab.. tapi nomor yang dituju tidak mendapatkan panggilan masuk.. kenapa bisa seperti itu y pak..🤔

  12. Novita berkata:

    Kenapa teman saya mengatakan ada menelpon di WhatsApp dan dipanggilannya ada tulisan berdering dan tidak lama setelah itu tak terjawab… Tapi di nomor WhatsApp yang dituju tidak ada panggilan masuk..? Tolong di jelaskan karena saya juga merasa aneh dan bingung 🤔

  13. yusi berkata:

    pg pak Dian,
    pagi ini,sy tdk telp keluar ke siapa2, pas istri sy telp ke sy notifikasi di wa call sy sdg telp keluar
    itu knp ya pak, padahal sy sdg di kamar mandi

  14. Ahmad berkata:

    Jika saya melakukan panggilan, suara saya gak bisa langsung kedengar lawan bicara, menunggu sekitar satu menit setelah panggilan saya atau saya menjawab panggilan suara saya baru muncul. Biasanya karena apa ya.. mohon soluainya

  15. Davie ichwana berkata:

    Saya nelpon dia memanggil tapi pas dichat ceklis 2 , nah itu gimana yaa

  16. Tri berkata:

    Ya allah sama banget ini, aku d marahin muluk sama suami, bikin berantem terus,, stiap malam gtu padahal tidur, dia tlp tapi kaya gtu trus

  17. Meng berkata:

    Mau tanya kalau misalkan kita lagi telponan di wa, terus pas keluar dari aplikasi wanya jadi reconneting terus, jadi harus stay di aplikasi wanya kalau lagi telponan, ga bisa buka aplikasi lain, cara ngatasinnya gimana ya?

  18. Rustam berkata:

    Kalo pun bentrok harusnya ada dong di history… kenpa yg di history cuma kontak istrinya saja..

    Saya ikut komentar karena saha mengalami hal serupa
    Saya di telp terus menerus… katanya tiap kali di VC terjeda
    Padahal saya gk angkat telpon nya.. karena saya tidur..

    Gimana kalo gitu? Apa mjngkin WA nya eror?? Atau gimana mas

  19. Pitri berkata:

    Saya katanya menelpon teman saya. Padahal sy tidak menlpon dan sy cek k history panggilan sya tidak nelpon. Dan di history dia ad panggilan dr saya.knp y

  20. Hilda berkata:

    Tolong penjelasannya …saya telpon dengan whatsapp klo saya yg menggunakan panggilan keluar dan di angkat 2 menit di batasi sedangkan klo panggilan masuk bisa lama waktunya itu kenapa ya ?

  21. Rizqi berkata:

    Setiap telfon (bukan vc) menggunakan whatapp tiap 2 menit hilang / putus.. kira2 gangguan dmn? Sudah ganti ganti jaringan juga sama.. tapi klu di telfon bisa lama.. kasusnya kalau saya yg telfon

  22. Filie berkata:

    Mengapa whatsapp sy kalau melakukan voicecall maupun videocall SELALU tidak bisa terhubung jika menggunakan data seluler tetapi jika terhubung wifi langsung bisa terhubung..

  23. Armand berkata:

    Saya sedang dalam percakapan telepon via wa, tetapi seringkali mati, seakan² ada pembatas waktu panggilan. Jadi bagaimanakah agar, waktu percakapan tidak selalu terganggu dengan pembatas panggilan?

  24. Emilia berkata:

    Baru waktu waktu ini saya mengalami kondisi dimana saat telp Di @whatsup saat saya selesai telp dan saya cek ternyata ada 2 nomor yang masuk selama saya telp tadi satu nomor yang saya tuju dan satunya tidak sya kenal . Padahal nomor itu tidak ada dlm kontak saya dan saya posisi tidak telp nomor itu pula, dan saya sedang tidak melakukan panggilan kolektif. pertanyaan saya adalah apakah sinomor tak dikenal tadi juga menyimak pembicaraan saya dan rekan telp saya? Jika itu hal.yang sifatnya sangat penting dan rahasia, apa tidak berbahaya.

  25. HENDRA berkata:

    Saya juga mengalami kasus serupa, status berada dipanggilan lain, padahal saya tidak ada menelpon siapapun.

  26. Egha berkata:

    Saya semalam tidur , namun pukul 23:17 istri saya menelpon, namun katanya saya sedang berada dipanggilan lain , namun pas saya pagi bangun saya ngecek dihistory gak ada panggilan masuk selain dari istri saya