8+ Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Dianisa.com – Mengatasi WhatsApp Error, Bermasalah, dan Tidak Bisa Dibuka. WhatsApp adalah salah satu Aplikasi Messenger android gratis yang simple dan ringan saat digunakan. Salah satu aplikasi yang dibeli Oleh Facebook ini menjadi Aplikasi yang sangat populer dan memperoleh peringkat pertama dari banyaknya pengguna Aplikasi Messenger.

Dulu mungkin WhatsApp tidak begitu populer, masih kalah dengan BBM. Tapi pengguna BBM banyak yang beralih menggunakan WhatsApp dikarenakan lebih simple dan mudah digunakan serta tidak menguras banyak kuota. Sebagai Aplikasi Messenger, WhatsApp terus mengembangkan dan meng-update fitur – fitur terbaru.

Terlebih sekarang ini WhatsApp tanpa Iklan dan bahkan penggunanya tidak membayar sama sekali alias gratis selamanya.

Namun sayangnya ada beberapa pengguna Android yang mengalami Masalah Pada Aplikasi WhatsApp. Beberapa pengguna WhatsApp sering bertanya, Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Dibuka? Jawabannya tentu bermacam – macam karena setiap pengguna Android memiliki masalah yang berbeda – beda.

Pada umumnya Aplikasi Whatsapp Yang Error Dan Tidak Bisa Dibuka biasanya muncul pesan bertuliskan Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti atau “Unfortunately, WhatsApp Has Stopped”.

Pesan error tersebut memang bisa terjadi pada semua perangkat Android. Namun anda tenang saja dan tidak perlu khawatir, karena kali ini saya akan membantu Mengatasi Masalah Pada Aplikasi Whatsapp Yang Error Dan Tidak Bisa Dibuka.

Masalah WhatsApp

Mengatasi WhatsApp Android Tidak Bisa dibuka

Penyebab mengenai Masalah Whatsapp Yang Tidak Bisa Dibuka ataupun Muncul Pesan Error mungkin karena tumpukan cache yang berlebihan dan tidak pernah anda hapus. Penyebab lainnya bisa juga kerana memori RAM yang penuh karena banyaknya aplikasi berjalan dibelakang layar.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mempraktekan metode dan langkah – langkah dibawah ini.

1. Restart Smartphone

Hal Sederhana pertama yang dapat anda lakukan yakni dengan restart smartphone. Memang ini terbilang cukup remeh, namun terkadang cara ini berhasil mengatasi masalah WhatsApp yang error.

Namun ini masih bersifat tidak pasti, apabila masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

2. Periksa Konektivitas Jaringan

Selanjutnya, cobalah untuk memastikan apakah jaringan internet anda lancar jaya untuk segala aktivitas dunia maya. Coba tes untuk buka YouTube, Play Store, Chrome, ataupun yang lainnya. Jika memang lancar maka dapat dipastikan hanya WhatsApp yang bermasalah, namun jika sebaliknya, maka anda juga perlu cek paket data anda, provider, dan lainnya.

Jika koneksi buruk, coba matikan dan nyalakan kembali data internet anda. Atau jika perlu, gunakan pula mode pesawat terbang.

3. Gunakan VPN Apabila di Take Down

Masalah lain, apabila saat ini WhatsApp telah di take down oleh pemerintah maka semua pengguna WhatsApp di Indonesia tentu akan kebingungan karena bagaimanapun WhatsApp sangat penting digunakan sebagai media komunikasi.

Solusinya adalah, gunakan VPN untuk mengalihkan jaringan atau IP kita ke luar negeri sesuai dengan server yang kita pilih. Bisa Singapura, India, Belanda, Amerika, Inggris Raya, atau yang lainnya sesuai dengan pilihan yang tersedia.

Ada banyak Aplikasi VPS Gratis dan Berbayar yang bisa anda unduh dari Google Play Store. Salah satu rekomendasi saya, anda bisa gunakan Turbo VPN.

4. Hapus File Cache WhatsApp

Selanjutnya, anda bisa mencoba Menghapus Cache Aplikasi WhatsApp. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya file cache dapat mempercepat waktu anda dalam membuka aplikasi tertentu pada OS Android ataupun Windows.

Tetapi jika file cache dan history yang terlalu banyak dan menumpuk pada Internal Card maka bisa – bisa dapat membuat Android serasa berat dan terjadilah Aplikasi Error. Maka dari itu, untuk Menghapus File Cache Android, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

5. Paksa Berhenti & Hapus Data Whatsapp

Pada umumnya Menghentikan Dan Menghapus Data Aplikasi akan membuat Aplikasi tersebut kembali ke pengaturan default. Artinya semua file sementara WhatsApp akan hilang secara permanen seperti basis data, data login, History, cache, setelan, dan lainnya.

Untuk login kembali nanti, anda bisa masukkan lagi Nomor telepon dan Password WhatsApp kembali. Untuk Menghapus Data WhatsApp, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

6. Update Aplikasi WhatsApp ke Versi Terbaru

Anda juga bisa mencoba dengan metode lain dengan meng-update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Apakah WhatsApp android anda muncul pesan bertuliskan bahwa Aplikasi Whatsapp Telah Kadaluarsa Pada Tanggalnya.

 Jika itu benar terjadi, maka cobalah untuk memperbarui aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store. Carilah aplikasi WhatsApp di Google Play Store dan lakukan update pada aplikasi tersebut.

Update WhatsApp

Sumber Image : Play Store

  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “WhatsApp” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

7. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika semua cara diatas tidak membuahkan hasil maka sekali maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan Menghapus Aplikasi WhatsApp. Anda bisa hapus aplikasi WhatsApp kemudian bersihkan cache dan restart smartphone Android anda.

Setelah itu, barulah anda install dengan Aplikasi WhatsApp yang baru langsung dari Google Play Store.

Hapus Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

8. Factory Reset Smartphone

Apabila semua cara yang saya berikan diatas tidak berhasil mengatasi masalah anda, maka solusi akhir cobalah untuk Factory Reset Smartphone. Hanya karena WhatsApp yang bermasalah, biasanya tidak sampai reset ulang, namun ini juga bisa menjadi pilihan apabila anda menginginkannya.

Backup semua data penting yang anda miliki dan lakukan reset sesuai dengan merek dan tipe HP yang anda gunakan.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

Akhir Kata

Dengan menerapkan beberapa hal diatas, semoga saja nantinya WhatsApp android bisa normal dan bisa dipakai kembali seperti biasanya. Jikapun nantinya tidak bisa dibuka juga maka terpaksa anda harus lakukan Factory Reset atau Mengembalikan Android Ke Setelan Pabrik.

Metode yang saya berikan diatas dapat anda coba pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Whatsapp Error, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 107 Comment

  1. Rahman Auddy berkata:

    Kenapa ya gan? Bukan hanya whatsapp yang tidak bisa dibuka setelah saya download yang lainnya seperti share it kendalanya sama tidak bisa dibuka hanya ada uninstall ketika saya ingin mengikuti step demi step yang agan kasih, tulisan hapus chace hapus data dan sebagainya tidak bisa terkecuali hapus instalan.. Mohon fast respon ya gan terimakasih

    • Dian Arifin berkata:

      Ya, lebih baik hapus saja mas aplikasi tersebut, kemudian bersihkan file temporary menggunakan aplikasi bawaan (Cleaner). Selanjutnya reboot HP Android anda.

  2. Kanagawa Yuki berkata:

    uninstall aplikasi nya ,lalu hapus folder temporary aplikasi nya yg di file manager ,dan instal kembali aplikasi yg masalah tadi ! beres deh

  3. ucik berkata:

    Kalau sayangnya whatsapp telah berhenti tapi pas mau login tu gimana ya gan 🙁 sampai skrg gk bsa login. Padahal aplikasinya udah gw hapusin semua.

  4. ines berkata:

    mas kenapa y whatsapp saya terdapat masalah dengan versi whatsapp anda silahkan unduh versi terbaru padahal saya sudah perbarui.

    • Dian Arifin berkata:

      Ohh, WhatsApp mbak masih versi lawas, Hapus Data aplikasi WhatsApp kemudian perbarui via Google Play Store..

      • lira berkata:

        mas, whatsapp saya masalah ny sama dengan mbak ines, udah di instal ulang tapi masih tetap ga bisa, tlng solusi ny mas…

      • Dian Arifin berkata:

        Beberapa waktu yang lalu WhatsApp memang mengalami masalah mbak, coba tunggu beberapa hari nanti Install Ulang kembali…

  5. Melis berkata:

    Kenapa ya WhatsApp saya tidak bisa di buka lagi padahal tadi bisa malah ada bacaan whatssapp ini untuk sementara tidak dapat di akses,gitu2 terus ,sya udh coba hapus data dan log-in lg tapi ttep gak bisa di buka

  6. Riki Sigit NF berkata:

    bang, ko whatsapp ane gabisa dibuka ya, pas di buka langsung muncul memverivikasi kode 6 digit terus

    • Dian Arifin berkata:

      Apa mas baru ganti Nomor atau bagaimana, kalau ngak terkirim kirim ulang mas, dan pastikan Nomor di WhatsApp nomornya masih dalam kondisi aktif dan masih mas gunakan..

  7. Daania berkata:

    Sama mas whatsapp saya juga gx bisa dibuka minta download trs padahal saya dah Capek redownload n uninstall sampai berkali2 ,tgl dah bener,hapus data udah,restart phone udah ttep minta diperbaharui n gx bisa di buka,boro2 daftar nomor skip tulisan old version nya aja gx bisa jadi sebel …ada solusinya nggak mas?

  8. faidza berkata:

    WhatsApp saya tidak bisa dibuka.kalo di buka ada tulisan “WhatsApp terhenti”..dan di manajer applikasi tidak ada Chace..tolong bantuannya

  9. siti mualifa berkata:

    Kak kok whatsapp saya kok pas dibuka muncul tulisan gini harus diperbarui padahal dh diperbarui terus terusan tetep aja gk bisa terus katanya tgl nya salah padahal udh bener tapi tetap aja gk bisa terus aja versi whatssapp nya udh kadaluarsa padahal dh diperbarui tolong solusinya kak

    • Dian Arifin berkata:

      Tolong setting Waktu di HP mbak secara otomatis dan pastikan benar. Kemudian lakukan “Hapus Data” pad aplikasi WhatsApp agar WhatsApp bisa normal kembali…

  10. ridh berkata:

    jadi ceritanya tadi malam saya abis uninstall wa (emg sering bbrpa kali uninstall) tapi belum ada masalah,pas td pagi mau buka wa eh malah ngga bisa,ada tulisan “mungkin nomor anda telah didaftarkan di wa lain.silahkan verifikasi akun anda” (kira2 seperti itu),tapi setelah saya verifikasi dan bbrpa kali tetap aja ngga bisa..tetap aja muncul notif disuruh verifikasi.
    kira2 gimana ya?

    • Dian Arifin berkata:

      Hapus aja dan Install lagi. Apa nomor mas, mas pakai pada HP lain yang sama – sama ada aplikasi WhatsApp nya. WhatsApp tidak bisa pada dua tempat lo mas …

  11. Taufiq berkata:

    Kok tiba tiba wa berhenti ya? Padal cara diatas udah dicoba semua?

    • Dian Arifin berkata:

      Hapus sampah dengan aplikasi Cleaner di HP mas, pastikan semua virus dan sampah hilang semua. Selanjutnya, Hapus data aplikasi WhatsApp, lalu restart …

  12. Masha berkata:

    Ka kenapa ya setiap buka whatsaap malah hpnya mati terus menerus , padahal udah ikutin langkahnya , udah uninstal , restart ulang tetep aja ngga bisa buka whatsaap , malah hpnya mati nyala mati nyala terus..

    • Dian Arifin berkata:

      Oh, coba buka aplikasi keamanan, kemudian bersihkan file sampah, virus, dan lainnya. Percepat (Boost) semua aplikasi, kemudian restart …

  13. Evi berkata:

    Kenapa ya kadang pas mau buka whatsapp muncul “menginialisasikan” gitu,pas udh selesai eh malah membersihkan chat. Suka kesel gitu..

  14. Firmansyah setiawan berkata:

    Saya punya 2 akun whatapp di 1hp, gatau knpa tiba2 yg satunya ga bisa dipake. Itu knapa ya mas ?

  15. fadilla berkata:

    kak bagaimana caranya pasang aplikasi wa ya, soalnya tidak bisa di buka dan hanya ada tulisan uninstal?

  16. Riza berkata:

    Mas, kalo saya itu pakai apk 2 face jadi W WA di hp saya dobel, lah udah 3 hari nggak buka WA, jadinya WAnya Eror nggak bisa kebuka, . Terus kalo Hapus data apk 2 face di stelan itu hilang nggak akunnya?? Soalnya no telepon di WA itu udah hilang mas…
    Solusinya gimana mas???

  17. chaca radithya berkata:

    knpa ya mas setiap saya buka WA..selalu.muncul tulisan sayngnya wA telah berhenti..gmna cara membuka wa

  18. Laode ibnu Rajab berkata:

    Bro, sy gak bisa kirim dan terima pesan lewat WA bahkan kirim status pun tdk bisa

  19. Yulianah berkata:

    Mas saya mau nanya, kalo whatsapp di bajak trus kan wa nya error trus dihapus aplikasi nya download lagi tapi kode vertifikasi nya ga muncul muncul itu knpa yaa

  20. paijo berkata:

    Mas kalo hapus data wa…kontak nyaa ilang nggak sihh??

  21. Seren lena berkata:

    Ka punyaku ga bisa di buka padahal udh verifikasi ni yah terus ada tulisannya “tidak dapat terhubung,silakan coba lagi” lah itu knp yah sampe aku ganti no lagi tapi tt ga bisa kasih tau dong ka

  22. Anita sahetapy berkata:

    Klo gk bisa VC lewat WA Gmna… udh update versi terbaru sm aja.. layar gelap.

  23. Silva salwa Febriani berkata:

    Aku pegang wa 2 kak, yang satu wa pribadi yang ssatu wa bisnis.
    Tapi wa pribadi gabisa kak. Dia gabisa ngirim dan menerima pesan. Tapi notif nya anda telah menerima pesan baru. Tapi di wa bisnis lancar aja kak ig, fb, line lancar kendala nya vuma di wa pribadi. Itu knpa ya kak?

  24. Sherlymonica berkata:

    Kak sudah di install ulang bahkan sekuaa cara sudah di ikuti pun tetep gak bisa ?

  25. Yuli berkata:

    Mas knp wa nya gaa bisa di daftar ya padahal smua caranya udah di lakuin tapi ttp gaa bisa . Disuruh tunggu sejam , tapi nomor verivikasinya gaa datang” juga padahal 3 hari ini udah d ulang trs sampe ganti nmr

  26. Ambar berkata:

    Semua cara tersebut sudah saya lakukan, tapi WA tetap belum bisa dibuka, masih muncul pesan Unfortunately, WhatsApp has stopped… bagaimana ya ?

    • Dian Arifin berkata:

      bersihkan semua sampah yang ada pada smartphone mbak. Hapus Aplikasi WhatsApp, Restart, dan coba instal kembali. Kalau masih tidak bisa, lakukan Factory Reset saja mbak.

  27. said berkata:

    Bang ini wa pacar ku ko engggak bisa di buka.. padahal mah dulu lancar” aja ko tiba” engggak bisa di buka lagi padahal mah udah di masukin kode verifikasi yang baru bolak balik tetap aja engggak bisa bang.. kasih solusi nya

  28. rul berkata:

    tadi minta updater. lalu sy updater.tiba2 WA rusak tidak bisa di buka. hp pun sudah sy instal ulang. mohon solusi

  29. Santii berkata:

    Kenapa chat yang masuk d WA tidak bisa di buka??

  30. Pandego berkata:

    Whatsapp saya suka error ketika ada orang mengirim file pdf yg kita download hp black screen dan kembali kemenu utama..pdahal saya sdh ada aplikasi pdf nya,mohon pencerahaannya padahal smua cara diatas udah saya lakukan.

  31. Nurindah berkata:

    Minta solusinya, ini aku udah uninstall, trus install lagi, tulisannya “Whatsapp tidah tersedia sementara. Coba lagi dalam waktu 5 menit”, gmn solusinya ya?

  32. hayu berkata:

    saaya salah memasukan nomer verivikasi , kemudian musti nunggu

  33. angga berkata:

    knpa selalu muncul whatsapp terhenti ?

  34. indah saf berkata:

    Whatsapp tdk bisa d buka.. bilangnya tanggAl pada ponsel.tdk akurat. Padahal tanggAlnya udh bnar

  35. Icang berkata:

    Ka kenpa setial saya mau bka aplikasi whatsapp di hp saya itu nda bisa kah pasti ad aj tulisan ” aplikasi tidak tersedia”

  36. Resti berkata:

    Saya sudah coba update whatsap versi baru tapi tetap ga bisa untuk verifikasi nomor malah muncul whatsap anda bermaslah coba unduh versi terbaru mohon solusinya

  37. Ani berkata:

    ka aku ga bisa log in WhatsApp, katanya harus update, trs udh diuptade ke versi terbaru masih aja ga bisa log in, gmna ya?

  38. Denrew berkata:

    Pada saat saya klik icon whatsapp hanya muncul menu registrasi “Selamat Datang di Whatsapp” namun ketika saya klik “Setuju dan Lanjutkan” aplikasi gak bisa terbuka malah ke Homescreen. Sudah coba install ulang berkali2 tapi gak bisa.

    • Dian Arifin berkata:

      Itu permasalahannya bisa jadi pada sistemnya yang ngak mendukung versi terbaru. Btw HP yang mas gunakan merek dan tipenya apa? Coba Update Firmware atau bersihkan cache secara menyeluruh pada perangkat Android mas.

  39. Shasha Nur Fidziyah berkata:

    Smuanya udah di lakuin ttp ga bisa 🙁

  40. Saffana berkata:

    Ko kodenya ga nongol2 ya biasNya kan langsung nongol

  41. Novia berkata:

    Kak kalo inisialisasinya lama ituu kenapaa yaa??

  42. Desy isnani berkata:

    Mas aku udah semua pkk cara itu tp tetep nggak bisa jadi harus kem ali kesetelan pabrik ya? Aku bingung kalo setelan pabrik semuanya aplikasi hilang kann ? Aku nggakk hafal sandi email soalny mohon bantuan nya mas

    • Dian Arifin berkata:

      Coba pakai WhatsApp versi dibawahnya, ya itu harus aja trus unduh WhatsApp versi APK yang versinya dibawahnya terbaru saat ini. Bisa kisaran 2 bulanan yang lalu. Ada banyak kok di Google.

  43. Yuni berkata:

    Tolong bantuannya, wa anak saya Ini pas dibuka disana ada perintah untuk menyrsuaikan tanggal. Sudah dicoba tapi masih tetap tidak bisa. Mohon penjelasannya. Terimakasih

  44. Hikaa berkata:

    Saya di suruh memperbarui apk whatsapp tp stelah d perbarui mlah tidak bsa d buka..dan slalu muncul tulisan”whatsapp bermasalah silahkan copot kembali lalu instal ulang d playstore” sya pun sudah coba instal ulang dan hasil nya tetap sama saja. Bagaimana solusinya dan dmn msalah nya kak????

  45. andiarisda berkata:

    Kak kok wa saya ngk bisa terbuka sih. Padahal kan aku sdh download ulang trus sdh ksih msuk nmr terus aku tekan selanjutnya sdh ngk bisa” masuk. Padahal bru beli kuota

  46. Anggi berkata:

    Whatsapp saya kog tiba tiba nggak bisa ngrim & nerima pesan,,juga nggk ada story masuk,,itu kenapa? Koneksi internet bagus kog buat googling juga lancar youtube lancar tapi whatsapp nggak bisa,,,tolong kasih solusi ya

  47. Harmini berkata:

    wa dan fb saat ini tidak dapat digunakan Mudah2an tidak lama2 karena bisnis dan komunikasi saya sangat terhambat,mohon bantuannya ya pa agar wa sudah dpt berfungsi dg baik

  48. Anggi berkata:

    Samaa Ada masalah wa ketika saya baru download yg baru lagi, tidak Bisa di buka wa nya

  49. Monik berkata:

    Sayang WhatsApp telah berhenti, dan sudah melakukan hal diatas tapi kenapa tetep gabisa ya? Kenapa?

  50. Fedria Alkhudri berkata:

    Wa dan FB ku hilang, info nya SD card rusak,tapi di cek dg card reader bagus ,datanya ada, masalah nya apa ya??

  51. Popysuntipa berkata:

    Kak knp ya whatsappweb saya gabisa dibuka di.hp opp pdhal wktu itu msh bisa tpi saya coba ulng kluar trs hps download tpi msh aja app whatsaap web gabsa dbuka
    Terimakasih