8+ Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Dianisa.com – Mengatasi WhatsApp Error, Bermasalah, dan Tidak Bisa Dibuka. WhatsApp adalah salah satu Aplikasi Messenger android gratis yang simple dan ringan saat digunakan. Salah satu aplikasi yang dibeli Oleh Facebook ini menjadi Aplikasi yang sangat populer dan memperoleh peringkat pertama dari banyaknya pengguna Aplikasi Messenger.

Dulu mungkin WhatsApp tidak begitu populer, masih kalah dengan BBM. Tapi pengguna BBM banyak yang beralih menggunakan WhatsApp dikarenakan lebih simple dan mudah digunakan serta tidak menguras banyak kuota. Sebagai Aplikasi Messenger, WhatsApp terus mengembangkan dan meng-update fitur – fitur terbaru.

Terlebih sekarang ini WhatsApp tanpa Iklan dan bahkan penggunanya tidak membayar sama sekali alias gratis selamanya.

Namun sayangnya ada beberapa pengguna Android yang mengalami Masalah Pada Aplikasi WhatsApp. Beberapa pengguna WhatsApp sering bertanya, Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Dibuka? Jawabannya tentu bermacam – macam karena setiap pengguna Android memiliki masalah yang berbeda – beda.

Pada umumnya Aplikasi Whatsapp Yang Error Dan Tidak Bisa Dibuka biasanya muncul pesan bertuliskan Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti atau “Unfortunately, WhatsApp Has Stopped”.

Pesan error tersebut memang bisa terjadi pada semua perangkat Android. Namun anda tenang saja dan tidak perlu khawatir, karena kali ini saya akan membantu Mengatasi Masalah Pada Aplikasi Whatsapp Yang Error Dan Tidak Bisa Dibuka.

Masalah WhatsApp

Mengatasi WhatsApp Android Tidak Bisa dibuka

Penyebab mengenai Masalah Whatsapp Yang Tidak Bisa Dibuka ataupun Muncul Pesan Error mungkin karena tumpukan cache yang berlebihan dan tidak pernah anda hapus. Penyebab lainnya bisa juga kerana memori RAM yang penuh karena banyaknya aplikasi berjalan dibelakang layar.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mempraktekan metode dan langkah – langkah dibawah ini.

1. Restart Smartphone

Hal Sederhana pertama yang dapat anda lakukan yakni dengan restart smartphone. Memang ini terbilang cukup remeh, namun terkadang cara ini berhasil mengatasi masalah WhatsApp yang error.

Namun ini masih bersifat tidak pasti, apabila masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

2. Periksa Konektivitas Jaringan

Selanjutnya, cobalah untuk memastikan apakah jaringan internet anda lancar jaya untuk segala aktivitas dunia maya. Coba tes untuk buka YouTube, Play Store, Chrome, ataupun yang lainnya. Jika memang lancar maka dapat dipastikan hanya WhatsApp yang bermasalah, namun jika sebaliknya, maka anda juga perlu cek paket data anda, provider, dan lainnya.

Jika koneksi buruk, coba matikan dan nyalakan kembali data internet anda. Atau jika perlu, gunakan pula mode pesawat terbang.

3. Gunakan VPN Apabila di Take Down

Masalah lain, apabila saat ini WhatsApp telah di take down oleh pemerintah maka semua pengguna WhatsApp di Indonesia tentu akan kebingungan karena bagaimanapun WhatsApp sangat penting digunakan sebagai media komunikasi.

Solusinya adalah, gunakan VPN untuk mengalihkan jaringan atau IP kita ke luar negeri sesuai dengan server yang kita pilih. Bisa Singapura, India, Belanda, Amerika, Inggris Raya, atau yang lainnya sesuai dengan pilihan yang tersedia.

Ada banyak Aplikasi VPS Gratis dan Berbayar yang bisa anda unduh dari Google Play Store. Salah satu rekomendasi saya, anda bisa gunakan Turbo VPN.

4. Hapus File Cache WhatsApp

Selanjutnya, anda bisa mencoba Menghapus Cache Aplikasi WhatsApp. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya file cache dapat mempercepat waktu anda dalam membuka aplikasi tertentu pada OS Android ataupun Windows.

Tetapi jika file cache dan history yang terlalu banyak dan menumpuk pada Internal Card maka bisa – bisa dapat membuat Android serasa berat dan terjadilah Aplikasi Error. Maka dari itu, untuk Menghapus File Cache Android, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

5. Paksa Berhenti & Hapus Data Whatsapp

Pada umumnya Menghentikan Dan Menghapus Data Aplikasi akan membuat Aplikasi tersebut kembali ke pengaturan default. Artinya semua file sementara WhatsApp akan hilang secara permanen seperti basis data, data login, History, cache, setelan, dan lainnya.

Untuk login kembali nanti, anda bisa masukkan lagi Nomor telepon dan Password WhatsApp kembali. Untuk Menghapus Data WhatsApp, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

6. Update Aplikasi WhatsApp ke Versi Terbaru

Anda juga bisa mencoba dengan metode lain dengan meng-update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Apakah WhatsApp android anda muncul pesan bertuliskan bahwa Aplikasi Whatsapp Telah Kadaluarsa Pada Tanggalnya.

 Jika itu benar terjadi, maka cobalah untuk memperbarui aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store. Carilah aplikasi WhatsApp di Google Play Store dan lakukan update pada aplikasi tersebut.

Update WhatsApp

Sumber Image : Play Store

  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “WhatsApp” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

7. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika semua cara diatas tidak membuahkan hasil maka sekali maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan Menghapus Aplikasi WhatsApp. Anda bisa hapus aplikasi WhatsApp kemudian bersihkan cache dan restart smartphone Android anda.

Setelah itu, barulah anda install dengan Aplikasi WhatsApp yang baru langsung dari Google Play Store.

Hapus Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

8. Factory Reset Smartphone

Apabila semua cara yang saya berikan diatas tidak berhasil mengatasi masalah anda, maka solusi akhir cobalah untuk Factory Reset Smartphone. Hanya karena WhatsApp yang bermasalah, biasanya tidak sampai reset ulang, namun ini juga bisa menjadi pilihan apabila anda menginginkannya.

Backup semua data penting yang anda miliki dan lakukan reset sesuai dengan merek dan tipe HP yang anda gunakan.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

Akhir Kata

Dengan menerapkan beberapa hal diatas, semoga saja nantinya WhatsApp android bisa normal dan bisa dipakai kembali seperti biasanya. Jikapun nantinya tidak bisa dibuka juga maka terpaksa anda harus lakukan Factory Reset atau Mengembalikan Android Ke Setelan Pabrik.

Metode yang saya berikan diatas dapat anda coba pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Whatsapp Error, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Show All Comments (107)