Pengertian WinRAR | Definisi, Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan

Kita tahu bahwa dalam beberapa kondisi tertentu, memperkecil suatu file sangatlah penting untuk dilakukan dan tentunya memiliki banyak manfaat. Saya pernah merasakan ketika mengunduh sebuah file dari internet yang memiliki ukuran terlalu besar untuk satu file saja. Hal ini tentu akan mengakibatkan penuhnya penyimpanan memori pengguna.

Di sisi lain, ukuran file yang terlalu besar akan menghambat pengguna ketika hendak mengunggah file pada situs atau mengirimkan berkas melalui email. Dengan perkembangan teknologi saat ini, terdapat solusi di mana masalah tersebut dapat di atasi dengan mudah dan cepat. Lantas bagaimana caranya? Yakni dengan menggunakan software kompresi file.

Terdapat banyak sekali software kompresi yang dapat pengguna temui di penelusuran Google. Salah satu di antaranya adalah WinRAR. Tentunya bagi pengguna internet saat ini, nama WinRAR sudah tidak asing lagi. Mengingat software tersebut memiliki banyak manfaat dan kelebihan. Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan lebih detailnya terkait apa itu pengertian WinRAR yang dilengkapi dengan fungsi, fitur dan cara menggunakannya.

Lihat Juga : Pengertian LibreOffice | Komponen, Fungsi, Fitur

Apa itu WinRAR?

Definisi WinRAR
Image Source : ipguard.org.ua
PengembangEugene Roshal
Sistem OperasiWindows, macOS, Linux, FreeBSD, Android
JenisPengarsipan berkas
Situs Webrarlab.com

WinRAR merupakan utilitas pengarsipan file trialware untuk Windows, di mana pengembangnya adalah Eugene Roshal dari win.rar GmbH. Dengan software ini pengguna dapat membuat dan melihat arsip dalam format file RAR/ZIP serta membongkar beragam format file arsip. Kemudian, WinRAR juga mendukung pembuatan arsip yang dienkripsi, multi-bagian dan mengekstrasi.

Secara umum, WinRAR ini dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu software kompresi yang sering digunakan. WinRAR juga mendukung di berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, macOS, Linux, serta FreeBSD. Bahkan WinRAR juga tersedia dalam versi Android yang bernama “RAR”. Namun pada dasarnya WinRAR ini adalah sebuah program khusus Windows.

Selain itu, WinRAR dirilis dengan berbagai kebutuhan dan fitur yang menarik di dalamnya. Bagaimana tidak, dengan WinRAR ini pengguna dapat memperkecil ukuran file hingga 50% dari ukuran aslinya. Melihat salah satu keunggulan tersebut, tidak mengherankan jika banyak sekali orang yang lebih memilih WinRAR sebagai kompresi file mereka.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Illustrator | Sejarah, Fungsi, Fitur

Fungsi dan Manfaat WinRAR

Fungsi WinRAR
Image Source : techradar.com

Terlepas dari pengertian WinRAR di paragraf sebelumnya, mungkin tidak sedikit pengguna menyadari seperti apa fungsi dan manfaat dari WinRAR ini. Memang fungsi utama dari software ini adalah memperkecil ukuran file, namun bukan berarti WinRAR tidak memiliki fungsi lainnya. Berikut penjelasan mengenai fungsi dan manfaatnya.

1. Memperkecil Ukuran File

Seperti yang saya jelaskan pada paragraf sebelumnya, bahwa WinRAR memiliki fungsi utama yang berguna untuk memperkecil ukuran data. Dalam hal kompresi file pun, WinRAR tidak tanggung-tanggung. Bahkan dengan software ini, pengguna dapat memperkecil ukuran data hingga 50% dari ukuran aslinya. Adapun manfaat lainnya yang didapat dari memperkecil ukuran file, yaitu pengguna dapat menghemat ruang penyimpanan secara maksimal. Melihat fungsinya tersebut, tidak mengherankan jika WinRAR menjadi software kompresi file paling populer.

2. Mempercepat Pengiriman File

Tentunya dengan memperkecil ukuran file, secara otomatis dapat mempercepat pengiriman file ataupun copy file. Mengingat ukuran file telah berubah lebih kecil dari ukuran aslinya. Selain itu, ketika pengguna ingin mengirim file melalui email, tentu saja akan menghemat kuota internet.

3. Mendukung Beragam Format Kompresi

Bagi pengguna yang sering melakukan kompresi file, tentu sudah tidak asing lagi bahwa terdapat banyak sekali software/ aplikasi untuk kompres data. Salah satu manfaat yang dapat pengguna rasakan dengan software ini adalah pengguna dapat membuka file yang dikompres dengan software/ aplikasi kompres lainnya.

4. Mengamankan File dari Virus

Adapun hal menarik dari WinRAR selain fungsinya sebagai alat kompresi. Yaitu WinRAR dapat melindungi file pengguna dari serangan virus. Artinya file yang telah dilakukan kompresi, maka tidak akan bisa terkena virus.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Edge | Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Fitur utama WinRAR

Fitur WinRAR
Image Source : uktech.news

Di samping kepopuleran WinRAR sebagai salah satu software perarsipan file, tentu tidak akan lepas dari fitur yang disediakan. Adapun beberapa fitur menarik dari WinRAR, yang perlu pengguna ketahui. Misalnya seperti keamanan file terjamin, mendukung beragam format kompresi populer, fitur Wizard, dsb. Untuk selebihnya dapat pengguna lihat pada poin berikut ini

  1. Menyediakan dukungan lengkap untuk arsip RAR dan ZIP serta mampu membongkar arsip CAB, ARJ, LZH, TAR, GZ, UUE, BZ2, JAR, ISO, 7Z, XZ, Z.
  2. Fitur Wizard bagi calon pengguna.
  3. Enskripsi arsip kekuatan industri menggunakan AES dengan kunci 256 bit.
  4. Mendukung file dan arsip dengan ukuran hingga 8.589 miliar gigabyte.
  5. Kemampuan untuk membagi arsip menjadi beberapa volume dengan mudah.
  6. Catatan pemulihan dan volume pemulihan, yang memungkinkan untuk merekonstruksi arsip yang rusak secara fisik.
  7. WinRAR memberi semua pembaharuan masa secara Gratis.
  8. Kompresi dan dekompresi CPU multithreaded.

Lihat Juga : Pengertian Pinterest | Definisi, Sejarah, Fitur, Kelebihan

Kelebihan dan Kekurangan WinRAR

Kelebihan WinRAR
Image Source : iseepassword.com

Kita tahu bahwa setiap software yang dikembangkan oleh para developer tidaklah sempurna. Meski WinRAR dapat dikatakan sebagai salah satu software kompresi file yang populer, ternyata software ini pun juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Lantas, seperti apa kelebihan dan kekurangan dari software WinRAR ini? Silakan simak pada poin di bawah ini:

Kelebihan

  1. Mudah digunakan
  2. Ringan
  3. Memperkecil ukuran file
  4. Dapat membuka format file yang berbeda
  5. Membuat arsip format RAR dan ZIP
  6. Mengunci file RAR
  7. Melindungi file dari virus
  8. Kompatibel dengan Windows 10 dan versi sebelumnya.

Kekurangan

  1. Tampilan. Kita tahu bahwa tampilan dari WinRAR ini masih menggunakan model lama. Hal ini sangatlah tidak relevan dengan kondisi perkembangan teknologi saat ini, di mana banyak tampilan software dibuat lebih modern supaya menarik di pandang.
  2. Kerusakan File. Hal ini dapat terjadi dikarenakan beberapa hal. Yaitu ketika file yang akan di kompres, sebelumnya telah terinfeksi virus. Dan satunya lagi disebabkan karena file yang dikompres belum selesai 100%.
  3. File Terkunci. Memang WinRAR telah menyediakan fitur password untuk mengamankan file yang akan dikompres. Namun jika pengguna lupa dengan password yang terdapat pada file WinRAR, maka cara membukanya adalah hanya dengan mengingatnya saja. Jika tidak ingat, terpaksa pengguna harus merelakan/ membuang file tersebut.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Office | Jenis Layanan, Fungsi, Manfaat

Cara Menggunakan WinRAR

Sebagai informasi tambahan pada pembahasan singkat mengenai pengertian WinRAR kali ini, saya akan berbagi bagaimana cara menggunakan WinRAR. Misalnya cara kompresi file dan cara membuka file yang dikompresi dengan WinRAR. Memang pada dasarnya, cara ini sangatlah mudah dilakukan, meski demikian hal ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang masih awam dengan komputer. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Cara kompresi file menggunakan WinRAR

Cara Kompresi File WinRAR
Kompresi file dengan WinRAR. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, pilih File yang ingin dikompresi.
  2. Selanjutnya, klik Kanan File » pilih Add to archive…
  3. Pada bagian “Archive Format”, pilih RAR / RAR4 / ZIP.
  4. Jika perlu, ubah nama Archive beserta parameters lainnya.
  5. Jika sudah, klik OK.
  6. Tunggu proses kompresi file beberapa saat.
  7. Selesai.

2. Cara membuka file yang dikompresi dengan WinRAR

Terdapat tiga metode dalam membuka file yang dikompresi dengan WinRAR. Di antaranya adalah dengan klik Extract files, Extract here, dan Extract to “nama file”. Namun pada ulasan kali ini saya menggunakan Extract to. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Membuka File WinRAR
Membuka file kompres melalui WinRAR. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, pilih File yang berekstensi. (Ex : .RAR)
  2. Kemudian, klik Kanan File » pilih Extract to “nama file”.
  3. Tunggu proses beberapa saat.
  4. Selesai.

Lihat Juga : Pengertian CorelDRAW | Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan

Kesimpulan,

Dari ulasan pengertian WinRAR di atas dapat disimpulkan bahwa, WinRAR merupakan software kompresi data yang sering digunakan oleh pengguna internet. Dengan mengkompres file melalui WinRAR ini, kita dapat menghemat ruang penyimpanan pada PC/Laptop/Smartphone dan bahkan dapat  memberikan perlindungan ekstra terhadap file yang diinginkan. Selain itu dengan memperkecil ukuran data dari file tersebut, dapat memungkinkan pengguna melakukan pengiriman file melalui email dengan cepat serta menghemat kuota internet.

Apakah WinRAR Gratis?

Tidak, anda perlu membeli terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Namun WinRAR tersedia versi gratis selama 40 hari untuk masa percobaan.

Apa fungsi dari WinRAR?

Fungsi utama dari WinRAR adalah digunakan untuk mengkompresi file.

Apakah WinRAR aman digunakan?

Yaa, aman. Terlebih jika Anda menggunakan versi terbaru dari WinRAR.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya berikan mengenai pengertian WinRAR. Bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat terkait ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba !!!

CATATAN : Informasi di atas di ambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain guna menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.