7 Cara Mengatasi Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti

Salah satu aplikasi instan Messenger paling populer dan menduduki peringkat #1 dunia adalah WhatsApp. WhatsApp menjadi…

Salah satu aplikasi instan Messenger paling populer dan menduduki peringkat #1 dunia adalah WhatsApp. WhatsApp menjadi sangat populer berkat fitur yang unik dan cara penggunaannya yang mudah dan simple. Hanya dengan nomor telepon saja, pengguna Android bisa mendaftar di WhatsApp, tidak perlu menggunakan email Gmail ataupun Yahoo!.

Namun seiring berjalannya waktu ternyata ada saja kendala mengenai aplikasi WhatsApp. Walaupun jarang terjadi, namun ada beberapa pengguna yang mengeluhkan mengenai aplikasi WhatsApp yang dimilikinya muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” atau “Unfortunately, WhatsApp Has Stopped”.

Dari pesan pop up yang muncul tersebut artinya aplikasi WhatsApp Anda force close secara tiba-tiba (menutup dengan sendirinya). Penyebab utama mengenai masalah tersebut umumnya karena penumpukan sampah pada memori internal dan external yang berlebihan dan secara tidak langsung membuat aplikasi WhatsApp serasa berat dan lemot yang akhirnya WhatsApp muncul pesan error seperti di atas.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah

Cara Mengatasi WhatsApp Telah Berhenti

Ada beberapa metode atau tips yang bisa Anda lakukan agar WhatsApp bisa normal kembali. Dan sebagai penulis, saya berharap metode ini dapat membantu mengatasi masalah WhatsApp yang error. Hal ini memang bersifat tidak pasti, karena bagaimanapun setiap pengguna memiliki penyebab dan alasan yang berbeda-beda. Simak ulasannya berikut ini.

1. Tutup dan Buka Kembali WhatsApp

Tidak perlu cara-cara yang ribet dulu, hal sederhana yang bisa Anda lakukan yakni dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di background kemudian cobalah untuk membuka kembali aplikasi WhatsApp. Siapa tahu dengan ini WhatsApp kembali normal.

Masalah pesan error yang muncul sesaat tidak perlu dikhawatirkan, karena bisa jadi itu lag biasa dan terjadi karena memori RAM yang penuh. Solusinya cukup legakan memori RAM dengan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

2. Hapus File Cache WhatsApp

Hapus Cache WhatsApp Android
2. Bersihkan cache aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Setiap Anda menjalankan aplikasi tertentu tentunya akan menghasilkan file cache, temporary, history, atau file sampah. Jika file sampah tersebut tidak pernah dihapus maka secara otomatis akan tertimbun terus menerus di memori Internal. Hal inilah yang membuat WhatsApp ataupun aplikasi lain sering error, lemot, atau berat.

Semua ini terjadi tidak hanya pada WhatsApp saja, bisa juga pada aplikasi lain seperti LINE, Instagram, Twitter, Google Play Store, dan lainnya. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus cache Android, bisa dengan aplikasi dan tanpa aplikasi.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Tap Hapus Tembolok untuk membersihkan cache WhatsApp.
  5. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

3. Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Data Aplikasi WhatsApp
3. Coba hapus data aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Menghentikan aplikasi dan menghapus data aplikasi WhatsApp merupakan solusi paling jitu dari semua cara yang ada. Cara ini akan membuat WhatsApp seperti baru di install. Namun sebelumnya Anda harus tahu bahwa menghapus data di WhatsApp akan menghilangkan history, cache, chat yang ada di Aplikasi WhatsApp. Tapi itu tidak berdampak menghapus akun dan aplikasi Anda.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Untuk menggunakan WhatsApp kembali, Anda tinggal membuka WhatsApp kemudian Anda login kembali dengan nomor telepon WhatsApp Anda.

Lihat Juga : 4 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

4. Update WhatsApp Anda

Update WhatsApp ke versi terbaru
4. Update aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru. RUDI DIAN ARIFIN

Meng-update WhatsApp akan menghilangkan bugs dan kerusakan yang terjadi. Cara ini bisa Anda lakukan pada WhatsApp atau Google Play Store secara langsung. Terkadang WhatsApp butuh update aplikasi selama seminggu sekali untuk memastikan keamanan, fitur terbaru, serta pembaharuan dari WhatsApp.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

5. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Aplikasi WhatsApp
5. Hapus aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Jika semua cara di atas tidak berhasil maka sebaiknya Anda hapus saja aplikasi WhatsApp Android Anda. Menghapus aplikasi WhatsApp cukup mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Tap Hapus Instalasi untuk menghapus WhatsApp.
  4. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode yang berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Setelah berhasil menghapus Aplikasi WhatsApp, maka selanjutnya bersihkan cache dan restart perangkat Android Anda. Setelah itu, unduh atau download WhatsApp langsung dari Google Play Store.

Lihat Juga : 4 Cara Menghapus Aplikasi Android

6. Update OS Android

Perbarui sistem Android
6. Perbarui sistem operasi Android. RUDI DIAN ARIFIN

Selain update WhatsApp, lakukan juga pada sistem Android Anda. Siapa tahu dengan ini semua aplikasi yang error dapat normal kembali, termasuk WhatsApp. Bagaimanapun, update sistem operasi juga akan meningkatkan stabilitas sistem. Ini hanya bisa Anda lakukan ketika update sistem tersedia, jika tidak maka Anda bisa abaikan metode ini.

  1. Buka menu Pengaturan yang ada di ponsel Android Anda.
  2. Pilih Sistem » Pembaruan sistem.
  3. Jika tersedia versi terbaru, Anda bisa lakukan pembaruan.
  4. Unduh pembaruan dan ikuti proses pembaruan.
  5. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode yang berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Selesai melakukan pembaruan, Anda bisa restart ponsel dan buka kembali aplikasi WhatsApp. Semoga nantinya tidak ada masalah pesan error lagi.

7. Matikan, Cabut SIM, SD Card Android

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yakni dengan mematikan smartphone android Anda, dilanjutkan dengan mencabut SIM Card, dan SD Card. Diamkan beberapa saat, pasang, dan nyalakan kembali android Anda. Semoga nantinya aplikasi WhatsApp Android Anda bisa normal kembali.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Status WhatsApp (WA) Teman Tidak Muncul

Penutup,

Rekomendasi terbaik agar aplikasi WhatsApp atau aplikasi lain tidak terjadi error, rusak, ataupun tidak bisa dibuka yakni dengan menginstall aplikasi Cleaner seperti Clean Master, CClenaer, AVG Security, dan lainnya. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda membersihkan cache dan meningkatkan performa Android.

Masalah-masalah tersebut bisa terjadi pada semua tipe perangkat android mulai dari Samsung, OPPO, Realme, ASUS, Xiaomi, VIVO, dan lainnya. Jika ada sedikit berbedaan mengenai metode di atas, maka tentu Anda bisa menyesuaikannya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

  1. 13 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Bunyi & Tidak Muncul di HP Samsung

    Notifikasi di HP Samsung Anda tidak bunyi dan tidak muncul, simak penyebab dan tips memperbaikinya berikut…
  2. 12 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

    Periksa kondisi Touchpad terlebih dahulu, lalu pastikan driver tidak bermasalah
  3. Perbedaan antara Wibu, Otaku, Wota

    Meskipun merujuk pada Jepang, namun ketiga istilah tersebut memiliki arti yang berbeda-beda