Dian Arifin Sebagai Author, saya berusaha keras agar website ini dapat bermanfaat untuk banyak orang, khususnya untuk para pengguna Android. Disini, saya banyak penulis mengenai masalah pada Aplikasi serta Tips & Trik Android. Khairunnas Anfauhum Linnas ....

10+ Masalah Smartphone Xiaomi & Solusi Mengatasinya!!

5 min read

Dianisa.com – Masalah HP Xiaomi. Xiaomi merupakan salah satu vendor teknologi asal China yang saat ini sedang naik daun. Sampai saat ini, Xiaomi telah menduduki peringkat no 2 di Indonesia dengan penjualan yang mencapai 1,7 juta unit pada tahun 2018 yang lalu. Ini menjadi bukti bahwa Xiaomi sangat unggul di negara – negara berkembang seperti Indonesia.

Walau saat ini Xiaomi memecah brand nya atau serinya namun tetap saja Xiaomi tetap menjadi ciri khas produk teknologi yang memang lebih terjangkau ketimbang yang lain. Khusus untuk Redmi dijual dengan harga terjangkau, sedangkan untuk Xiaomi sendiri fokus pada kualitas produk, fitur dan keunggulan, serta nilai jual yang tinggi.

Bicara masalah smartphone Xiaomi, tentu tak akan luput dari masalah yang ada. Walau bagaimana pun tidak ada sistem dan smartphone yang sempurna, entah karena kesalahan pengguna ataupun karena error pada aplikasi ataupun sistem.

Ada banyak sekali pengguna Xiaomi di Indonesia yang mendapati masalah error pada aplikasi tertentu, dan disini saya sedikit memberikan solusi mengenai beberapa masalah yang ada. Lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Masalah Smartphone Xiaomi

Masalah Smartphone Lain

Masalah Smartphone Xiaomi dan Solusinya

Seperti yang saya katakana diatas, masalah pada smartphone Xiaomi sangatlah beragam, bisa pada aplikasi, sistem, hingga pada recovery mode. Dibawah ini ada beragam masalah yang banyak terjadi pada pengguna Xiaomi, dan tentunya saya berikan pula dengan solusinya.

Berikut ulasannya ….

1. Aplikasi Muncul Pesan Error

Aplikasi yang muncul pesan error tentu sangat mengganggu jalannya aktivitas multitasking diatas layer. Masalah ini sebenarnya juga banyak terjadi pada perangkat Android lainnya, walaupun pesan yang muncul tulisannya berbeda – beda.

Untuk Xiaomi sendiri biasanya muncul tulisan “Sayangnya, Aplikasi Tidak Menanggapi” atau mungkin pesan error lainnya yang sedikit lebih berbeda. Solusinya bisa dengan menghapus data aplikasi kemudian restart smartphone.

Atau untuk lebih lengkap bisa cek pada artikel berikut ini: 11+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Xiaomi

Dengan ini diharapkan aplikasi dapat normal kembali.

Hapus Data Aplikasi di Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode diatas saya coba pada smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X.

2. Tema Error & Tidak Bisa Digunakan

Kemudian masalah yang kedua ada pada aplikasi tema yang biasa digunakan untuk memasang dan mengunduh tema ataupun Wallpaper. Jika tema bermasalah, entah itu muncul pesan error atau selalu gagal mengunduh tema tentu membuat pengguna merasa kurang maksimal dalam mempercantik tampilan smartphone.

Pada artikel 5+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Tema Telah Berhenti” di HP Xiaomi telah saya jelasnya mengenai solusinya. Untuk lebih cepatnya, anda bisa coba hapus data aplikasi.a

Berikut metodenya ….

Hapus Data Tema Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Tema” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE: Metode diatas saya coba pada smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X.

3. Berkas Tidak Bisa Dibuka

Masalah lain juga terjadi pada berkas atau file manager Xiaomi. Ini biasanya muncul pesan error tertentu dan membuat pengguna tidak dapat membuka file – file yang ada. Anda bisa cek solusinya pada artikel berikut: 5+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Berkas Telah Berhenti” di HP Xiaomi

Atau untuk lebih cepat bisa coba dengan hapus data aplikasi sama seperti sebelumnya. Tenang saja, ini tidak akan menghapus semua file yang anda miliki. Jikapun anda merasa takut, lakukan backup ke komputer atau memori eksternal lain.

Berikut metodenya ….

Hapus Data File Manager Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Berkas” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE: Metode diatas saya coba pada smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X.

4. Aplikasi Keamanan Sering Bermasalah

Aplikasi keamanan biasa digunakan untuk membersihkan cache, virus, cookies, dan file – file sampah lainnya. Fungsi lain juga bisa digunakan untuk melakukan manajemen pada aplikasi atau melakukan boost pada memori.

Apabila fitur bawaan ini bermasalah, maka pengguna Xiaomi pasti merasa kurang maksimal dalam membersihkan cache. Walaupun masih ada opsi lain dengan menginstal aplikasi pembersih dari Google Play Store.

Cek solusinya pada artikel 5+ Cara Mengatasi Sayangnya, Keamanan Telah Berhenti di HP Xiaomi. Atau solusi sederhana bisa coba dengan menghapus data aplikasi. Berikut metodenya …

Menghapus Data Keamanan Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Keamanan” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE: Metode diatas saya coba pada smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X.

5. Peluncur Sistem Bermasalah

Peluncur sistem menjadi bagian yang cukup penting untuk memaksimalkan segala aktivitas multitasking pada user interface Xiaomi. Lebih jelasnya Peluncur Sistem merupakan launcher bawaan (MIUI) Xiaomi. Jika bagian peluncur yang bermasalah, maka tentunya sistem akan berjalan lambat, error, atau bahkan tidak bisa melakukan aktivitas sama sekali.

Jika smartphone Xiaomi anda masih memungkinkan untuk masuk menu utama atau setelan Xiaomi maka cobalah untuk masuk pada manajemen aplikasi dan hapus setelan / data peluncur sistem. Namun jika sudah tidak bisa digunakan untuk aktivitas multitasking, solusi yang dapat dilakukan hanya dengan Reset Ke Setelan Pabrik atau flashing.

Lebih jelasnya, anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Hapus Data Peluncur Sistem Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Peluncur Sistem” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE: Metode diatas saya coba pada smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X.

Untuk solusi lebih lanjut, silahkan kunjungi artikel berikut ini: 9+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti” di HP Xiaomi

Masalah Launcher Android

6. Play Store Error, Tidak Dapat Mengunduh

Google Play Store menjadi bagian yang sangat penting untuk pengguna Android, khususnya Xiaomi. Selain di China, Google Play Store menjadi andalan para pengguna Android. Dan apabila Google Play Store terjadi masalah, maka tentunya pengguna akan kerepotan untuk menginstal aplikasi.

Walaupun diluar sana banyak penyedia Apk Android, namun tetap saja ini tidaklah efektif. Penyebab mengenai masalah tersebut bisa karena file play store yang corrupt, perlunya update, penumpukan sampah, atau karena kesalahan sistem.

Hal paling sederhana anda bisa coba dengan membersihkan file cache, hapus data, yang kemudian dilanjut dengan restart smartphone. Ada banyak ulasan yang saya tulis terkait masalah pada Googe Play Store.

Hapus Data Google Play Store

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Google Play Store” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

Hapus Data Google Play Service

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Google Play Service” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE: Metode diatas saya coba pada smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X.

Masalah Play Store Xiaomi

7. Kamera Xiaomi Sering Bermasalah

Dari segi keunggulan, Xiaomi memang tidak unggul pada sektor kamera, pasti kalah dengan smartphone lain seperti OPPO, VIVO, ataupun SAMSUG. Hal ini terjadi karena Xiaomi fokus pada performa, namun tetap saja pada beberapa kesempatan kamera tetap menjadi kebutuhan, terlebih saat ini era digital dan sosial media.

Dan apabila smartphone Xiaomi memiliki masalah pada sektor kamera maka tentu akan menjadi keluh kesah para pengguna dalam mengabadikan momen yang ada. Munculnya pesan error saat dibuka memang banyak terjadi pada sebagian pengguna.

Solusi sederhana bisa dengan restart smartphone atau hapus data kamera. Diharapkan nantinya kamera dapat normal kembali. Lebih jelas mengenai hal tersebut bisa simak ulasan pada artikel berikut: 5+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Kamera Telah Berhenti” di HP Xiaomi

Hapus Data Kamera Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Peluncur Sistem” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE: Metode diatas saya coba pada smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X.

Masalah Kamera Android

8. Notifikasi Tidak Muncul

Terkadang notifikasi pada beberapa aplikasi memang bisa tidak muncul atau lambat saat muncul. Seperti contohnya aplikasi LINE. Tidak seperti WhatsApp, notifikasi LINE terkadang lambat atau hanya muncul ketika LINE sudah dibuka.

Ini pun terjadi karena LINE Tidak berjalan dilatar belakang atau karena memori RAM yang terbatas. Masalah notifikasi Xiaomi yang tidak muncul bisa diatasi dengan mengecek semua bagian yang ada, mulai dari mode, nada dering, notifikasi aplikasi, dan lainnya.

Lebih jelasnya, anda bisa simak cek perizinan dan notifikasi Xiaomi berikut ini.

Nyalakan Perizinan Pemberitahuan SMS Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Nama Aplikasi” » Selanjutnya tap “Notifikasi” » kemudian Aktifkan bagian “Suara”, “Getaran”, “Lampu Notifikasi” serta opsi notifikasi lainnya.

NOTE: Metode diatas saya coba pada smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X.

Masalah Notifikasi Aplikasi

9. Tidak Dapat Masuk Recovery Mode

Recovery Mode menjadi bagian yang sangat penting bagi sebagian pengguna Xiaomi yang suka oprek sistem, root, ataupun Costum ROM. Namun sayangnya, sebagian smartphone tidak bisa masuk ke mode recovery.

Hal ini terjadi karena masalah Bootloader yang masih terkunci. Solusinya harus dengan unlock bootloader melalui website resmi Xiaomi http://en.miui.com/unlock/. Ini dimaksudnya untuk meminta izin pada pihak Xiaomi dan nantinya anda harus menunggu selama unlock telah disetujui oleh pihak Xiaomi

Setelah berhasil melakukan unlock bootloader, anda bisa melakukan apapun sesuai keinginan anda, entah itu reset, root, ataupun costum ROM.

10. Baterai Cepat Habis

Baterai smartphone yang cepat habis tentu menjadi masalah yang tidak hanya terjadi pada smartphone Xiaomi namun merek lain pun juga sama. Manfaatkan fitur hemat daya pada smartphone Xiaomi untuk meminimalisir penggunaan Baterai.

Selain itu, matikan beberapa aplikasi yang berjalan dilatar belakang dan membuat daya baterai cepat habis. Cobalah untuk mengurangi tingkat kecerahan pada layar smartphone.

Akhir Kata

Itulah ulasan singkat dari saya terkait masalah pada perangkat Xiaomi lengkap dengan solusinya. Mungkin masih banyak masalah – masalah lain yang belum saya sebutkan diatas, kedepan masalah dan solusinya akan terus saya lakukan update sesuai dengan perkembangan yang ada.

Bagikan artikel ini ke sosial media yang anda miliki supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar masalah pada perangkat Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Dian Arifin Sebagai Author, saya berusaha keras agar website ini dapat bermanfaat untuk banyak orang, khususnya untuk para pengguna Android. Disini, saya banyak penulis mengenai masalah pada Aplikasi serta Tips & Trik Android. Khairunnas Anfauhum Linnas ....

4 Replies to “10+ Masalah Smartphone Xiaomi & Solusi Mengatasinya!!”

  1. Setahu saya sebagai pengguna hp Xiaomi redmi 4A dan type redmi 6 pro lancar – lancar saja, hp bandel, tidak pernah error, teknologi lebih maju untuk hp yang sekelas baik Ram atau Rom nya sama tetapi fitur nya lebih lengkap dari merk lain dan harga lebih ekonomis karena strategi marketingnya yang kalem barangkali. Menurut saya judul dengan artikel di atas tersebut kurang spesifik atau kurang relevan dengan isi artikel ini karena contoh hp nya saja yang bermasalah hanya Xiaomi type tertentu yaitu Redmi Note 4X. Jadi bukan semua Hp merk Xiaomi nya yang bermasalah bukan?

    1. Terima kasih atas tanggapannya, saya sangat menghargai tanggapan dari para pembaca. Artikel diatas bersifat global untuk semua tipe Xiaomi, hanya saja metode screenshot diatas saya coba pada perangkat Xiaomi Redmi NOTE 4X, namun bukan berarti tidak berlaku pada tipe lain. Hanya metode screenshotnya aja saya tulis menggunakan Redmi NOTE 4X.

      Memang betul HP Xiaomi jarang terkena masalah, apalagi untuk versi – versi terbaru, namun untuk yang versi Redmi NOTE 4X ke bawah masih banyak yang bermasalah.

      1. Terima kasih atas tanggapan dari Penulis, cukup jelas. Saya pribadi sangat berterima kasih kepada Penulis atas artikel yang telah dimuat disini, seputar smartphone android
        dan permasalahanya, sehingga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca dan saya. Mohon maaf jika ada kata – kata saya yang kurang berkenan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan semoga makin sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *