15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status WhatsApp

Berikut beberapa cara mengatasi WhatsApp yang gagal membuat status

Beberapa waktu yang lalu, aplikasi messenger WhatsApp memang telah menghadirkan fitur terbarunya berupa status harian atau stories yang mampu bertahan hingga 24 jam, mirip seperti Instagram Story. Fitur tersebut mendapat sambutan baik dari semua pengguna WhatsApp, bahkan rating dan ulasan WhatsApp di Google Play Store juga cukup mengesankan.

Namun sayangnya, ada sebagian pengguna yang mengalami masalah pada fitur tersebut. Beberapa pengguna tidak bisa membuat status atau story di WhatsApp. Pengguna yang tidak bisa membuat status tentunya merasa sedikit kesulitan dalam mengatasi permasalahan yang ada. Permasalahan bisa bermacam-macam, mungkin karena update aplikasi belum sempurna, adanya file sampah, atau memori RAM yang penuh, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka

Cara mengatasi tidak bisa membuat status WhatsApp

Penyebab mengenai WhatsApp tidak bisa digunakan untuk membuat status jelas berbeda-beda, antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Secara umum, pengguna WhatsApp mengalami masalah sebagai berikut.

  • Tidak bisa mengirim status WhatsApp (WA). Kemungkinan ini di sebabkan karena koneksi internet yang lambat atau WhatsApp mengalami down.
  • Tidak bisa memuat kamera WhatsApp. Kemungkinan terjadi masalah pada kamera ponsel, entah karena sistem atau kamera yang rusak.
  • Kesalahan saat memutar video status WhatsApp. Umumnya terjadi karena koneksi internet yang lambat. Anda bisa menunggu beberapa saat untuk memutar video kembali.
  • Status WhatsApp tidak muncul. Bisa jadi Anda di sembunyikan oleh teman Anda sehingga tidak bisa melihat status/ story nya.
  • dll.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Ada beberapa metode yang bisa Anda coba terapkan seperti membersihkan file sampah dan menghapus data aplikasi. Dan yang paling penting, pastikan Anda telah update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Restart smartphone

Coba restart smartphone Android Anda, siapa tahu dengan ini WhatsApp dapat normal kembali. Ini sangat memungkinkan apabila masalah hanya karena memori RAM penuh. Dengan restart maka semuanya dapat normal kembali. Jika pun nanti masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

2. Pastikan koneksi internet lancar

Pastikan jaringan atau sinyal di smartphone Anda maksimal dan lancar untuk segala aktivitas online, baik YouTube, Play Store, Google Chrome, ataupun yang lainnya. Dan jika semuanya lancar dan hanya WhatsApp yang bermasalah, maka fokus pada permasalahan WhatsApp saja. Bisa jadi karena penumpukan cache, bugs pada WhatsApp, malware, dan lainnya.

Tapi jika memang semua koneksi terasa lambat, maka kemungkinan paket internet Anda telah habis atau memang dari provider jaringan yang bermasalah. Coba gunakan mode pesawat untuk mencari jaringan baru.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Terkoneksi Internet

3. Pastikan kamera ponsel normal

Perlu Anda tahu, kamera ponsel yang bermasalah juga akan berdampak pada kesalahan saat membuat status WhatsApp. Coba pastikan kamera depan dan belakang pada ponsel Anda benar-benar normal tanpa ada masalah sama sekali. Gunakan aplikasi kamera untuk mengambil foto sebagai contoh (testing). Jika tidak ada masalah, maka penyebab masalah status WhatsApp bisa terjadi karena hal lainnya.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Kamera Android Tidak Dapat Terhubung

4. Cek penyimpanan internal HP Anda

Pastikan ruang penyimpanan internal (internal storage) Anda tidak dalam kondisi penuh. Pastikan masih ada ruang untuk menyimpan banyak foto, video, audio, file, dan sejenisnya. Coba pindahkan/ bersihkan dahulu file-file yang Anda miliki agar tidak membuat memori internal penuh. Anda bisa manfaatkan memori eksternal/ cloud storage untuk memindahkan semua file tersebut.

Lihat Juga : 6 Cara Agar WhatsApp Tidak Menyimpan Foto Secara Otomatis

5. Hapus data aplikasi

Cara Hapus Data Aplikasi WhatsApp
5. Coba hapus data aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Selanjutnya cobalah untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi WhatsApp. Cara ini biasanya jitu dalam mengatasi aplikasi yang error. Menghapus data aplikasi akan menghilangkan data aplikasi yang bersifat sementara seperti basis data, cache, history, dan lainnya.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa login kembali ke akun WhatsApp menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

6. Update aplikasi WhatsApp

Update WhatsApp ke versi terbaru
6. Perbarui aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Dengan update aplikasi, tentunya Anda akan mendapatkan pembaruan dari semua fitur yang dihadirkan. Selain itu, bugs atau kerusakan pada aplikasi akan hilang. Adapun untuk memperbarui aplikasi, Anda bisa mengunjungi Google Play Store dan cari aplikasi WhatsApp. Dari situlah Anda bisa mencoba untuk update aplikasi WhatsApp.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Update Aplikasi WhatsApp

7. Install ulang aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Aplikasi WhatsApp
7. Hapus aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Uninstall aplikasi adalah solusi mengatasi WhatsApp yang benar-benar error. Setelah menghapus aplikasi, pastikan juga Anda telah membersihkan file sampah menggunakan aplikasi pembersih agar data/ bekas instalasi bisa bersih secara total. Tapi sebelumnya, pastikan untuk backup data WhatsApp ke Google Drive agar nantinya data WhatsApp dapat dikembalikan lagi.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Tap Hapus Instalasi untuk menghapus WhatsApp.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi Android

8. Coba gunakan VPN apabila di take down pemerintah

Saat ini memang sedang ramai terkait WhatsApp yang tidak bisa digunakan, khususnya untuk mengirim foto, video, dan juga membuat status. Ini terjadi karena pembatasan yang dilakukan pemerintah selama beberapa hari. Walaupun ini bersifat tidak efektif karena kita sendiri pun juga membutuhkan WhatsApp sebagai media komunikasi, bisnis, dan lain sebagainya maka mau tidak mau harus menerima dengan lapang dada.

Solusi yang bisa Anda lakukan yakni dengan install aplikasi VPN. Ada banyak aplikasi VPN gratis dan berbayar yang semuanya bisa Anda temukan di Google Play Store. Untuk hasil terbaik memang harus menggunakan yang berbayar, lebih safe (aman) serta terjamin stabilitas dan kecepatannya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka

Kesimpulan,

Dengan adanya beberapa metode di atas, semoga aplikasi WhatsApp yang Anda miliki bisa normal kembali. Untuk metode kelima, pastikan untuk membersihkan residual file dengan aplikasi pembersih supaya Android bisa lebih optimal dalam menerima aplikasi baru. Metode di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, ASUS, Xiaomi, VIVO, HTC, dan lainnya.

Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan mengenai aplikasi WhatsApp, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!