6+ Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status di WhatsApp

Dianisa.com – Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status WhatsApp di HP Android. Beberapa waktu yang lalu, Aplikasi Messenger WhatsApp memang telah menghadirkan fitur terbarunya berupa status harian atau stories yang mampu bertahan hingga 24 jam, mirip seperti Instagram Stories.

Fitur tersebut mendapat sambutan baik dari semua pengguna WhatsApp, bahkan rating dan ulasan WhatsApp di Google Play Store juga cukup mengesankan.

Namun sayangnya, ada sebagian pengguna yang mengalami masalah pada fitur tersebut. Beberapa Pengguna Tidak Bisa Membuat Status Atau Stories Pada WhatsApp. Pengguna yang tidak bisa membuat status tentunya merasa sedikit kesulitan dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Permasalahan bisa bermacam – macam, mungkin karena update software belum sempurna, adanya file sampah, atau Memori RAM Yang Penuh. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak solusinya lengkanya berikut ini.

Masalah WhatsApp

Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status di WhatsApp

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke anda semua mengenai Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status Stories di WhatsApp. Penyebab mengenai WhatsApp tidak bisa digunakan untuk membuat status jelas berbeda – beda, antara pengguna satu dengan pengguna lainnya.

Namun yang pasti, ada beberapa metode yang bisa anda coba terapkan seperti Membersihkan File Sampah dan Menghapus Data Aplikasi. Dan yang paling penting, pastikan anda telah update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

Lebih jelasnya, simak Metode Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status di WhatsApp berikut ini.

1. Restart Smartphone

Coba restart smartphone android anda, siapa tahu dengan ini WhatsApp dapat normal kembali. Ini sangat memungkinkan apabila masalah hanya karena Memori RAM Penuh. Dengan restart maka semuanya dapat normal kembali.

Jikapun nanti masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

2. Periksa Konektivitas Smartphone

Pastikan jaringan atau sinyal di smartphone anda maksimal dan lancar untuk segala aktivitas online, baik YouTube, Play Store, Chrome, ataupun yang lainnya. Dan jika semuanya lancar dan hanya WhatsApp yang bermasalah, maka fokus pada permasalahan WhatsApp saja. Bisa jadi karena penumpukan cache, bugs pada WhatsApp, Virus, dan lainnya.

Tapi jika memang semua koneksi terasa lambat, maka kemungkinan Paket Internet anda telah habis atau memang dari provider jaringan yang bermasalah. Coba gunakan mode pesawat untuk melakukan pencarian jaringan baru.

3. Coba Gunakan VPN Apabila di Take Down Pemerintah

Saat ini memang sedang ramai terkait WhatsApp yang tidak bisa digunakan, khususnya untuk mengirim foto, video, dan juga membuat status. Ini terjadi karena pembatasan yang dilakukan pemerintah selama beberapa hari.

Walaupun ini bersifat tidak efektif karena kita sendiri pun juga membutuhkan WhatsApp sebagai media komunikasi, bisnis, dan lain sebagainya maka mau tidak mau harus menerima dengan lapang dada.

Solusi yang bisa anda lakukan yakni dengan install Aplikasi VPN. Ada banyak Aplikasi VPN Gratis dan Berbayar yang semuanya bisa anda temukan di Google Play Store. Untuk hasil terbaik memang harus menggunakan yang berbayar, lebih safe (aman) serta terjamin stabilitas dan kecepatannya.

4. Hentikan & Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya cobalah untuk Menghentikan dan Menghapus Data Aplikasi WhatsApp. Cara ini biasanya jitu dalam Mengatasi Aplikasi Yang Error. Menghapus data aplikasi akan menghilangkan data aplikasi yang bersifat sementara seperti basis data, cache, History, dan lainnya.

Untuk menghapus data aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

5. Update Aplikasi WhatsApp

Dengan Update aplikasi, tentunya anda akan mendapatkan pembaruan dari semua fitur yang dihadirkan. Selain itu, Bugs Atau Kerusakan Pada Aplikasi Akan Hilang. Adapun untuk memperbarui aplikasi, anda bisa mengunjungi Google Play Store dan cari Aplikasi WhatsApp.

Dari situlah anda bisa mencoba untuk update aplikasi WhatsApp.

Update WhatsApp

Sumber Image : Play Store

  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “WhatsApp” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

6. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Uninstall aplikasi adalah solusi Mengatasi Whatsapp Yang Benar – Benar Error. Setelah menghapus aplikasi, pastikan juga anda telah membersihkan file sampah menggunakan Aplikasi Cleaner agar data – data bekas instalasi bisa bersih secara total.

Untuk menghapus aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37.

Akhir Kata

Dengan adanya beberapa metode diatas, semoga Aplikasi WhatsApp yang anda miliki bisa normal kembali. Untuk metode ketiga, pastikan anda membersihkan residual file dengan Aplikasi Cleaner supaya Android bisa lebih optimal dalam menerima aplikasi baru.

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai Solusi Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status di Whatsapp, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai Aplikasi WhatsApp, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 75 Comment

  1. Shely berkata:

    Kak saya udah buat ketiga cara itu tapi tetap juga wa saya gak bisa buat stts pakai foto..gmn solusi ny yg lain kak?

  2. maulana berkata:

    Bikin status foto bisa..status video yg g bisa..
    Gmn solusinya?

  3. firman hermawan berkata:

    ko saya ga bisa ngirim status foto ya , kalo status kata/nulis bisa

    • Dian Arifin berkata:

      Cobalah untuk menghapus data aplikasi WhatsApp mbak, atau bisa melakukan update Aplikasi WhatsApp. Bisa jadi fotonya juga bermasalah..

  4. Fuji berkata:

    Tapi WhatsApp nya gak papa kan kalo Di hapus akan ada lagi gak

  5. Raihan berkata:

    Saya mao bkin status foto/vidio slalu gk bisa dn ada tulisan “anda tidak memiliki ruang disk yang cukup” itu knpa

    • Dian Arifin berkata:

      Ya berarti memori Internal mas penuh, Pindah Foto atau Video yang di Internal ke Eksternal. Hapus juga aplikasi yang tidak pernah digunakan..

  6. muxin berkata:

    “Format file tidak di dukung”
    Yg slalu muncul pas krm status video
    solusinya gmn gan

  7. Risda berkata:

    Kenapa gak bisa kirim tulisan/foto di status wa? mengirim terus..

  8. ririn berkata:

    bikin status apapun gaknbisa memory disk full pdhal aplikasi cm dikit… sy pake samsung j2 prime

    • Dian Arifin berkata:

      Itu banyak file sampah yang memang tidak terdeteksi. Solusinya gunakan files go biar mudah dalam menajemen memori. Itu bukan karena mas menginstall sedikit aplikasi, tetapi file di Internal mas sudah terlalu banyak….

  9. edmark berkata:

    Punya saya tulisan nya ” there was an error playing the video “

    • Dian Arifin berkata:

      Videonya tidak bisa diputar, bisa jadi karena koneksi Internet atau Aplikasi WhatsApp anda tidak mengizinkan memutar video.

  10. Arlita Tirana berkata:

    Punya saya ada tulisan format file tidak di dukung itu gimana ya. Padahal di hp temen2 saya bisa di puter

    • Dian Arifin berkata:

      Itu file kiriman ya, bisa jadi di HP mbak emang tidak didukung. Solusinya, coba bersihkan file sampah WhatsApp, kemudian Restart HP …

  11. Ghia berkata:

    saya setiap bikin status wa tidak terbaca oleh pengguna wa lainnya. dan views nya 0 terus. saya sdh coba cara agan ttp tdk bisa saya pakai iphone 6+. mohon bantuannya gan

  12. wisang berkata:

    say gag bisa buat sttus teks cuman ada vidio sama foto

  13. dina berkata:

    tidak dapat memulai kamera, silahkan mulai ulang telepon anda.
    udah di restart tetep aja kya gitu gimana ya mas?

  14. Nofisa berkata:

    sya ga bisa buat ststus pke photo, komentarnya “tidak dapat memulai camera, silahkan muat ulang telepon anda”. pdahal sudah sirestrart, uda update juga tetep msih tidak bisa.

  15. Dwi manurung berkata:

    Kak saat saya buat storie di wa muncul tulisan tidak dapat memulai kamera silahkan muat ulang telepon anda

  16. azzahra berkata:

    Semua story ga bisa muncul itu gimana ya gan?

  17. Vieqy berkata:

    Saya juga “tidak dapat memulai kamera, silahkan mulai ulang telepon anda”
    Padahal 3cara diatas sudah saya coba, clear data kamera & wa terus restart juga udah tapi gak bisa juga mas masih gitu gak bisa update status foto
    Solusinya gimana ya ?

  18. Erita berkata:

    Kok status aku udh dihapus tp di hp lain masih ada, gmn yaa

  19. Adi. S berkata:

    Setiap buat status foto/video selalu keluar ( Tidak dapat memulai kamera, silahkan mulai ulang telpon anda).

  20. chori berkata:

    Bantu jawab adi.s
    Saya pake hp xiomi
    Settingan-instaled app-pilih Wa-permession manager-pada pilihan multimedia centang hijau camera n audio

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan izin aplikasi benar, masuk pada Aplikasi Keamanan kemudian pilih Izin Aplikasi, lakukan perizinan pada semua aplikasi, khususnya pada aplikasi yang anda maksud mas.

  21. Hamidi Abdillah berkata:

    Udah nyobain hapus data aplikasi, hapus cache, uninstal aplikasi, reset HP ke stelan pabrik. Tapi masih aja “sayangnya whatsapp telah berhenti” kenapa ya?

    • Dian Arifin berkata:

      HP nya apa mas? Pakai WhatsApp yang agak lawas kalau HP nya lawas. Kalau HP versi baru kok tetap seperti itu, solusinya Flashing ..

  22. Wulandari berkata:

    Semua cara diatas sudah dilakukan tapi masih saja tetap tidak bisa untuk mengirim video

  23. syam berkata:

    liat status WA teman bisa tp buat status bisa tp gak bs dilihat teman2 WA

    • Dian Arifin berkata:

      Coba lihat privasi status, kemudian pastikan anda memilih “Kontak Saya” agar semua teman mas bisa melihat status yang dibuat.

  24. IRS berkata:

    Kalo gak bisa buat status (;video) setelah diperbaharui, kenapa?

  25. memel berkata:

    instal ulang udah, update udah, hentikan dan hpus dta apk uda ttp gak bisa ?

  26. mega berkata:

    Kenapa ga bisa ngirim status foto sam vidio. Ya.

  27. Ana tianes berkata:

    Di hp sy jg sama klo kirim video atw bikin status video ,,whatsapp lngsung keluar sendiri tp gk ada pemberitahuan eror

  28. Danny berkata:

    Bang kalo ada tulisan “maaf file media tidak ada di kartu SD” gimana

  29. Siti berkata:

    Kl hps data file² dgroup hilang kh

  30. Budi A.R berkata:

    Bang , kalo gak bisa liat status poto orang lain bahkan saya sendiri ga bisa bikin status poto buat di kirim , gimana ya

    3 langkah artikel di atas udah di cobai

    Dan masih tetep gini

    ada solusi gak bang??

  31. Itet berkata:

    Tidak bisa melihat update status teman. Berhenti di pesan kemarin

  32. Fadil berkata:

    Gimana mas udah saya lakukan semuanya tapi gak bisa update status video dari hp gimana nih mas

  33. fauzan berkata:

    kalo tulisan nay tidak dapat mengirim kenapa ya bang? padahal udah pke wifi yang kuat mbps nya

  34. Lusy berkata:

    Gak bisa smua nih caranya.. bisa di wa jg bisa bls pesan wa dan liat status org tp gak bisa buat status wa, gagal mengirim itu tulisannya, dan ga bs balas komen fb jg.. 😭😭

  35. heri berkata:

    Hp redmi note 3 pro, tdk bisa update status video wa, langsung keluar dari aplikasi setelah kirim video. Tp jika saya dpt kiriman video, kemudian diteruskan u/ update di status baru bisa terkirim video’a. Ada solusi lain?

  36. Alda berkata:

    Kak, ak kan mngikuti cara diatas, paksa berhenti trus menghapus data WA. Eh malah WA ku hrus masukin nmor tlpon Kyk dftr WA lg gtu. Semua pesan blm aku cadangkan lg kak. Gmna kak

    • Dian Arifin berkata:

      Saat ini WhatsApp memang masih di take down sama pemerintah, jadi ngak bisa di apa – apain. Solusinya harus nunggu atau pakai VPN. Tapi sebelum hapus data, seharusnya tadi di cadangkan ke akun google dulu.