Cara Ekstrak File RAR di Android

Dianisa.com – Cara Ekstrak/ Membuka File RAR dan ZIP di HP Android. File RAR atau ZIP adalah salah satu file yang berisi satu file atau beberapa file yang telah di kompres menjadi satu file. Fungsi dari File RAR atau ZIP adalah mengkompres banyak file menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil. Seperti misalnya file berukuran 1 MB dan di compres menjadi file RAR atau ZIP maka bisa berubah menjadi 800 atau 900 KB, tergantung dari jenis file yang di kompres.

Baca Juga:

Pada umumnya file RAR dan ZIP dibuka dan dibuat melalui Komputer atau Laptop (Windows), namun sebenarnya anda bisa membuka, mengedit, ataupun meng-ekstrak file RAR dan ZIP di Android. Sama seperti komputer yang biasanya membutuhkan Aplikasi tambahan seperti WinRAR atau WinZIP, di Android-pun juga sama. Anda membutuhkan Aplikasi tambahan untuk bisa membuka file RAR di Android.

Semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Meizu, HTC, LG, Motorola, ZTE, Smartfren Andromax, Sony Experia, dan perangkat Android lainnya bisa membuka file RAR ataupun File ZIP. Google Play Store menyediakan aplikasi yang bisa membuka file RAR, ZIP, ataupun file jenis lainnya.

Cara Ekstrak File RAR dan ZIP di HP Android

Aplikasi RAR merupakan aplikasi Android gratis yang mirip dengan aplikasi WinRAR atau WinZIP pada Windows. Ini merupakan variasi dari WinRAR Komputer (Windows). Aplikasi ini dikembangkan oleh RARLAB (published by win.rar GmbH). Menariknya, aplikasi ini mampu membuka banyak file seperti TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, ARJ archives. Dengan fiturnya yang menarik maka tidak heran jika aplikasi ini telah di percaya oleh jutaan pengguna ponsel android dengan rating yang sangat bagus. Tertarik mencoba, unduh gratis aplikasi RAR melalui Google Play Store.

Membuka File RAR di Android

  1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi RAR melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download RAR Via Google Play Store
  2. Selanjutnya, anda buka aplikasi tersebut, dan centang aplikasi yang berformat RAR atau ZIP di memori Internal ataupun Ekternal Android anda.
  3. Tekan dan Tahan lama file RAR atau ZIP yang anda inginkan maka sacara otomatis akan muncul beberapa pilihan yakni Extract File atau Extract Here.
  4. “Extract File” berarti anda akan mengekstrak file yang ada di file ZIP, RAR atau yang lainya ke dalam sebuah folder khusus. JIka anda memilih “Extract Here” maka file yang ada dalam file RAR atau ZIP tersebut akan terekstrak ke folder dimana File RAR dan ZIP tersebut berada.
  5. Intinya tetap sama yakni Ekstrak file RAR dan ZIP, jika sudah ekstrak anda bisa membuka file tersebut, entah itu berupa dokumen, foto, video, musik, ataupun yang lainnya sesuai dengan isi file RAR atau ZIP tersebut.
  6. Selesai.

Itulah Cara Mudah Membuka Dan Ekstrak File RAR Dan ZIP Di HP Android. Saya rasa tutorial diatas cukup mudah untuk anda ikuti. Anda jangan khawatir masalah perbedaaan smartphone Android, karena cara diatas bisa anda ikuti pada semua perangkat Android tanpa terkecuali, tidak perlu akses root sama sekali.

Sekian ulasan singkat mengenai file RAR dan ZIP di Android, semoga bisa berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here