8 Masalah Smartphone OPPO & Cara Mengatasinya

Smartphone OPPO merupakan salah satu smartphone yang banyak di sukai oleh anak muda atau remaja Indonesia. Kamera depan dari OPPO menjadi opsi utama untuk memaksimalkan setiap aksi selfie dari semua momen yang ada.

OPPO F1s Selfie Expert dan juga OPPO F3s Selfie Expert menjadi varian yang paling laris dan menjadi produk unggulan dari OPPO. Walaupun produk unggulan, tidak menutup kemungkinan smartphone OPPO juga bisa mengalami masalah.

Perlu anda ketahui bahwa masalah pada perangkat OPPO sangatlah bermacam – macam, mulai dari Aplikasi telah berhenti, Launcher telah berhenti, Bilah Status telah berhenti, notifikasi tidak muncul, Bootloop atau gagal booting dan berhenti di LOGO, dan masalah – masalah lainnya yang masih banyak lagi.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Google Play Tidak Bisa Dibuka di OPPO

Mengatasi Masalah Pada Perangkat OPPO

Penyebab dari masalah tersebut tentu bermacam-macam, bisa karena virus, bugs atau kerusakan pada aplikasi, file sampah yang tidak dibersihkan, dan lainnya.

Dan untuk menghadapi semua masalah yang ada, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Anda bisa ikuti beberapa metode dibawah ini sesuai dengan permasalah yang ada hadapi.

1. Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti

Masalah mengenai munculnya pesan error bertuliskan Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti banyak di alami oleh para pengguna OPPO. Tidak hanya pengguna OPPO saja, banyak sekali pengguna smartphone lain juga mengalami masalah yang sama.

Penyebab dari masalah tersebut, mungkin karena memori penuh, banyaknya file sampah yang menumpuk, virus, aplikasi tidak compatible, dan lainnya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, penggguna bisa membersihkan file sampah dan data aplikasi terkait.

Hapus Data Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache OPPO

2. OPPO Proses Android Telah berhenti

Sebagian pengguna OPPO pasti pernah mengalami masalah bertuliskan “android.process.media has stopped”. Masalah tersebut hampir sama seperti yang pertama, yakni memunculkan pesan pop up.

Dan untuk mengatasi masalah tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari membersihkan cache dan data, restart, hard reset, atau flashing. Dan hal paling gampang yang bisa anda coba yakni membersihkan file cache dan data aplikasi. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Download” »Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Musik Player” »Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Media Storage” »Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Selain membersihkan file cache dan data aplikasi, anda juga bisa melakukan Hard reset atau Wipe Data melalui menu Recovery Mode. Tapi sebelum melakukan Hard Reset, pastikan anda melakukan backup pada semua data atau file yang anda miliki.

  • Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda dihadapkan pada menu Recovery Mode. Untuk opsi bahasa, anda bisa pilih “Bahasa Inggris”.
  • Untuk melakukan Hard Reset, anda bisa pilih “Wipe Data”. Lakukan konfirmasi dengan memilih opsi “YES”.
  • Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil. Jika sudah, anda bisa reboot atau restart smartphone OPPO anda.
  • Selesai.

Artikel Terkait

3. OPPO Launcher Telah Berhenti

OPPO Launcher merupakan bagian yang sangat penting yang ada pada perangkat OPPO. Jika OPPO Launcher mengalami masalah maka biasanya pengguna tidak bisa melakukan aktifitas multitasking apapun.

OPPO Launcher ini berpengaruh pada semua tampilan layar OPPO, dan untuk mengatasinya, pengguna bisa melakukan Wipe Data atau Hard Reset melalui Recovery Mode. Untuk lebih jelasnya, anda bisa ikuti langkah – langkah Hard Reset diatas, tepat nomor dua.

Artikel Terkait

4. Notifikasi OPPO Tidak Muncul

Untuk masalah pada perangkat OPPO yang ke empat adalah notifikasi yang suka tidak muncul. Notifikasi ini bisa terjadi pada sebagian aplikasi messenger seperti WhatsApp, LINE, Instagram, dan lainnya.

Untuk mengatasinya, pastikan pengguna melakukan cek pada fitur notifikasi yang ada pada setelan, aplikasi, dan juga pada fitur Notifikasi. Lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan artikel mengenai mengatasi masalah notifikasi pada perangkat OPPO berikut ini.

Artikel Terkait

5. Memori Tidak Cukup Saat Install Aplikasi

Yap, masalah memori yang tidak cukup saat install aplikasi tentu menjadi hal menyedihkan bagi para pengguna OPPO. Lebihnya lagi, jika aplikasi yang ingin di Install merupakan aplikasi yang sangat penting atau sangat dibutuhkan.

Untuk mengakali masalah tersebut, pengguna bisa mengurangi sebagian file yang tersimpan di memori Internal atau memidahkan di memori eksternal. Atau bisa juga dengan menghapus sebagian aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan lengkap mengenai masalah tersebut pada artikel berikut ini.

Artikel Terkait

6. Tidak Cukup Ruang Saat Download Aplikasi

Di saat anda mengunduh aplikasi dari Google Play Store kemudian tiba – tiba muncul pesan notifikasi bahwa penyimpanan tidak cukup atau ruang penyimpanan telah habis maka anda pasti merasa sedikit kecewa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna bisa menghapus sebagain aplikasi atau game yang tidak pernah anda gunakan.

Menghapus Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” »Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Artikel Terkait

7. Booting Berhenti di LOGO OPPO

Booting yang berhenti di LOGO OPPO merupakan salah satu masalah serius yang mungkin merepotkan para pengguna OPPO. Booting yang gagal atau berhenti lebih dikenal sebagai BOOTLOOP.

Masalah ini terjadi pada sistem Android dan untuk mengatasinya, anda dua metode yang bisa anda lakukan yakni dengan Hard Reset / Wipe Data melalui menu ColorOS Recovery. Dan jika Hard Reset tidak berhasil mengatasi masalah yang ada, maka solusi terakhir bisa dilakukan dengan Flashing.

Untuk melakukan flashing, pengguna membutuhkan Stock ROMatau Firmware dari OPPO (Sesuai Tipe).

8. Smartphone OPPO Mati Sendiri

Dan untuk yang ke depalan, masalah yang sering terjadi pada perangkat OPO adalah sering mati sendiri. Hal ini mungkin terbilang sedikit aneh, namun hal ini memang benar – benar terjadi.

Penyebabnya bisa bermacam – macam, mungkin saja karena daya baterai yang melemah atau kurang dari 20%, adanya virus yang melekat pada sistem, memori penuh, banyaknya file sampah yang melekat, dan lainnya.

Adapun untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna bisa melakukan perawat secara software seperti dengan membersihkan file cache, melakukan boost pada RAM, atau bisa juga melakukan Flashing.

Artikel Terkait

Penutup,

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada perangkat OPPO. Kita akan melakukan Update pada masalah OPPO jika di kemudian ada masalah lain yang memang terjadi.  Semoga dengan adanya ulasan artikel yang super lengkap ini, pengguna OPPO bisa memperbaiki sesuai dengan masalah yang ada.

Semua metode diatas dapay anda terapkan pada semua perangkat OPPO seperti OPPO A37, OPPO A59, OPPO R9 Plus, OPPO F1 Plus, OPPO A53, OPPO A33, OPPO Neo 7, OPPO A83, OPPO A57, OPPO A71, OPPO A39, OPPO F7, OPPO F7 Plus, OPPO F5, OPPO F5 Youth, OPPO F3, OPPO F3 Plus, OPPO F9, OPPO F9 Plus, OPPO Find X, dan perangkat OPPO lainnya.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai perangkat OPPO, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 117 Comment

  1. Toni hernowo berkata:

    Hp oppo f3 saya kalo sambil di cas kok jadi lag/ error…mencet” sendiri ..kita mencet apa yg kepencet apa…gimna ini cara mengatasinya…mohon solusi..

    • Dian Arifin berkata:

      Tolong bersihkan file sampah, kemudian restart. Jika tidak berhasil coba update sitem/ ColorOS. Jika masih tidak bisa, lakukan flashing…. Semoga membantu!!!

  2. zen berkata:

    Hp oppo f3 saya kok gak bisa buat liat foto di galeri nya….selalu muncul keterengan “gagal memuat foto”?

  3. Audry berkata:

    Hp oppo f3 saya, sering tidak bisa membuka kamera, selalu ada bacaan ‘tidak dapat terhubung ke kamera’

  4. Sudi berkata:

    Ini baru aja terjadi, oppo F3 saya layar sentuh nya tidak bekerja, ketika direstart baru mau normal… Itu pun restart akal2an copot sim card… Apakah penyebabnya? Seriuskah masalah ini?

    • Dian Arifin berkata:

      Tidak mas, kemungkinan karena RAM penuh, Jadi Layar tidak respon sentuhan. Atau bisa jadi karena file sampah yang membuat smartphone terasa berat, termasuk layar sentuh tidak merespon. Apabila di restart bisa normal kembali maka alhamdullilah layar tidak terjadi masalah yang serius.

  5. yus berkata:

    Hp sy tiba2 mata trus hidup lg seperti tampilan baru on, tetepi baru sampai ada logo Di layar oppo f3 sy, cuma loading trus,itu KNP y ? Pdhl HP Blum sebulan

    • Dian Arifin berkata:

      Itu Bootloop mas, bisa dicoba dengan melakukan Hard Reset, tapi kalau tidak bisa lagi, cobalah flashing… karena masih sebulan, bawalah ke Service Center OPPO terdekat.

  6. Aji berkata:

    Kenapa yah di oppo f3 kalo lagi downlod video/film terus lagi proses downlod kita kluar ke home pasti downlodnya berhenti jadi harus direstart lagi baru bisa jalan lagi downlodnya..gimana cara pengaturan biar tetep jalan meskipun ke home

    • Dian Arifin berkata:

      Mungkin emang Settingan dari sananya kayak gitu, atau cobalah menggunakan browser lain untuk mengunduh mas. jadi ya ikuti aja atau tunggu sampai proses unduh selesai mas.

  7. Windi berkata:

    Kenapa yaa di f3 saya aplikasi nya gabisa diperbarui padahal sudah saya perbarui tapi tetap saja hasilnya aplikasi yg lama

  8. Slamet berkata:

    Mau tanya bos sebelumnya hp oppo a57 saya baik baik saja setelah saya reset pengaturan pabrik setelah aktif lagi kameranya saya buat foto kok gagal terus penyimpanan tidak ada, solusinya gimana ya bos

    • Dian Arifin berkata:

      Mas lakukan pengaturan pindah penyimpnana di kamera menjadi ke SD card, pastikan juga SD Card memiliki penyimpanan yang cukup besar. Apabila masih tidak bisa, kembalilah melakukan Hard Reset melalui menu Recovery Mode HP OPPO.

  9. ovy berkata:

    Mas knp ya hp sy oppo a37 lambat ngesi batraix..hrus dimatiin dl hpx baru bs mngesi

    • Dian Arifin berkata:

      Bisa jadi baterai memang sudah usang, atau memang lebih baik matikan hp disaat proses pengisian daya. Jangan gunakan smartphone disaat daya terisi agar tidak menimbulkan panas berlebih.

  10. Ahmad Shukor berkata:

    Assalamualaikum… Sobat… Sy mau nanya… Oppo f5 kalo ane install apps bisa gak dipindah ke kartu memory… Mohon penjelasan…

  11. Iwan berkata:

    Oppo f1 plus saya setiap buka aplikasi apapun akan dengan sendirinya menutup dan kembali ke layar utama.. Termasuk klo buka WA, pasti otomatis keluar sendiri dan balik lg ke layar utama.. Apa penyebabnya kira2 ya suhu?

  12. Agung berkata:

    Minta info nya, cara ngebenerin hp oppo kalo ga bisa ngidupin blutut sma wifi gmna ya

    • Dian Arifin berkata:

      Bisa mencobanya dengan reboot, bersihkan cache. semoga nanti bisa normal kembali. Tapi jika masih tidak bisa, lakukan Hard Reset…

  13. fauzi berkata:

    Kalau sdh pilih bahasa tp tidak bisa di nexs itu bagaimana?

  14. Reyhan berkata:

    Oppo A37 kalau saya terapkan tema yang saya ambil dari dalam aplikasi oppo kenapa kok gak bisa di ganti layar kuncinya….
    Kira kira kenapa ya…..

  15. RISKA berkata:

    HP OPPO saya R9S kenapa ya baru pakai 5 bulan kalau buka aplikasi FB sering Keluar sendiri dan berulang ulang … itu kenapa ya?

    • Dian Arifin berkata:

      Rutinkan buat membersihkan file sampah pada memori, dan jangan terlalu banyak menginstall aplikasi jika sekiranya tidak perlu di Install..

  16. KEZIA berkata:

    Ini kenapa ya saya buka galeri / video, ketutup sendiri jendelanya. Padahal sudah saya coba bersihkan sampah, cache, dan foto” di 2 file yg jumlahnya ada 1000 foto, tetap saja tertutup sendiri saat dibuka.
    Saat disambungkan ke laptop lewat usb juga tidak mau muncul file”nya. Ini sebenarnya kenapa ??? T_T

  17. Emilia berkata:

    Oppo n3.. Kamera nya macet.. Jd gbisa putar 206°.
    Harus diputar sendiri..
    Kenapa ya??

    • Dian Arifin berkata:

      Mungkin ada bagian yang seret mas, atau bisa jadi lakukan Hard Reset biar semuanya dapat normal kembali. Faktor bisa pada software atau hardware…

  18. Fathur rosi berkata:

    Infox dog..in hp sya opo A11w..saya srig mengalami krusakan saat mengirim video dr hp tm sya..stlh d putar k hp opo sya ok srig mngalami krusakan pd gambarx..tp klo video sndri/fto pkek kamera sndri baik” sj…knp y..?

    • Dian Arifin berkata:

      Bisa jadi resolusi dari Video kiriman tersebut terlalu tinggi dan tidak support di HP mas, jadi tersendat sendat. Kalau pake kamera sendiri pasti normal-normal saja mas…

  19. Arief Fadilla berkata:

    Hp oppo r7s saya kenapa ya cepet panas
    Kalo di maenin 30 mnit pasti panas

    Ngecas lama butuh 2 jam padahal casan ori vooc

    Baterai cepet abis, ngisi full setelah di pakai 3 ham tinggal 30 %

    Mohon ya untuk pencerahannya.
    Makasih 🙂

    • Dian Arifin berkata:

      Rekomendasai atau tips dari saya, kurangi tingkat kecerahan layar, jangan membuka banyak aplikasi sekaligus, jangan terlalu sering main game. Adapun jika baterai memang cepat habis, maka berarti baterai tersebut memang sudah usang. Semakin lama umur smartphone maka baterai dan performa juga pasti bakal menurun…

  20. yurike berkata:

    Hp saya kok memori internalnya cepet penuh ya, padahal file yg tersimpan di foto sma video udah saya pindah di memori external, app juga cuma 5gb jd yg tersisa harusnya masih banyak, saya liat di pengaturan itu banyak terpakai di lainnya. Yang masuk di dalam file lainnya itu apa ya? Mohon bantuannya.

    • Dian Arifin berkata:

      Bisa jadi karena aplikasi mas. Misalnya pesan kotak masuk yang banyak, pesan di WhatsApp yang banyak, History pencarian yang banyak, Itu semua juga berpengaruh mas..

  21. Rezha berkata:

    Mas sy rekam videonto ilang sendiri. Gmn liatnya

  22. Gita berkata:

    Mau tanya bang hp oppo a37 temenku di instastory kameranya lonjong, tapi cuma akun dia, akun lain engga, udh di delete cache, hapus data, reinstall, restart masih aja ttp lonjong gimana ya cara mengatsainya makasih

  23. Boby berkata:

    Mau tanya gan, gegara saya utak atik izin privasi nya messenger saya jadi gabisa pop out, solusinya dong

    • Dian Arifin berkata:

      Tinggal izinkan kembali aja mas untuk Perizinan Messenger, saran saya lakukan perizinan pada semua yang ada di Messenger, baik Media, SMS, atau yang lainnya..

  24. syamsul berkata:

    Minta solusinya Gan. Hp oppo f3 tiap kali buat cek pulsa kok keluar nada/ suara. Gmn cara mematikannya? Makasih

  25. ayesa berkata:

    saya mau merekam video tapi kenapa tidak bs ya Mas? setiap pencet tombol video yg merah pasti langsung keluar ke home lg.. tp utk foto bisa.. hp saya oppo f3.. mohon bantuannya Mas.. makasih..

    • Dian Arifin berkata:

      Aplikasi record nya aplikasi bawaan atau bagaimana mbk, bisa jadi itu kesalahan pada Sistem ColorOS di HP OPPO mbak. Solusinya harus Update atau Flashing. Atau bisa jadi yang bermasalah pada Aplikasi yang mbak gunakan, coba pakai aplikasi lain mbak…

  26. Risman berkata:

    oppo R7s hilang getar. Tlg bantuannya kawan2..

    • Dian Arifin berkata:

      COba aktifkan getaran, masuk pada Setting -> Suara & Getarat. Coba tes getaran, baik saat memanggil, Terkunci, ataupun pada saat mengetik ….

  27. Ahmad Aldiansyah berkata:

    Hp oppo f3 saya apabila nerima telpon atau buka voice note layarnya mati, itu knp dan gmn solusinya

    • Dian Arifin berkata:

      Sama, punya ku yang OPPO A37f terkadang juga seperti itu, tapi sekarang sudah tidak. Solusinya Hapus Data aplikasi telepon, bersihkan sampah, restart ….

  28. Olivia adoncia berkata:

    Oppo f1s saya kenapa gak ada tampilan ikon bbm d pojok atas ya? Dan klo notifikasi watsap masuk jg gak muncul d layar pojok kiri atas. Dan kenapa tampilan font saya gak bisa di rubah..?? Di hp saya tampilan nya gak ada menu GAYA HURUF..ada nya cuma ukuran huruf.. Dan 1 lg.. Kenapa oppo saya banyak menu yg gak ada

  29. Arirahman berkata:

    Mas saya punya oppo f3 plus baru beli tapi kenapa yah batre nya tiap di cas suka terhenti trus.

  30. Ikenurdini berkata:

    Saya mau tanya kenapa di oppo a37f saya ga bisa edit carrier name . Padahal sebelumnya di info operator ada tampilkan logo operator ,tampilkan nama operator,sembunyikan . Tapi skrg yg tampilkan nama operator ga ada pilihannya . Jd cuma dua ajah pilihannya . Tolong pencerahannya. Trims

  31. Lukman berkata:

    Ask : kenapa oppo a71 saya setelah diperbarui color os ..malah jadi lemot..padahal itu rekomendasi dari opo itu sendiri..

    • Dian Arifin berkata:

      Saya kurang tau mas, terkadang ColorOS memang bikin smartphone agak lambat. Untuk HP saya sendiri saja ngak bisa malah update ke ColorOS. Mungkin dari pihak OPPO nya mas yang bermasalah ..

  32. Rizky berkata:

    Mau tanya mas ini knapa ya hp oppo find 5 sya klau diaktifkan setelah muncul logo mentok di updating, please wait. Mohon bantuannya mas.

  33. elsa berkata:

    hanphone oppo f1 plus saya kok tiba tiba layar langsung hitam semua kenapa yah? padahal sebelumnya saya hanya menyetal lagu saja dan sehabis itukan secara otomatis mati dengan sendirinya layarnya nah pas saya mau nyalain lagi gabisa malah hitam semua, tapi kalo ada yang telfon atau sms yah masuk notifnya tapi layar masih hitam, itu letak masalahnya dimana yah?? mohon bantuannya ya mass……

  34. Dendy perdana berkata:

    Mas mau nanya ni, knapa ya hp oppo F3 saya gak bisa ngerakm suara,jadi kalo buat vidio nggk ada suaranya

  35. lisftl berkata:

    Kalo misalnya memori Oppo saya penuh padahal aplikasinya gak lebih dari 2 gb gimana ya mas? foto sama videonya juga gak lebih dari 1 gb, kenapa selalu full ya memorinya?? Gara gara virus kah??

    • Dian Arifin berkata:

      File sampah atau file cache mbak, kemudian history pencarian Google, Youtube, Instagram, WhatsApp, dan lainnya. Semua menghasilkan file sementara yang perlu dihapus. Gunakan aplikasi keamanan / Security bawaan OPPO untuk menghapusnya.

  36. Awi berkata:

    Gan tolong bantu cara setting MUSLIM GO di
    Oppo F3 Plus
    nitofikasi adzan tdk berfungsi
    sudah sy setting ulang menyamakan dg Aplikasi Muslim Pro
    Karena utk MUSLIM GO
    karena yg ada di google petunjuk setting, yg ada di Muslim Pro
    sebenarnya cara setting nya sama tdk langkah2 utk muslim Pro

    • Dian Arifin berkata:

      Untuk notifikasi Jadwal Sholat boleh – boleh saja mas, tapi untuk alarm Adzan sebaiknya tidak perlu karena banyak ulama mengatakan tidak boleh ada alarm adzan, takutnya bunyi terpotong ditengah – tengah dan ini akan merubah arti. Untuk setting nya berbeda – beda antara Muslim Pro dengan Muslim GO.

  37. Maman Rahman berkata:

    Hp oppo a37f saya pas di nyalain keluar tulisan select language kenapa ya mas???

  38. nurul hidayati berkata:

    saya mau tnya kak, dlu saya pernah pakai hp oppo a37 punya adek saya, dan sekarang saya juga punya hp oppo a37, permasalahannya dlu saya pakai wa pararel, dan sekarang setiap saya menyimpan nomer dihp oppo saya kenapa juga muncul di hp adek saya juga, itu bagaimana ya kak caranya biar gk muncul d hp adek? terimakasih kak

  39. andre berkata:

    saya mau tanya knp ruang penyimpanan belum terpasang pd hp oppo r813k,tolong solusinya dong?

  40. Marelin berkata:

    Gan, mau tanya..
    Ini hp saya oppo a57, tiba2 tombol back n multitasknya gak berfungsi.. Kira2 kenapa yah ?

  41. Mitha kartika berkata:

    Kenapa ya hp saya buat foto ga bisa? Ga bisa disave kalo lewat kamera kalo untuk screen bisa kesave

  42. Natalia berkata:

    Bang mau nanya, kok hp saya(oppo A71) gak bisa buat rekam layar. Kalo saya mau rekam layar buat main game (khususnya pubg) pasti berhenti sendiri perekamannya.lalu tiba tiba ada Tulisannya “aplikasi tidak mendukung”. Itu dari hapenya atau bisa di rubah.
    .
    .
    .
    Terimakasih.

  43. Lia berkata:

    Ada masalah sama video kalo di tonton kaya yang di zoom gambar nya jadi gede banget

  44. Arsyad berkata:

    Min kalo saya Nyalain WiFi Yang pakek autentikasi masuk kok browser Saya Tidak langsung Mengalihkan ke web nya Untuk log in ke WiFi tersebut ,, perangkat ngestuck tersambung ,tetap tak bisa log in,meski pun udah buka link apa aja ,tp tetap tidak di alihkan ,,solusinya gimana tuh , ,apa harus di hard reset

  45. putri berkata:

    mau nanya kok oppo f3 saya kameranya mulai bermasalah kamera depan tdk sejernih dlu dan kamera belakangnya sdh tdk bisa fokus

  46. Rohimah berkata:

    Hp sy oppo a7 mati sendiri kadang hidup logo saja yg keluar…terus mati lg…bgmn cr mengatasinya…

  47. Vicky berkata:

    Hp saya oppo a5s setiap mau buka aplikasi browser bawaan ponsel kok gk bisa??ini gimana y???

  48. Toy berkata:

    Gan mau tanya…
    Ini hp oppo A37,waktu hp nya di cas flas nya nyala & daya isi batre nya ngga ada kira-kira apa nya ya…

  49. ASUW berkata:

    tolong diperhatikan garansi resmi apa tidak

  50. reinaldy berkata:

    mau nanya dong ka, hp gue kalo pas baru di restart pas di nyalain jadi lemot banget dan perlu waktu yang cukup lama untuk stabil. dan barusan timbul logo loading biru entah kenapa.. mohon bantuannya kak

  51. Aslam berkata:

    Login aplikasi selalu internal error

  52. Liza Rahma berkata:

    mau tanya kak, hp saya Oppo a37, layar hpnya tiba2 bergerak2 seperti layar tv rusak ada garis2horizontal di sebelah kanan, sebelumnya tidak ada masalah

  53. Selfa devy N berkata:

    Masalah pada oppo F3 yang hanya bisa digunakan Kartu smartfrend.Cara agar Bisa ke semua kartu Gimana yh??

  54. Bayu berkata:

    Mau nanya…hp a83…klo keadaan agak panas layar progam buka tutup sendiri…klo disentuh sekali banyak progam yg muncu..kira2 kenapa ya…mks

  55. Lutfita Amalia berkata:

    tipe hp saya OPPO A3S, saya perbarui sistem setelahnya tiba tiba ada pemberitahuan kalau “File sistem rusak dan tidak dapat dinyalakan. Silahkan instal perangkat lunak sistem yang benar atau hubungi pemrosesan setelah penjualan”
    harus bagaimana ya kak?

  56. sapta berkata:

    hp oppo saya terus muncul error 0x9
    apa maksudnya dan bagaimana mengatasinya ya pak/ibu..

  57. Wawan berkata:

    Kenapa ya kalw buka kamera depan hp f3 saya langsung mati, batre langsung kosong padahal sebelum poto masih 80 persen, apa ya penyebab ya makasih

  58. Cecep purnama alam berkata:

    Kenapa ya handphone oppo a3s saya d layar suka muncul error 33 28 secara tiba tiba dan itu menghambat karena tiap di tekan ok atau cancel tetep aja terus ada

  59. Nining berkata:

    Bang saya mau nanya tdi kan hp oppo f3 plus saya baik” aja,tiba” mati sndiri,stelah itu di hidup ada bacaan oppo lalu mati oppo powered by android,itu dritadi hidup mati gitu aja,biasanya kan kok dihidupkan langsung konek kek biasa main hp.
    Itu kenapa ya plis kasi tau

  60. ariii berkata:

    Bang, touchscreen hp oppo f3 saya kok gak bisa disentuh yah ? Padahal masih nyala tapi memang layarnya retak. Jadi itu yang diganti touchscreen atau lcd nya ? Kira kira kisaran berapa harga lcd atau touchscreen hp oppo f3 sekarang ?

  61. Rekson tanjung berkata:

    Hp oppo f3 Kalau dimatikan terus dihidup kan lama loading nya bang untuk bisa dipakai,gimana itu bang

  62. agung berkata:

    Hp saya oppo F5 kalau setiap ada sms masuk ketika saya buka sms nya kok tidak mau ke buka langsung kembali ke menu utama, apa ya permasalahannya?minta solusinya donk..

  63. megaebat berkata:

    Setelah update ke colorOS 7.1 oppof7 muncul tanda alarm di bar atas sebelah signal… Padahal tidak sedang aktifkan alarm.. semua notifikasi clock juga sudah dimatikan