7 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Sebagian pengguna WhatsApp pasti ada yang mengeluh mengenai kontak baru yang disimpan belum muncul-muncul di WhatsApp. Hal ini tentu menjadi tanda tanya apa yang sebenarnya terjadi pada aplikasi WhatsApp. Kemungkinan besar, koneksi internet yang lemah membuat kontak tidak muncul. Lebihnya lagi, setelan kontak yang salah membuat kontak WhatsApp juga tidak mau muncul.

Berikut beberapa penyebab yang membuat kontak WhatsApp tidak muncul.

  • Koneksi internet lambat/ lemot. Internet yang lambat atau bahkan bermasalah menyebabkan daftar kontak baru tidak bisa ditemukan. Anda perlu menunggu agar kontak muncul selama beberapa saat.
  • Perizinan akses kontak belum dilakukan. Kemungkinan perizinan akses kontak dalam keadaan Disable, sehingga WhatsApp tidak bisa membaca kontak.
  • Masalah pada aplikasi WhatsApp. Adanya bugs pada aplikasi WhatsApp juga dapat menyebabkan kontak tidak ditemukan/ tidak muncul.

Lihat Juga : 6 Cara Agar WhatsApp Tidak Menyimpan Foto Secara Otomatis

Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Untuk mengatasi masalah aplikasi WhatsApp yang tidak memunculkan kontak, ada beberapa metode yang bisa Anda coba. Di antaranya yaitu, cek kontak yang ditampilkan, perbarui kontak, dan menghapus data aplikasi WhatsApp.

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Untuk yang pertama, pastikan koneksi Internet HP Android Anda memadai. Bagaimanapun, jika koneksi internet lambat maka semua aktivitas di WhatsApp juga akan berjalan lambat, termasuk dalam melakukan load kontak WhatsApp. Biasanya, kontak lama mudah untuk di load, sedangkan kontak baru relatif lebih lama jika koneksi internet tidak maksimal.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Tersambung Internet

2. Coba perbarui Kontak WhatsApp

Perbarui daftar kontak WhatsApp
2. Perbarui kontak WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Tips berikutnya, coba perbarui lagi kontak WhatsApp. Anda bisa masuk pada daftar kontak kemudian perbarui. Sebelumnya, pastikan nomor yang Anda tambahkan terdaftar sebagai pengguna WhatsApp. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp, pilih ikon daftar kontak yang ada di bagian pojok bawah
  2. Klik ikon tiga titik yang ada di bagian atas, tap Perbarui.
  3. Lihat apakah kontak baru Anda muncul atau tidak.
  4. Selesai.

3. Perbarui aplikasi WhatsApp

Update WhatsApp ke versi terbaru
3. Update aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Selanjutnya, coba perbarui aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan. Dengan memperbarui aplikasi biasanya bugs/ kerusakan pada aplikasi akan di perbaiki serta jika ada pembaruan fitur, tentunya Anda juga akan mendapatkannya.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka

4. Hapus data Aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Data Aplikasi WhatsApp
4. Hapus Data aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Terakhir, coba dengan menghapus data aplikasi WhatsApp. Dalam banyak kasus kontak yang tidak muncul di WhatsApp biasanya selesai dengan menghapus data aplikasi. Tapi sebelumnya, pastikan Anda telah melakukan backup chat WhatsApp agar nantinya bisa dikembalikan lagi.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa login kembali ke akun WhatsApp menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

Kesimpulan,

Kontak WhatsApp yang tidak muncul memiliki banyak kemungkinan, coba cek perizinan aplikasi untuk mengakses kontak, memastikan nomor tersebut memiliki akun WhatsApp/ masih menggunakan WhatsApp, lakukan hapus data aplikasi jika kontak masih tidak muncul. Agar lebih maksimal dalam menggunakan WhatsApp, pastikan Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru saat ini, agar semua bugs atau kerusakan yang ada bisa teratasi dengan baik.

Kenapa di WhatsApp tidak ada nama kontak?

Jika Anda belum menambahkan nomor tersebut ke daftar kontak Android, maka nama kontak juga tidak tersedia. Jika Anda melihat obrolan baru (dari nomor baru) seseorang, Anda bisa melihat nama kontak melalui halaman profil.

Kenapa kontak WhatsApp seseorang tiba-tiba hilang?

Kemungkinan Anda telah diblokir (bukan hilang tetapi hanya seperti akun tidak aktif). Atau bisa juga orang tersebut sudah tidak menggunakan WhatsApp (akun WhatsApp telah dihapus).

Bagaimana mengembalikan kontak WhatsApp setelah reset?

Jika Anda telah melakukan reset ponsel Android. Anda masih bisa mengembalikan kontak WhatsApp dengan catatan kontak tersebut telah di backup ke akun Google. Anda bisa sinkronisasi ulang dengan akun Google yang Anda gunakan.

Masalah WhatsApp

Masalah Kontak Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.