Pengertian Facebook | Sejarah, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kita tahu bahwa Facebook menjadi rajanya sosial media. Sebagai perusahaan teknologi, Facebook menjadi pionir dalam mengontrol kehidupan sosial umat manusia di dunia maya. Tak hanya berfungsi sebagai social network, Facebook telah berevolusi menjadi media hiburan hingga bisnis. Dukungan komunitas yang begitu besar membuat Facebook bertahan dan terus melakukan inovasi.

Dalam perkembangannya, Facebook mengalami peningkatan pengguna dari waktu ke waktu. Laporan akhir tahun 2019 menunjukkan bahwa Facebook memiliki 2,4 milyar pengguna dengan rata-rata pengguna yang login dan menggunakan layanan Facebok mencapai 1,62 juta setiap harinya. Rata-rata pengguna Facebook didominasi pengguna mobile, sekitar 94 persen. India menjadi salah satu pengguna Facebook terbanyak dengan angka 260 juta sedangkan Indonesia sekitar 120 juta pengguna.

Tagline Mark; Bringing the world closer together” benar-benar membuat dunia terasa lebih dekat. Selain sebagai media informasi dan hiburan, Facebook juga membantu para UKM dalam mengiklankan produk mereka. Adanya Facebook Ads menjadi tool baru para Internet Marketer dalam mengiklankan produk mereka secara tepat dan cepat. Melalui artikel ini saya akan menjelaskan lebih panjang mengenai apa itu Facebook, pengertian dan definisi Facebook secara umum, sejarah, hingga manfaat menggunakan Facebook. Berikut ulasannya;

Lihat Juga : Pengertian WhatsApp | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Pengertian Facebook Secara Umum

Pengertian Facebook Secara Umum
Image source : India Today

Dalam pengertian singkatnya, Facebook merupakan layanan jejaring sosial media yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Pada awalnya, Facebook lahir dari Facemash kemudian berubah menjadi TheFacebook.com. Kemudian pada tahun 2005, TheFacebook.com berubah menjadi Facebook dengan menghilangkan kata “The”.

Definisi kata “Facebook” yang terdiri dari dua frasa bahasa Inggris yakni “Face” dan “Book”. Face memiliki arti Muka sedangkan Book memiliki arti Buku. Frasa “Buku Muka” dalam bahasa Indonesia mungkin terlihat aneh, namun inilah yang menjadikan Facebook dengan fungsi dasarnya sebagai media sosial yang menampilkan seluruh informasi pengguna.

Melalui Facebook, pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lain seperti membuat status, membagikan foto dan video, menambahkan teman, membuat halaman pribadi (fanspage), membuat grup/komunitas, hingga berkirim pesan melalui fitur messenger. Facebook juga terus menghadirkan dan mengembangkan fitur baru lainnya seperti filter untuk story, marketplace, hingga lowongan pekerjaan.

Lihat Juga : Pengertian Twitter | Sejarah, Fitur, Manfaat

Sejarah Berdirinya Facebook

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg
Image source : USATODAY.com | Mark Zuckerberg Pendiri Facebook
Jenis situsLayanan jejaring sosial
BahasaMultibahasa
Didirikan4 Februari 2004
PendiriMark Zuckerberg Eduardo Saverin Andrew McCollum Dustin Moskovitz Chris Hughes
Peringkat Alexa6 (23 September 2020)
Pengguna2,4 milyar (Desember 2019)
Situs webfacebook.com

Untuk pertama kalinya, Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg bersama teman-temannya di Universitas Hardvard yakni Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Fokus utama situs ini hanya untuk mahasiswa Hardvard kemudian diperluas hingga universitas lain seperti Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Pada akhirnya, situs yang dibangun Mark dan teman-temannya menarik perhatian mahasiswa hingga siswa sekolah menengah.

Awal pendirian dan pengembangan Facebook cukup menarik karena banyak melibatkan mahasiswa Hardvard. Simak penjelasan lengkap mengenai penciptaan Facebook berikut ini;

Mark Zuckerberg Menciptakan Facemash

Tampilan Facemash
Image source : facemash.site | tampilan Facemash

Facemash adalah situs pertama yang dibuat oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 28 Oktober 2003. Facemash ditujukan sebagai perbandingan mahasiswi mana yang paling cantik dan seksi. Pada waktu itu, Mark Zuckerberg meretas jaringan komputer Hardvard untuk mendapatkan semua gambar dan ID mahasiswa. Setelah empat jam situs diluncurkan, Facemash menarik 450 pengunjung dan 22 ribu tampilan foto.

Beberapa hari setelah diluncurkan, Facemash dimatikan oleh Hardvard karena melanggar hak cipta dan melanggar privasi individu. Karena alasan tersebut, Zuckerberg hampir dikenakan hukuman oleh pihak Universitas. Di semester berikutnya, Mark mulai mengembangkan situs tersebut dengan menambahkan kolom komentar serta mengunggah 500 lukisan untuk menghadapi ujian final sejarah seni. Mark membuktikan bahwa orang suka melihat foto dan menambahkan komentar.

Dari Facemash berubah menjadi TheFacebook.com

Tampilan TheFacebook
Image source : www.cincinnati.com | tampilan TheFacebook

Bulan Januari 2004 di semester berikutnya, Mark Zuckerberg memulai proyek baru dengan menuliskan kode untuk situs barunya yang terinspirasi dari insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Mark Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” dengan domain “TheFacebook.com”.

Pada bulan pertama, setengah mahasiswa sarjana Hardvard terdaftar di situs. Setelah itu, teman-teman Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes ikut bergabung dan mulai mempromosikan situs. Pada bulan Maret 2004, Facebook memperluas jaringan hingga Stanford, Columbia, dan Yale. Masuk juga pada Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan Ivy League.

Menghapus The menjadi Facebook.com

Tampilan Facebook Terbaru Saat ini
Tampilan Facebook terbaru

Bulan Juni 2004, Facebook memidahkan pusat operasinya di Palo Alto, California. Pada waktu itu, Sean Parker (pengusaha) diangkat sebagai presiden perusahaan karena sering memberikan saran ke Mark Zuckerberg dan banyak membantu dalam mengembangkan Facebook. Dan pada tahun 2005, Perusahaan menghilangkan kata “The” menjadi Facebook dengan membeli domain seharga 200 ribu dollar.

Facebook terus berkembang, Pada tahun 2010 Facebook mampu mengalahkan Google dalam jumlah kunjungan. Bulan Juni 2011, Facebook termasuk situs yang paling banyak di kunjungi di seluruh dunia. Dalam hal kunjungan, Facebook masih bersaing dengan Google.

Lihat Juga : Pengertian Telegram | Sejarah, Fitur, Kelebihan

Manfaat Penggunaan Facebook

Manfaat Menggunakan Facebook
Image source : Whatagraph

Karena pengguna Facebook yang begitu besar dengan jangkauan yang begitu luas maka tentu Facebook memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan ketika menggunakan Facebook dari sisi personal, sosial, dan ekonomi.

1. Manfaat Secara Personal

Dalam hal personal, pengguna mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya adalah menemukan teman baru tanpa dibatasi oleh wilayah ataupun daerah. Pengguna dapat saling berkomunikasi, berkomentar, saling berbagi info dan pengetahuan secara mudah dan cepat. Berikut beberapa hal yang bisa pengguna dapatkan ketika menggunakan Facebook;

  • Mendapatkan relasi dan teman baru.
  • Sebagai media hiburan dan menghilangkan stress.
  • Sebagai tempat curhat dan berbagi pengalaman.
  • Berkirim pesan secara private melalui messenger.
  • Mengisi waktu luang
  • dll…

2. Manfaat secara Sosial

Dengan Facebook, pengguna dapat saling terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna lain, entah melalui pertemanan, komentar, suka, hingga berkirim pesan secara pribadi. Bahkan dalam sebuah kasus ditemukan seseorang menemukan keluarganya yang hilang melalui Facebook. Selain itu, pengguna juga dapat belajar dan bergabung di komunitas/ grup dengan hobi yang sama. Berikut aspek sosial ketika menggunakan Facebook;

  • Mempertemukan keluarga dan saudara.
  • Memungkinkan untuk mendapatkan jodoh.
  • Bergabung dengan sebuah grup/ komunitas.
  • Saling mempertemukan pengguna dengan hobi yang sama.
  • Dapat mengikuti halaman pada tokoh, artis, aktor, atau pengusaha.
  • Terhubung dengan siapapun.
  • Saling berbagi foto dan video.
  • dll…

4. Manfaat secara Ekonomi

Facebook tidak hanya berfungsi sebagai media sosial, namun telah merambah ke bisnis dan ekonomi menengah/ UKM. Para Internet Marketer telah lama memanfaatkan Facebook sebagai media promosi dan menjual produk mereka secara tepat dan ter-target. Banyak pengalaman pebisnis online yang membuktikan mereka berhasil mempromosikan produk lewat periklanan Facebook. Berikut aspek bisnis dan ekonomi untuk pengguna Facebook;

Lihat Juga : Pengertian Instagram | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Kelebihan dan Kekurangan Facebook

Kekurangan dan Kelemahan Facebook
Image source : Google Play

Dalam hal penggunaan, Facebook pasti memiliki sisi positif dan negatif yang penting untuk diperhatikan. Tanpa dasar pengetahuan yang baik, Facebook menjadi tempat menakutkan yang justru mengurangi produktivitas pengguna. Untuk itu simak kelebihan dan kekurangan ketika menggunakan Facebook berikut ini;

Kelebihan Facebook

  • Fitur super lengkap. Facebook menjadi salah satu sosial media yang memiliki fitur super lengkap, mulai dari marketplace, lowongan pekerjaan, grup/ komunitas, halaman, hingga game. Hal inilah yang membuat pengguna betah berlama-lama menggunakan Facebook.
  • Terhubung dengan WhatsApp dan Instagram. Karena Facebook adalah induk dari WhatsApp dan Instagram, maka semua informasi Instagram dan WhatsApp dapat tersinkronisasi. Salah satunya konten yang dapat saling berbagi.
  • Media sharing yang mudah. Facebook dapat menjadi media berbagi foto, video, hingga pengalaman dan informasi menarik lainnya secara mudah dan cepat.
  • Media periklanan Facebook Ads ter-target. Facebook Ads adalah salah satu jasa periklanan yang Facebook berikan kepada para pebisnis untuk mempromosikan produk mereka secara ter-target sesuai dengan minat, passion, hobi, usia, dan sejenisnya.
  • Tempat diskusi unggulan. Banyaknya grup dan komunitas bertebaran di Facebook memudahkan pengguna diskusi dan belajar sesuai dengan hobi/ passion yang dimilikinya.
  • dll…

Kekurangan Facebook

  • Mengurangi produktivitas seseorang. Ketika menggunakan Facebook dalam waktu lama tanpa kontrol, maka produkvitas akan menurun dan pengguna terus bersenang-senang menggunakan Facebook.
  • Sangat Adiktif. Facebook dibuat sangat adiktif seperti halnya narkoba, pengguna perlu mengontrol waktu, mematikan notifikasi agar tidak sering membuka. Konten yang dihadirkan memang related dengan pengguna sehingga pengguna akan terus melihatnya.
  • Lalai dalam tugas sekolah. Karena produktivitas yang menurun, banyak siswa yang lalai dalam tugasnya dan lebih suka bermain-main dengan Facebook.
  • Lalai dalam pekerjaan. Tak hanya soal tugas sekolah, dalam hal pekerjaan Facebook juga sangat mengganggu. Kita tahu bahwa karyawan lebih sibuk dengan smartphone dan sosial medianya ketimbang teman disampingnya.
  • Merasa tidak percaya diri. Karena kesempurnaan foto seseorang membuat pengguna terkadang merasa tidak percaya diri. Merasa teman-teman atau artis yang mereka ikuti terlihat lebih cantik dan keren ketimbang dirinya sendiri.
  • Penyebaran hoax yang terlalu mudah. Facebook sering kali digunakan untuk menyebarkan berita-berita buruk dan hoax yang tidak berdasar. Pengguna perlu melakukan filter agar tidak salah dalam mendapatkan informasi. Jangan sampai kesalahan informasi membuat kegaduhan, perpecahan, dan konflik sosial.
  • Facebook memanfaatkan data pengguna. Dalam privasi dan ketentuannya, Facebook memang memanfaatkan semua data penggunanya untuk kebutuhan bisnis dan keamanan, salah satunya dalam hal Facebook Ads dimana iklan akan lebih tertarget ketika tahu apa yang disukai oleh pengguna. Informasi yang diambil bisa berupa foto dan video yang dibagikan, lokasi, pesan antar pengguna, hingga berapa lama pengguna melihat konten. Pengguna dapat melihat secara lengkap di halaman privasi Facebook.
  • dll…

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Kesimpulan,

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling digemari para anak-anak muda masa kini. Generasi millennial dan generasi z adalah adalah yang paling banyak menggunakan Facebook. Adanya Facebook sangat membantu masyarakat dalam menyelesaikan problem sosial dan bisnis yang sebelumnya belum pernah terpikirkan.

Apa itu Facebook?

Facebook merupakan layanan jejaring sosial media yang pertama kali di ciptakan oleh Mark Zuckerberg.

Apa pengertian Facebook menurut para ahli?

Informasi pengertian Facebook dari para ahli dapat diambil dari buku atau karya ilmiah. Namun saya berfikir tidak ada yang lebih ahli dalam Facebook ketimbang Mark Zuckerberg dan timnya.

Bagaimana cara menggunakan Facebook?

Anda bisa mulai menggunakan Facebook melalui ponsel Android dengan mengunduh aplikasi lewat Google Play dan iOS (iPhone) lewat App Store.

Bagaimana cara membuat akun Facebook?

Pengguna bisa mendaftar Facebook menggunakan email, nama pengguna, tempat tanggal lahir, serta informasi lainnya. Lakukan pendaftaran melalui halaman Facebook.

Benarkan Facebook memanfaatkan data penggunanya?

Benar. Facebook memanfaatkan semua data pengguna untuk memaksimalkan produk yang mereka buat. Data pengguna digunakan untuk kebutuhan bisnis periklanan Facebook Ads dan meningkatkan keamanan. Informasi mengenai privasi pengguna bisa cek disini.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian Facebook, Sejarah Facebook, hingga manfaat dan dampak buruk ketika menggunakan Facebook. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.