3 Cara Upload Foto di Instagram Tidak Terpotong

Salah satu keluhan dari para pengguna Instagram yakni masalah foto yang terpotong menjadi bentuk persegi saat sedang mengunggahnya. Misalnya jika anda mengupload foto ukuran HD maka tetap saja akan menjadi persigi ukuran 640px x 640px. Kita tahu bahwa intagram memiliki ketentuan ukuran dari foto yang kita unggah. Hal ini bertujuan agar memudahkan para pengguna Instagram saat sedang berselancar dan melihat semua foto-foto yang di unggah oleh para pengguna lain.

Jika anda bandingkan dengan Facebook ataupun Twitter jelas berbeda jauh. Karena kedua sosial media tersebut terfokus pada konten, foto, dan video, sedangkan intagram fokus pada foto dan video saja.Tapi sebagian dari pengguna Instagram android tentunya punya solusi cerdas mengenai masalah tersebut. Salah satu kunci utama agar foto tidak terpotong yakni dengan menggunakan aplikasi edit foto.

Saya tidak bisa Photoshop? Tenang saja, anda tidak perlu aplikasi Photoshop, cukup dengan mengguakan smartphone atau tablet Android, maka anda bisa mengeditnya secara mudah. Hanya bermodalkan jari jempol atau telunjuk anda maka hasilnya akan sangat memuaskan.

Lihat Juga : Cara Download Foto & Video Instagram

Upload Foto di Instagram Tidak Terkena Crop

Mengatasi upload foto di Instagram yang terkena crop yakni dengan menggunakan aplikasi Instasize. Aplikasi tersebut dapat membantu anda dalam mengedit foto HD menjadi ukuran persegi sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan oleh Instagram. Sebagai tambahan, dengan aplikasi tersebut anda juga bisa menambahkannya dengan efek, tulisan, filter, serta bingkai menarik dan lucu. Berikut tutorial mengedit foto menggunakan instasize.

  • Pertama, unduh dan pasang aplikasi instasize melalui Google Play Store secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play]
  • Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih salah satu foto yang anda inginkan. Jika tidak ada yang di pilih, langsung saja ambil menggunakan kamera.
1. Upload Foto Instagram
  • Edit foto yang telah anda pilih, tambahkan dengan efek – efek menarik atau filter untuk mempercantik dan memperindah foto. Jika sudah selesai mengedit, tap icon kotak Bagikan yang terlihat pada bagian pojok kanan atas.
2. Edit Foto Persegi Instagram
  • Jika anda ingin menyimpan foto langsung ke galeri maka tap saja icon Galeri. Tapi jika anda ingin membagikan langsung ke intagram maka tap icon Instagram.
  • Jika anda sampai ke area post foto intagram, tinggal tap saja icon Centang yang terlihat pada pojok kanan atas.
  • Selesai.

Lihat Juga : Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Android

Pahami Ukuran Standar Foto Instagram

Jika anda menginginkan foto yang sesuai dengan standar yang ditetapkan Instagram, maka upload lah foto persegi dengan rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 piksel. Tapi jika anda memiliki foto dengan ukuran diatas 2000 x 2000 piksel juga tidak masalah, langsung saja upload. Nantinya Instagram akan melakukan kompres pada foto anda tersebut. Untuk lebih jelas mengenai ukuran foto Instagram, anda bisa simak daftarnya berikut ini;

Ukuran Foto untuk Feed Instagram

KeteranganUkuran PikselRasio
Foto Vertikal1080 x 1350 piksel4:5
Foto Persegi1080 x 1080 piksel1:1
Foto Horizontal1080 x 566 piksel1,91:1

Ukuran Video untuk Instagram

KeteranganUkuran PikselRasio
Video Persegi1080 x 1080 piksel1:1
Video Horizontal1080 x 566 piksel1,91:1
Instagram Story1080 x 1920 piksel9:16
IGTV1080 x 1920 piksel
1920 x 1080 piksel
9:16 16:9
Foto Sampul IGTV420 x 654 piksel1:1,55
Instagram Live1080 x 1920 piksel9:16

Lihat Juga : 5 Cara Menyembunyikan Story Instagram

Penutup,

Saran untuk para pengguna, sering-seringlah buat update aplikasi Instagram, agar anda mendapatkan pembaruan fitur dan peningkatan stabilitas. Untuk melakukan update, anda bisa kunjungi Google Play atau market store lain yang ada di smartphone Android anda.

Dengan mengikuti panduan singkat diatas, maka foto yang anda unggah tidak terpotong karena bentuknya sudah menjadi persegi. Bagikan artikel ini ke sosial media yang anda gunakan supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 3 Comment

  1. Lusk berkata:

    Masih tetep kepotong nih ka
    Gk ngerti lagi deh dimana

  2. Ina berkata:

    Sip sangat membantu orang lagi kepo, trimakasih dianisa😂