10+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Realme

0

Dianisa.com – Realme merupakan salah satu produsen smartphone yang berbasis di Shenzen, Tiongkok. Didirikan secara resmi pada tanggal 4 Mei 2018, Realme menjadi smartphone versi murah dari OPPO atau lebih tepatnya, sub brand yang memang lebih fokus untuk menghadirkan smartphone murah dengan spesifikasi berkelas tinggi.

Tak mengherankan lagi, persaingan produsen antar smartphone memang semakin ketat, tujuan untuk membuat sub brand tentu untuk mendapatkan banyak konsumen atau pengguna tanpa peduli untung kecil ataupun besar, intinya ketika para konsumen sudah asyik dengan gadget, maka iklan pada layanan akan ditingkatkan demi meraup keuntungan yang ada.

Pangsa pasar Realme secara Global terus berekspansi ke negara – negara pada kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Dimulai pada Oktober 2018, Realme membawa tiga varian produk, yaitu Realme C1, Realme 2, dan Realme 2 Pro dengan harga yang sangat terjangkau layaknya produk Redmi.

Sampai akhirnya pada tahun 2019 semenjak artikel ini ditulis, Realme hadirkan versi yang lebih unggul, yakni Realme 3 dan Realme 3 Pro dengan spesifikasi dan fitur yang sama layaknya smartphone flagship berharga tinggi.

Masalah Smartphone Lain

Masalah Aplikasi Android

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

Bicara masalah keunggulan dan spesifikasi pada smartphone Realme memang cukup maksimal dalam segala aspek, baik untuk kebutuhan produktivitas ataupun hanya sekedar bermain game pada waktu santai. Kekurangannya tentu akan terjadi pada masa mendatang yang memang semua performa hardware akan berasa turun.

Masalah bisa terjadi pada kapan saja, entah itu karena kesalahan pengguna atau memang karena sistem yang masih memiliki kekurangan, sehingga tips atau solusi perlu dihadirkan demi memaksimalkan kebutuhan pengguna.

Pada artikel ini, ada beberapa hal yang perlu kamu coba jikalau memang smartphone Realme kamu bermasalah, entah itu aplikasi yang sering macet, banyak bugs dan kerusakan, muncul pesan error, atau tidak bisa dibuka sama sekali.

Solusinya, coba beberapa hal sederhana berikut ini ….

#1. Restart Smartphone

Hal ini memang sangat remeh, masalah akan selesai hanya dengan restart. Bagi kamu mungkin ini tidak akan menyelesaikan masalah, namun bisa jadi ketika masalah hanya karena RAM penuh karena banyaknya aplikasi yang dibuka dan berjalan di background, serta lag saat dimainkan maka restart dapat menyelesaikan masalah.

Tips ini bisa kamu coba apabila masalahnya sederhana dan tidak pada aplikasi terkait. Jikapun masih bermasalah, silahkan coba metode berikutnya.

#2. Gunakan Aplikasi Manajer Telepon

Produksi file temporary pada sebuah sistem dan aplikasi akan terjadi ketika pengguna membuka dan menjalankan aplikasi. Hal ini tentu akan menguras memori internal jika tidak dibersihkan secara berkala, bahkan terkadang ada sebagian pengguna yang mengeluh terkait memori internal yang cepat habis padahal tidak menyimpan banyak file.

File temporary lah menyebabnya, cobalah untuk menghapus dan lakukan restrart agar dapat melihat perbedaanya. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Manajer Telepon Realme

  • Pertama, buka aplikasi Manajer Telepon (aplikasi Bloatware bawaan dari HP Realme) seperti yang terlihat dibawah ini. Kemudian pilih Bersihkan Memori.
  • Setelah itu, pilih Akhiri Semua. Kemudian centang semua Aplikasi dan Game yang terlihat, lalu tap Hapus. Dengan begitu, semua file cache pada aplikasi dan sistem akan terhapus.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#3. Bersihkan Cache Pada Aplikasi

Selain opsi diatas, kamu bisa coba bersihkan cache atau file temporary langsung pada manajemen aplikasi. Sedikit informasi, file cache berfungsi untuk mempercepat pengguna dalam membuka aplikasi diwaktu kedua tanpa harus mengulang proses yang sama di awal membuka aplikasi.

Jika kamu hanya ingin membersihkan cache pada aplikasi tertentu saja, maka bisa langsung melalui manajemen aplikasi. Lakukan pada aplikasi yang bermasalah.

Hapus Cache Aplikasi Realme

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » pilih Nama Aplikasi » Penggunaan Memori » kemudian tap Hapus Cache.

#4. Hapus Data Aplikasi

Apabila dengan menghapus cache tidak berhasil mengatasi masalah yang ada, cobalah untuk menghapus data aplikasi terkait. Ini biasa dilakukan pula oleh para pengguna Android lain yang memang ampuh dalam mengatasi masalah error. Data yang terhapus nantinya berupa basis data, data login, cache, cookies, serta file temporary lainnya.

Dan intinya semua pengaturan aplikasi akan kemblai pada posisi default. Untuk beberapa aplikasi penting seperti WhatsApp, jika tidak ingin kehilangan semua chat yang ada, sebaiknya backup semuanya ke akun Google terlebih dahulu.

Hapus Data Aplikasi Realme

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » pilih Nama Aplikasi » Penggunaan Memori » kemudian tap Hapus Data.

#5. Instal Ulang Aplikasi

Selanjutnya, cobalah untuk uninstall jika aplikasi tetap tidak normal atau error secara terus menerus. Terlebih untuk aplikasi yang memunculkan pesan error telah berhenti atau stop working. Beberapa hal diantaranya terjadi biasanya karena file aplikasi yang corrupt, pembaruan yang justru bermasalah, atau bisa jadi memang dari server bermasalah.

Instal ulang bisa menjadi solusi ketika masalah sulit teratasi, hapus aplikasi melalui manajemen aplikasi, bersihkan cache, kemudian restart smartphone. Dan barulah nanti install kembali aplikasi yang diinginkan.

Hapus Aplikasi Realme

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » pilih Nama Aplikasi » kemudian tap Bongkar.

#6. Unroot Jika Sebelumnya Pernah Root

Beberapa pengguna yang memang suka otak atik sistem android, biasanya juga suka melakukan akses root. Hal ini biasanya dilakukan untuk memaksimalkan performa serta mengakses fitur – fitur tertentu tanpa ada batasan sama sekali. Namun disisi lain ini dapat berdampak pada sistem yang terkadang terjadi bugs atau kerusakan tertentu.

Apabila ini menjadi penyebab terjadinya masalah pada aplikasi terinstal ataupun bawaan (bloatware) maka lebih baik lakukan unroot. Gunakan aplikasi atau metode tertentu untuk melakukannya.

Biasanya root sendiri disesuaikan dengan tipe smartphone yang digunakan dan tentunya banyak tersedia di internet. Kamu bisa searching untuk mencari metodenya.

#7. Update ColorOS Realme

Hal lain yang bisa lakukan yakni dengan Update ColorOS dari UI smartphone Realme yang kamu miliki. Ini menjadi opsi pertimbangan untuk memaksimalkan stabilitas sistem Android agar lebih maksimal saat digunakan, namun ini hanya dapat dilakukan ketika opsi update memang sudah tersedia.

Selain stabilitas sistem, update ColorOS juga dapat memperbaiki bugs dan kerusakan pada aplikasi terinstall. Pihak developers tentu akan berusaha maksimal dalam membuat sistem yang handal dan maksimal untuk para penggunanya.

Update ColorOS Realme

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Perangkat Lunak » kemudian ikuti petunjuk hingga update sistem berhasil dilakukan.

#8. Factory Reset Realme

Hal lain yang bisa menjadi opsi dalam mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat Realme ialah dengan Factory Reset yang bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Opsi ini bisa kamu coba ketika beberapa opsi diatas tidak dapat mengatasi masalah yang terjadi, terlebih apabila masalahnya pada aplikasi bloatware seperti pesan, kontak, musik, galeri, ataupun yang lainnya.

Sebelum melakukannya, pastikan juga untuk melakukan backup pada semua file – file penting seperti foto, video, audio, dokumen, dan lainnya. Backup ke memori eksternal atau komputer, gunakan USB OTG jika memang diperlukan.

Tapi untuk opsi reset, biasanya bisa dilakukan pilihan, reset pada sistem atau pada semua file yang tersimpan (terhapus secara permanen). Lebih jelasnya, kamu bisa lihat contohnya dibawah ini.

Factory Reset Realme

  • Buka menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Reset ke Data Pabrik » Kemudian pilih opsi reset sesuai keinginan, namun saya sarankan memilih Reset Pengaturan Sistem Saja.

#9. Hard Reset Realme

Selain Factory Reset, kamu juga bisa melakukan Hard Reset melalui menu Recovery Mode atau ColorOS Recovery. Biasanya ini dapat dilakukan ketika masalahnya benar – benar serius dan pengguna memamg ingin melakukan reset secara penuh, baik sistem, aplikasi, serta file – file yang ada.

Hard Reset bisa menjadi pilihan ketika masalah terjadi pada sistem atau UI Realme (ColorOS) yang bermasalah. Adapun untuk melakukannya, pastikan juga untuk melakukan backup apabila masih memungkinkan. Adapun untuk melakukannya, kamu bisa ikuti metodenya berikut ini.

  • Pertama, pastikan smartphone Realme berada pada posisi off atau mati.
  • Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan sampai nantinya masuk pada menu ColorOS Recovery.
  • Pada menu tersebut akan ada opsi pilihan Bahasa, kamu bisa pilih English. (Gunakan Volume Up dan Down untuk navigasi atas dan bawah).
  • Untuk melakukan Hard Reset, kamu bisa pilih Wipe Data, kemudian konfirmasi dengan memilih Ok. Tunggu hingga proses Wipe Data selesai.
  • Jika sudah, pilih Reboot untuk memuat ulang smartphone.
  • Selesai.

#10. Flashing …

Opsi terakhir, Flashing bisa menjadi pilihan ketika masalahnya sulit teratasi. Kamu membutuhkan beberapa tools dan software untuk melakukannya seperti PC (Desktop), software Flashing, USB, serta Firmware atau ROM dari tipe HP Realme yang kamu miliki.

Atau untuk lebih mudah, bisa coba melakukan Flashing melalui menu ColorOS Recovery untuk opsi lebih jelas. Ada banyak metode flashing terkait hal ini, temukan cara dan tips nya dengan searching (Googling) atau cari di YouTube.

Kesimpulan

Diharapkan dengan adanya beberapa metode diatas dapat mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat Realme yang kamu miliki. Smartphone Realme saat ini hadir dengan UI dan sistem yang baik, sehingga saya rasa tidak begitu banyak masalah terjadi, baik pada sistem ataupun aplikasi terinstal.

Metode yang saya berikan hanyalah sekedar tips umum yang jauh dari kata sempurna dan berhasil dalam mengatasi masalah yang ada. Jika kamu punya pengalaman lebih terkait masalah pada perangkat Realme, silahkan tulis melalui kolom komentar agar teman – teman yang lain dapat terbantukan.

Saya sebagai penulis tidak bertanggung jawab apabila terjadi masalah lebih (berkelanjutan) atau kehilangan data dari metode yang saya berikan. Pilihan ada pada pengguna atau kamu sendiri. Jika ada pertanyaan, kamu juga bisa sampaikan melalui kolom komentar, terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here