Pengertian Microsoft OneDrive | Manfaat, Fitur, Kelebihan

Teknologi semakin ke depan semakin berkembang dengan peningkatan yang begitu signifikan. Hal ini membuktikan bahwa manusia masih terus melakukan inovasi, dengan tujuan untuk mempermudah segala aktivitas dan kebutuhan. Sebut saja dalam hal penyimpanan data, saat ini terdapat beberapa layanan penyimpanan data berbasis digital yang dapat digunakan secara gratis Seperti Microsoft OneDrive, Google Drive, Dropbox, Mega dan lainnya. Namun untuk ulasan kali ini saya akan membahas mengenai Microsoft OneDrive. Apa sih pengertian dari Microsoft OneDrive itu? Apa saja manfaat yang didapatkan ketika menggunakan aplikasi ini?

Dari paragraf sebelumnya anda telah mengetahui, bahwa terdapat beberapa layanan penyimpanan yang dapat digunakan selain Google Drive. Salah satunya adalah Microsoft OneDrive. Kepopuleran Microsoft OneDrive sendiri tidak akan kalah dengan Google Drive.

Pada dasarnya setiap orang tentu memiliki alasan tersendiri untuk menggunakan layanan penyimpanan berbasis digital dari OneDrive. Mungkin dilihat dari segi efektifannya, fitur, fungsi, dan sejenisnya. Namun terdapat beberapa fitur menarik yang telah disediakan oleh Microsoft OneDrive. Simak penjelasan detail mengenai pengertian, fungsi, dan manfaat dari Microsoft OneDrive berikut ini;

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Access | Sejarah, Fungsi, Manfaat, Fitur

Apa itu Microsoft OneDrive?

Apa itu Microsoft OneDrive
Image Source : tweaklibrary.com
Perancang AwalMicrosoft
Rilis Perdana1 Agustus 2007
PlatformPeramban Web
JenisLayanan Hos Berkas
Situs Webwww.microsoft.com

Microsoft OneDrive atau biasa disebut dengan OneDrive saja, merupakan sebuah layanan komputasi awan yang memungkinkan penggunanya dapat mengunggah dan men-sinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan (cloud). Kemudian pengguna dapat mengaksesnya melalui peramban web atau perangkat tertentu. Layanan ini sama seperti halnya Dropbox dan Google Drive.

Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live. Microsoft sendiri merilis OneDrive ini hampir bersamaan dengan Google yang memperkenalkan Google Drive. OneDrive juga menghadirkan fitur editor via web untuk dokumen office seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote.

Microsoft OneDrive tidak hanya dikembangkan dalam platform Windows dan Windows Mobile saja, melainkan juga mendukung platform lainnya seperti OS X dan iOS. Disamping itu Microsoft telah mengintegrasikan OneDrive ke dalam sistem operasi Windows. Diantaranya adalah Windows 8, Windows 8.1 dan juga Windows 10.

Pergantian Nama OneDrive

Mungkin bagi pengguna yang sudah lama menggunakan layanan penyimpanan data online dari Microsoft telah mengetahui bahwa OneDrive ini merupakan hasil pergantian nama dari SkyDrive. Perubahan tersebut memang terpaksa dilakukan oleh pihak Microsoft. Hal ini terjadi mengingat Microsoft terjerat sengketa merek dagang dengan perusahaan penyiaran British Sky Broadcasting Group (BSkyB).

Kasus tersebut belangsung sejak tahun 2013 dan tepat pada bulan Agustus, pengadilan di Inggris menyatakan bahwa pihak Microsoft telah melanggar hak merek dagang yang dimiliki BskyB. Dalam hal ini BskyB memberikan waktu kepada Microsoft untuk beralih merek dagang ke nama lain yang tidak menggunakan kata “Sky”. Pada tanggal 27 Januari 2014, Microsoft mengumumkan bahwa SkyDrive akan diganti namanya menjadi OneDrive.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Word | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Manfaat Microsoft OneDrive

Manfaat Microsoft OneDrive
Image Source : techradar.com

Terlepas dari pengertian Microsoft OneDrive diatas, mungkin anda sudah menyadari apa saja manfaat yang dapat dirasakan ketika menggunakan Microsoft OneDrive. Program ini tentu saja dapat digunakan untuk beragam keperluan, baik dalam bidang bisnis hingga bidang pendidikan. Hadirnya aplikasi ini mungkin dapat dikatakan sebagai alternatif untuk menyimpan file secara online, memproteksi file serta mengaksesnya dari mana saja di semua perangkat. Berikut beberapa manfaat ketika menggunakan Microsoft OneDrive.

1. Memudahkan akses sebuah file

Manfaat pertama yang dapat anda rasakan adalah memudahkan akses sebuah file. Mungkin bagi anda yang sudah pernah menggunakan aplikasi ini menyadari akan manfaat tersebut. Terlebih lagi dengan dukungan akses di berbagai perangkat seperti MacOS, iOS, Android, serta Windows. Anda dapat dengan mudah mengakses file yang diinginkan.

Disisi lain terdapat fitur yang dapat memudahkan anda mengakses sebuah file dalam OneDrive. Salah satu diantaranya adalah akses file offline, artinya anda dapat melakukan pengecekan terhadap file anda tanpa menggunakan jaringan internet.

2. Membantu pekerjaan secara kelompok

Dengan memanfaatkan fitur kolaborasi yang disediakan Microsoft OneDrive ini. Memungkinkan anda dapat melakukan berbagai kegiatan bersamaan secara real-time. Tentu hal ini sangatlah bermanfaat ketika anda memiliki sebuah projek secara kelompok tanpa perlu bertatap muka.  

3. Bagikan file dengan siapapun

Microsoft OneDrive memberikan anda kemudahan dalam berbagi dokumen, gambar, dan video dengan orang lain sesuai keinginan. Disamping membagikan file, anda memutuskan siapa yang dapat mengakses file dan apa yang dapat mereka lakukan. Seperti halnya dengan “lihat saja” atau mungkin anda mengizinkan mereka untuk “mengeditnya”. Selain itu anda juga dapat mencabut akses dengan mematikan fitur berbagi.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft PowePoint | Sejarah, Manfaat, Kelebihan

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft OneDrive

Kelebihan Microsoft OneDrive
Image Source : lifewire.com

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan, tentunya setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Dan hal ini pun juga dapat anda rasakan ketika menggunakan program Microsoft OneDrive. Diketahui banyak kelebihan yang disediakan oleh Microsoft melalui OneDrive tersebut.

Diantaranya adalah dapat mengakses file dimana saja, terintegrasi dengan office, tampilan user friendly, dan masih banyak lagi keuntungan yang tidak dapat saya sebutkan. Berikut penjelasan lebih detailnya mengenai beberapa kelebihan yang dimiliki Microsoft OneDrive ini.

Kelebihan

  1. Akses dimana saja. Dengan menyimpan data dalam OneDrive, anda dapat mengaksesnya dimana saja. Namun dengan catatan, anda memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya.
  2. Akses berbagai perangkat. OneDrive telah dibekali dengan dukungan berbagai Operating System (OS) seperti halnya Android, MacOS, iOS, Windows, Windows Phone serta versi web. Dengan dukungan tersebut, OneDrive akan jauh lebih mudah digunakan.
  3. Terintegrasi dengan office online. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menggunakan komputer lain. Dengan OneDrive, anda dapat mengedit dan mengakses data-data yang tersimpan di OneDrive.
  4. Tampilan User Friendly. Selain itu, OneDrive ini memiliki tampilan User Friendly. Hal ini membuat pengguna tidak akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan layanan.
  5. Terdapat fitur vault pribadi. Fitur ini yang memungkinkan file anda terjaga dengan aman. Data hanya bisa anda akses dengan metode autentifikasi yang kuat atau verifikasi identitas langkah dua.

Kekurangan

Disamping adanya kelebihan yang dirasakan, tentu saja terdapat kekurangan yang dimiliki. Hal ini juga berlaku untuk semua produk yang dirilis oleh Microsoft, termasuk Microsoft OneDrive ini. Dan saya rasa kekurangan yang ada pada Microsoft OneDrive ini terletak pada kapasitas penyimpanan.

Memang Microsoft telah menyediakan OneDrive versi gratis, meski demikian kapasitas yang disediakan hanyalah 5 GB saja. Jika anda menginginkan kapasitas yang lebih besar, anda disarankan untuk beralih ke akun premium. Dalam hal ini bisa menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki Microsoft OneDrive. Mengingat penyimpanan yang ditawarkan versi gratis lebih sedikit dibandingkan dengan layanan cloud online lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Excel | Definisi, Sejarah, Fungsi

Fitur Utama Microsoft OneDrive

Fitur Microsoft OneDrive
Image Source : guidingtech.com

Mungkin tidak sedikit orang penasaran, mengapa OneDrive bisa menjadi salah satu layanan penyimpanan yang banyak digunakan oleh masyarakat. Microsoft sendiri telah menyediakan beberapa fitur utama yang dapat anda rasakan ketika menggunakan OneDrive ini. Diantara fitur tersebut adalah Vault Pribadi, akses Folder Offline, peningkatan penyimpanan, kolaborasi dan yang lainnya. Berikut ini penjelasan detail mengenai beberapa fitur utama yang terdapat pada Microsoft OneDrive.

1. Vault pribadi

Dengan fitur ini anda tidak perlu khawatir lagi soal kebocoran file. Karena fitur ini akan memberikan perlindungan pada file penting anda. Tentunya yang hanya bisa anda akses menggunakan metode autentifikasi kuat atau verifikasi identitas langkah dua. Namun fitur ini hanya dapat digunakan 3 file saja untuk OneDrive dengan kapasitas 5 GB & 100 GB. Lain halnya jika anda pengguna Microsoft 365 Family & Personal, anda dapat menggunakan fitur ini tak terbatas hingga batas penyimpanan OneDrive.

2. File offline

Yang satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu fitur menarik dari Microsoft OneDrive. Bagaimana tidak, anda dapat mengakses file yang dipilih tanpa memerlukan jaringan internet. Dengan fitur ini pastinya akan mempermudah anda dalam mengecek file.

3. Pencadangan folder PC

Dengan mengaktifkan fitur pencadangan folder PC, anda dapat mencadangkan serta menyinkronkan folder desktop, dokumen, dan gambar ke OneDrive secara otomatis.

4. Kolaborasi secara real-time

Sebelum fitur ini muncul, sebuah file dalam OneDrive dapat di share sekaligus di sunting dengan pengguna lainnya. Akan tetapi tidak dapat dilakukan secara bersamaan, dan juga pengguna tidak bisa melihat secara langsung saat proses penyuntingan dilakukan oleh pengguna lainnya. Namun saat ini, OneDrive hadir dengan menawarkan fitur kolaborasi yang dapat dilakukan bersamaan secara real-time.

Lihat Juga : Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Kesimpulan,

Microsoft OneDrive merupakan sebuah layanan penyimpanan berbasis digital dari Microsoft. Dengan layanan ini anda dapat menyimpan, memproteksi serta membagikan file kepada orang lain. Anda juga dapat mengaksesnya dimana saja melalui berbagai perangkat. Mulai dari MacOS, iOS, Android, serta Windows.

Apa fungsi OneDrive pada Windows 10?

Sebagai tempat penyimpanan berkas, mengunggah dokumen dan tempat backup yang aman.

Apakah OneDrive aman?

OneDrive menyediakan area penyimpanan khusus untuk menyimpan “file sensitif” pengguna dengan aman.

Apakah OneDrive berbayar?

OneDrive tersedia versi gratis dengan penyimpanan terbatas. Jika anda ingin penyimpanan OneDrive lebih dari 15 GB, tentunya anda harus membayarnya.

Berapa kapasitas OneDrive?

Tersedia 5 GB untuk versi gratis dari OneDrive, terdapat juga kapasitas 100 GB hingga 6 TB untuk versi berbayar OneDrive.

Itulah ulasan informasi yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian, fungsi, dan kelebihan dari Microsoft OneDrive. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi semuanya. Bagikan artikel ini ke jejaring sosial media anda supaya lebih berguna. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih!!

CATATAN : Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.