Pengertian Twitter | Sejarah, Fitur, Manfaat

Kita tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna sosial media terbanyak di dunia. Lebih dari 50% penduduk Indonesia menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, LINE, WhatsApp, YouTube, dan sebagainya. Pesatnya pertumbuhan teknologi membuat banyak hal dilakukan secara digital. Apalagi datangnya pandemi COVID-19 membuat semua aktivitas harus dilakukan dari rumah, yang terjadi peningkatan pengguna sosial media semakin tinggi.

Twitter menjadi salah satu sosial media yang cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia. Data tahun 2019, lebih dari 22, 8% pengguna Internet Indonesia menggunakan Twitter. Ketika ada sesuatu yang sedang ramai dibicarakan (trending) maka Twitter bisa jadi patokannya. Semua hal serius dan receh seringkali dibahas di Twitter dimulai dari politik, agama, hiburan, skandal, hingga cerita menarik dan inspiratif.

Melalui artikel ini saya akan menjelaskan apa itu Twitter, serajah, fungsi, hingga manfaat untuk kedepannya. Pengenalan lebih jauh mengenai Twitter akan membuka wawasan kita lebih jauh agar bijak dalam menggunakan serta dapat digunakan sebagai sumber referensi dan pengetahuan lanjutan. Mari simak ulasan lengkap mengenai Twitter berikut ini;

Lihat Juga : Pengertian Instagram | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Pengertian Twitter

Apa itu Twitter
Image source : Onedio
Jenis UsahaTerbuka
Jenis situsBerita dan layanan jejaring sosial
BahasaMultibahasa
Didirikan21 Maret 2006
PendiriJack Dorsey
Noah Glass
Evan Williams
Situs webTwitter.com
Peringkat Alexa50 (18 September 2020)
Pengguna321 juta pengguna aktif (Februari 2019)

Menurut pengertian Wikipedia, Twitter adalah layanan jejaring sosial atau bisa juga dibilang mikroblog daring yang memungkinkan pengguna untuk mengirim, membaca, dan membalas pesan teks hingga 280 karakter (dikenal dengan sebutan kicauan (tweet)). Pada awalnya Twitter hanya mengizinkan pengguna untuk mengirim tweet maksimal 140 karakter, namun pada tanggal 7 November 2017 twitter menambah jumlahnya menjadi 280 karakter.

Di Twitter, pengguna yang tidak terdaftar hanya dapat membaca kicauan (tweet) pengguna lain, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis, membagikan, dan menyukai kicauan (tweet) melalui user interface situs web dan aplikasi smartphone Android dan iOS (iPhone). Kicauan (tweet) diartikan ketika pengguna menulis dan membagikan tulisan (postingan). Sedangkan retweet diartikan membagikan tulisan pengguna lain ke beranda profil kita.

Twitter memiliki banyak manfaat dalam segala aspek, namun ada beberapa hal yang terkadang membuat kegaduhan sehingga terjadi masalah dimana-mana. Twitter banyak dimanfaatkan sebagai media kampanye politik dengan mendukung pasangan tertentu atau bahkan merendahkan pasangan lain, dijadikan sebagai sarana protes, sarana pembelajaran, hingga media komunikasi darurat.

Lihat Juga : Pengertian Telegram | Sejarah, Fitur, Kelebihan

Sejarah Twitter

Sejarah Twitter
Image source : dezeen.com

Twitter pertama kali digagas oeh Jack Dorsey, mahasiswa sarjana Universitas New York ketika berdiskusi pada sebuah acara yang diselenggarakan perusahaan podcast bernama Odeo.  Jack Dorsey mengemukakan sebuah gagasan penggunaan pesan singkat untuk berkomunikasi. Awalnya, nama proyek ini bernama twttr setelah diungkapkan oleh Evan Williams yang kemudian dikemukakan oleh Noah Glass.

Pengembangan proyek terinspirasi dari Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya hanya lima digit. Proyek pengembangan Twitter dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, Jack Dorsey membuat pesan singkat yang berbunyi “just setting up my twttr”, untuk pertama kalinya pukul 9:50 PM PST. Definisi arti dari Twitter sendiri adalah ‘a short burst of inconsequential information,’ (ledakan singkat informasi tidak penting) dan ‘chirps from birds’ (celotehan burung).

Pendiri Twitter Jack Dorsey
Image source : CNBC.com | Founder Twitter

Dalam penggunaannya, Twitter pertama kali digunakan untuk kebutuhan internal bagi karyawan Odeo, yang akhirnya diperkenalkan ke publik pada tanggal 5 juli 2006. Setelah mendapat perhatian baik dari publik, Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Jack Dorsey, dan staf Odeo membentuk perusahaan baru. Semua aset Odeo.com dan Twitter.com diakusisi oleh investor dan pemegang saham.

Twitter mendapat titik puncak popularitas ketika penyelenggaraan konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi) di tahun 2007. Ketika acara tersebut berlangsung, pengguna Twitter meningkat dari awalnya 20 ribu kicauan (tweet) per hari menjadi 60 ribu kicauan (tweet) per hari. Menariknya lagi, pesan twitter pertama kali juga dikirimkan dari luar bumi oleh astronot NASA bernama T. J. Creamer tanggal 22 januari 2010.  

Lihat Juga : Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Fitur Utama Twitter

Fitur Utama Twitter
Image source : Engadget

Untuk menggunakan Twitter, pengguna perlu mengetahui fitur-fitur dasar yang ada di Twitter. Secara standar, tweet adalah fitur yang paling umum ketika menggunakan Twitter. Pengguna dapat memposting foto, video, teks, dengan fitur tersebut. Dan untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan mengenai fitur utama Twitter berikut ini;

1. Kicauan (tweet)

Kicauan (tweet) merupakan fitur dapat digunakan oleh pengguna untuk membagikan tulisan, foto, video, maupun gif kepada publik. Secara umum, tweet yang dibagikan dapat terlihat oleh semua pengguna terdaftar maupun tidak terdaftar, namun pengguna juga dapat mengatur batasan kiriman hanya bagi pengikut tertentu.

Tweet Twitter

Pada awalnya, Twitter hanya mengizinkan pengguna untuk membagikan tulisan dengan panjang maksimal 140 karakter, namun pada tanggal 7 November 2017 Twitter telah menambahkan jumlah maksimal kiriman hingga 280 karakter. Selain mengirim tweet melalui situs web dan app, pengguna juga dapat mengirim tweet lewat SMS (untuk negara-negara tertentu). Pengguna bisa menggunakan Twitter secara gratis, namun untuk mengirim tweet lewat SMS akan dikenakan biaya oleh provider layanan seluler.

2. Follow, Followers, Unfollowing

Ketika menggunakan Twitter, pengguna akan menemukan istilah pengikut (follow), menjadi pengikut (followers), dan membatalkan pertemanan (unfollowing). Fitur tersebut berfungsi agar pengguna dapat saling terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna lain serta mendapatkan tweet terbaru darinya secara real-time melalui beranda Twitter.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pemblokiran pada akun yang dirasa mengganggu atau tidak disukai. Fitur ini sebenarnya juga ada pada banyak layanan sosial media lain seperti Facebook, Instagram, dan sejenisnya.

3. Hashtag

Hashtag (tagar) adalah sebuah kata frasa yang diawali dengan tanda “#”. Penggunaan simbol tersebut sangat penting ketika digunakan untuk mengawai sebuah topik bahasan yang terjadi di Twitter. Manfaat lain adalah dapat digunakan untuk mengidentifikasan sebuah brand tertentu, misal #dianisacom, #dianarifin26, dan sebagainya. Sebuah topik dengan penggunaan hashtag yang tinggi juga memungkinkan untuk menjadi trending topik di Twitter.

4. Nama Pengguna

Ketika membuat akun Twitter, pengguna diwajibkan untuk membuat nama pengguna (username). Nama pengguna ini mengidentifikasan sebuah akun dimana fungsinya sangat penting untuk membedakan pengguna satu dengan pengguna lainnya. Penggunaan “@” diikuti dengan nama pengguna, misal @ngawidian, @dianarifin26, dan sebainya.

Ketika membalas tweet pengguna lain, maka akan lebih baik menyertakan @namapengguna untuk menyebut (mention) agar ia mengetahuinya. Dengan begitu pengguna tahu bahwa ia disebut namanya dan kembali membalas (reply).

5. Retweet

Retweet adalah istilah yang dibuat Twitter untuk membagikan ulang kiriman yang pernah dibuat. Pengguna dapat membagikan ulang kiriman yang pernah dibuat dimasa lalu, baik kiriman sendiri ataupun kiriman pengguna lain. Fungsi ini dapat dimanfaatkan ketika kiriman relevan dengan keadaan yang sedang terjadi. Selain kiriman, pengguna juga dapat me-Retweet balasan (reply) untuk dibagikan ke pengikut.

6. Penyingkat URL

Ketika membagikan sebuah tautan, secara otomatis Twitter akan memperpendeknya menjadi tautan https://t.co/, yang diikuti dengan URL Shortener (mirip seperti URL Shortener bit.ly). Dengan fitur ini, pengguna tetap dapat membagikan tulisan maksimal 240 karakter tanpa adanya gangguan dari panjangnya tautan yang ingin ditambahkan.

Peringatan Keamanan Twitter

Twitter juga mengidentifikaan sebuah tautan apakah berbahaya untuk pengguna atau tidak. Sehingga hal ini akan meminimalisir penyebaran malware, serangan phishing, serta aktivitas berbahaya lainnya. Ketika sebuah URL terlihat tidak aman (unsafe) maka Twitter akan menginformasikan Warning: this link maybe unsafe. Lebih jelasnya, anda bisa lihat penjelasannya disini.

7. Topik hangat (Trending Topics)

Twitter adalah jejaring sosial yang pertama kali memperkenalkan Topik hangat (trending topics). Topik hangat adalah sesuatu yang banyak dibicarakan pengguna di Twitter berdasarkan tagar, kata, atau frasa. Trending topics membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang sedang terjadi di dunia serta letak geografis pengguna. Dalam perkembangannya, Twitter telah melakukan banyak perubahan untuk menghindari manipulasi tren yang sedang terjadi.

Trending Topics Twitter

Faktanya, trending topics masih menjadi strategi untuk mempengaruhi masa dengan jumlah yang cukup besar, baik dalam hal positif maupun negatif. Meskipun demikian, Twitter akan tetap melakukan pemantauan terhadap topik yang dibahas dan akan melakukan penyensoran apabila itu berdampak buruk dalam hal sosial.

8. Tampilan

Ada beragam fitur-fitur unggulan dan terbaru yang dihadirkan Twitter, salah satunya Tampilan dimana pengguna dapat melakukan perubahan tampilan dengan tiga pilihan warna yakni Bawaan, Temaram, dan Lampu Mati. Pengguna juga dapat melakukan perubahan pada warna hingga ukuran huruf. Dengan penyesuaian tampilan yang dihadirkan Twitter akan menambah kesan pengguna agar lebih nyaman ketika menggunakan Twitter.

Tampilan Terbaru Twitter

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Excel | Definisi, Sejarah, Fungsi

Manfaat Twitter

Manfaat utama Twitter
Image source : GadgetMatch

Pertumbuhan pengguna Twitter yang meningkat dari waktu ke waktu tentu memiliki banyak manfaat. Meskipun banyak kontroversial terjadi, namun yang pasti Twitter telah menjadi acuan dalam sebuah bahasan menarik yang sedang terjadi, entah dalam dunia politik, bisnis, ekonomi, sosial, hingga hiburan. Simak beberapa manfaat yang pengguna dapatkan ketika menggunakan Twitter;

1. Media berbagi dan bertukar informasi

Platform sosial media pasti memiliki manfaat sebagai media interaksi dan bertukar informasi. Twitter menghubungkan pengguna satu dengan pengguna lain secara publik dan dapat saling berbagi informasi dalam bentuk tulisan, foto, hingga video. Layaknya sosial media, pengguna dapat saling membalas tulisan sesuai dengan topik bahasan yang sedang terjadi.

2. Mendapatkan Informasi yang up to date

Jika ingin mendapatkan informasi yang up to date, maka Twitter-lah pilihannya. Adanya trending topics memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang up to date (paling baru), entah dalam hal politik, ekonomi, bisnis, skandal, motivasi, inspirasi, dan sebagainya. Meskipun demikian, tidak semua hal yang trending itu pasti, bisa jadi hoax atau hanya sebatas hiburan. Untuk itu, pengguna juga perlu berhati-hati dalam menggunakan Twitter agar tidak salah dalam mengambil informasi.

3. Media hiburan yang seru dan menyenangkan

Karena fungsi sosial media adalah hiburan, maka tak jarang apabila trending topics berisi banyak hiburan seru dan menyenangkan. Sebagai pengguna, anda dapat membagikan tulisan atau momen-momen seru yang sedang anda alami dalam cerita singkat 280 karaker. Contoh kecil yang dulu pernah terjadi adalah ketika cerita KKN desa penari trending di Twitter dan menjadi pembahasan seru para pengguna.

4. Meningkatkan kemampuan menulis

Keterbatasan karakter bukan menjadi alasan pengguna dalam membagikan tweet. Justru inilah tantangan para pengguna untuk membagikan tulisan secara singkat, padat, namun tetap memiliki dampak dan pengaruh yang luar biasa. Satu contohnya adalah membagikan motivasi dan pesan inspiratif kepada pengikut; “Getting rich begins with the right mindset, the right words and the right plan”Robert Kiyosaki.

Dengan Twitter, pengguna bisa mulai berfikir keras untuk mengasah kemampuan menulis, bercerita, beropini, serta membagikan hal-hal positif kepada banyak orang.

5. Ajakan untuk menggerakkan masa

Trending topics menjadi peluang besar influencer dan buzzer dalam menggerakkan dan mempengaruhi masa. Trending topics Twitter sering kali di dominasi oleh hal-hal negatif seperti p*rn*grf*, politik identitas, hingga skandal. Twitter telah melakukan perubahan algoritma untuk mengurangi manipulasi tren yang dibuat oleh kelompok tertentu. Namun kesadaran pengguna tetap menjadi hal penting untuk diperhatikan, menyebarkan hal-hal positif akan jauh lebih baik ketimbang hal-hal negatif.

Lihat Juga : 35 Quotes Jack Dorsey, Co-Founder & CEO Twitter

Kesimpulan,

Twitter dapat menjadi alternatif ketika ingin berbagi cerita atau tulisan singkat sepanjang 280 karakter. Ketika sebuah tweet terlihat menarik dan unik, dampaknya akan lebih cepat ketimbang platform sosial media lainnya. Bahkan tak jarang, tulisan-tulisan singkat para pengguna Twitter dibagikan ke platform sosial media lain seperti Instagram dan Facebook.

Apa itu Twitter?

Seperti penjelasan diatas, Twitter adalah jejaring sosial media atau mikroblog yang fokus membagikan tulisan dengan panjang maksimal 280 karakter.

Bagaimana cara menggunakan Twitter?

Untuk menggunakan Twitter, pengguna dapat mendaftar melalui situs web Twitter.com atau unduh aplikasi lewat Google Play bagi pengguna Android dan App Store untuk iOS (iPhone).

Bagaimana cara membuat akun Twitter?

Untuk membuat akun Twitter, anda membutuhkan email atau nomor ponsel aktif dan lakukan pendaftaran melalui app atau situs web Twitter.com dengan mengisi form sign up.

Apa yang dimaksud dengan Retweet?

Retweet adalah istilah untuk membagikan kiriman atau komentar dari pengguna.

Apa itu Direct Message?

Direct Message (DM) adalah istilah untuk mengirimkan pesan atau membagikan kiriman ke pengguna lain secara pribadi (private).

Itulah informasi singkat yang dapat saya bagikan mengenai Twitter, sejarah, fitur, hingga manfaat untuk jangka Panjang. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

CATATAN: Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.