Pengertian Bisnis Online | Definisi, Manfaat, Jenis, Keunggulan

Dunia begitu sibuk membicarakan mengenai bisnis, akan tetapi bisnis itu apa sih? Menurut keterangan dari Wikipedia.com, Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjual belikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Namun apakah anda tahu mengenai bisnis yang sedang populer saat ini? Ya Bisnis Online merupakan ladang usaha yang tengah populer di kalangan masyarakat karena mudah dalam pengaplikasiannya, simpel saja untuk mendirikannya! Anda hanya perlu mendaftar disalah satu Marketplace ternama dan membuka toko online secara gratis dan mendagangkan produk di sana. Apakah arti bisnis online hanya sebatas ini saja?

Perlu diketahui juga bahwasanya Bisnis Online tidak sebatas hal dasar seperti menjual barang secara online saja. Contohnya saja Mark Zuckerberg, beliau merupakan pendiri Facebook yang kini tengah dinaungi oleh 2,7 milyar pengguna di seluruh dunia. Mark menawarkan jasanya kepada masyarakat dengan memberikan mereka sebuah tempat untuk membangun komunitas jejaring sosial yang bebas dan gratis, lantas dari mana sang pendiri facebook mendapatkan profit atau laba?

Berkat banyaknya pengguna yang mengakses Facebook, hal ini menjadi sebuah wilayah strategis seorang pebisnis dalam mengiklankan produk mereka ke sebuah komunitas besar untuk dipromosikan. Dari sinilah Mark mendapatkan profit dalam menjalankan jasa bisnis jejaring sosial. Hal ini merupakan salah satu contoh dari Bisnis Online yang bukan hanya sebatas mendirikan toko digital dan menjual produk saja, namun juga jasa dalam berbagai bidang yang tentunya dapat menjadi bisnis yang menjanjikan.  

Lihat Juga : Pengertian E-commerce | Definisi, Manfaat, Jenis

Pengertian Bisnis Online

Definisi Bisnis Online
Image Source : shopee.co.id

Bisnis Online bagi sebagian orang adalah sebuah aktivitas jual beli barang melalui media internet, namun pada kenyataannya Bisnis Online meliputi pengertian luas yang di mana segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online atau digital. Misalnya saja seperti jasa freelance yang telah menjamur di sebagian lapisan masyarakat.

Menurut Wikipedia.org, bisnis online lebih dikenal dengan perdagangan elektronik (e-dagang) yang dalam bahasa Inggris memiliki arti Electronic Commerce (E-Commerce). E-Commerce merupakan model bisnis yang bersifat menyebarkan, membeli, atau menjual barang dan jasa melalui jaringan internet. E-Commerce lahir sekitar tahun 1984 yang mana pertukaran data elektronik diciptakan dan mulai melakukan efisiensi dalam hal impor / ekspor secara global.

Catatan pertama kali perusahaan membeli barang melalui komputer pada awal tahun 1992 dalam bentuk Compuserve. Kemudian pada tahun 1995, Amazon dan EBay menjadi salah satu E-Commerce yang memberikan kontribusi besar terhadap perdagangan internasional secara elektronik melalui jaringan internet.

Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli 

Bagi mereka yang mendalami studi kasus mengenai bisnis online memiliki pemahaman dan pengertian sendiri yang jauh lebih spesifik dan dalam mengenai bidang ini, berikut pendapat para ahli mengenai bisnis online:  

Menurut Juli Amilah Nasution 

Adapun pengertian dari bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online biasanya menggunakan jaringan internet sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website.

Menurut Yudhi Wicaksono 

Bisnis online adalah aktivitas atau kegiatan jual beli dalam jaringan internet dengan memanfaatkan fitur belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, hingga toko online sendiri.

Menurut Dedik Kurniawan

Bisnis online merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh orang di internet untuk bertransaksi atau dalam bahasa sehari-hari disebut juga belanja online.

Menurut Hooper

Pengertian bisnis online menurut Hooper merupakan sebuah keseluruhan elemen yang ada pada sistem ekonomi berupa penjualan industri dasar, processing dan industri manufaktur lalu jaringan.

Menurut Musselman & Jackson

bisnis online sendiri merupakan sebuah kegiatan yang menyeluruh atau sebuah aktivitas yang terorganisir dalam bidang niaga dan industri yang menyediakan barang dan jasa.

Menurut Jasmadi & Solusindo

Menurut mereka bisnis online sendiri merupakan sebuah tempat atau wadah yang digunakan untuk tukar menukar informasi.

Lihat Juga : Pengertian LinkedIn | Fitur, Fungsi, Manfaat

Manfaat Bisnis Online

Manfaat Bisnis Online
Image Source : retinad.com

1. Hemat biaya sewa lahan dan karyawan 

Salah satu faktor yang membuat seseorang ingin beralih ke dalam bisnis digital salah satunya karena memiliki start awal yang murah, bahkan hanya dengan bermodal sebuah laptop dan kemampuan individu saja seseorang dapat meraup keuntungan dari bisnis online. Misalnya saja jika anda menjadi re-seller, sebagai penjual anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai lahan usaha maupun tempat untuk berjualan ditambah stok ketersediaan produk yang dijual juga lebih besar.

Jika masuk keranah bidang saja, anda dapat menjadi seorang freelancer yang mana memberikan fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja asal masih terkoneksi internet. Atau jika anda memiliki skill mendesain, anda bisa mencoba peruntungan dengan membuat logo dan menjualnya di  GraphicRiver, DeviantArt, dan sejenisnya.

2. Mudah diakses kapan saja 

Ketersediaan gadget dan Internet memudahkan setiap pelaku bisnis online untuk selalu memantau usaha yang sedang mereka jalankan. Adanya fitur notifikasi juga sangat membantu dalam pemberitahuan Informasi kondisi bisnis yang terus berjalan selama 24 jam 7 hari seminggu, sehingga tidak ada keterbatasan waktu dalam menjalankan usaha pada ranah digital.

3. Memiliki beragam macam pilihan

Anda memiliki kebebasan dalam memilih bidang yang diinginkan dalam menjalankan bisnis online, mau itu usaha perdagangan ataupun jasa juga sama-sama menghasilkan asalkan anda memiliki ilmu yang mumpuni dalam menjalankan bisnis online tersebut. Internet memiliki dunia yang begitu luas untuk dijelajahi sebagai tempat belajar dalam penguasaan skill-skill tertentu seperti Udemy, SkillShare dan sejenisnya. Bahkan jika tidak memiliki modal atau skill sekalipun, anda masih dapat menjalankan usaha jasa untuk menjadi seorang content creator.

Lihat Juga : Pengertian Pinterest | Definisi, Sejarah, Fitur, Kelebihan

Jenis-jenis Bisnis Online

Jenis Bisnis Online
Image Source : corporatemaldives.com

1. Penjualan Hasil Fotografi  

Apabila anda memiliki kecintaan dalam dunia seni fotografi, maka mungkin saja anda dapat memanfaatkan peluang bisnis online dengan menjual hasil jepretan di media internet. Bingung mau dijual di mana? Coba saja ke Fotolia.com di sini anda dapat mengunggah hasil foto untuk dijual dengan keuntungan 20-62%, pembayaran yang tersedia di sini melalui PayPal.

2. Penjualan Artwork  dan Jasa Desain Grafis 

Sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan maupun orang yang membutuhkan sebuah desain Artwork atau logo untuk kepentingan mereka. Jika anda memiliki kemampuan dibidang desain tidak ada salahnya untuk menggeluti bidang ini dan menawarkan jasa anda pada situs-situs penjualan Artwork terpercaya seperti GraphicRiver ,DeviantArt, Society6, dan sejenisnya.

3. Penjualan Plugin dan Template WordPress  

Jika diperhatikan lebih seksama mengenai perkembangan dunia digital, sudah mulai banyak orang yang membangun media-media Informasi untuk mencari peluang bisnis yang memiliki prospek menjanjikan di masa depan. Hal ini terbukti dengan survey yang menyatakan tersedia 455 juta pengguna WordPress di seluruh dunia. Anda dapat mengambil kesempatan dalam menyediakan dan menjual Plugin serta Template WordPress kepada mereka yang membutuhkannya.

4. Penjual/ Pengembang Software  

Memiliki kemampuan dalam bidang pemrograman merupakan suatu peluang emas di era digitalisasi seperti sekarang, pasalnya anda memiliki kesempatan dalam membuat software kemudian menjualnya. Model bisnis semacam ini dikenal sebagai Software as a Service. Faktor pendukung bisnis online seperti ini ialah menjamurnya pengguna Smartphone yang membutuhkan berbagai aplikasi yang dapat bermanfaat bagi mereka.

5. Youtuber  

Siapa sih yang tidak tahu bisnis Youtuber? Bahkan banyak anak-anak zaman sekarang yang mengidolakan dan bercita-cita ingin menjadi seorang Youtuber. Seperti yang telah banyak diketahui seorang Youtuber memiliki penghasilan yang besar dari banyaknya jumlah penonton dari video yang mereka buat, belum lagi apabila di endorse  perusahaan ternama untuk mengiklankan produk mereka.

6. Penjual Domain  

Bagi seorang penulis istilah SEO mungkin sudah tidak asing lagi, dihubungkan dengan domain. Apabila domain berkaitan dengan produk yang dimaksudkan dalam kepenulisan, maka pencarian produk tersebut akan mudah tampil ke dalam search engine. Bisnis seperti ini anda jalankan dalam menjual beli domain, transaksi bisnis semacam ini juga dapat anda temukan pada forum-forum tertentu seperti Digital Point Forum.

Lihat Juga : Pengertian Mozilla Firefox | Fitur, Kelebihan, Kekurangan

7. Kursus Online

Kemampuan dalam mengajar seseorang seperti guru maupun pembimbing sangatlah dibutuhkan oleh semua kalangan. Misalnya saja anda memiliki kemampuan mengajar bahasa inggris, maka anda memiliki peluang bisnis dalam mendirikan kursus bahasa inggris dengan sistem jasa mengajar ataupun merilis E-book maupun video dengan durasi tertentu yang dapat dijual kepada para target konsumen anda.

8. Jasa Web Development  

Permintaan bisnis mengenai jasa web development cukup tinggi pada industri online seperti Marketplace. Jika anda memiliki keahlian dan ketertarikan dalam bidang ini, tidak ada salahnya untuk menjadikan Web Develoment sebagai bisnis sampingan anda. Untuk memulainya, anda dapat membuka web freelancer seperti upwork.com

9. Jasa Konsultasi  

Apabila zaman dahulu orang mesti bersusah payah dalam mengatur tempat pertemuan dan waktu dalam berkonsultasi, namun sekarang berkat adanya media Internet semua itu bisa tersedia dengan praktis dan efisien. Kalau anda memiliki kemampuan dalam menyelesaikan atau memberikan solusi kepada orang lain tak ada salahnya untuk membuka jasa bisnis konsultasi online. Menjalankan bisnis ini terbilang mudah karena hanya perlu dijalankan melalui Video Call, Email, Skype dan sebagainya untuk melayani konsumen anda.

10. Jasa Pembuatan Konten Website  

Banyak perusahaan modern seperti startup yang menggunakan content marketing untuk memasarkan produknya. Kemampuan menulis sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis ini, karena anda akan diminta untuk membuat konten dengan tema yang diajukan perusahaan. Selain itu terdapat hal yang harus ketahui bahwasanya content marketing menjadi salah satu bisnis yang diakui sebagai salah satu metode pemasaran online terbaik dan terpopuler saat ini.

11. Penerbit E-Book  

Jika anda memiliki hobi dalam membuat karya-karya ilmiah ataupun sebuah cerita tidak ada ruginya untuk mencoba peruntungan dengan menerbitkan E-book dan menjualnya di Internet. Kenapa harus e-book? Itu karena anda tidak memerlukan banyak biaya dalam menerbitkannya bahkan bisa bebas biaya, selain itu hal ini cukup mudah untuk dilakukan bagi anda yang gemar membuat karya tulis.

12. Copywriter  

Walaupun mirip namun Copywriter memiliki perbedaan level dengan writer, pasalnya pekerjaan ini memiliki andil besar dalam membuat dan mendesain sebuah tulisan. Di mana dapat mengubah pola pikir seseorang agar mau membeli sesuatu dari apa yang disampaikan dalam tulisan tersebut. Dan karena berbeda level tentu saja Copywriter memiliki penghasilan yang jauh lebih besar dari penulis biasa.

Lihat Juga : Pengertian Google Chrome | Fitur, Kelebihan, Kekurangan

13. Penerjemah  

Kelebihan dalam berbahasa asing akan sangat sia-sia apabila tidak dimanfaatkan dengan baik terutama apabila memiliki peluang dalam membuka bisnis. Saat ini banyak perusahaan besar dan ternama membutuhkan jasa seorang penerjemah seperti sribulancer.com atau fiverr.com dan masih banyak lagi.

14. Blogger

Apakah anda tau bahwasanya kegiatan blogging dapat menghasilkan banyak uang? Telah banya diketahui bahwasanya blogging merupakan kegiatan untuk menulis atau membahas mengenai permasalahan-permasalahan tertentu. Untuk penghasilannya sendiri biasanya seorang blogger akan bekerjasama dengan pengiklan. Google merupakan publisher Iklan terbesar didunia. Sebagai publisher iklan paling terpercaya, tentunya Google bersedia menawarkan kepada pemilik website berkualitas untuk menampilkan iklan pada situsnya.

15. Penulis Lepas  

Semua orang bisa menulis, namun tidak semua orang dapat menerbitkan tulisan yang baik dan bagus. Bagi anda yang menguasai bidang kepenulisan bergembiralah, karena sekarang ini jasa menulis sedang gencar dicari oleh perusahaan-perusahaan maupun website untuk menjadi content writernya. Selain tanpa modal, bisnis ini juga dapat dikerjakan secara freelancer.

16. Bisnis Afiliasi  

Bisnis ini cukup mudah diterapkan bagi anda yang memiliki koneksi ataupun komunitas besar. Pasalnya di bisnis ini anda hanya perlu menawarkan sebuah produk dari suatu perusahaan agar orang lain mau membeli produk tersebut. Namun sebelum menjalankan bisnis Afiliasi, anda perlu regristrasi ke penyedia program afiliasinya. Nantinya anda akan mendapatkan sebuah kode referral.

Dari kode itu nantinya dapat dibagikan pada sosial media untuk menawarkan iklan produk dari produk Afiliasi tersebut. Jika ada seseorang yang membeli produk melalui link yang dibagi tadi. Nantinya Anda akan mendapatkan komisi/ laba dari pembelian orang tersebut.

17. Jualan di Website Sendiri  

Kemudian apabila Anda suka berdagang produk maupun jasa, namun tidak memiliki modal dalam membeli lahan usaha. Kenapa tidak membuka usaha saja di Internet? Selain lebih hemat, anda juga tidak perlu khawatir mengenai masalah pajak tempat usaha maupun biaya operasional lainya. Bahkan anda dapat memantau lapak dagang anda kapan pun dan dimana pun.

18. Berdagang di Marketplace

Ada alternatif lagi apabila tidak mau atau kesulitan dalam mendirikan website anda sendiri. Sekarang ini banyak sekali Marketplace yang tersedia sebagai lapak dagang digital yang dapat ditumpangi oleh pedagang online, untuk menjual produknya di sana. Apabila anda mendaftarkan dan menjual barang anda pada marketplace ternama serta terpercaya seperti Tokopedia ataupun Shopee, hal itu akan lebih mempermudah anda dalam mendapatkan pembeli.

19. Jual Beli di Media Sosial  

Jika anda lebih suka berkecimpung di sosial media dan memiliki banyak koneksi teman di sana, kenapa tidak mencoba berdagang melalui akun sosial media seperti Instagram ataupun Facebook? Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya jual beli di sosial media memiliki peluang lebih banyak dalam mendapatkan pembeli, karena anda juga bisa sekalian mempromosikan produk melalui fitur yang tersedia pada sosial media tersebut seperti siaran langsung, periklanan, dan sejenisnya.

Lihat Juga : Pengertian CorelDRAW | Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan

Keunggulan Bisnis Online

Keunggulan Bisnis Online
Image Source : kinrot.com

1. Mudah dimulai 

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwasanya bisnis online itu tidaklah sulit, asal ada niat anda pun dapat memulainya. jika tidak ada modal usaha, anda masih dapat mengandalkan skill, bahkan jika tidak ada skill, Anda dapat belajar sambil mengembangkannya.

2. Banyak Pilihan 

Anda memiliki kebebasan dalam memilih usaha anda dan tidak perlu bergantung pada satu bidang saja. Jika memang perdagangan bukan kemampuan Anda, masih banyak bidang lain yang dapat anda geluti seperti menulis, desain, fotografi dan masih banyak lagi dari apa yang telah penulis sebutkan.

3. Prospek masa depan yang bagus

Teknologi memiliki masa depan yang cerah karena terus dikembangkan tanpa henti setiap hari. Oleh karena itu anda harus bisa memanfaatkan kesempatan ini dalam membuat bisnis online yang cocok buat Anda. Utamakan riset terlebih dahulu mengenai bidang bisnis usaha online yang memiliki prospek yang lebih baik, serta mengasah skill Anda untuk bidang yang tepat juga sangat direkomendasikan.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Illustrator | Sejarah, Fungsi, Fitur

Resiko Berbisnis Online   

Resiko Bisnis Online
Image Source : economy.okezone.com

1. Persaingan ketat  

Bukan hanya Anda saja yang ingin sukses, orang lain pun ingin juga sukses, oleh karena itu anda akan menemukan persaingan yang begitu ketat pada ranah bisnis online. Apalagi nantinya anda juga akan bersaing dengan senior-senior yang telah cukup lama dan terpercaya dalam menggeluti bidang bisnis online serupa dengan yang anda pilih.

2. Keamanan  

Faktor yang mengancam keamanan didunia digital sangatlah banyak, ada yang eksternal maupun internal. Misalnya saja apabila anda seorang penulis atau desainer yang dimintai sebuah pekerjaan dengan batas pengumpulan tertentu, apabila anda tidak hati-hati dalam sistem backup data sehingga suatu saat file anda terhapus, hilang, corrupt maka hal itu akan menjadi salah satu faktor kelalaian anda karena tidak mempelajari keamanan internal dari kelemahan bidang yang anda pilih.

3. Target Konsumen

Anda mesti tahu dulu mengenai target konsumen anda agar dapat terus menggunakan jasa anda dan tidak berpindah kepada orang lain. Misalnya saja anda seorang pedagang online, maka kunci kesabaran serta pelayanan ramah sangat diperlukan dalam bidang ini sehingga anda setidaknya dapat mempertahankan konsumen setia anda.

Lihat Juga : Pengertian YouTube | Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kesimpulan,

Bisnis online adalah gerbang baru menuju peradaban masa depan di mana pekerjaan tidak bisa dibatasi oleh lahan, waktu dan modal. Semua orang dapat memulainya dari manapun dan kapanpun dengan banyak bidang bisnis yang bisa dipilih mulai dari jual beli sampai bidang jasa.

Itulah pembahasan singkat yang dapat saya berikan mengenai pengertian bisnis online beserta manfaat, jenis dan keunggulan. Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!!!

CATATAN : Informasi di atas di ambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain guna menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.