Pengertian Microsoft Edge | Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Ketika bicara mengenai browser web, maka yang paling sering terdengar dan paling banyak digunakan adalah Google Chrome dan Firefox. Namun tahukah Anda bahwa saat ini muncul browser baru dengan fitur dan keunggulan yang lebih baik ketimbang Google Chrome dan Firefox, namanya adalah Microsoft Edge. Microsoft Edge merupakan browser terbaik yang diluncurkan Microsoft menggantikan Internet Explorer yang gagal memberikan fungsionalitas dan pengalaman bagi para penggunanya.

Microsoft Edge menjadi awal dari pembaruan dan kemajuan teknologi browser yang dikembangkan oleh Microsoft. Dalam hal fitur dan ekstensi, Microsoft Edge adalah browser yang pengembangannya berbasis Chromium, sehingga ekstensi Google Chrome akan support pada Microsoft Edge. Ingin tahu lebih jauh mengenai Microsoft Edge, sejarah, fitur, serta kelebihan dan kekurangannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian LinkedIn | Fitur, Fungsi, Manfaat

Apa itu Microsoft Edge?

Pengertian Microsoft Edge Adalah
sumber gambar: Microsoft
PengembangMicrosoft
Peluncuran awal4 Juni 2020
JenisWeb browser
DukunganWindows, MacOS, Android, iOS
Situs webmicrosoftedge.com

Microsoft Edge merupakan browser yang dikembangkan oleh Microsoft berdasarkan Chromium dengan kode Project Spartan (pada awalnya) dan rilis pada bulan Januari 2020. Microsoft Edge menjadi bagian dan pengganti dari Internet Explorer pada Windows 10 sebagai peramban baku. Microsoft Edge dirancang sebagai peramban web yang ringan dengan user interface yang sesuai dengan standar web.

Dalam penjelasannya, Microsoft menghapus dukungan teknologi warisan seperti ActiveX, dukungan ekstensi dan integrasi penuh dengan produk Microsoft lainnya seperti asisten Cortana dan OneDrive. Dimasa yang akan datang, Microsoft Edge juga akan menjadi peramban baku untuk Windows 10 Phone dalam versi yang lebih baik. Untuk saat ini, Microsoft Edge telah tersedia pada platform iOS dan Android.

“Spartan” untuk pertama kalinya tersedia pada Windows 10 Pratayang Teknis Build 10049 pada tanggal 30 Maret 2015. Pada versi tersebut, “Spartan” masih menjadi bagian dari Internet Explorer 11. Microsoft Edge diperkenalkan ke publik pada saat Konferensi Build pada tanggal 29 April 2015. Secara resmi Microsoft memperkenalkan Spartan sebagai Microsoft Edge. Logo dan merek memang dibuat mirip seperti Internet Explorer sehingga pengguna mengetahui bahwa Microsoft Edge merupakan peramban web.

Lihat Juga : Pengertian Pinterest | Definisi, Sejarah, Fitur, Kelebihan

Fitur dan Manfaat Microsoft Edge

Fitur dan Manfaat Microsoft Edge
Tampilan halaman depan Microsoft Edge

Fitur unggulan yang dimiliki Microsoft Edge adalah integrasi dengan Cortana dan Bing sehingga mempercepat proses pencarian berdasarkan kata kunci yang diucapkan. Tampilan halaman depan Microsoft Edge juga terlihat lebih menarik dan dapat dilakukan kostum berdasarkan minat dan kesukaan, termasuk konten berita, tema, serta ukuran font. Simak beberapa fitur menarik lainnya dari Microsoft Edge berikut ini…

1. Terhubung dengan Cortana

Cortana menjadi asisten pribadi cerdas berbasis AI (Artificial Intelligence) yang dibuat oleh Microsoft untuk membantu para pengguna Windows 10 dalam melakukan banyak hal. Integrasi Cortana pada Microsoft Edge akan membantu pengguna dalam mencari sesuatu tanpa harus mengetikkan kata kunci yang diinginkan. Cortana terhubung dengan search engine Bing sehingga semua pencarian yang pengguna inginkan akan dilakukan melalui Bing secara cepat dan instan.

Untuk menggunakannya, Anda perlu mengaktifkan fitur Cortana systemwide, dan mengubah pengaturan Advance Setting menjadi “Get Cortana to assist me in Microsoft Edge”.

2. Kostum Tampilan dan Tema

Selain konfigurasi dengan fitur Cortana, pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan kostum tampilan dan tema Microsoft Edge. Pengguna bisa melakukan perubahan tampilan melalui halaman depan “Pengaturan Halaman” Microsoft Edge. Saat ini, Microsoft Edge menyediakan tampilan Dark dan Light. Tidak menutup kemungkinan, Microsoft akan menambahkan style lain sehingga pilihan tema lebih variatif.

Pada halaman depan dan tab baru, pengguna juga bisa menyesuaikan tampilan dengan pilihan Fokus, Inspirasional, Informasional, serta bisa juga dilakukan kostum pada beberapa bagian sesuai dengan minat dan kesukaan.

3. Menambahkan Koleksi dan Catatan

Dengan Microsoft Edge, pengguna juga dimungkinkan untuk menambahkan koleksi (Collections) pada halaman web. Untuk melakukannya, pengguna bisa klik tombol Collections yang ada pada bagian atas, kemudian tambahkan halaman yang diinginkan. Pengguna juga dapat menambahkan catatan (note) kecil, membagikan halaman pada Microsoft 365, dan lainnya.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan catatan pada halaman yang dipilih, mencoret-coret seperti di Paint, editing, membuka di tab baru, InPrivate, dan masih banyak lagi.

4. Mode Baca

Microsoft Edge juga menyediakan fitur mode baca untuk memudahkan pengguna dalam membaca artikel. Pengguna bisa menggunakan Mode Baca dengan klik tombol Immersive Reader atau F9 yang ada di samping URL. Menariknya lagi, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Read aloud (audio). Read aloud merupakan fitur membaca artikel dalam mode audio, sehingga pengguna tidak perlu membaca artikel, cukup dengarkan.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur ukuran teks, spasi, serta warna latar belakang melalui fitur Text Preferences. Fitur tersebut akan memudahkan pengguna untuk menyesuaikan mode baca sesuai kebutuhan dan kenyamanan.

5.  dst….

Lihat Juga : Pengertian Gmail | Fungsi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Edge

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Edge
sumber gambar: androidinfotech.com

Salah satu kelebihan yang dimiliki Microsoft Edge adalah dalam hal kecepatan dan penggunaan baterai lebih hemat ketimbang Google Chrome dan Firefox. Hal ini telah terbukti dan telah dilakukan uji tes. Ingin tahu lebih banyak mengenai kelebihan dan kekurangan Microsoft Edge, berikut daftarnya:

Kelebihan Microsoft Edge

  • Lebih Ringan. Microsoft Edge dikembangkan dengan tujuan menjadi browser yang lebih ringan dan fungsional ketimbang browser lain. Dibangun berbasis Chromium, Microsoft Edge saat ini menjadi browser paling ringan (dengan penggunaan Memori lebih sedikit dan baterai lebih hemat) ketimbang Google Chrome dan Firefox.
  • Integrasi dengan produk Microsoft. Microsoft berusaha agar semua produk mereka terintegrasi satu dengan lainnya. Melalui Microsoft Edge, pengguna dapat menggunakan produk Microsoft yang berbasis cloud seperti Microsoft 365, Cortana, serta ekstensi dari pihak ketiga.
  • Tampilan lebih menarik. Sekilas, Microsoft Edge memang terlihat seperti Google Chrome. Namun Microsoft Edge telah menambahkan beberapa fitur untuk kostum tampilan dan tema sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Fungsionalitas lebih baik. Ketika menggunakan Microsoft Edge, fungsionalitas dan produktivitas terasa lebih maksimal. Pengguna dapat memanfaatkan beberapa fitur unggulan yang tidak ada pada browser lain seperti Reading List, Notes, Immersive Reader, Cortana, dan lainnya.
  • Dukungan untuk Developer. Microsoft Edge dibangun untuk memudahkan para developer dalam mengembangkan aplikasi/ web yang mereka buat. Developer Tools hadir dengan beragam fitur yang lebih lengkap ketimbang browser lain. Salah satunya 3D View untuk melihat tampilan suatu halaman web dalam mode 3D.

Kekurangan Microsoft Edge

  • Tidak mendukung Windows 10 ke bawah. Sayangnya,Microsoft Edge tidak mendukung secara penuh versi Windows 10 ke bawah seperti Windows 8.1, 8, dan 7. Pengguna Windows 7 dan 8 masih bisa menggunakan Microsoft Edge, namun fungsionalitas tidak semaksimal Windows 10.
  • Akses produk Google masih lebih maksimal dengan Google Chrome. Jika Anda ingin mengakses produk Google seperti Google Docs, Google Meet, Google Drive, dan lainnya, maka Google Chrome masih menjadi pilihan terbaik.
  • Ekstensi Masih Beta. Sampai saat ini, Add-ons Microsoft Edge masih dalam status beta. Namun ke depannya, Ekstensi Microsoft Edge akan menjadi yang terbaik karena terintegrasi dengan Ekstensi pada browser lain seperti Firefox dan Google Chrome.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Teams | Fungsi, Manfaat, Fitur, Kelebihan

Kesimpulan,

Dari semua penjelasan mengenai Microsoft Edge di atas, dapat disimpulkan bahwa Microsoft Edge merupakan salah satu browser baru yang dibangun berbasis Chromium yang memiliki fungsionalitas dan integrasi dengan produk Microsoft serta Ekstensi dari pihak ketiga. Microsoft Edge dapat menjadi pilihan browser baru untuk melakukan aktivitas online dengan fitur-fitur yang tidak ada pada browser lain.

Apakah Microsoft Edge Gratis?

Tentu saja, Anda bisa mengunduh dan menggunakan Microsoft Edge secara gratis.

Apakah Microsoft Edge bisa digunakan pada Windows 7?

Beberapa Informasi mengatakan bahwa Windows 7, 8, 8.1 dapat di install Microsoft Edge, namun fungsionalitas tidak semaksimal Windows 10.

Di mana tempat mengunduh Microsoft Edge?

Anda bisa mengunduh Microsoft Edge melalui halaman microsoft.com/en-us/edge, untuk Windows, MacOS, Android, dan iOS (iPhone).

Itulah informasi singkat mengenai Microsoft Edge, semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

CATATAN: Informasi di atas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.