Cara Memasang Ekstensi Google Chrome

Bagi anda yang sering berselancar di dunia maya pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya browser, terutama anda yang sering menggunakan Laptop maupun PC. Browser sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menjembatani para pengguna dalam mencari Informasi di Internet

Terdapat banyak sekali browser yang dipakai pengguna dalam menjelajahi Internet, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, Internet Exploler dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak browser tersebut Google Chrome paling banyak dipilih pengguna internet diseluruh dunia sebagai partner browsing.

Google Chrome sendiri merupakan aplikasi browser yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2008 sampai saat ini dan masih terus berkembang demi memenuhi kebutuhan pengguna yang tidak ada habisnya dalam menggali Informasi di internet.

Lihat Juga : 6 Tools Cek Backlink Website Kompetitor

Pentingnya Ekstensi pada Browser

Salah satu hasil dari pengembangan tersebut ialah fitur tambahan atau ekstensi (extension) dimana memiliki fungsi yang tidak disediakan oleh browser bawaan itu sendiri.

Ekstensi memiliki fungsi dalam memudahkan pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan, seperti misalnya ingin mengunduh file atau data, melihat source code website, melihat ranking situs, dan lainnya.

Adapun contoh dari ekstensi adalah ketika anda ingin mendownload sebuah file melalui download manager, akan cukup merepotkan apabila setiap kali download harus mengcopy link kemudian menempelkanya pada web app download manager secara manual.

Disinilah fitur ekstensi berperan sebagai penghubung untuk mengunduh data di Internet dengan sekali klik

Selain berfungsi sebagai penghubung, ekstensi juga berperan sebagai alat yang memudahkan pengguna dalam mengakses situs tertentu. Misalnya saja situs yang memiliki Iklan mengganggu dimana anda dapat memasang ekstensi “ad-block” untuk meminimalisirnya.

Adapun ekstensi seperti VPN yang mana dapat membantu anda dalam mengakses situs luar negeri yang mengharuskan mengganti IP untuk memasukinya.

Alasan penggunaan VPN tentu saja karena pemerintah Indonesia yang banyak melakukan pemblokiran pada banyak situs luar negeri, utamanya situs-situs terlarang, ilegal, pembajakan, atau yang mengandung pornografi.

Lihat Juga : 7 Situs Iklan Baris Terbaik & Gratis

Cara Memasang Extensi pada Chrome

Dan bagi anda yang ingin memasang dan mengetahui penggunaan ekstensi Google Chrome, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka browser Google Chrome, carilah simbol deret tiga titik yang berada pada bagian pojok kanan atas browser anda, kemudian klik perintah yang bertuliskan “Setelan”

1. Menu Opsi Setelan Chrome

2. Untuk memasang ekstensi anda dapat mencarinya pada bagian list menu setelan yang berada disebelah kiri yang bertuliskan “Ekstensi”

2. Tampilan Menu Setelan

3. Selanjutnya klik ikon yang berada di pojok kiri atas didekat tulisan “Ekstensi” nantinya akan muncul menu yang akan menggiring anda ke “Chrome Web Store”

3. Chrome Web Store

4. Pada laman Chrome Web Store anda dapat dengan bebas memilih serta mengunduh ekstensi yang diinginkan. Anda juga dapat mengatur opsi pencarian melalui bar disebelah kiri.

4. Chrome web Store Pencarian Ekstensi

5. Setelah muncul ekstensi yang diinginkan, anda dapat menginstal ke browser dengan cara klik bar biru bertuliskan “Tambahkan ke Chrome”.

5. Pencarian Ekstensi

6. Kemudian klik “Tambahkan Ekstensi”

6. Permintaan Pengunduhan Ekstensi

7. Setelah itu anda hanya perlu menunggu sejenak hingga proses instalasi selesai dan ekstensi terpasang pada browser anda.

8. Selesai.

Lihat Juga : 10 Tips & Trik Saat Menggunakan Mozilla Firefox

Cara Menyembunyikan Ekstensi Chrome

Ekstensi pada browser yang telah terinstal biasanya akan langsung ditampilkan pada taskbar, akan tetapi apabila anda memasang cukup banyak ekstensi pada browser hal tersebut membuat tampilan menjadi tidak tertata rapi dan memakan banyak tempat.

Oleh karena itu anda perlu mengetahui cara menyembunyikan ekstensi pada Chrome, berikut langkah-langkahnya:

Menyembunyikan Ekstensi Chrome
  1. Buka browser Chrome seperti biasa.
  2. Pada laman browser klik kanan pada ikon ekstensi, lalu pilih “Sembunyikan di menu Chrome”
  3. Selesai.

Apabila anda ingin menampilkanya kembali pada tasbar chrome caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengklik simbol titik tiga baris yang terletak di pojok kanan atas dari chrome, kemudian klik kanan pada ikon ekstensi lalu pilih “Tampilkan di bilah alat”.

Cara Menonaktifkan Ekstensi Chrome

Adakalanya apabila anda mulai merasa ekstensi pada Chrome agak menganggu, misalnya saja ad-blocker maupun VPN yang dimana pada beberapa situs mengharuskan anda untuk menonaktifkanya agar dapat mengakses situs.

Berikut cara menonaktifkan ekstensi pada Chrome….

Disable Ekstensi Google Chrome
  1. Buka browser, kemudian klik simbol deret tiga dipojok kanan atas. Kemudian cari perintah “Setelan” dan klik.
  2. Pada laman selanjutnya klik “Ekstensi” pada bilah bar sebelah kiri.
  3. Nantinya akan muncul menu yang menampilkan ekstensi yang sudah anda install. Carilah ekstensi yang ingin dinonaktifkan dan klik bagian switch berwarna biru yang ada di pojok kanan bawah.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 10 Situs Belanja Online Terbaik

Cara Menghapus Ekstensi Chrome

Memiliki terlalu banyak ekstensi juga terasa memberatkan browser, misalnya saja browser menjadi lebih lambat dan juga sering hang. Hal seperti ini tentu saja membuat aktivitas internet jadi terganggu. Jika anda ingin tahu cara menghapus ekstensi dari browser berikut langkahnya…

Menghapus Ekstensi Google Chrome
  1. Buka browser anda, klik simbol deret titik dipojok kanan atas kemudian pilih “Setelan”
  2. Dilaman selanjutnya klik “Ekstensi” yang berada di menu bar samping kiri browser.
  3. Pilih ekstensi apa saja yang ingin dihapus dari browser kemudian klik “Hapus”
  4. Selesai.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.