13 Fungsi dan Manfaat Internet dalam Kehidupan Sehari-hari

Internet adalah salah satu karya terbesar buatan manusia dalam mencapai puncak perkembangan teknologi dan informasi. Melalui ketersediaan layanan yang hadir di internet, seseorang mampu melakukan berbagai hal. Mulai dari bertukar informasi, berkomunikasi, belajar hal baru, mencari hiburan, berbelanja, berbisnis, melakukan rapat, menjadi terkenal dan masih banyak lagi. Dan hasilnya pun dapat kita lihat sendiri, saat ini segala hal dapat dilakukan secara instan dan efisien.  

Bahkan sekarang internet dapat melonjakkan profit suatu bidang bisnis dari segi manajemen maupun penjualan, baik itu bisnis sekelas UKM ataupun perusahaan. Hal tersebut dapat dilakukan melalui bidang periklanan yang tersedia pada layanan media sosial maupun aplikasi dengan keragaman jenis fungsi sesuai kebutuhan target penggunanya. Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari secara mendalam silakan simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 5 Perbedaan Sandisk Extreme dan Extreme Pro

Manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari

Fungsi dan Manfaat Internet
Sumber Gambar : unsplash.com

Agar lebih mudah dipahami, Anda bisa berpendapat bahwa internet merupakan medium yang menghubungkan banyak pengguna dalam satu ruang lingkup yang sama. Apabila dimanfaatkan secara bijak, internet dapat menjadi batu loncatan bagi Anda untuk melakukan niaga maupun belajar dari orang lain secara bebas tanpa hambatan mau pun batasan. berikut manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari:

1. Belajar hal baru 

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang haus akan pengetahuan, oleh karenanya internet diciptakan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang kita perlukan dalam mengembangkan potensi diri. Bahkan boleh dibilang internet merupakan sarana paling mudah dan murah dalam mempelajari sesuatu. Misalnya saja Anda ingin belajar memasak. Untuk meminta seseorang agar mengajari kita atau membeli buku memasak saja harus mengeluarkan biaya dan waktu orang lain, sedangkan dengan internet Anda bisa mendapatkan keduanya secara fleksibel melalui platform video streaming seperti YouTube.

2. Mengasah Skill

Berkat adanya jaringan informasi yang luas kini Anda dapat mempertajam kemampuan dalam bidang tertentu yang diinginkan. Misalnya saja Anda ingin belajar desain atau pemrograman secara lebih mendalam dengan seorang profesional pada bidang yang sedang ditempuh, namun terkendala waktu serta biaya yang sempit.

Dalam hal ini Anda dapat menyewa atau membeli jasa pembelajaran berupa panduan video melalui Udemy, SkillShare, Coursera, dan sejenisnya. Pasalnya situs-situs tersebut merupakan penyedia kursus yang memberikan arahan pembelajaran yang tepat bagi para pengguna yang ingin memakai jasa mereka, bahkan Anda akan diajari dari hal paling mendasar seperti menginstall aplikasi yang akan dipelajari.

3. Berbagi Informasi dan komunikasi

Jaringan internet benar-benar menghancurkan batasan jarak dalam menyebarkan sebuah informasi, sebut saja E-mail yang selalu ada untuk Anda selama 24 jam untuk berkirim pesan kepada orang yang Anda tuju. Ingin lebih cepat dan efisien? WhatsApp dan Telegram siap menemani Anda dalam berkomunikasi secara instan dengan teman maupun orang yang Anda kenal. Ingin berkomunikasi dalam lingkup yang luas? Facebook dan Twitter ada untuk menghubungkan Anda dengan individu, grup, forum agar dapat saling berdiskusi maupun bertukar informasi dengan mudah. Intinya kita telah hidup pada zaman di mana komunikasi cukup beragam tanpa jarak sebagai batasnya.

Lihat Juga : 10 Perbedaan Keyboard Mechanical dan Keyboard Membrane

4. Bisnis dan transaksi digital

Selain komunikasi, internet juga memberikan fasilitas bisnis terhadap pengguna dengan disediakannya sistem internet banking, mobile banking, e-wallet dan sejenisnya untuk mensupport para Anda dalam berniaga secara online maupun offline. Di Indonesia sendiri kita bisa melirik pada aplikasi dompet digital seperti OVO, DANA, ShopeePay sebagai contoh dari manfaat internet dalam membuka metode baru untuk transaksi bisnis pada era digital.

5. Berbelanja  

Internet juga menyediakan layanan e-commerce sebagai salah satu bentuk inovasi dalam membangun sistem market digital yang mana dapat mempertemukan pembeli dan penjual dalam satu tempat tanpa harus bertatap muka. Ini merupakan bentuk efisiensi dari adanya internet pada era kita, pasalnya Anda tidak perlu lagi repot-repot pergi ke toko ataupun mal untuk mencari barang yang diinginkan. Tokopedia dan Shopee adalah bentuk nyata dari besarnya minat masyarakat kita dalam memanfaatkan internet sebagai media jual beli yang menguntungkan.  

6. GPS

Keberadaan internet lagi-lagi memecahkan batasan manusia dalam mengeksplorasi dunia melalui layanan GPS. Global Positioning System atau yang kita kenal dengan GPS adalah suatu sistem teknologi yang dirancang untuk menavigasi lokasi pengguna di suatu tempat yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja selama masih terkoneksi dengan internet. Salah satu contoh aplikasi yang paling populer digunakan pengguna dalam menavigasi posisi ialah Google Maps. Aplikasi ini hadir dalam multiplatform yang memberikan pengguna layanan pemetaan kepada pengguna untuk menunjukkan lokasi tertentu.

Lihat Juga : 12 Jenis – jenis Keyboard pada Komputer

7. Tips dan rekomendasi

Tak jarang seorang pengguna memerlukan saran dari seorang ahli dalam menyelesaikan permasalahan mereka. Internet telah menjadi gudang informasi terbesar didunia, hal ini secara tidak langsung telah menjadikan internet sebagai kamus dunia. Yang artinya Anda dapat memanfaatkan jaringan informasi ini dalam menemukan solusi yang sedang dicari. Terlebih sekarang ini tersedia perangkat lunak seperti Google Assistant yang siap melayani Anda dalam menggali informasi selama 24 jam dengan perintah suara “Ok Google”

8. Menikmati musik dan video

YouTube dan Spotify telah menjadi bagian yang tak terpisahkan oleh masyarakat internet. Pasalnya, kedua bentuk teknologi tersebut memberikan sumber hiburan yang tak terpisahkan bagi manusia modern yaitu musik dan video. Hadirnya platform streaming lainnya seperti Netflix, SoundCloud, dan sejenisnya juga memberikan impresi baru dalam menyediakan tempat untuk menikmati musik maupun video ter-update dengan cara yang lebih terjangkau.

9. Bermain games

Selain musik dan video, game juga merupakan salah satu media hiburan untuk penghilang stress. Bahkan berdasarkan hasil laporan data dari IDC pada tahun 2020, menunjukkan bahwa Game telah menjadi salah satu industri bisnis terbesar didunia yang mengalahkan perfilman. Meskipun keberadaan game online saat ini tengah banyak ditentang oleh para orang tua di berbagai negara termasuk Indonesia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwasanya game telah menjadi sarana hiburan penghilang stress tak tergantikan bagi sebagian orang yang menikmatinya.

Lihat Juga : Apa itu IMEI? Mengenal IMEI dan Fungsinya pada Smartphone

10. Riset dan penelitian  

Apabila dibandingkan dengan metode lama, jelas riset dengan menggunakan internet memberikan kemudahan bagi para peneliti khususnya untuk mengakses data tertentu yang spesifik dan lebih menghemat waktu juga. Selain itu internet juga menawarkan kemudahan dalam komunikasi antar individu yang mana mempermudah peneliti untuk saling bertukar informasi pada tempat yang jauh di satu waktu. Ketersediaan sistem penyimpanan digital juga turut membantu dalam mengamankan data serta informasi penting selama penelitian berlangsung. Hal ini tentunya semakin menjamin keamanan proses riset yang dilakukan oleh para peneliti dalam menemukan solusi dari suatu masalah.

11. Tur dan travel 

Selain dapat diandalkan sebagai sistem perdagangan barang, internet juga bisa dijadikan sebagai jasa yang menyediakan pengguna pemesanan tiket serta paket wisata yang terjangkau. Traveloka bisa dijadikan salah satu contoh sistem informasi yang menawarkan beragam paket liburan kepada pengguna melalui sistem pelayanan pada web serta aplikasinya.

12. Iklan dan promosi

Kita hidup di masa modern, masa di mana internet menjadi market store terbesar dan teramai didunia. Karena hal tersebutlah internet dapat dijadikan sebagai salah satu media promosi dengan peluang pelanggan paling tinggi dari media promosi lainya. Hal inilah yang menyebabkan banyak lahirnya influencer – influencer baru dari berbagai platform hiburan dan media seperti Instagram, YouTube, Facebook, TikTok, dan sejenisnya untuk dibayar sebagai promotor dari berbagai macam produk agar dibeli oleh para pengguna internet. Jika Anda cukup jeli, hal tersebut dapat dijadikan sebagai peluang baru, dengan modal yang sangat terjangkau asalkan Anda cukup kreatif.

13. Menyimpan data

Cloud Storage telah menjadi salah satu digital platform yang digandrungi oleh banyak orang di seluruh dunia, terutama untuk mereka yang menggantungkan hidupnya dalam pasar digital. Bahkan Cloud Storage dapat diandalkan sebagai brankas data bagi Anda yang memiliki informasi-informasi penting yang ingin disimpan dengan jaminan keamanan terpercaya. Sistem penyimpanan digital beroperasi dengan mem-backup kembali data yang telah pengguna simpan ke dalam server yang berbeda-beda, sehingga kemungkinan data hilang maupun rusak sangat-lah kecil.

Lihat Juga : Apa itu MOD APK? Kenali Aplikasi Modifikasi dan Bahayanya

Penutup,

Bisa dibilang internet telah menjadi sarang bagi mereka yang ingin mengeksplorasi dunia dengan layanan digital yang bebas dan murah. Namun sebagai pengguna yang baik kita juga mesti dapat untuk menjaga batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan di internet. Misalnya memanfaatkannya sebagai tindak kriminal seperti scam, menyebar hoax, sara, menyinggung orang lain, dan sebagainya. Jadilah pengguna internet yang bijak dan cerdas dalam melakukan tindakan agar dapat bermanfaat bagi orang lain.

Apa manfaat internet untuk pelajar?

Manfaatnya sendiri cukup beragam, salah satunya ialah tersedianya akses informasi yang lebih luas dan spesifik. Sehingga para pelajar dapat lebih mudah dalam mempelajari serta mendalami materi tertentu.

Apa manfaat terbesar yang disumbangkan Internet?

Akses komunikasi dan berbagi informasi, keduanya saat ini telah menjadi poin vital dalam menopang kebutuhan masyarakat di seluruh dunia. Sebut saja Google dan Facebook, apabila salah satu di antara keduanya terdapat kendala beberapa waktu saja dapat berefek pada siklus ekonomi dunia.

Apakah internet dapat berakibat buruk untuk anak-anak?

Ya bisa, hal tersebut dapat terjadi apabila orang tua kurang bertanggung jawab dalam memantau aktivitas anak-anak mereka dalam menggunakan perangkat digital seperti smartphone. Alangkah bijak apabila para orang tua tidak memberikan gadget pada anak mereka yang masih di bawah umur, karena tidak dapat dipungkiri beberapa konten di Internet memang bersifat negatif.

Apa efek adanya internet pada keseharian kita?

Internet saat ini telah mengubah sistem dalam bisnis, pendidikan, pemerintahan, perawatan kesehatan, dan bahkan cara kita berinteraksi dengan orang lain sehingga menjadi salah satu pendorong utama evolusi sosial di seluruh dunia. Bahkan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat sebagai sumber hiburan dan informasi, sehingga hampir setiap hari manusia bergantung dengannya.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.