Pengertian LinkedIn | Fitur, Fungsi, Manfaat

Selesai menyelesaikan pendidikan atau kuliah, terbayang keinginan kita untuk mencari pekerjaan dan karier. Dalam fase ini, kita dituntut untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang pendidikan dan skill yang kita miliki. Bayangan mimpi dan harapan mungkin telah terlihat, namun perjalanan baru dimulai. LinkedIn menjadi salah satu platform yang mampu menjembatani karir dan skill yang kita miliki.

Berbeda dengan sosial media lain seperti Facebook dan Twitter, LinkedIn dibangun untuk para profesional dengan pekerjaan, karier, skill, serta pengalaman yang luar biasa. LinkedIn dapat menjadi identitas pada diri seseorang, menunjukkan skill atau keahlian yang dimiliki. Selain itu, LinkedIn juga menjadi menghubungkan antar pengguna dengan skill dan minat yang sama. Ingin tahu lebih lauh mengenai LinkedIn, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Instagram | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Apa itu LinkedIn?

Apa itu LinkedIn
Image source: searchenginejournal.com
Jenis situsSosial network service
MarkasMountain View, California, Amerika Serikat
PendiriReid Hoffman
Allen Blue
Konstantin Guericke
Eric Ly
Jean-Luc Vaillant
Diluncurkan5 Mei 2003
Peringkat Alexa57 (1 November 2020)
Situs webwww.linkedin.com

LinkedIn merupakan salah satu situs jejaring sosial media yang berorientasi pada bisnis dan jaringan profesional. Secara umum, LinkedIn digunakan untuk memajang keahlian dan pengalaman yang dimiliki seseorang, baik itu karyawan, pengusaha, dosen, hingga mahasiswa. Melalui LinkedIn, seseorang dapat membuat profil profesional dengan menambahkan CV (Curriculum Vitae) foto, pendidikan, hingga berbagai pengalaman lain.

Untuk pertama kalinya, LinkedIn dimulai oleh Reid Hoffman dari ruang tamunya pada tahun 2002 dan meluncur secara resmi pada 5 Mei 2003. CEO LinkedIn saat ini adalah Jeff Weiner, dengan manajemen yang terdiri dari eksekutif berpengalaman dari perusahaan seperti Google, Microsoft, Yahoo, PayPal, dan lainnya. Hingga saat ini, LinkedIn menjalankan bisnis yang terdiversifikasi, dengan sumber pendapatan dari penjualan iklan, langganan keanggotaan, dan solusi perekrutan.

Desember 2016, Microsoft menyelesaikan akuisisinya terhadap LinkedIn dengan menggabungkan layanan cloud profesional yang dimilikinya. Pada akhir tahun 2020, LinkedIn memiliki lebih dari 722 juta pengguna dari lebih dari 200 negara di seluruh dunia. LinkedIn memiliki visi: “Create economic opportunity for every member of the global workforce” dan misi: “Connect the world’s professionals to make them more productive and successful”.

Dengan pertumbuhan pengguna yang terus meningkat, maka peluang dan kesempatan untuk mendapatkan karier terbaik sangat terbuka. Seorang recruiter terkadang juga mencari dan melihat kandidat melalui LinkedIn. Namun hal ini tidak semudah yang dipikirkan, seseorang harus memiliki pengalaman dan skill mumpuni untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Lihat Juga : Pengertian Skype | Fitur, Fungsi, Cara Menggunakan

Fitur Utama LinkedIn

Fitur Utama LinkedIn
Image source: lynda.com

Pengguna dapat memanfaatkan LinkedIn untuk banyak hal, mulai dari berbagi postingan hingga mencari pekerjaan. LinkedIn telah banyak digunakan oleh kalangan pebisnis hingga profesional dalam meningkatkan karier dan pekerjaan mereka. Temukan fitur-fitur menarik yang dihadirkan LinkedIn dari daftar berikut ini:

1. Berbagi Postingan

Melalui LinkedIn, pengguna dapat saling berbagi postingan layaknya sosial media lainnya. LinkedIn menghadirkan fitur Buat posting yang mana pengguna dapat membagikan postingan singkat buatan sendiri atau dari suatu artikel berupa link atau video. Tidak hanya tulisan, pengguna dapat berbagi postingan berupa foto, video, atau acara lengkap dengan waktu, tanggal, pembicara, dan lainnya.

Melalui fitur Tulis artikel, pengguna juga dimungkinkan untuk membuat postingan lebih panjang lengkap dengan judul artikel, isi artikel, gambar, video, kutipan, link dan lainnya.

2. Terhubung dengan Jaringan

Ketika menggunakan LinkedIn, hubungkan akun dengan pengguna lain yang sekiranya memiliki pengalaman, pekerjaan, dan minat yang sama. Fitur ini hampir sama dengan pertemanan yang ada di sosial media seperti Instagram ataupun Facebook. Yang membedakan adalah jaringan LinkedIn sangat sesuai dengan minat dan passion yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga dimungkinkan untuk mengikuti para tokoh sukses, CEO, hingga Founder Startup maupun Unicorn yang ada di LinkedIn. Dengan mengikuti mereka, terkadang Anda akan mendapatkan insight baru yang mereka bagikan melalui postingan.

3. Temukan Pekerjaan

Melalui fitur Pekerjaan, pengguna bisa temukan pekerjaan yang di impikan. Pengguna bisa tulis posisi sesuai dengan keahlian lengkap dengan kota yang diinginkan. Algoritma LinkedIn biasanya juga memberikan rekomendasi dari banyak perusahaan yang cocok atau sesuai dengan minat dan pengalaman Anda.

Jika perlu, Anda juga bisa mencoba akun premium yang mana dapat menonjolkan diri Anda kepada manajer perekrutan dari banyak perusahaan.

4. Pesan Instan

Baru-baru ini LinkedIn telah menghadirkan fitur pesan instan yang mana bisa pengguna manfaatkan untuk saling berkirim pesan. Fitur Pesan Instan memungkinkan pengguna untuk terhubung ke banyak pengguna serta melakukan interaksi satu sama lain. Ketika berkirim pesan, pengguna bisa menambahkan gambar, file, animasi (GIF), dan emoji.

Jika perlu, pengguna juga dapat melakukan video call atau melakukan pertemuan online melalui layanan Microsoft Teams, Zoom, dan BlueJeans. Tapi sebelumnya, pastikan Anda memiliki akun terkait dan setidaknya telah memasang layanan tersebut pada perangkat yang Anda gunakan.

5. Akun Premium

Seperti yang telah di singgung sebelumnya, LinkedIn menghadirkan Akun premium yang mana dapat pengguna manfaatkan untuk banyak hal. Fitur Akun premium digunakan untuk beragam kebutuhan, mulai dari karier, bisnis, penjualan, hingga perekrutan. Bagi Anda yang ingin mendapat jaringan secara lebih luas, Anda bisa berlangganan akun premium untuk karier.

Apa yang didapatkan ketika berlangganan akun premium? Untuk karier, Anda akan mendapatkan manfaat pesan langsung ke perekrut, informasi pelamar, penjelajahan rahasia, siapa yang telah melihat profil Anda, pelamar unggulan, serta kursus video online.

Lihat Juga : Pengertian LINE | Sejarah, Fitur, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan

Fungsi dan Manfaat LinkedIn

Fungsi dan Manfaat LinkedIn
Image source: Big Interview

Pengguna dapat memanfaatkan LinkedIn untuk membangun portofolio online. Tujuannya secara jelas untuk memperlihatkan pengalaman dan keahlian yang dimiliki. Banyak eksekutif menggunakan LinkedIn untuk mencari dan merekrut orang-orang pilihan. Temukan fungsi dan manfaat LinkedIn lainnya dari daftar berikut ini:

1. Membangun Profil Profesional

MelaluiLinkedIn, Anda bisa membangun profil profesional Anda. Semua data yang berhubungan dengan pengalaman dan skill dapat Anda tampilkan melalui LinkedIn seperti CV (Curriculum Vitae), Resume, pengalaman kerja, kuliah, keahlian, bakat, dan lainnya. Profil yang menarik dengan pengalaman kerja dan skill yang luas dapat menjadi nilai plus tersendiri bagi Anda.

2. Memperluas Jaringan

LinkedIn mampu membuat pertemanan dan jaringan secara lebih luas dengan minat dan pekerjaan yang sama. Sesuai dengan profil, CV, dan pengalaman yang Anda masukkan membuat algoritma LinkedIn merekomendasikan jaringan hingga perusahaan yang sesuai dengan diri Anda. LinkedIn juga akan merekomendasikan teman melalui informasi kontak yang Anda hubungkan.

3. Memamerkan keahlian dan pengalaman

Sama seperti sosial media lain, LinkedIn dapat Anda gunakan untuk memamerkan keahlian, skill, gelar, serta pengalaman kerja yang Anda miliki. Dari semua pengalaman yang Anda tampilkan melalui profil LinkedIn memperlihatkan bahwa Anda profesional dibidangnya. Anda juga dapat menjawab pertanyaan para pengguna LinkedIn yang berhubungan dengan skill yang Anda kuasai.

4. Membuka kesempatan untuk bekerja pada perusahaan impian

Semakin banyak pengalaman dan skill yang Anda kuasai, dapat membuka kesempatan untuk bekerja pada perusahaan impian. Banyak para perekrut dan eksekutif menggunakan LinkedIn untuk melihat portofolio online Anda. Jadi, memperbarui portofolio LinkedIn penting untuk diperhatikan, khususnya untuk Anda yang ingin berkarir di perusahaan impian.

5. dll…

Lihat Juga : Pengertian Facebook | Sejarah, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kesimpulan,

Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa LinkedIn merupakan layanan sosial media yang berfokus pada bisnis dan jaringan profesional untuk karier dan pekerjaan. Memiliki portofolio online seperti LinkedIn sangat penting dan sangat dianjurkan yang mana hal ini sangat membantu karier dan pekerjaan untuk masa depan.

Apakah LinkedIn berbayar?

Ada dua tipe yang dihadirkan LinkedIn, gratis dan berbayar. Namun secara umum, LinkedIn dapat Anda gunakan secara gratis. Hanya beberapa pengguna yang benar-benar membutuhkan akun premium yang ingin menggunakan LinkedIn versi berbayar.

Apakah LinkedIn bermanfaat bagi mahasiswa?

Tentu saja, mahasiswa dapat menggunakan LinkedIn untuk meningkatkan jaringan secara lebih luas. LinkedIn akan menghubungkan mahasiswa dengan mahasiswa lain sesuai dengan minat dan bakat yang sama secara profesional.

Bagaimana membuat akun LinkedIn?

Anda bisa kunjungi situs LinkedIn atau akses melalui Google Play untuk Android dan App Store untuk iOS. Lakukan pendaftaran menggunakan email yang Anda miliki.

Itulah informasi singkat yang dapat saya bagikan mengenai pengertian LinkedIn beserta fitur dan manfaatnya. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

CATATAN: Informasi di atas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.