Pengertian Mozilla Firefox | Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Kita tahu bahwa internet saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia itu sendiri. Tentunya hal ini tidaklah mengherankan, mengingat perkembangan teknologi sangat pesat dan segala aktivitas keseharian kita tidak akan lepas darinya. Adanya internet ini tentu saja akan berdampak positif jika  digunakan dengan benar. Misalnya dalam hal mencari sebuah informasi di media, mau pun untuk kebutuhan penting lainnya.

Berbicara mengenai Internet, pastinya tidak ada habisnya dan akan menghabiskan banyak waktu. Dalam mengakses sebuah internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu di antaranya adalah menggunakan web browser. Tidak sedikit pengguna yang menggunakan web browser untuk berselancar di dunia internet demi mendapatkan informasi yang diinginkan.

Melihat hal tersebut, tentunya web browser ini dapat dikatakan sebuah peranan yang dibutuhkan oleh kebanyakan pengguna internet. Di samping itu, terdapat banyak sekali web browser yang telah dikembangkan oleh para developer. Tentunya dari setiap web browser tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Namun jika pengguna ingin mengakses internet dengan aman, nyaman dan cepat. Mozilla Firefox dapat menjadi pilihan web browser terbaik untuk pengguna. Mengapa demikian? Simak informasi kelanjutannya, terkait pengertian Mozilla Firefox berikut ini:

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Edge | Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Apa itu Mozilla Firefox?

Definisi Mozilla Firefox
Image Source : zdnet.com
PengembangMozilla Foundation dan kontributornya
Perilisan Pertama23 September 2002
JenisWeb Browser
Websitewww.mozilla.org/firefox/new/

Mozilla Firefox atau biasa dikenal dengan sebutan Firefox, merupakan sebuah peramban web gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation beserta anak perusahaannya. Dalam hal ini Firefox telah dirilis pada tanggal 23 September 2002. Meski demikian, Firefox ini telah mengalami beberapa kali perubahan nama. Saat pertama kali dirilis, web browser ini dinamakan dengan Phoenix. Di mana nama tersebut diambil dari nama burung mitos yang bangkit dengan penuh kemenangan dari abu pendahulunya yang telah mati.

Dalam perkembangannya, Mozilla Firefox pernah menjadi salah satu aplikasi browser yang paling banyak digunakan. Tentu banyak alasan mengapa pengguna lebih memilih Firefox sebagai browser default mereka. Salah satu di antaranya adalah Firefox mendukung di berbagai sistem operasi, misalnya Microsoft Windows, macOS, Linux, FreeBSD, serta OpenBSD. Tidak hanya itu saja, bahkan browser ini telah tersedia untuk platform Android serta iOS.

Firefox saat ini telah menduduki posisi ke tiga sebagai web browser terpopuler setelah Google Chrome dan Safari. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data yang diberikan StatCounter pada bulan Oktober 2020, bahwa Firefox memiliki pangsa penggunaan 7,69% versi desktop. Meski begitu, Firefox tentu saja tidak akan kalah dengan web browser lainnya jika di lihat dari segi fitur yang disediakan.

Lihat Juga : Pengertian Pinterest | Definisi, Sejarah, Fitur, Kelebihan

Fitur Mozilla Firefox

Fitur Mozilla Firefox
Image Source : blog.mozilla.org

Dengan Firefox, pengguna akan disediakan beragam fitur yang menarik dan terbaru. Tentunya dengan tujuan, supaya pengguna nyaman dan aman saat mengakses berbagai macam informasi dari internet. Berikut beberapa fitur utama yang terdapat di dalam Mozilla Firefox :

1. Ekstensi                            

Dengan tersedianya fitur ekstensi dalam Mozilla Firefox ini, memungkinkan pengguna dapat menambahkan hal-hal baru ke browser atau mengubah cara browser melakukan sesuatu. Misalnya dengan ekstensi uBlock Origin, dimana dapat memblokir iklan situs dengan efisien. Atau mungkin ekstensi lainnya seperti DuckDuckGo Privacy Essentials, Video DownloadHelper, dsb.

2. Private Browsing

Seperti dengan namanya, fitur ini umumnya digunakan untuk mengakses situs secara privasi. Dalam hal ini bermanfaat ketika pengguna hendak menjelajahi situs di perangkat umum. Karena dengan fitur ini, secara otomatis akan menghapus informasi online pengguna, seperti kata sandi, cookie, riwayat dari komputer ketika pengguna menutup Firefox. Dengan begitu, pengguna tidak meninggalkan jejak data pada perangkat.

3. Ad Blocker

Berbicara mengenai iklan, tentu saja akan sangat menjengkelkan. Terlebih ketika kita ingin mencari informasi, namun situs tersebut dipenuhi dengan banyak iklan. Hal ini akan sangat menyusahkan pengunjung dalam membaca informasi yang disediakan. Melihat hal permasalahan tersebut, terdapat solusi alternatif yang dapat pengguna lakukan untuk menghilangkan iklan. Misalnya dengan AdBlocker, yang berfungsi penuh untuk melakukan pemblokiran iklan. Add-on pemblokiran iklan di Firefox sendiri dapat pengguna cari di sini.

4. Tema

Tentu saja akan terasa membosankan, apabila web browser pengguna memiliki tampilan yang sangat sederhana. Namun dengan Firefox akan disediakan ribuan tema yang berbeda guna meningkatkan kenyamanan pengguna dalam mencari informasi yang diinginkan.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Office | Jenis Layanan, Fungsi, Manfaat              

Kelebihan dan Kekurangan Mozilla Firefox

Kelebihan Mozilla Firefox
Image Source : businessinsider.in

Meskipun sebagai salah satu web browser yang diminati, Firefox juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini memanglah wajar, karena pada dasarnya dalam sebuah aplikasi maupun program selalu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Adanya kelebihan dan kekurangan ini, tentu saja dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, Firefox ini dikatakan sebagai salah satu web browser yang memberikan kenyamanan, kelancaran serta keamanan kepada penggunanya. Namun jika aplikasi ini tidak di update, maka kemungkinan besar terdapat kendala yang terjadi saat mencari informasi. Berikut kelebihan serta kekurangan dari Mozila Firefox yang perlu pengguna tahu sebelum menggunakannya:

Kelebihan Mozilla Firefox

  1. Tampilan Minimalis. Firefox menyuguhkan tata letak yang modern serta minimalis. Hal ini bertujuan supaya pengguna tidak sulit dalam mengoperasikan Firefox.
  2. Beragam Add-on. Adanya fitur Add-on, dapat pengguna manfaatkan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya dengan memasang Ekstensi, maupun memilih tema browser yang diinginkan. Dengan begitu pengguna dapat menikmati berselancar internet dengan mudah, cepat, praktis, dan tidak membosankan.
  3. Keamanan. Jika berbicara mengenai keamanan, tentunya dengan Firefox pengguna tidak perlu khawatir. Mengingat Firefox telah menjadi yang terdepan dalam keamanan web browser. Terlebih dengan beragam fitur yang disediakan, Firefox mampu melindungi pengguna dari skema phishing, eksploitasi umum lainnya. Bahkan Firefox menyertakan pemblokiran iklan dan protokol otentik yang kuat.
  4. Menawarkan pengalaman menarik. Salah satu keunggulan dari web browser adalah seberapa mudah diakses antarmukanya oleh pengguna baru. Dalam hal ini Firefox telah membuat navigasi yang lebih mudah dan lebih teratur. Terlebih adanya fitur memulihkan sesi terakhir, pengguna dimungkinkan dapat melanjutkan penelusuran internet tepat di bagian akhir yang ditinggalkan. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot mengulang dari awal.

Kekurangan Mozilla Firefox

  1. Memori. Salah satu hal yang menjadi kekurangan dari Mozilla Firefox adalah penggunaan memori. Diketahui Firefox sendiri membutuhkan banyak memori untuk dijalankan. Apalagi jika pengguna terlalu membuka banyak tab, akan menyebabkan force close pada firefox. Dalam hal ini akan menyulitkan ketika pengguna ingin menjalankan program lain secara bersamaan.  
  2. Lambat. Kinerja Firefox akan melambat ketika pengguna memuat beberapa halaman jika browser memiliki banyak ekstensi dan alat yang terpasang. Dalam hal ini, pengguna diharapkan untuk memasang ekstensi yang dibutuhkan saja dan memilih ekstensi dari pengembang yang terpercaya.

Lihat Juga : Pengertian LinkedIn | Fitur, Fungsi, Manfaat

Tips Mozilla Firefox Versi Android

Tips Mozilla Firefox
Image Source : sindunesia.com

Adapun beberapa tips yang dapat saya berikan mengenai Mozilla Firefox. Dalam hal ini mungkin dapat dijadikan sebagai informasi tambahan yang bermanfaat untuk pengguna. Tips tersebut di antaranya adalah membersihkan riwayat pencarian dan cara mengatur hemat data di Mozilla Firefox. Berikut penjelasan lebih detailnya mengenai tips yang perlu pengguna coba.

Membersihkan Riwayat Penulusuran Firefox

Setiap penulusuran yang Anda lakukan tentu akan menghasilkan sebuah file histori. Semakin banyak situs yang kita jelajahi, maka semakin banyak juga file histori yang tersimpan. Hal ini memungkinkan dapat membuat Firefox Anda terhenti atau lemot. Untuk itu diperlukan menghapus riwayat dalam browser.

Menghapus Riwayat Firefox sendiri sangat mudah dilakukan, yang pertama adalah dengan tekan tap icon tiga titik pada bagian pojok kanan atas » pilih tap Riwayat. Selanjutnya tekan Bersihkan Riwayat Penjelajah » lakukan Konfirmasi » tekan Ok. Setelah itu tunggu proses penghapusan riwayat hingga selesai.

Mengatur Hemat Data Firefox

Terdapat berbagai hal yang menyebabkan borosnya data pengguna. Salah satu di antara paling utama adalah Gambar. Hal ini dapat pengguna rasakan ketika me-load sebuah gambar yang berukuran cukup besar, dengan begitu data pengguna akan cepat terkuras. Namun dengan fitur penghemat data dari Firefox, pengguna tidak perlu khawatir data cepat boros.

Caranya cukup mudah dilakukan, yaitu dengan tekan icon titik tiga pada bagian pojok kanan atas » pilih Pengaturan. Kemudian tekan Tingkat Lanjut » pilih Tampilkan gambar » ubah menjadi Hanya Lewat Wi-Fi. Sementara pastikan untuk Tampilkan font web tetap dalam kondisi Aktif. Dengan begitu, setiap penulusuran yang pengguna lakukan akan lebih hemat (tanpa gambar). Jika dirasa masih membingungkan, silakan klik di sini untuk mengetahui lebih detailnya.

Lihat Juga : Pengertian Gmail | Fungsi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kesimpulan,

Dari pembahasan singkat terkait pengertian Mozilla Firefox di atas dapat disimpulkan, bahwa Firefox ini merupakan web browser gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Web browser ini dirilis pada tanggal 23 September 2002. Melihat perkembangan Firefox dalam beberapa dekade yang lalu, Firefox dapat dikatakan sebagai salah satu peramban web yang paling diminati oleh pengguna internet. Hal ini memanglah wajar, mengingat Firefox menyediakan beragam fitur yang menarik dan terbaru. Dengan tujuan supaya pengguna dapat menikmati kelancaran serta keamanan dalam mencari informasi di setiap situs web.

Apakah Mozilla Firefox berbayar?

Tentu saja tidak, Anda dapat memasang Firefox secara GRATIS melalui situs web resminya.

Apakah Mozilla Firefox aman?

Yaa, dengan Firefox Anda akan diberikan perlindungan bawaan dan bahkan Firefox saat ini berada di urutan teratas sebagai browser teraman setelah Google Chrome.

Apakah Mozilla Firefox mendukung berbagai sistem?

Ya, Firefox telah mendukung di berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, macOS, Linux, FreeBSD, OpenBSD, Android, serta iOS.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya berikan, mengenai pengertian Mozilla Firefox beserta fitur, tips firefox, kelebihan dan kekurangannya. Apabila Anda ingin memberikan tanggapan atau pertanyaan mengenai pembahasan di atas, silakan tulis dan kirim melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

CATATAN: Informasi di atas di ambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.