Pengertian Pinterest | Definisi, Sejarah, Fitur, Kelebihan

Ketika bicara mengenai sosial media, maka yang paling sering terdengar oleh masyarakat adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. Namun tahukan Anda bahwa ada satu sosial media lain yang menarik untuk digunakan, yakni Pinterest. Apa yang membedakan Pinterest dengan sosial media lainnya? Salah satu hal menarik dari Pinterest adalah seni dan kreativitas yang teruang lebih masif ketimbang sosial media lainnya.

Pada tahun 2020 kuartal I, Pinterest memiliki pengguna hingga 365 juta lebih dan terus mengalami peningkatan. Dengan pengguna yang semakin meningkat, keuntungan yang didapatkan mencapai US$272 juta. Dampak pandemi COVID-19 menjadi alasan peningkatan pengguna Pinterest. Ingin tahu lebih jauh mengenai Pinterest, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian LinkedIn | Fitur, Fungsi, Manfaat

Apa itu Pinterest?

Daftar dan Menggunakan Pinterest
sumber gambar: wersm.com
Jenis situsSosial network service
MarkasSan Francisco, California, Amerika Serikat
PendiriBen Silbermann
Paul Sciarra
Evan Sharp
DiluncurkanDesember 2009
Peringkat Alexa156 (5 November 2020)
Situs webid.pinterest.com

Pinterest merupakan salah satu layanan virtual pinboard yang berbasis sosial media dengan mengunggah foto, gambar, atau menambahkan link suatu blog/ website. Setelah menambahkan pinboard, pengguna juga dapat membuat kategori sesuai dengan jenis gambar yang di unggah. Berbeda dengan sosial media lain, Pinterest lebih banyak ditekankan pada sebuah karya yang unik dan inspiratif. Alasan inilah yang membuat desainer dan content creator lebih sering mengunjungi Pinterest untuk mencari ide/ inspirasi baru.

Untuk pertama kalinya, Pinterest dikembangkan pada bulan Desember 2009 oleh Ben Sibermann. Pada Maret 2010, Pinterest meluncur pada versi prototipe beta. Sembilan bulan setelah peluncuran, Pinterest memiliki lebih dari 10.000 pengguna hingga akhirnya Ben Sibermann menulis surat pada 5000 pengguna situs pertamanya untuk menawarkan nomor telepon dan beberapa pengguna di ajak untuk bertemu.

Pada Januari 2012, comScore melaporkan bahwa Pinterest memiliki pengguna unik hingga 11,7 juta untuk Amerika Serikat. Pada Webby Awards 2012, Pinterest memenangkan penghargaan sebagai aplikasi media sosial terbaik dan People’s Voice Award untuk desain visual yang unik, user-friendly, dan berfungsi dengan baik.

Februari 2019, Pinterest secara diam-diam mengajukan penawaran umum perdana (IPO) saham. Penilaian total perusahaan pada saat itu mencapai $12 miliar. Pinterest go public pada 18 April 2019 dengan harga per saham $19 dan ditutup pada $24,40 per saham.

Lihat Juga : Pengertian YouTube | Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Fitur dan Manfaat Pinterest

Fitur dan Manfaat Pinterest
sumber gambar: professionaljeweller.com

Pinterest memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya, khususnya yang bekerja dalam bidang seni dan fotografi. Dalam perkembangannya, Pinterest juga telah berevolusi lebih luas, hal ini terlihat banyak sekali media online dan blogger yang memanfaatkan Pinterest sebagai media promosi untuk menarik audience. Lebih jelasnya, simak beberapa manfaat dari Pinterest berikut ini:

1. Saling Berbagi Informasi

Pinterest dapat pengguna manfaatkan sebagai media berbagi dan bertukar informasi. Pengguna bisa mengunggah foto maupun gambar dari suatu artikel yang terlihat menarik untuk dibagikan. Mungkin saja, foto yang dibagikan tersebut dapat menjadi inspirasi bagi pengguna lain. Tidak seperti sosial media lain yang acak dan tidak menjamin suatu ide atau inspirasi, di Pinterest pengguna bisa mendapatkan inspirasi baru dari karya pengguna lain.

Pinterest juga telah tersedia fitur analytics yang dapat digunakan pengguna untuk memantau seberapa banyak pinboard dilihat dan seberapa banyak nilai klik yang didapatkan. Tingkat efektivitas Pinterest dalam menjangkau audience terasa lebih baik ketimbang sosial media lain seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter.

2. Sumber Inspirasi

Hal mendasar yang sering di manfaatkan pengguna adalah mencari sumber inspirasi/ ide baru melalui Pinterest. Banyaknya konten kreator, desainer, fotografer, editor, serta pekerja seni lainnya yang membagikan karya melalui Pinterest membuat pengguna mudah dalam mencari inspirasi. Inspirasi ini biasanya menjadi acuan untuk dikembangkan menjadi karya yang lebih menarik lagi.

Terlebih, visual Pinterest yang user-friendly memudahkan pengguna untuk meng-explore beragam pinboard yang ada. Pengguna juga dapat menyimpan pinboard pengguna lain ke dalam kategori/ grup yang kita miliki.

3. Media Promosi Alternatif

Manfaat lain yang pengguna dapatkan ketika menggunakan Pinterest adalah dapat menjadi alternatif untuk media promosi. Hal ini telah dibuktikan oleh para internet marketer dalam mempromosikan produk yang mereka miliki. Meskipun di Indonesia belum begitu populer, namun di luar negeri Pinterest menjadi salah satu alternatif dalam mempromosikan produk marketplace atau e-commerce dengan sistem affiliate.

Para blogger juga dapat membagikan artikel yang telah diterbitkan ke Pinterest. Hal ini juga menjadi salah satu bagian dalam teknik optimasi (SEO) web atau blog. Semakin banyak konten yang dibagikan maka semakin baik pula dampak web tersebut di mata mesin pencari (search engine). Penulis juga memanfaatkan Pinterest untuk membagikan artikel-artikel yang telah diterbitkan. Dari laporan analytics Pinterest mendapati bahwa dalam sebulan kunjungan pinboard mencapai puluhan ribu.

Selain untuk mempromosikan artikel, pengguna juga dapat memanfaatkan Pinterest untuk mendapatkan uang dengan membagikan produk digital atau non-digital berbasis affiliate atau referral program. Contoh sederhananya adalah dengan membagikan gambar atau foto premium dari microstock seperti Shutterstock, Graphicriver, DepositPhotos, dan lainnya.

Lihat Juga : Pengertian LINE | Sejarah, Fitur, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Pinterest

Kelebihan dan Kekurangan Pinterest
sumber gambar: talkinginfluence.com

Setiap layanan sosial media ataupun layanan internet lainnya pasti memiliki kekurangan. Namun dari Pinterest sendiri saya rasa masih lebih banyak kelebihan ketimbang kekurangannya. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Pinterest, simak daftarnya berikut ini:

Kelebihan Pinterest

  • Menjadi sumber inspirasi dan berbagi. Pinterest dapat menjadi sumber inspirasi dan berbagi pada banyak hal. Bagi Anda pecinta fotografi, seni, dan desain, Pinterest dapat menjadi tempat alternatif untuk berbagi.
  • Terdapat fitur analytics. Fitur analytics di Pinterest dapat memudahkan pengguna untuk melihat tingkat interaksi dari pinboard yang dibuat dan dibagikan.
  • Dapat digunakan untuk promosi artikel/ blog. Blogger dapat memanfaatkan Pinterest untuk berbagi artikel melalui share link pinboard. Secara otomatis, Pinterest akan mendapatkan semua gambar di artikel. Dengan begitu, pengguna bisa memilih gambar dan menambahkannya dalam bentuk Pinboard.
  • Terhubung dengan Web, Instagram, dan YouTube. Pengguna dapat menghubungkan akun Pinterest dengan web dan sosial media lain. Melalui menu pengaturan, pengguna dapat mengatur dan mengintegrasikannya.
  • Pinterest Business untuk promosi produk. Saat ini, Pinterest telah menyediakan layanan Pinterest Business yang dapat digunakan untuk periklanan produk, menyesuaikan dengan anggaran dan target yang diinginkan.

Kekurangan Pinterest

  • Terlalu banyak spam. Pinterest masih banyak digunakan oleh pihak-pihak tertentu dalam menyebarkan spam atau gambar yang tidak berdasar. Namun Pinterest terus berusaha untuk menguranginya.
  • Interaksi antar pengguna tidak semasif sosial media lain. Interaksi antar pengguna di Pinterest tidak semasif dan seramai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Pengguna Pinterest jarang sekali menambahkan Love (suka) ataupun menambahkan komentar.

Lihat Juga : Pengertian Google Meet | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Cara Menggunakan Pinterest

Setelah mengetahui pengertian serta manfaat dari Pinterest, kini saatnya untuk menambahkan pinboard di Pinterest. Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuat dan menggunakan Pinterest, berikut panduan singkat yang dapat Anda ikuti:

1. Daftar Pinterest

STEP 1: Langkah pertama, pastikan Anda memiliki akun Google. Jika belum, simak panduan daftar akun Google di halaman ini. Setelah itu, buka situs Pinterest dan klik Sign Up untuk mulai melakukan pendaftaran.

1 Daftar Pinterest

STEP 2: Untuk mempercepat proses pendaftaran, Anda bisa gunakan akun Google. Klik Continue with Google. Atau jika Anda memiliki akun Facebook silakan gunakan akun Facebook.

2 Membuat Akun Pinterest

STEP 3: Setelah itu, muncul pop up lalu pilih akun Google yang ingin Anda sambungkan ke Pinterest.

3 Akun Pinterest dengan Google

STEP 4: Dan secara otomatis, pembuatan akun Pinterest Anda telah berhasil dan Anda bisa mulai meng-explore beranda Pinterest. Selanjutnya, ikuti tour dari Pinterest dan verifikasikan diri Anda ke Pinterest.

4 Beranda Pinterest

Lihat Juga : Pengertian Gmail | Fungsi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

2. Menggunakan Pinterest

Sebagai contohnya, penulis memberikan contoh bagaimana cara menambahkan pin (pinboard) di Pinterest. Anda bisa masuk ke halaman profil dari Pinterest Anda untuk melakukannya. Berikut langkah-langkahnya:

STEP 1: Di bagian pojok kanan bawah, Anda bisa klik ikon “+” » Buat pin untuk membuat pinboard baru untuk akun Anda.

1 Membuat Pin Pinterest

STEP 2: Anda akan melihat tampilan unggahan, judul, hingga deskripsi untuk membuat pin baru. Untuk mengunggah gambar, Anda bisa Klik bagian unggahan tersebut atau seret gambar. Atau Anda juga dapat mengambil gambar dari situs dengan Klik Simpan dari situs.

2 Menambahkan Pinboard Pinterest

STEP 3: Sebagai contoh saya mengambil gambar dari situs dengan Klik Simpan dari situs » Masukkan link » dan hasilnya beberapa gambar terlihat. Pilih gambar yang ingin dijadikan pinboard. Klik Tambahkan pin untuk menambahkan.

3 Menambahkan Gambar Pinterest

STEP 4: Kemudian buat judul untuk pin Anda tersebut. Tambahkan papan atau buat papan baru untuk Pinboard Anda. Klik Simpan untuk menerbitkan Pinboard Anda.

4 Menambahkan Judul Link Pinterest

STEP 5: Setelah Anda simpan, Anda bisa melihat hasilnya. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

5 Menyimpan Gambar Pinterest

Lihat Juga : Pengertian Skype | Fitur, Fungsi, Cara Menggunakan

Kesimpulan,

Dari semua penjelasan di atas, Pinterest dapat di simpulkan sebagai layanan media sosial yang berfokus dalam menghadirkan seni dan kreativitas serta dapat juga digunakan sebagai bookmarking artikel web atau blog. Pinterest juga mulai mengembangkan fitur dan layanannya untuk tujuan bisnis, sehingga para pegiat internet marketing, startup, marketplace, hingga e-commerce juga mulai menggunakan Pinterest untuk beriklan.

Apakah Pinterest gratis?

Tentu saja, Anda bisa gunakan daftar dan menggunakan Pinterest secara gratis.

Apakah Pinterest bisa menghasilkan uang?

Tentu saja bisa, Anda bisa manfaatkan Pinterest untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan referral program dari pihak ketiga atau mempromosikan produk online melalui gambar yang di pinboard ke Pinterest.

Apakah Pinterest termasuk sosial media?

Iya, Pinterest termasuk sosial media yang dapat digunakan untuk berbagi gambar, foto, GIF, hingga video. Bisa unggah sendiri atau ambil dari situs web/ blog.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai Pinterest, manfaat, hingga cara menggunakannya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

CATATAN: Informasi di atas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.