Pengertian Microsoft Excel | Definisi, Sejarah, Fungsi

Jika anda bekerja sebagai seorang administrasi dalam sebuah perusahaan, kata “Excel” mungkin sudah tidak asing lagi bukan? Dengan adanya program ini, pekerjaan jauh lebih mudah daripada menggunakan cara manual. Tidak hanya kalangan pekerja saja, dalam dunia pendidikan Microsoft Excel sering digunakan sebagai media pembelajaran. Selama ini tidak sedikit masyarakat yang menggunakan hanya untuk keperluan sesaat, tanpa perlu mengatahui. Sebenarnya apa sih pengertian, sejarah dan fungsi dari Microsoft Excel ini.

Memang banyak sekali program Spreadsheet yang dapat anda temui di penelusuran Google. Bahkan fitur yang ditawarkan pun saya rasa cukup menarik untuk digunakan. Namun faktanya, Microsoft Excel ini lah yang paling banyak digunakan.

Mungkin jika dilihat dari segi keefektifannya, Excel ini jauh lebih mengungguli dari program lainnya. Banyak hal yang ditawarkan oleh Microsoft Corporation di dalam program Excel. Tentu saja untuk penjelasan lebih lanjutnya, dapat anda simak informasi mengnai pengertian Microsoft Excel berikut ini;

Lihat Juga : 6 Cara Merubah File PDF ke Excel

Apa itu Microsoft Excel?

Definisi Microsoft Excel
Image Source : thedailybeast.com
PengembangMicrosoft
Sistem OperasiWindows
JenisSpreadsheet
LisensiProprietary EULA
Situs Webwww.microsoft.com

Microsoft Office Excel atau biasa dibilang Microsoft Excel, merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan di distribusikan oleh Microsoft Corporation. Selain itu, tidak sedikit para ahli yang mendefinisikan sendiri pengertian dari Microsoft Excel. Sebut saja, menurut Azhar (2019) yang mengatakan “Microsoft Excel adalah program aplikasi Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika)”.

Seperti dengan penamaannya, Microsoft Excel ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. Tentunya program tersebut dapat dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows dan MacOS. Salah satu fitur dari Aplikasi ini adalah kalkulasi dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing yang agresif dari Microsoft.

Jadi tidak heran, apabila Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan sejak dahulu hingga saat ini. Diketahui juga Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan penggunanya untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting. Seperti font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel.

Selain itu, Excel sendiri memiliki banyak keunggulan antar muka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya. Dan juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel yang anda kerjakan. Dengan kata lain, hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut lah yang akan diperbarui nilainya.

Lihat Juga : 9 Cara Mengubah File PDF ke Excel

Sejarah Microsoft Office Excel

Sejarah Microsoft Excel
Image Source : microsoft.com

Microsoft membuat sebuah progam spreadsheet multiplan yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M pada tahun 1982. Namun tidak demikian dalam sistem MS-DOS. Mengapa demikian? Karena dalam MS-DOS sudah berdiri saingannya yakni Lotus 1-2-3. Dalam hal ini lah yang membuat Microsoft memulai pengembangannya terhadap sebuah program spreadsheet yang sekarang dikenal dengan Excel. Tentu saja dengan tujuan untuk melakukan lebih baik lagi dari apa yang dilakukan Lotus 1-2-3.

Pada tahun 1985, versi pertama dari Excel dirilis untuk Macintosh. Dan selang dua tahun kemudian, juga merilis versi Windows-nya pada November 1987. Meskipun terbilang saingan berat dari Excel, namun pada akhirnya Excel mulai menggeser Lotus 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet. Dengan begitu, Microsoft menjadi salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal.

Melihat pencapaiannya tersebut, Microsoft akan terus mengembangkan Excel lebih baik lagi. Diketahui Microsoft rata – rata merilis versi Excel baru di setiap dua tahun sekali. Dan untuk versi Excel untuk Windows saat ini adalah Microsoft Office Excel 2019 (Excel 17), sementara untuk Macintosh sendiri adalah Excel for Mac.

Dalam mencapai target yang diinginkan Microsoft, tentu saja tidak akan berjalan dengan halus. Pada awal kesuksesan tersebut, sempat terdapat masalah yang dialaminya. Sebut saja, seperti penamaan Excel yang menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya. Karena nama Excel tersebut juga merupakan sebuah produk perangkat lunak dari perusahaan bidang industri finansial lainnya. Dan pada akhirnya, Microsoft mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel.

Tepat pada tahun 1993, yang mana pertama kali Excel dibundel ke dalam Microsoft Office. Pihak Microsoft sendiri telah mendesain ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel. Dan pada tahun tersebut juga, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA). Dengan tujuan untuk dapat menambahkan kemampuan Excel dalam melakukan automatisasi Excel dan juga menambahkan fungsi – fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna dalam worksheet.

Lihat Juga : 8 Cara Merubah File Excel ke PDF

Fungsi Microsoft Excel

Mungkin banyak masyarakat yang ingin mengetahui fungsi sebenarnya dari Microsoft Excel. Mengapa demikian? Karena sejauh ini, masyarakat hanya memahami beberapa fungsi dari program ini. Misalnya saja seperti sebagai mengatur data, media belajar untuk berhitung dan sejenisnya. Padahal kegunaan dari MS. Excel ini tidak hanya sebatas itu saja. Disini anda dapat menggunakannya diberbagai kebutuhan fungsi bisnis. Sebagai contohnya adalah menganalisis keuangan dalam sebuah perusahaan, baik perusahaan kecil hingga besar.

Selain itu, kegunaan utama dari Microsoft Excel ini dapat disimpulkan seperti halnya mengentri data, Manajemen data, Akuntansi, Pemrograman, Manajemen waktu & tugas, Manajemen hubungan pelanggan (CRM) serta hampir semua hal dari berbagai aspek dapat diatur dalam program ini. Untuk penjelasan lebih detailnya mengenai fungsi dari Microsoft Excel dapat anda simak pada beberapa poin berikut ini.

  1. Mengatur Data – Dalam hal ini, anda dapat membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas serta menformat data.
  2. Keuangan – Dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan, anggaran, menganalisis, pinjaman, penjualan, pemasukkan, inventaris, serta riset harga.
  3. Perhitungan Waktu dan Tanggal – Dapat meminimalisir kesalahan dalam memasukkan angka dalam data. Dengan kata lain, hal ini berlaku untuk anda yang bekerja dalam bidang terkait tanggal dan waktu.
  4. Fungsi Kompatibilitas – artinya dapat memberikan hasil yang lebih akurat dalam hal perhitungan. Sayangnya fitur ini hanya terdapat pada Excel 2010 keatas. Dengan rumus pilihan, BETADIST, CHIDIST, COVAR, FTEST serta lainnya.

Lihat Juga : 6 Cara Membuka File PDF, DOCX, EXCEL di WhatsApp

Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Kelebihan Microsoft Excel
Image Source : career.uconn.edu

Adapun kelebihan dan kekurangan yang terdapat di program Microsoft Excel ini. Memang hal ini tidak menutup kemungkinan, mengingat disamping adanya kelebihan dalam program. Tentunya memiliki  sebuah kekurangan. Dalam hal ini, tidak semua pengguna yang menyadari akan kekurangan dari MS. Excel. Mengapa demikian? Karena pihak Microsoft sendiri meluncurkan program ini dengan banyak kelebihan yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Dan berikut kelebihan dan kekurangan dari Microsoft Excel yang perlu anda ketahui.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Operasi | Sejarah, Fungsi, Jenis

Kelebihan Microsoft Excel

  1. Tampilan antarmuka yang simpel dan mudah dipahami.
  2. Dapat menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet.
  3. Resource RAM dan Memory yang kecil dibandingkan program sejenis.
  4. Mendukung Visual Basic.
  5. Mempunyai format yang paling populer dan fleksibel.
  6. Penggunaan rumus sangat lengkap, yang mana mempermudah dalam mengolah angka.

Kekurangan Microsoft Excel

  1. Program aplikasi berbayar. (tidak gratis)
  2. Fungsi statistik yang terbatas.
  3. Penggunaan tidak efektif saat memiliki banyak data yang dimasukkan.
  4. Tidak menawarkan berbagai kemampuan grafik yang baik, penyesuaian format standar dan kombinasi kumpulan data yang berbeda.

Lihat Juga : Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Format Ekstensi MS. Excel

Dalam sebuah format file, tentu saja memiliki ekstensi yang berbeda-beda, hal ini juga berlaku di Microsoft Excel. Disetiap ekstensi tersebut, memiliki definisi dan fungsi kegunaan masing-masing. Jika anda penasaran, apa saja ekstensi dalam Microsoft Excel anda dapat mengetahui lebih detailnya dalam tabel berikut ini.

Ekstensi FileKeterangan
.xlsFormat default Microsoft Excel sebelum Excel 12, yang berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
.xltFormat untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12, yang berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
.XMLBiasa dibilang XML Spreadsheet, namun tidak mampu menampung macro VBA.
.xlaFormat untuk Excel Add-in sebelum Excel 12 yang bertujuan untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
.xlsxFormat default worksheet Microsoft Excel 12 yang telah berbasi XML. Namun tidak dapat menyimpan macro VBA.
.xlsmFormat worksheet Microsoft Excel 12 yang telah berbasis XML, tetapi dapat menyimpan macro VBA.
.xlsbFormat worksheet Microsoft Excel 12 yang telah berbasis XML, tetapi dikodekan dalam bentuk biner.
.xltmFormat untuk template worksheet Microsoft Excel 12 yang berbasis XML tetapi mampu menyimpan macro VBA. Dan merupakan pengganti dari format *.xlt
.xlamFormat untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12.

Lihat Juga : 7 Cara Download File di Scribd

Kesimpulan,

Pada dasarnya Microsoft Excel sendiri digunakan secara luas sebagai fungsi dalam hal keuangan dan akuntansi. Dalam hal ini dapat anda temui di banyak organisasi yang menjalankan seluruh fungsi anggaran, perkiraan dan akuntansi mereka dalam Spreadsheet Microsoft Excel. Tidak sedikit orang yang mendefinisikan Microsoft Excel sebagai alat manajemen data. Meski terbilang demikian, faktanya data yang paling sering dikelola adalah keuangan.

Seperti ulasan diatas, yang menyatakan bahwa terdapat perangkat lunak keuangan lainnya yang disesuaikan untuk melakukan tugas tertentu. Meskipun demikian, masyarakat tetap mengandalkan Microsoft Excel untuk menjalankan fungsi pekerjaan sehari-hari mereka.

Perbedaan Microsoft Excel dengan Google Spreadsheet?

Perbedaannya adalah Excel memiliki rumus fungsi dan formatting yang sangatlah lengkap dibandingkan Google Sheets. Disisi lain, Google Sheets menawarkan kecanggihan fitur kolaborasi dengan proses yang lebih cepat, real time serta pengumpulan data otomatis dibandingkan dengan Excel yang memiliki fitur kolaborasi terbatas.

Pengertian Workbook dalam Microsoft Excel?

Wordkbook merupakan sebuah file kerja Excel yang berisi kumpulan – kumpulan dari 1 worksheet (lembar kerja) atau lebih.

Apa itu Worksheet?

Worksheet adalah sebuah halaman lembar kerja yang dimana kita dapat memasukkan data, tabel, grafik dan sejenisnya.

Bagaimana mengunci file Excel dengan Password?

Dengan cara membuka file Microsoft Excel, dilanjut dengan klik File » Info » Protect Workbook » pilih Encrypt with Password » masukkan password » klik Ok.

Bagaimana cara menghilangkan Protected View MS. Excel?

Untuk menghilangkan notifikasi Protected View pada Microsoft Excel, dapat dilakukan dengan dua cara. Yakni melakukan unlock pada dokumen tersebut ataupun dengan men-disable fitur melalui Trush Center. Informasi lebih lengkapnya dapat anda lihat disini.

Itulah informasi yang dapat saya berikan mengenai pengertian Microsoft Excel, sejarah, fungsi, kelebihan serta kekurangannya. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi yang membutuhkan. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan selamat mencoba !!

CATATAN: Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.