12 Fungsi, Manfaat, dan Tools Adobe Photoshop

Di Abad 20-an sekarang ini  telah membawa perubahan besar terhadap perkembangan teknologi. Masyarakat telah disuguhi beragam…

Di Abad 20-an sekarang ini  telah membawa perubahan besar terhadap perkembangan teknologi. Masyarakat telah disuguhi beragam perangkat dan program komputer yang memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah aplikasi dan program yang paling banyak digunakan saat ini. Misal program editor gambar atau foto, pengguna memerlukan sekali program editor untuk mengedit gambar sesuai kebutuhan.

Kebanyakan orang yang memahami program editing lebih memilih memanipulasi atau mengedit gambarnya sendiri daripada harus ke tempat studio foto. Sebut saja aplikasi editor foto Android yang tersedia cukup banyak di Play Store, atau program editor komputer, Adobe Photoshop misalnya. Photoshop telah memberi kemudahan bagi pengguna dalam melakukan editing foto dengan ragam fitur dan fasilitas yang diberikan.

Namun, seberapa-pun populer Photoshop masih banyak sebagian orang yang belum paham, tentang pengetahuan dan penggunaan program ini. Untuk memahami lebih jauh tentang Adobe Photoshop, yuk berkenalan langsung lewat ulasan berikut ini!

Lihat Juga : 8 Fungsi dan Manfaat Menggunakan Gmail

Apa itu Adobe Photoshop?

Apa itu Adobe Photoshop

Adobe Photoshop atau dikenal dengan Photoshop (PS) adalah perangkat lunak pengeditan gambar citra atau sebagai program manipulasi gambar beserta pembuatan efek, yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Photoshop banyak digunakan oleh fotografer, editor foto, maupun perusahaan iklan untuk mengolah ragam gambar menjadi objek yang bagus. Photoshop dikenal sebagai produk terbaik untuk editing foto.

Pengembangan Photoshop sendiri juga selalu mengalami pembaruan, dari versi kedelapan CS (Creative Suite), kemudian versi lanjutan CS2 sampai CS6 hingga versi terbarunya yaitu Adobe Photoshop CC (Creative Cloud).

Adobe Photoshop merupakan editor gambar dengan format Bitmap. Foto-foto dari pengambilan fotografer merupakan jenis format ini, jadi mereka (para fotografer) mengkhususkan program ini untuk melakukan editing dan manipulasi gambar. Walaupun berbasis bitmap, Photoshop juga bisa membaca file raster maupun vektor dengan jenis .png, .gif, .jpeg, dan format lainnya. 

Program Photoshop juga menyediakan ragam fitur editing yang mumpuni, sehingga pekerjaan para kreator akan menjadi maksimal. Format asli .PSD, pada Photoshop dapat diekspor ke beberapa perangkat lunak penyunting media lainnya seperti, Adobe ImageReady, Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects, dan juga Adobe Encore DVD (Penyunting DVD Profesional).

Mode Warna yang dapat digunakan Photoshop:

  • RGB Color Model
  • Lab Color Model
  • CMYK Color Model
  • Grayscale
  • Bitmap
  • Duotone

Jenis Format yang umum digunakan file asli Photoshop:

  • .PSD (Photoshop Document), format yang menyimpan gambar dengan isi bentuk layer, yang meliputi teks, opacity, blend mode, mask, channel warna, channel alpha, clipping paths, pengaturan dua tonal (setting duotone).
  • .PSB sebuah format terbaru dari PSD yang versinya digunakan untuk file berukuran besar (lebih dari 2 GB).
  • .PDD adalah versi yang diperuntukkan untuk mendukung fitur perangkat lunak PhotoshopDeluxe.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Animate CC | Sejarah, Versi, Kelebihan, Fitur Utama

Fungsi dan Manfaat Adobe Photoshop

Fungsi dan Manfaat Adobe Photoshop
Tampilan program Adobe Photoshop | Sumber Gambar : Luminar AI

Photoshop secara umum difungsikan sebagai alat untuk pengeditan gambar dan membuat manipulasi efek pada gambar. Namun ada banyak fungsi detail dari program ini, berikut di antaranya:

  • Editing foto dengan penambahan efek manipulasi.
  • Mengatur tonal warna atau mengubah warna.
  • Menghilangkan atau menghapus objek atau bagian pada gambar.
  • Mengatur ukuran gambar dengan mengubah ukuran kecil atau lebih besar.
  • Membuat kombinasi dua gambar atau lebih menjadi satu kesatuan atau gambar baru.
  • Mengatur resolusi foto.
  • Pengeditan kualitas foto dengan cara mempertajam, menyamarkan (blur), memperhalus, dan meningkatkan tingkat kecerahan gambar.
  • Menggabungkan objek gambar, bentuk, dan foto maupun memotong gambar.
  • dan masih banyak lagi beragam fungsi dan manfaat Photoshop lainnya.

Dari semua fungsi di atas, Photoshop memungkinkan masih bisa digunakan dalam beragam fungsi editing lainnya, tergantung eksplorasi penggunanya. Apalagi Adobe Systems terus membuat perkembangan fitur dan fasilitas terbaru dari program Photoshop.

Lihat Juga : Pengertian Blender | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Tools dan Bagian Adobe Photoshop

Tools dan Menu Adobe Photoshop
Tampilan program Adobe Photoshop. RUDI DIAN ARIFIN

Tool atau bagian utama yang ada pada Photoshop cukup mudah dikenali, karena ini merupakan komponen penting yang akan pengguna gunakan saat membuka program ini.

  1. Layer, adalah lapisan dari kanvas yang berisi satu objek atau gambar yang sedang pengguna desain. Tool ini merupakan bagian penting yang digunakan untuk mengatur tata letak dan susunan lapisan pada kanvas atau lembar kerja Photoshop. Layer memiliki ciri seperti lapisan kaca transparan yang bertumpuk pada panel bagian, biasanya layer tersusun dari lapisan terbawah yang disebut layer background, selanjutnya ada lapisan bentuk atau objek, lapisan warna, lapisan teks, dan ragam objek lainnya.
  2. Tool, adalah alat yang berguna untuk mendesain dan mengedit gambar atau objek.
  3. Menu, merupakan menu bar tempat menyimpan keseluruhan tool pada Photoshop. Menu dapat dilihat pada deretan atas Photoshop, di sana terdapat ragam Menu inti yaitu : File, Layer, Edit, Image, Window, Select, 3D, Filter, Analysis, View, dan Help.
  4. Toolbox, bagian kotak yang berisi kumpulan alat perintah, terletak di bagian kiri lembar kerja kanvas. Beberapa ragam tool ini di antaranya, Move Tool, Marque Tool, Lasso Tool, Quick Selection Tool dan Magic Wand Tool, Crop dan Slice Tool, Brush Tool, Eraser Tool, Gradient Tool dan masih banyak lagi jenisnya.

Lihat Juga : 13 Fungsi, Manfaat, dan Fitur Microsoft PowerPoint

Kesimpulan,

Itulah ulasan mengenai singkat mengenai fungsi, manfaat, serta penggunaan Tools Adobe Photoshop yang bisa Anda pelajari. Untuk Anda, penggemar fotografi maupun pegiat dunia editing, wajib mencoba dan bergelut dengan program ini. Karena fitur dan Tool dari Photoshop cukup beragam untuk memaksimalkan karya editing/ desain yang ingin Anda buat.

Bagi para pemula, jangan lupa untuk belajar dari dasar editing terlebih dahulu terutama pemahaman fungsi Tool Photoshop. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda agar lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…