Pengertian Google Chrome | Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Dengan hadirnya teknologi saat ini, bukan hal yang tidak mungkin bahwa pengguna dapat memperoleh informasi dengan mudah, praktis dan real-time. Tentunya dalam mengakses sebuah informasi akan membutuhkan bantuan seperti halnya media ataupun perangkat. Jika sebelumnya pengguna hanya melihat informasi secara basic, namun dengan adanya internet mereka dapat mengaksesnya secara luas. Misalnya dengan web browser.

Adanya web browser ini dapat dikatakan sebagai alat untuk mengakses website. Dalam hal ini Web browser sangatlah mempunyai peranan penting untuk mempermudah pengguna mendapatkan informasi. Selain itu terdapat banyak sekali web browser yang sudah kita temui, salah satu diantaranya adalah Google Chrome.

Penting untuk diketahui. Jika pengguna ingin mengakses website dengan cepat, maka pilihlah web browser terbaik serta menyediakan fitur – fitur yang dibutuhkan. Google Chrome merupakan salah satu web browser terbaik yang telah dikenal lama oleh masyarakat. Namun pada dasarnya artian Google Chrome sendiri tidak hanya sebatas itu saja. Untuk mengenal lebih tentang sofware ini, simak pengertian Google Chrome pada penjelasan singkat berikut.

Lihat Juga : Pengertian Google Meet | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Apa itu Google Chrome?

Apa itu Google Chrome
Image Source : computerhoy.com
PengembangGoogle
Peluncuran Pertama2 September 2008
JenisWeb Browser & Mobile Browser
Websitewww.google.com/chrome

Google Chrome merupakan browser web lintas platform yang dikembangkan oleh Google. Chrome pertama kali dirilis pada tanggal 2 September 2008. Namun pada awal perilisan Google Chrome, Software ini hanya dapat digunakan untuk sistem operasi Microsoft Windows serta kemudian porting ke Linux, macOS, iOS, dan juga Android.

Secara umum, Google Chrome dapat dikatakan sebagai salah satu aplikasi Browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna Internet saat ini. Lebih lanjut pada bulan November 2020 ini, StatCounter telah memperkirakan bahwasannya Chrome memiliki 70% pangsa pasar browser di seluruh dunia (setelah memuncak pada 72,38% pada November 2018) di PC. StatCounter sendiri merupakan sebuah situs web analisis lalu lintas yang bermulai pada 1999.

Disamping kepopulerannya tersebut, tentu tidak akan lepas dari fitur yang disediakan. Misalnya dengan Google Chrome ini pengguna tidak perlu khawatir lagi soal keamanan, karena software ini akan dipantau dan dikendalikan secara langsung oleh Tim Google. Jadi tidak heran banyak pengguna yang lebih memilih Google Chrome sebagai browser default mereka.

Lihat Juga : Pengertian Gmail | Fungsi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Fitur Google Chrome

Fitur Google Chrome
Image Source : lokadata.id

Terlepas dari pengertian Google Chrome, tentu banyak pengguna telah menyadari. Bahwa terdapat banyak alasan mengapa web browser ini sangatlah diminati oleh pengguna internet. Alasan ini mungkin dapat dikelompokkan menjadi beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah Fitur Google Chrome. Web browser ini hadir dengan berbagai fitur yang siap membantu pengguna dalam mencari informasi secara efektif. Berikut beberapa fitur yang terdapat pada Google Chrome :

1. Tampilan

Tampilan dari Google Chrome sendiri sangatlah User Friendly, artinya pengguna dapat dengan mudah mengoperasikannya tanpa perlu kebingungan. Pada tampilan utama web browser ini mencakup beberapa hal, diantaranya tombol maju/mundur, refresh/batal, menu serta Tab. Dan tentunya dengan menampilkan desain yang minimalis, bersih, sederhana, dan juga modern.

2. Sinkronisasi

Dengan browser Chrome ini, pengguna dimungkinkan dapat menyinkronkan bookmark, riwayat dan setelan di semua perangkat. Dalam hal ini, pengguna dapat mengirim dan menerima data browser yang dipasang melalui Akun Google.

3. Pemblokiran malware dan iklan

Demi meningkatkan kenyamanan penggunanya, Chrome akan selalu menghadirkan fitur menarik dan juga aman digunakan. Misalnya seperti pemblokiran malware dan iklan, dengan fitur ini pengguna diberikan perlindungan pemindaian unduhan. Tentu saja dengan tujuan supaya meningkatkan keamananan data pengguna.

4. Incognito mode

Incognito mode atau disebut dengan mode penyamaran, fitur ini berfungsi untuk mencegah browser menyimpan informasi riwayat, cookie, data situs ataupun masukan formulir secara permanen. Tidak banyak orang mengetahui, bahwasannya Incognito Mode sangatlah bermanfaat. Terutama jika pengguna memiliki kepentingan dan ingin mengakses browser pada perangkat lain.

5. Extensions

Diketahui bahwa Google Chrome menyediakan sebuah fitur Ekstensi. Fitur ini merupakan ekstensi peramban yang dapat memodifikasi Google Chrome. Ekstensi ini juga dibuat dengan menggunakan teknologi web, seperti HTML, JavaScript dan CSS. Terdapat berbagai ekstensi yang dapat pengguna pilih pada Chrome Web Store. Tentunya setiap ekstensi memiliki kegunaan yang berbeda – beda, maka dari itu gunakanlah ekstensi yang paling dibutukan. Misalnya seperti Google Translate, Google Calendar, Zoom Scheduler, atau Clean Master.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Office | Jenis Layanan, Fungsi, Manfaat

Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome

Kelebihan Google Chrome
Image Source : oberlo.com

Sebagai salah satu aplikasi browser yang populer dikalangan pengguna internet, Google Chrome tentu memiliki kelebihan serta kekurangan. Hal ini sangatlah wajar, mengingat setiap web browser memilikinya. Dengan mengetahui beberapa kelebihan serta kekurangannya, pengguna dapat melakukan pertimbangan terhadap software yang akan digunakan. Berikut kelebihan serta kekurangan dari penggunaan Google Chrome.

Kelebihan

  1. Tampilan Modern. Chrome menghadirkan tata letak yang sederhana namun terasa modern. Hal ini diterapkan supaya tidak membingungkan pengguna dalam mengoperasikan Google Chrome.
  2. Performa Cepat. Saat ini terdapat banyak sekali situs web yang dapat memperlambat lajunya browser. Namun dengan Chrome, dapat memprosesnya secara efisien dan menampilkan halaman kompleks dengan cepat, menghemat waktu, menjaga sesi internet dan responsif.
  3. Aman dan Nyaman. Didalam Chrome, pengguna akan diberikan perlindungan ekstra aman. Misalnya dengan mengaktifkan fitur “Safe Browsing” di setelan. Kemudian pengguna disarankan untuk memperbarui Google Chrome secara rutin agar tetap aman dan terlindungi.
  4. Integrasi dengan Google Apps. Salah satu kepopuleran Google Chrome sendiri didapatkan dari kemudahan untuk berintegrasi dengan produk Google lainnya, misalnya Gmail. Dengan memasukkan Gmail ke Chrome, maka secara otomatis akan masuk ke aplikasi google lainnya (Google Analytics, AdSense, Google Ads, dsb).
  5. Fitur Inbuilt yang kuat. Google Chrome dikenal pengguna internet yang memiliki banyak fitur canggih. Misalnya seperti PDF Viewer, yang berguna untuk membuka dan mengedit PDF secara langsung melalui Google Chrome. Atau mungkin fitur Omnibox yang berfungsi untuk membuka URL situs web dan menelusuri langsung menggunakan mesin telusur default.

Kekurangan

  1. Penggunaan Memori dan CPU tinggi. Meski terbilang populer dikalangan web browser, namun Chrome menggunakan lebih banyak RAM dan CPU dibandingkan dengan browser lainnya. Dalam hal ini tentu akan mempengaruhi penggunaan aplikasi lain di komputer pengguna secara paralel.
  2. Pilihan kustomisasi dan opsi terbatas. Jika ingin menggunakan Chrome, pastikan pengguna telah mengetahui segala kekurangannya. Sebagai contoh, Google Chrome tidak mengizinkan penyesuaian dan opsi tertenti seperti browser lain.

Lihat Juga : Pengertian Skype | Fitur, Fungsi, Cara Menggunakan

Tips Google Chrome

Tips Google Chrome
Image Source : businessinsider.com.pl

Sebagai pelengkap dalam ulasan pengertian terkait Google Chrome kali ini, saya akan berbagi beberapa tips yang dapat pengguna coba. Tips tersebut diantaranya adalah bagaimana cara memasang ekstensi, menghemat kuota, serta menghapus cache Chrome. Meski hanya beberapa saja, namun dengan tips ini dapat dipastikan sangat bermanfaat bagi pengguna Google Chrome. Penjelasan lebih detailnya dapat pengguna simak pada point berikut ini :

Cara Memasang Ekstensi Chrome

Adanya Ekstensi dalam Google Chrome ini, pengguna dimudahkan dalam mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Semisal jika pengguna ingin mengunduh file atau data pada situs, biasanya dilakukan dengan beberapa tahap secara. Namun dengan Ekstensi, hanya sekali klik saja pengguna dapat mengunduhnya.

Adapun cara memasang Ekstensi dalam Chrome. Pertama, buka software Chrome, lalu klik Setelan » pilih Ekstensi. Kemudian pada bagian “Ekstensi”, klik Buka Chrome Webstore. Selanjutnya cari dan pilih ekstensi yang pengguna butuhkan. Klik Tambahkan ke Chrome » Tambahkan Ekstensi. Penjelasan lebih lengkapnya dapat pengguna simak disini.

Cara Menghemat Kuota Internet Chrome PC

Salah satu hal menarik yang ada di Google Chrome adalah pengguna dapat menghemat kuota internet. Namun dengan catatan, tips ini hanya berlaku untuk Google Chrome versi PC. Untuk menghemat kuota sendiri, dapat dilakukan dengan cara mengunduh dan memasang ekstensi “Penghemat Data” dari Chrome Webstore disini. Terkait memasang Ekstensi sendiri, dapat pengguna simak pada paragraf sebelumnya atau dengan mengakses tautan ini.

Cara Menghapus Cache Chrome PC & Android

Tips terakhir yang dapat saya berikan adalah menghapus cache. Untuk menghapus cache di Google Chrome sangatlah mudah dilakukan. Yakni dengan cara membuka aplikasi Chrome, kemudian klik icon tiga titik » pilih More tools » klik Clear browsing data. Setelah itu, pengguna akan ditampilkan Popup “Clear browsing data”, lalu centang opsi yang ingin dihapus. Misalnya browsing history, cookies, cache dan lainnya. Jika sudah memilih, silahkan klik Clear Browsing data untuk memulai proses penghapusan.

Lihat Juga : Pengertian YouTube | Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kesimpulan,

Dari ulasan terkait pengertian Google Chrome diatas dapat disimpulkan, bahwasannya Google Chrome merupakan sebuah web browser yang dikembangkan oleh Google dan termasuk salah satu aplikasi browser terbaik. Google Chrome dapat dijalan oleh beragam sistem operasi serta mendukung banyak perangkat, seperti Microsoft Windows, macOS, iOS, dan juga Android. Bukan hal yang mengherankan jika Google Chrome sangatlah diminati oleh pengguna internet. Mengingat web browser yang satu ini telah menyediakan beragam fitur yang siap melayani pengguna dengan aman dan nyaman.

Apakah Google Chrome berbayar?

Tidak, anda dapat memasang Google Chrome secara gratis melalui website resminya disini.

Apakah Google Chrome mendukung semua Sistem Operasi?

Yaa, Google Chrome telah mendukung diberagam sistem operasi seperti Chrome OS, Windows, macOS, Linux, iOS, dan Android.

Apakah Google Chrome aman digunakan?

Tentu saja aman, bahkan Google Chrome dapat dikatakan sebagai salah satu web browser teraman dibandingkan lainnya.

Itulah pembahasan singkat terkait pengertian Google Chrome. Semoga dengan ulasan diatas bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jika anda ingin memberikan tanggapan ataupu pertanyaan mengenai ulasan diatas, silahkan tulis dan kirim melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih!!

CATATAN : Informasi di atas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.