Pengertian LAN – Karakteristik, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Komponen, dan Cara Instalasi

LAN merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area lokal

Pada saat ini banyak sekali bermunculan teknologi baru yang semakin modern dan canggih. Salah satu teknologi yang berkembang cukup pesat pada saat ini adalah internet. Dapat dikatakan hampir setiap hari semua orang dari berbagi kalangan menggunakan internet untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu tidak heran jika internet pada saat ini juga mengalami perkembangan yang cepat. Internet juga dapat dikatakan sebagai salah satu contoh dari jenis-jenis jaringan komputer yang ada. Lalu sebelum berbicara lebih jauh mengenai internet. Apakah Anda mengetahui apa itu jaringan komputer?

Jaringan komputer sebenarnya merupakan sekumpulan perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain. Jaringan komputer juga terdiri dari beberapa macam jenis yaitu LAN, PAN, CAN, MAN, WAN, dan internet. Perlu Anda ketahui bahwa ketiga jaringan tersebut memiliki perbedaan masing-masing baik dari pengertian dan fungsinya. Sebelum membahas mengenai perbedaan ketiganya ada baiknya jika Anda mengenal lebih dalam satu-persatu jaringan komputer tersebut. Yang pertama adalah jaringan LAN. Apa itu pengertian LAN, dan apa saja sejarah, karakteristik, tujuan, fungsi, kelebihan serta kekurangan jaringan LAN? berikut beberapa informasi yang dapat Anda simak.

Lihat Juga : Pengertian Teknik Komputer Jaringan

Pengertian LAN

Pengertian LAN
Sumber Gambar : pixabay.com

Pengertian Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang hanya mencakup area lokal saja, biasanya jangkauan jaringan ini juga sangat kecil atau terbatas. Misalnya jaringan komputer yang ada di kantor, kampus, sekolah, rumah, gedung atau dalam satu ruangan tertentu. LAN juga dapat diartikan sebagai sistem komunikasi komputer yang terbatas pada jarak beberapa kilometer saja dengan koneksi kecepatan sekitar 2 sampai 100 Mbps.

Pada saat ini LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan WiFi atau yang bisa disebut dengan WLAN (Wireless Local Area Network). Dalam jaringan LAN biasanya juga terdiri dari beberapa perangkat seperti kabel UTP, Hub, Switch, ataupun Router.

Lihat Juga : Pengertian RPM

Karakteristik Jaringan LAN

Pengertian Teknik Komputer & Jaringan
Sumber Gambar : unsplash.com

Sebagai jaringan area lokal, LAN juga memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya mudah untuk diidentifikasi dan membedakan dengan jaringan komputer lainnya seperti MAN dan WAN, antara lain:

  • Jaringan tersebut tidak membutuhkan jaringan telekomunikasi operator tambahan.
  • Biasanya digunakan untuk keperluan pribadi.
  • Memiliki kecepatan perpindahan data yang cukup tinggi.
  • Dapat terhubung tanpa adanya internet.
  • Terdapat satu komputer yang bertindak sebagai server dan bertanggung jawab untuk menjaga agar sistem tetap berjalan dengan baik.

Lihat Juga : Pengertian Plug and Play

Sejarah Jaringan LAN

Materi Teknik Komputer & Jaringan
Sumber Gambar : unsplash.com

Sejarah jaringan LAN berawal dari adanya peningkatan permintaan dan penggunaan komputer pada universitas dan laboratorium pada akhir 1960-an. Hal tersebut menjadi awal pemikiran baru bahwa perlu adanya koneksi yang memiliki kecepatan tinggi antara sistem komputer yang ada. Kemudian pada tahun 1970-an dari Laboratorium Radiasi Lawrence menunjukkan pertumbuhan jaringan “gurita” dan menerima pandangan yang baik tentang situasi tersebut.

Pengembangan komputer swasta dan sistem operasi CP / M pada akhir tahun 1970-an. Sistem berbasis DOS dimulai pada tahun 1981. Dengan kata lain, banyak situs berkembang hingga puluhan bahkan ratusan komputer. Dan yang menjadi pendorong awal untuk jaringan adalah berbagi penyimpanan dan printer, di mana kedua perangkat tersebut sangat mahal pada saat itu.

Kemudian pada tahun 1983 disebut dengan tahun LAN, karena pada tahun ini TCP/IP ditampilkan untuk pertama kalinya. Workstation Unix juga menggunakan jaringan TCP / IP untuk periode yang sama. Meskipun segmen pasar saat ini menyusut secara signifikan, namun teknologi yang dikembangkan di area ini terus mempengaruhi jaringan internet, Linux, dan Apple Mac OS X. Kemudian protokol TCP / IP telah menggantikan IPX, AppleTalk, NBF, dan protokol lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Fingerprint

Tujuan Jaringan LAN

Fungsi & Tujuan TKJ
Sumber Gambar : unsplash.com

Adanya jaringan LAN memiliki beberapa tujuan yaitu antara lain:

  • Untuk menghubungkan beberapa komputer dalam ruang yang kecil.
  • Untuk mengaktifkan komunikasi antara komputer dan perangkat lain dalam suatu jaringan sekaligus.
  • Untuk mempercepat proses berbagi data dan program antar komputer pada jaringan.
  • Perangkat komputer seperti printer, server dan lain-lain dapat digunakan bersama melalui jaringan LAN, sehingga dapat menghemat biaya operasional.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Fungsi Jaringan LAN

Pengertian Jaringan Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Pada dasarnya fungsi utama dari sebuah jaringan LAN adalah untuk menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan agar proses kerja menjadi lebih mudah dan cepat. Namun LAN juga memiliki beberapa fungsi lain yang dapat Anda ketahui, misalnya:

1. Dapat menghubungkan lebih dari satu komputer

Jaringan LAN dapat digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih sekaligus. Kedua komputer tersebut dapat dihubungkan langsung dengan menggunakan kabel UTP yang terhubung pada kedua komputer. Sementara itu, jika menggunakan banyak komputer yang dihubungkan, maka perlu menggunakan peralatan lain seperti sakelar dan Hub.

2. Mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain

Kemudian fungsi berikutnya, Anda tidak perlu bolak-balik memasukkan flash disk dari satu komputer ke komputer lain. LAN dapat memungkinkan Anda mentransfer data ke komputer lain melalui metode sharing pada komputer.

3. Dapat digunakan untuk sharing printer

Selain berbagi data, jaringan LAN juga memungkinkan pengguna untuk melakukan sharing printer. Tentunya hal tersebut memudahkan semua pengguna dan menghemat uang. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan driver printer pada Control Panel. Setelah itu printer dapat digunakan ke semua pengguna. Anda dapat menggunakannya tanpa harus memindahkan komputer atau printer tersebut. Kemudian setelah file siap, Anda dapat mencetaknya secara langsung sesuai dengan opsi printer yang tersedia.

4. Adanya LAN Chatting

Anda juga dapat menggunakan jaringan LAN untuk mengirim pesan antar komputer di area LAN Anda. Anda dapat melakukan aktivitas ini tanpa koneksi internet. Anda juga dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows seperti winchat.exe dan LAN Chatting lainnya untuk melakukan obrolan.

5. Dapat digunakan sebagai remote komputer

Pada umunya Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti TeamViewer untuk melakukan aktivitas jarak jauh di komputer Anda. Namun perangkat lunak tersebut hanya akan berfungsi jika komputer Anda terhubung ke internet. Dengan adanya jaringan LAN, maka dapat memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas dari jarak jauh tanpa koneksi internet. Anda dapat menggunakan fitur Remote Desktop Manager / Connection yang disediakan oleh Microsoft dan Anda juga dapat mengontrol komputer di jaringan LAN Anda.

Lihat Juga : Pengertian Input dan Output

Komponen Dasar Jaringan LAN

Komponen Dasar LAN
Sumber Gambar : techdonut.co.uk

Perlu Anda ketahui, bahwa jaringan LAN terdiri dari beberapa komponen dasar yang diatur untuk memungkinkan beberapa komputer dapat terhubung. Komponen dasar tersebut antara lain yaitu:

  • Komponen yang pertama yaitu workstation, merupakan node atau host yang ada pada sistem komputer.
  • Kemudian selanjutnya adalah server, sebuah perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung ke jaringan.
  • Link, merupakan bagian dari jaringan LAN yang secara fisik menghubungkan perangkat seperti workstation dan server.
  • Network Interface Card (NIC), merupakan rangkaian elektronik yang dirancang khusus untuk menangani protokol jaringan.
  • Network Software, yaitu komponen yang digunakan untuk menjalankan jaringan LAN agar dapat berfungsi dengan baik.

Lihat Juga : Pengertian Search Engine

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Kelebihan Kekurangan LAN
Sumber Gambar : pixabay.com

Kelebihan

  • Adanya LAN dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna komputer untuk berbagi resource, sehingga para pengguna juga dapat menghemat biaya pengeluaran karena dapat menggunakan perangkat komputer secara bersama-sama seperti scanner, printer, dan lain-lain.
  • Karena areanya yang kecil, LAN tidak membuang banyak uang. Selain itu, kabel yang Anda gunakan tidak terlalu panjang.
  • Memudahkan pengguna untuk mengakses file yang tersimpan pada komputer lain. Dan file yang tersimpan juga akan terpusat karena akan tersimpan pada server.
  • Koneksi transfer data antar node berjalan dengan cepat melalui LAN.
  • Jaringan LAN tidak memerlukan operator untuk membuat jaringan.

Kekurangan

  • Area koneksi terbatas, hal ini karena LAN hanya mencakup area lokal saja.
  • Keamanan kurang terjamin, karena pengguna komputer lain dapat mengakses data Anda melalui sandi pengguna.
  • Adanya masalah yang terjadi pada server pusat yang dapat berdampak fatal pada jaringan LAN.

Lihat Juga : Pengertian URL

Alat dan Bahan Instalasi Jaringan LAN

Alat dan Bahan Instalasi LAN
Sumber Gambar : pixabay.com
  • Sebelum Anda melakukan instalasi jaringan LAN ada baiknya jika Anda juga mengetahui alat dan bahan apa saja yang harus Anda gunakan.
  • Misalnya seperti alat pertama yaitu Tang Crimping, yang berfungsi sebagai alat pemasang kabel UTP pada konektor RJ-45/RJ-11, dan sebagai pemotong kabel.
  • Kemudian alat selanjutnya yaitu LAN Tester, yang berfungsi untuk mengecek apakah kabel UTP sudah benar-benar tersambung pada konektor.
  • RJ-45, yang berfungsi sebagai konektor kabel UTP.
  • Kemudian kabel UTP itu sendiri.
  • Dan yang terakhir adalah NIC Card, yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer dalam satu jaringan sekaligus.

Lihat Juga : Pengertian Blog

Cara Instalasi Jaringan LAN

Cara Instalasi LAN
Sumber Gambar : easytechjunkie.com
  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menghubungkan kabel UTP dengan konektor.
  2. Kemudian setelah ujung-ujung kabel sudah terhubung pada konektor, lakukan pengujian atau tester apakah kabel lolos instalasi. Jika semua lampu indikator LAN menyala sesuai dengan urutannya maka Anda berhasil memasang kabel-kabel tersebut secara tepat.
  3. Langkah selanjutnya adalah lakukan konfigurasi Computer Name dan Workgroup pada jaringan LAN.
  4. Setelah selesai lakukan setting IP Address.
  5. Dan kemudian LAN dapat Anda uji coba dengan ping melalui Command Prompt yang tersedia.
  6. Selesai.

Lihat Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS

Kesimpulan

Berdasarkan informasi di atas dapat Anda ketahui bahwa LAN adalah jaringan komputer yang hanya mencakup area lokal saja, biasanya jangkauan jaringan ini juga sangat kecil atau terbatas. Misalnya jaringan komputer yang ada di kantor, kampus, sekolah, rumah, gedung, atau dalam satu ruangan tertentu. Dengan adanya LAN pengguna komputer juga dapat merasa lebih mudah untuk mengakses file dari komputer lain. Selain itu mereka juga dapat menghemat biaya karena dapat menggunakan perangkat seperti scanner dan printer secara bersama-sama.

Apa perbedaan jaringan LAN dan WiFi?

Perbedaan jaringan LAN dan WiFi yaitu terletak pada segi instalasi, LAN membutuhkan aplikasi tambahan dan harus melakukan setting IP terlebih dahulu sedangkan WiFi tidak membutuhkan aplikasi tambahan karena sudah tersedia pada OS Windows.

Apa saja contoh jaringan LAN?

Contoh dari jaringan LAN sendiri sebenarnya dapat Anda temukan pada jaringan yang digunakan dalam sebuah warnet, di mana dalam warnet tersebut terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung dan dikendalikan oleh satu komputer utama yang berperan sebagai server. Kemudian kebanyakan warnet biasanya menggunakan jaringan LAN dengan topologi star.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…