7 Cara Aktivasi Windows 10

Beberapa bulan yang lalu, Microsoft telah mengagetkan sebagian besar pengguna komputer / laptop dengan hadirnya versi terbaru dari sistem operasi Windows, yaitu Windows 11. Microsoft hampir merombak secara keseluruhan tampilan pada versi terbaru ini, terutama pada penempatan Taskbar yang semula berada di sebelah kiri, kini menjadi di tengah-tengah. Meskipun Windows 11 menyediakan beragam fitur yang menarik, namun tidak menutup kemungkinan jika masih banyak masyarakat yang lebih menggunakan Windows 10 untuk alasan tertentu. Mungkin saja hal tersebut dikarenakan masyarakat belum siap menghadapi perubahan yang terjadi secara signifikan, sehingga mereka lebih nyaman menggunakan Windows 10.

Tentunya Anda juga telah menyadari bahwa untuk menikmati secara keseluruhan fitur yang pada sistem operasi Windows, pengguna diharuskan melakukan aktivasi terlebih dahulu. Dalam hal ini, tidak sedikit pengguna komputer / laptop yang masih pemula merasa kebingungan saat melakukan aktivasi Windows 10 sendiri. Namun Anda tidak perlu khawatir soal permasalahan tersebut, mengingat Anda hanya perlu menyimak beberapa cara aktivasi Windows 10 berikut ini.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache di Windows 11

Cara aktivasi Windows 10

Dalam melakukan aktivasi Windows 10 dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu memasukkan kode lisensi ketika instalasi Windows sedang berlangsung atau setelah proses instalasi selesai. Namun pada ulasan kali ini, saya menggunakan cara setelah proses instalasi selesai supaya lebih mudah dilakukan dan dipahami.

Sebelum Anda memulai untuk meng-aktivasi Windows 10, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu terkait jenis lisensi yang digunakan. Meskipun informasi ini tidak begitu didengarkan oleh banyak pengguna Windows, akan tetapi menurut saya pribadi hal ini perlu untuk diketahui sebelum membelinya. Di bawah ini merupakan sedikit informasi dari beberapa jenis lisensi Key yang sering kali ditemui oleh pengguna Windows.

  • License OEM – Jenis lisensi yang melekat pada hardware perangkat. Artinya lisensi ini bisa Anda dapatkan ketika membeli komputer atau laptop branded. Lisensi ini tidak dapat digunakan pada perangkat lain karena lisensi OEM merupakan jenis lisensi yang tertanam pada hardware.
  • License Retail – Jenis lisensi yang dapat Anda dapatkan di Microsoft Store atau toko yang menjual lisensi Windows secara resmi. Namun lisensi ini hanya dapat digunakan untuk satu perangkat komputer / laptop saja, meskipun dapat Anda pindahkan ke perangkat lain.
  • License Volume – Jenis lisensi yang dapat Anda gunakan pada lebih dari satu perangkat komputer / laptop di waktu yang bersamaan. Biasanya lisensi ini lebih ditujukan pada perusahaan atau pelaku bisnis yang menggunakan banyak perangkat.

Seperti yang terlihat pada penjelasan di atas, bahwa setiap jenis lisensi memiliki arti dan fungsi yang berbeda-beda. Setelah Anda mengetahui jenis lisensi yang Anda gunakan, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk aktivasi PC Windows 10 yang Anda miliki.

Lihat Juga : Cara Mematikan Aplikasi Startup di Windows 11

1. Aktivasi dengan kode lisensi resmi

Memasukkan License Key Windows 10
1. Memasukkan lisensi resmi Windows 10. WAHYU SETIA BINTARA

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan Windows adalah melalui pengaturan sistem. Solusi ini cukup mudah dan cepat dilakukan, karena hanya dengan mengakses pengaturan sistem, Anda sudah dapat melakukan aktivasi pada Windows 10. Berikut langkah-langkah untuk memasukkan kode lisensinya.

  1. Pertama, nyalakan komputer / laptop Anda.
  2. Setelah itu akses Start menu » Settings » pilih Update & Security.
  3. Jika sudah, pilih tab Activation » klik Change product key.
  4. Setelah itu, masukan lisensi yang Anda miliki » klik Next » lalu klik Activate untuk mengonfirmasi.
  5. Selesai.

Catatan : Cara di atas hanya berlaku bagi Anda yang memiliki kode lisensi resmi dari pihak Microsoft. Jika Anda tidak mempunyainya, silakan Anda lanjut ke tahap berikutnya.

2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain itu Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan Windows 10. Sebenarnya cara ini memang tidak boleh dilakukan, mengingat aplikasi ini mampu meng-aktivasi Windows 10 secara praktis tanpa memasukkan lisensi resminya. Hal ini memang tidak bisa kita pungkiri, karena harga yang ditawarkan untuk lisensi Windows 10 ini cukup mahal, maka dari tidak sedikit pengguna Windows yang mengakalinya dengan berbagai cara, salah satu di antaranya adalah menggunakan software KMSPico.

STEP 1 : Sebelum Anda menggunakan activator-nya, pastikan Anda telah mematikan antivirus pada laptop/komputer. Jika Anda mengguna Windows Security, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Nonaktifkan Semua Opsi Windows Security
1. Menonaktifkan Windows Security. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, akses menu Settings » Update & Security » pilih tab Windows Security.
  2. Jika sudah, klik Open Windows Security » lalu pilih Virus & threat Protection.
  3. Di bagian “Virus & threat protection settings”, klik Manage settings.
  4. Selanjutnya geser mode On menjadi Off untuk mematikan setiap fitur Protection.
  5. Selesai.

STEP 2 : Selanjutnya Anda dapat mengunduh software KMSPico (Anda bisa Google untuk mendapatkannya), kemudian silakan ekstrak file nya » lalukan install aplikasi seperti biasanya.

Install KMSPico Windows
2. Melakukan instal software KMSPico. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Jika sudah terinstall, jalankan software KMSPico » klik Yes untuk mengizinkan aplikasi berjalan. Setelah dialog KMS terbuka, silakan klik tombol Merah » lalu tunggu beberapa saat. Jika berhasil, Anda akan mendengarkan suara notifikasi “Program Completed”.

Aktivasi Windows Dengan KMSPico
3. Menjalankan software KMSPico. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 4 : Lakukan pemeriksaan, apakah Windows 10 Anda telah ter-aktivasi atau tidaknya. Jika sudah ter-aktivasi, silakan nyalakan kembali Protection Windows Security, supaya komputer / laptop Anda tetap terjaga dari serangan virus.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close Windows 10, 8, 7

3. Cara alternatif lainnya

Selain menggunakan software activator Windows, Anda juga dapat meng-aktivasi Windows 10 tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, yaitu dengan memasukkan Product Key secara manual yang dapat Anda cari di penelusuran google. Ini merupakan cara alternatif jika Anda masih bimbang menggunakan software activator Windows. Mengingat ada kemungkinan jika beberapa software tersebut teridentifikasi sebagai virus atau malware berbahaya. Maka dari itu, opsi ini jauh lebih aman untuk digunakan. Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

STEP 1 : Langkah pertama, periksa status Windows 10 Anda. Apakah Anda menggunakan Windows 10 Pro, Windows 10 Home atau edisi lainnya. Berikut cara memastikannya.

Status Aktivasi Windows 10
1. Memeriksa status Windows 10. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, klik ikon Start menu pada Taskbar.
  2. Kemudian akses menu Settings » pilih Update & Security.
  3. Jika sudah, pilih tab Activation » lalu perhatikan pada bagian “Edition” dan “Activation” untuk melihat edisi Windows 10 Anda.
  4. Setelah mengetahuinya, silakan Anda lanjut ke step berikutnya.
  5. Selesai

Jika Windows 10 Anda belum ter-aktivasi, maka di bagian “Activation” di atas akan menampilkan keterangan “Windows si not activated”.

STEP 2 : Selanjutnya buka Command Prompt dengan mode Administrator. Lalu ketika perintah “slmgr /skms kms8.msguides.com” tanpa tanda petik » tekan Enter. Sebelum itu, pastikan komputer / laptop Anda sudah terkoneksi internet.

Perintah SLMGR Windows
2. Menjalankan perintah slmgr di command prompt. WAHYU SETIA BINTARA

Catatan: Jika perintah di atas berhasil dijalankan, maka akan ada pop-up yang muncul dengan keterangan “successfully” » lalu klik OK.

STEP 3 : Kemudian akses menu Settings » Update & Security » pilih Activation » klik Change product key. Lalu masukkan Product Key di bawah ini yang sesuai dengan Edisi Windows 10 Anda.

Memasukkan License Key Windows 10
3. Masukkan kode lisensi Windows 10. WAHYU SETIA BINTARA
Edisi Windows 10 Lisensi Volume
Windows 10 ProW269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX
Windows 10 HomeTX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99
Windows 10 EducationNW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2
Windows 10 EnterpriseNPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43
Windows 10 Core33QT6-RCNYF-DXB4F-DGP7B-7MHX9

STEP 4 : Setelah Anda memasukkan salah satu lisensi Key di atas, silakan klik Next » lalu klik Activate untuk meng-aktivasi Windows 10 Anda.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi RAM Penuh di Windows 10, 8, 7

Penutup,

Ketika Anda sudah mencoba salah satu dari cara di atas, sudah dapat dipastikan Windows Anda akan ter-aktivasi. Anda bisa cek kembali melalui fitur Activation untuk memastikannya. Apabila Windows Anda belum ter-aktivasi, maka beberapa fitur tidak bisa digunakan, salah satu di antaranya adalah tidak bisa mengatur tampilan Windows.

Apakah lisensi OEM dapat digunakan pada perangkat lain?

Tentu saja tidak, karena OEM merupakan jenis license yang melekat pada hardware perangkat.

Apa yang terjadi ketika Windows tidak di aktivasi?

Anda tidak dapat mengatur tampilan Windows sesuai keinginan dan juga akan muncul keterangan watermark “Activate Windows” di bagian pojok kiri bawah Desktop.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang perlu Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.