Pengertian Microsoft Teams – Fungsi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Microsoft Teams adalah sebuah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang terintegrasi dengan produk Microsoft

Kita tahu bahwa sebuah masalah dapat terjadi di mana pun, kapan pun, dan oleh siapa pun. Tepat pada tahun 2020 ini memang terdapat masalah besar yang sedang terjadi di seluruh dunia, misalnya COVID-19. Seperti yang Anda ketahui, bahwa dampak dari Pandemi COVID-19 ini sangat merugikan. Hal ini tidak hanya berlaku di bidang pekerjaan saja, namun dalam bidang pendidikan pun juga demikian. Pembelajaran yang biasanya siswa berangkat ke sekolah, kini telah beralih dari secara online.

Tentu saja hal ini memang tidak mudah dilakukan, mengingat untuk melakukan pembelajaran secara online harus mempertimbangkan berbagai hal. Di antaranya adalah gadget, koneksi internet, serta paket internet. Ketiga hal tersebut lah yang menjadi syarat untuk dapat mengakses aplikasi edukasi, melakukan video conference, ataupun melalui situs belajar online. Terlepas dari hal permasalahan tersebut, saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan aplikasi conference untuk kebutuhan berkomunikasi mereka agar tetap terhubung satu sama lain. Dalam perusahaan pun juga demikian, dengan melihat kondisi lingkungan saat ini bukan hal wajar jika mereka melakukan meeting secara online

Banyak sekali software yang dapat Anda gunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dan berkolaborasi. Di antaranya adalah Slack, Google Meet, serta Zoom. Namun pada artikel ini saya akan mengulas lebih mengenai salah satu software terkait, software tersebut tidak lain adalah Microsoft Teams. Penjelasan lebih detailnya mengenai apa itu Microsoft Teams? Pengertian, fungsi, fitur dan kelebihannya dapat Anda simak di bawah ini.

Lihat Juga : Pengertian Gmail

Apa itu Microsoft Teams?

Apa itu Microsoft Teams
Image Source : digitaltrends.com
PengembangMicrosoft
Sistem OperasiWindows, Linux, macOS, iOS, Android
JenisPerangkat lunak kolaboratif
Websiteteams.microsoft.com

Microsoft Teams adalah sebuah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan fitur percakapan kerja, rapat video, penyimpanan berkas (termasuk kolaborasi berkas) dan integrasi aplikasi. Microsoft Teams ini terintegrasi dengan rangkaian produk Microsoft 365. Selain itu juga dapat diintegrasikan dengan produk selain buatan Microsoft.

Slack merupakan saingan utama dari Microsoft Teams, yang mana Slack juga salah satu aplikasi yang mendukung berkomunikasi tim yang dirilis pada Agustus 2013. Microsoft Teams menggantikan platform perpesanan dan kolaborasi bisnis yang dioperasikan oleh Microsoft. Dalam hal ini dapat dikatakan Teams merupakan hasil evolusi peningkatan dari Microsoft Skype for Business dan menggantikan Microsoft Classroom.

Kemudian Microsoft Teams resmi diluncurkan pada tanggal 14 Maret 2017 melalui sebuah acara di New York. Meskipun terbilang baru, sebelum software ini dirilis terdapat sebuah kendala. Salah satu di antaranya adalah pada tanggal 4 Maret 2016, yang dikabarkan bahwa Microsoft telah mempertimbangkan untuk mengajukan tawaran sebesar $8 milyar untuk Slack.

Namun Bill Gates tidak setuju untuk mengajukan tawaran itu. Menurut Bill Gates sendiri, Microsoft harus fokus untuk mengembangkan Skype for Business. Dan pada akhirnya tanggal 7 September 2017, pengguna mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa “Skype for Business kini bernama Microsoft Teams”. Kemudian hal ini dikonfirmasi melalui ajang konferensi tahunan Ignite yang digelar oleh Microsoft pada tanggal 25 September 2017.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Publisher

Fungsi dan Manfaat Microsoft Teams

Fungsi Microsoft Teams
Image Source : microsoft.com

Terlepas dari pengertian Microsoft Teams pada paragraf sebelumnya. Tentu saja kita mengetahui, bahwa setiap produk yang dirilis oleh Microsoft memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Misalnya Microsoft Word yang berfungsi untuk membuat segala jenis dokumen dengan mudah, praktis dan juga efisien. Atau mungkin Microsoft PowerPoint yang notabene sebagai salah satu aplikasi presentasi terbaik.

Dalam Microsoft Teams ini, pengguna akan menemukan segudang fungsi dan manfaatnya. Salah satu di antaranya adalah untuk membuat komunikasi dan informasi antar pengguna dengan lancar. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai fungsi serta manfaat dari Microsoft Teams ini, dapat pengguna simak pada poin berikut ini.

1. Meningkatkan produktivitas

Microsoft Teams dapat meningkatkan produktivitas dengan membuat semua kolaborasi percakapan, obrolan, meeting, berbagi file, tugas dan sejenisnya dalam satu aplikasi tunggal. Dengan demikian  pengguna dapat berkolaborasi dan membuat diskusi untuk menemukan solusi lebih cepat.

2. Kolaborasi dokumen real-time

Tersedianya fitur kolaborasi dalam Microsoft Teams, dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi dokumen secara real-time. Mulai dari mengubah, mengatur, serta menghapus secara bersama-sama.

3. Adakan rapat dengan kapabilitas penjadwalan

Di samping itu, Microsoft Teams memberikan pengguna gambaran mengenai rapat yang dijadwalkan, waktu, subjek dan daftar orang lain yang akan hadir. Dengan begitu pengguna dapat mengatur secara keseluruhan mengenai rapat.

4. Terintegrasi dengan aplikasi Microsoft

Bukan hal yang tidak mungkin, jika Microsoft Teams juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft lainnya. Seperti Microsoft Word, Excel maupun PowerPoint. Dalam hal ini dapat pengguna manfaatkan untuk mempercepat pengerjaan ataupun lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Skype

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Teams

Kelebihan Microsoft Teams
Image Source : foehn.co.uk

Di samping adanya fungsi dan manfaat yang didapat dari penggunaan Microsoft Teams. Tentu akan lebih menarik jika pengguna mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Mengingat dalam hal inilah yang dapat menentukan apakah Microsoft Teams ini cocok dan berguna untuk kita atau sebaliknya? Karena kebanyakan pengguna sebelum meng-install sebuah software, pengguna harus melakukan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari software tersebut.

Kelebihan

  1. Mudahnya memulai rapat
  2. Mudah untuk berbagi file dan berkolaborasi
  3. Meningkatkan kinerja
  4. Alat komunikasi serba guna
  5. Fitur dan fungsionalitas menarik
  6. Sangat mudah mengorganisir pertemuan
  7. Tersedia alat perekam
  8. Integrasi dengan perangkat lain
  9. Platform all-in-one.

Kekurangan

  1. Struktur file cukup membingungkan. Hal ini terjadi ketika banyak pengguna ingin mengetahui di mana sebuah file berada dan melalui struktur folder untuk menemukannya. Namun cara file yang disimpan pada Teams sangat membingungkan. Jadi segala sesuatu yang diunggah ke percakapan dibuang ke folder akar saluran.
  2. Bandwidth yang besar. Microsoft Teams dapat dikatakan memiliki penggunaan bandwidth yang lebih besar dibandingkan aplikasi sharing / conference lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft OneDrive

Fitur Microsoft Teams

Fitur Microsoft Teams
Image Source : laptopmag.com

Seperti yang saya katakan pada paragraf di atas, bahwa Microsoft Teams ini cukup populer di kalangan software kolaboratif. Berbicara mengenai kepopuleran tersebut, tentu dapat terbagi atas beberapa faktor. Salah satu di antaranya adalah dalam segi fitur. Microsoft Teams hadir dengan berbagai fitur yang siap membantu pekerjaan pengguna supaya lebih efektif. Untuk mengetahui apa saja fitur yang terdapat dalam Microsoft Teams, dapat pengguna lihat pada poin berikut ini.

  • Berbagi file. Pengguna dapat membagikan file kepada rekan kerja secara real-time dan dapat dikolaborasikan, supaya pekerjaan jauh lebih cepat dan praktis.
  • Berbagi layar. Fitur yang memungkinkan pengguna membagikan informasi terbaru kepada semua orang dengan berbagi layar, sehingga audience dapat melihat konten yang sama.
  • Latar belakang kustom. Pengguna dapat mengatur virtual dengan memilih, mengunggah, atau memburamkan latar belakang.
  • Konferensi video. Dengan Teams, pengguna dapat menghadirkan rapat yang lebih di personalisasi dan meningkatkan produktivitas dengan berkolaborasi secara real-time.
  • Live events. Pengguna dapat memperluas konferensi dengan fitur ini secara live untuk rapat besar, webinar, atau acara besar yang mencapai 10.000 peserta sekaligus.
  • Raise hand. Yang berfungsi untuk memberikan sinyal visual saat pengguna ingin menyampaikan sesuatu dalam sebuah meeting.
  • Edukasi. Microsoft Teams memungkinkan seorang guru untuk mendistribusikan, memberikan umpan balik, dan menilai tugas siswa yang diserahkan melalui Teams menggunakan Assignments tab. Pengguna juga dapat membuat sebuah kuis untuk siswa melalui integrasi dengan Formulir Office.
  • Walkie Talkie. Memungkinkan pengguna dapat saling mengirimkan pesan suara.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft OneNote

Kesimpulan,

Beli Lisensi Office 365 Shopee
Beli Lisensi Office 365 di Shopee

Dari pengertian Microsoft Teams yang saya jelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa Microsoft Teams adalah sebuah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu buatan Microsoft. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas secara efisien, mulai dari rapat video, penyimpanan berkas digital, berbagi dokumen ataupun mengerjakan sesuatu bersamaan dengan rekan sebaya secara real-time.

Itulah sekilas informasi yang dapat saya paparkan mengenai pengertian Microsoft Teams beserta fungsi, manfaat, fitur dan kelebihan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi semuanya. Bagikan artikel ke jejaring sosial media Anda supaya berguna. Apabila Anda mempunyai pertanyaan mengenai ulasan di atas, silakan tulis dan kirim melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

Apakah Microsoft Teams gratis?

Microsoft Teams tersedia versi gratis untuk pengguna, namun dengan fitur yang terbatas.

Apa yang dimaksud Microsoft Teams?

Sebuah layanan dari Microsoft yang dapat digunakan untuk berbagi dokumen atau mengerjakan proyek bersama secara real-time.

Apakah Microsoft Teams aman?

Tentu saja Aman, Microsoft Teams melindungi data Anda dengan kemampuan keamanan tingkat lanjut.

Platform apa saja yang didukung Microsoft Teams?

Microsoft Teams dapat dijalankan di platform Windows, MacOS, Android, iOS, dan juga Website.

Berapa harga Microsoft Teams?

Microsoft Teams dapat Anda beli dengan harga mulai dari Rp. 39.100 pengguna/bulan sampai dengan Rp. 312.800 pengguna/tahun. Untuk lebih detailnya dapat Anda lihat di sini.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

  1. Download KomikIndo Apk Terbaru 2022, Baca Komik Sub Indo, Gratis, Lengkap!

    Berikut link download KomikIndo apk versi lama dan terbaru 2022
  2. Download WhatsApp Plus (WA Plus) Apk v11.20 Terbaru 2022

    Berikut link download WhatsApp Plus apk terbaru 2022
  3. WhatsApp Aero v9.45 (WA Aero) Apk Download Terbaru 2022, Anti-Banned!

    Berikut link download WhatsApp Aero terbaru 2022, gratis dan anti-banned!