Pengertian animasi beserta konsep dasar, prinsip, proses produksi, dan jenisnya

Animasi adalah metode di mana sebuah gambar atau objek dimanipulasi untuk menciptakan bentuk yang bergerak

Animasi menjadi karya hiburan spektakuler dari dahulu hingga saat ini. Dari anak-anak hingga dewasa memiliki kegemaran tersendiri ketika melihat tayangan animasi dengan berbagai jenisnya. Menurut sejarah, perjalanan animasi dimulai sejak tahun 1883 dari istilah stroboskopik dalam dasar sinematografi yaitu benda yang digerakkan dengan cara memutar.

Perlu diketahui, animasi merupakan salah satu contoh tayangan gambar bergerak yang dimanipulasi agar seolah-olah terlihat nyata/ hidup. Dulunya, pembuatan animasi dilakukan dengan cara konvensional melalui media kertas yang kemudian ditampilkan pada komputer. Kemudian seiring berkembangnya waktu, teknologi komputer semakin canggih sehingga memungkinkan manusia (Animator) membuat animasi melalui komputer secara lebih cepat dan efisien.

Animasi dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, mulai dari hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih jauh pengertian animasi, jenis, konsep serta peran animasi dalam kehidupan sehari-hari, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian desain grafis menurut para ahli

Apa itu Animasi?

Pengertian Animasi
Wall-E (2008) | IMDb

Animasi adalah metode di mana sebuah gambar atau objek dimanipulasi untuk menciptakan bentuk yang bergerak. Animasi diambil dari bahasa latin yaitu “anima” yang memiliki arti jiwa, hidup, semangat. Karakter animasi itu sendiri merupakan kumpulan gambar (tulisan, objek benda, warna, dan efek khusus) yang dibuat seolah–olah hidup.

Pada zaman tradisional, animasi dibuat dengan obyek gambar yang diwarnai dengan cat atau tangan pada lembaran seluloid transparan untuk dipamerkan dalam foto maupun film. Saat ini teknologi komputer mengubah segalanya, animasi semakin mudah dikerjakan dengan computer-generated imagery (CGI). Jenis animasi sendiri cukup beragam; mulai dari animasi dua dimensi, animasi tiga dimensi, dan juga animasi stop motion.

Perkembangan animasi pada industri kreatif telah merambah luas dengan banyaknya animator-animator handal. Animator membuat berbagai karya animasi untuk industri film, televisi, iklan, olahraga, maupun animasi game. Banyak sekali studio animasi terkenal dunia, beberapa di antaranya adalah:

  • Studio Animasi Amerika Serikat : DreamWorkS SKG, Filmation, Sony Pictures Animation, Walt Disney Pictures, Warner Bros.
  • Studio Animasi Kanada : Atkinson Film-Arts, CineGroupe, Nelvana, National Film Board of Canada.
  • Studio Animasi Eropa : Aardman Animation (Inggris UK), Belvision (Belgia), DIC (Prancis), Centre for Animated Films Cacak (Serbia), CreaSyn Studio (Prancis), Red 3ye Productions (Prancis).
  • Studio Animasi Jepang : Bandai Visual, Studio Ghibli, Sunrise, Tatsunoko Productions, Toel.
  • Studio Animasi China : Beijing Xie Art, Colorland (Hong Kong), Wang Film Productions (Taiwan).
  • Studio Animasi  Filipina : Toon City.
  • Studio Animasi Australia : DisneyToon Studios, Liquid Animations, Yoram Gross Films / Flying Bark Productions.

Lihat Juga : Pengertian Windows

Pengertian animasi menurut para ahli

Pengertian Animasi menurut para ahli
Ilustrasi gambar pengertian animasi | animacstudios.com

Ada beberapa pengertian animasi dari para ahli, seperti inilah pendapatnya:

  1. Wikipedia : Animasi merupakan metode di mana gambar dimanipulasi untuk muncul sebagai gambar bergerak. 1Wikipedia, diakses 03 Februari 2021
  2. Wikipedia Inggris : Animasi merupakan cara membuat film dari banyak gambar diam. Gambar tersebut di satukan satu demi satu, dan kemudian dimainkan dengan kecepatan ‘speed’ untuk memberikan gerakan ilusi. 2Simple English Wikipedia, diakses 04 Februari 2021
  3. KBBI : Animasi/ani·ma·si/ n acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga tampak di layar menjadi bergerak. 3Kamus Bahasa Indonesia Edisi Elektronik. Pusat Bahasa, 2008
  4. Kamus Oxford (English) :  Animasi merupakan proses pembuatan film, video, dan permainan komputer di mana gambar, model, atau gambar orang dan hewan tampaknya bergerak. 4Oxford Advanced Learner’s Dictionary, diakses 03 Februari 2021
  5. Kamus Oxford (American English) : Animasi merupakan sebuah film di mana gambar manusia dan hewan tampaknya bergerak. 5Oxford Advanced American Dictionary, diakses 03 Februari 2021
  6. Hallas, John & Roger Manvell : Animasi merupakan seni yang memberikan penglihatan gerakan dari suatu obyek yang tidak bergerak. 6Hallas, John & Roger Manvell, 1971. The technique of film animation, London: The Local Press
  7. Clarck Robinson : Animasi adalah aksi animasi atau yang dianimasikan, mempunyai kehidupan, kesenangan, ketajaman, dan kebahagiaan hidup. 7Harrap’s reference, harrap’s dictionary of arts and artists, London: clarck Robinson, 1990 p. 97
  8. Ibiz Fernandez McGraw– Hill/ : Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan. 8Ibiz Fernandez McGraw– Hill/Osborn, California, 2002
  9. Adinda & Adjie : Animasi merupakan serangkaian gambar gerak cepat yang continue atau terus-menerus yang memiliki hubungan satu dengan lainnya. Animasi yang awalnya hanya berupa rangkaian dari potongan-potongan gambar yang digerakkan sehingga terlihat hidup. 9Adinda & Adjie, 2011
  10. Menurut Vaughan : Animasi adalah usaha untuk membuat presentasi statis menjadi hidup. 10Vaughan, 2004
  11. Maestri & Adindha : Animasi dijelaskan sebagai seni dasar dalam mempelajari gerak suatu objek, gerakan merupakan fondasi utama agar suatu karakter terlihat nyata. Gerakan memiliki hubungan yang erat dalam pengaturan waktu dalam animasi. 11Maestri & Adindha, 2006
  12. The Making of Animation, Animasi diambil dari bahasa latin, “anima” yang artinya jiwa, hidup, nyawa, dan semangat. Animasi adalah gambar 2 dimensi yang seolah-olah bergerak, karena kemampuan otak untuk selalu menyimpan/mengingat gambar sebelumnya. 12The Making of Animation, 2004
  13. Bloop Animation : Animasi adalah seni menghidupkan ilustrasi sebuah benda mati atau karakter.
  14. Hive Studio : Animasi adalah perubahan cepat dari gambar yang berurutan untuk menciptakan suatu ilusi gerakan. 

Lihat Juga : Pengertian Multimedia

Konsep dasar animasi

Konsep dasar animasi
Spring | blendernation.com

Berikut ini merupakan penjelasan rinci mengenai konsep dasar animasi:

  1. Movie – Merupakan gerakan animasi (movie clip) yang dirangkai dengan menggunakan efek dan suara  yang sejalan dengan alur gerakan animasi tersebut.
  2. Objek – Dalam dunia animasi merupakan bentuk berupa makhluk hidup dan benda mati yang disiapkan sebelum membuat sebuah animasi. Objek yang sudah digambar atau disiapkan akan dilakukan penambahan gerakan sesuai alur yang ditulis agar tercipta animasi.
  3. Teks – Merupakan bagian dari cerita animasi dalam bentuk tulisan. Ada tiga kategori teks, yaitu teks statis, teks dinamis, dan teks input.
  4. Sound – Merupakan penambahan elemen suara pada  proyek animasi yang berguna untuk menyampaikan isi, pesan, maupun suasana cerita animasi.

Lihat Juga : Pengertian Layout Desain

12 prinsip utama dalam membuat animasi

Prinsip dalam pembuatan animasi
Prinsip utama dalam pembuatan animasi | nerdist.com

Dalam pembuatan animasi, animator harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut:

  1. Solid Drawing (Kemampuan Menggambar) – Prinsip utama dalam pembuatan animasi yaitu kemampuan menggambar suatu objek dengan baik dan benar. Kemampuan menggambar seseorang juga harus memperhatikan komposisi dari objek agar terlihat realistis dan menarik.
  2. Timing (Waktu) – Merupakan penentuan waktu yang tepat untuk memberikan gerakan pada karakter animasi.
  3. Anticipation (Antisipasi / Gerakan pendahulu) – Prinsip animasi dalam membuat objek gerakan untuk tampil secara berurutan, sehingga penonton dapat memahami dan bisa menangkap penampilan animasi tersebut.
  4. Ease In & Ease Out (Percepatan dan Perlambatan) – Merupakan prinsip pengaturan waktu dan pengaturan tampilan sebuah animasi dari satu adegan ke adegan yang lain. 
  5. Arcs (Lengkungan) – Merupakan keindahan gerakan pada bentuk karakter atau objek animasi dengan konstruksi gerakan halus. Model lengkungan (Arcs) ini bisa ke arah atas, bawah, samping kiri dan juga kanan. Misalnya, gerakan tumbuhan terbawa angin akan dibuat dengan sangat indah agar akan terlihat realistis. 
  6. Follow Through and Overlapping Action (Gerakan Pengikut) – Prinsip ini merupakan gerakan penutup yang mengikuti gerak objek sebelum scene tiba-tiba berhenti.
  7. Secondary Action (Gerakan Pendukung) – Merupakan gerakan tambahan pada animasi berupa aksi karakter dan ekspresi , agar terlihat seimbang dan nyata.
  8. Squash and Strecth (Menekan dan Melentur) – Pembuatan gerakan animasi seakan-akan objek bereaksi menekan dan melentur, agar gerakan karakter semakin realistis dan menarik.
  9. Exaggeration (Melebih-lebihkan) – Prinsip untuk membuat suatu ekspresi dan aksi karakter yang lebih meyakinkan, seperti halnya karakter yang sangat lucu, atau sangat garang.
  10. Straight Ahead and Pose to Pose – Animator menyiapkan perencanaan pembuatan animasi dari awal. Pekerjaan dimulai dari membuat gambar objek, selanjutnya menciptakan gerakan demi gerakan untuk merangkai animasi yang dikehendaki.
  11. Staging (Tata Gerak) – Merupakan penataan gerak dengan membuat karakter berekspresi atau beraksi pada objek satu dan lainnya, agar penonton dapat mengenali objek atau karakter dalam animasi.
  12. Appeal (Daya Tarik Karakter) – Prinsip pembuatan animasi dengan memperhatikan kualitas bagusnya objek dari bentuk, gambar, karakter, suara, efek, dan karakter animasi. Upaya ini untuk memikat perhatian penonton agar lebih tertarik.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Acrobat Reader

Kombinasi animasi

Kombinasi dalam pembuatan animasi
Kombinasi dalam pembuatan animasi | animeherald.com
  1. Kombinasi 2D dan 3D – Merupakan teknik penggabungan Animasi 2D dengan 3D. Contoh animasi ini adalah film The Road to Eldorado, Titan dan lainnya.
  2. 2D & Live Shot – Merupakan teknik penggabungan Animasi 2D dengan Live Shot. Contohnya seperti film Space Jam, Osmosis Jones, dan sejenisnya.
  3. 3D & Live Shot – merupakan teknik penggabungan Animasi 3D dengan Live Shot. Contohnya yaitu, film Jurassic Park, Jurassic World, Lord of The King, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo, dan sejenisnya.

Lihat Juga : 13 Aplikasi Kompres Foto PC & Mac Terbaik

Jenis-jenis animasi

Jenis-jenis animasi
Jenis-jenis animasi berdasarkan karakter dan teknik pembuatannya | Unsplash.com

Animasi hadir dalam banyak jenis yang dibagi menjadi 2 sisi, berdasarkan bentuk karakter dan berdasarkan teknik pembuatannya. Simak penjelasannya berikut ini

Berdasarkan bentuk karakter

1. Animasi Sel (Animasi Tradisional)

Merupakan jenis animasi generasi tertua yang dimulai pada abad 20. Kata cell diambil dari kata “celluloid” yaitu materi untuk membuat film gambar bergerak pada zaman dahulu. Animasi cell dibuat dari lembaran-lembaran animasi tunggal pada masing-masing sel terpisah kemudian digerakkan sedikit demi sedikit untuk menghasilkan animasi utuh. Animasi sel (Cell Animation) diciptakan oleh Earl Hud dan John Bray sekitar tahun 1914. Mereka menciptakan animasi cell untuk mempermudah pembuatan animasi.

Traditional Animation Demo | The Art of Aaron Blaise

Animasi sel digerakkan dari rangkaian gambar obyek kemudian di transfer ke plastik transparan (celluloid transparent) dan diwarnai oleh Ink and Paint Department. Setelah proses selesai film akan direkam dengan multiplane camera dalam ruangan hitam dan obyek gerak akan dibuat terpisah dengan mengatur latar depan (foreground) dan belakang (background) yang statis. Cara ini juga termasuk siasat animator agar dapat memperbanyak pembuatan gambar. Saat ini animasi tradisional masih dipakai dalam computer dengan menggambar obyek melalui tablet khusus. Contoh animasi sel yaitu Pinocchio (1940), Animal Farm, Tom & Jerry, Akira, dan The Brak Show.

2. Animasi Stop Motion

Merupakan film animasi yang dibuat dengan teknik manipulasi objek gambar yang difoto secara individual gerakan demi gerakan sehingga nantinya akan muncul gerakan independen saat rekaman foto diputar kembali. Stop motion juga sering disebut animasi claymation karena model pembuatannya sering menggunakan tanah liat. Selain itu ada model lain yang dapat digunakan seperti, boneka, plastisin. Stop motion juga dapat dibuat dengan bahan karakter dari kertas, kain, dan foto, karakter ini disebut dengan animasi cutout.

Negative Space

Seiring waktu karakter pembuatan animasi stop motion semakin beragam dan lebih sempurna dari zaman dahulu. Sebut saja film animasi stop motion ini yaitu The Nightmare Before Christmas (1993), Mary and Max (2009), Coraline (2009), The Boxtrolls (2014), Anomalisa (2015), Kubo and the Two Strings (2016), Isle of Dogs (2018), Missing Link (2019) dan masih banyak lagi. Referensi film animasi tersebut merupakan penggambaran karakter animasi stop motion dengan teknik gerakan yang sangat indah dan sempurna.

3. Animasi 2D (2 Dimensi)

Animasi 2D lebih biasa dikenal sebagai film kartun. Animasi dua dimensi atau 2D ditandai dengan karakter dan objeknya yang dibuat dalam ruang dua dimensi dan memiliki panjang (x-axis) dan (Y-axis). Obyek dua dimensi (2D) berasal dari sketsa atau gambar yang digerakkan atau dianimasikan dalam media komputer secara berurutan untuk menghasilkan gambar bergerak realistis atau tampak hidup.

We Bare Bears | Cartoon Network

Animasi jenis ini merupakan jenis animasi yang utama dalam pembuatan film animasi kartun, selain itu juga dipakai untuk animasi video pemasaran, iklan, promosi perusahaan, materi pendidikan video game, dan masih banyak lagi. Beberapa film kartun animasi 2D ini seperti, Tom & Jerry, Scooby Doo, Spongebob Squarepants dan lain-lain.

4. Animasi 3D (3 Dimensi)

Animasi 3D adalah jenis animasi yang diciptakan dari gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Animator menciptakan animasi 3D dengan memanipulasi model objek 3D dengan bantuan software komputer seperti 3Ds Max, Blender, Maya, Cinema 4D dan lainnya. Proses pembuatannya sendiri dibagi dalam tiga tahap, yaitu modelling, layout and animation, dan rendering.

Spring | Blender

Tahap modelling adalah proses pembuatan objek 3D maupun karakter dalam animasi di komputer. Layout Anda animation adalah proses pengaturan posisi objek dan menggerakkan objek 3D agar menjadi animasi atau objek hidup. Kemudian langkah terakhir yaitu rendering, merupakan tahap mengolah semua proyek dari awal sampai akhir untuk mendapatkan hasil film animasi.

Hampir semua pembuatan animasi 3D ini dikerjakan dengan software komputer dan juga disebut animasi CGI (computer-generated imagery). Animasi 3D juga merupakan generasi lanjutan dari animasi 2D yang membedakan hanya bentuk model dan obyek. Beberapa film animasi 3D yang populer yaitu, Toy Story 2 , Finding Nemo, Happy Feet, Bugs Life, AntZ, Ice Age, Monster Inc. dan masih banyak lagi.

5. Motions Graphics

2D Motion Graphics | Francis.J Motion Designer

Motion Graphics merupakan animasi desain grafis, yang berfokus pada kemampuan gerakan elemen grafis, bentuk, dan juga teks. Animasi ini biasanya dipakai untuk iklan, explainer videos, animasi judul film, telling a story, branding, promosi produk, dan animasi logo.

6. Animasi Jepang (Anime)

Animasi dengan gaya jepang ini disebut dengan “Anime”. Animasi jepang ini memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan animasi buatan Eropa maupun Amerika. Anime Jepang dibuat dengan gambar tangan dan juga animasi komputer CGI. Selain itu, anime juga sering didasarkan pada komik Jepang yang disebut Manga dan Novel Grafis.

Hyouka | Muse Indonesia

Kebanyakan kartun anime disukai bagi kalangan penggemar anime, genre dari anime ini juga beragam mulai dari genre dewasa, juga genre untuk anak-anak. Beberapa anime terkenal dari animasi jepang seperti, Kimi ini Todoke, My Neighbot Toroto, Princess Mononoke, Spirites Away, NiNoKuni, Modest Heroes, dan A Whisker Away.

Untuk Anime genre anak seperti Stand By Me Doraemon (2014), Doraemon (1979), Detective Conan (1996), Hataraku Saibou (2018), Captain Tsubasa (1983), Chibi Maruko-chan (1995), Tetsuwan Atom (1980), Tottoko Hamtarou (2000), dan masih banyak lagi.

Berdasarkan Teknik Pembuatannya

1. Animasi Frame

Animasi frame merupakan teknik pembuatan animasi dengan menggunakan rangkaian gambar yang digerakkan bergantian dalam satuan fps (frame per second). Animasi ini merupakan bagian teknik pembuatan animasi dari Adobe Flash atau Animate. Dengan Flash Anda dapat membuat animasi frame by frame dan animasi tweening.

Membuat animasi | Gusti Fathur Rakhman

Animasi Frame by Frame dibuat dengan cara menggerakkan objek atau gambar frame per frame secara berurutan dan memberikan kecepatan tertentu, sehingga gambar terlihat bergerak. Sedangkan Animasi motion tween atau tweening digunakan untuk membuat gerakan animasi yang teratur dengan prinsip objek dibuat di frame pertama dan terakhir saja, dan frame lainnya dibuat secara otomatis.

2. Animasi Path

Animasi path | Ardiansyah Zrv

Animasi Path merupakan teknik pembuatan animasi dengan menggerakkan objek berdasarkan pada suatu garis yang telah ditentukan. Objek yang dibuat akan bergerak mengikuti lintasan garis awal hingga akhir, contohnya seperti animasi kereta api. Animator biasanya membuat animasi path dengan cara perulangan sehingga animasi objek dapat berjalan ulang hingga waktu tertentu.

3. Animasi Spline

Animating splines in cinema 4D | Aleksey Voznesenski

Animasi Spline dibuat untuk menggerakkan objek mengikuti garis lintasan berbentuk kurva matematis. Berdasarkan hasilnya animasi spline ini lebih halus dibandingkan dengan animasi path. Untuk mencoba membuat animasi ini dapat menggunakan software Flash atau Adobe Animate, di mana dalam pembuatannya Anda harus menambahkan action script agar menghasilkan lintasan kurva matematis dan menjadi animasi spline.

4. Animasi Sprite

Sonic’s Halloween Mayhem (Sprite Animation)

Animasi Sprite digunakan untuk membuat setiap objek bergerak secara mandiri (sprite) dengan tampilan latar belakang diam (statis). Cukup berbeda dengan animasi sel dan animasi frame by frame, animasi sprite dapat membuat objek bergerak tidak dalam waktu bersamaan karena memiliki fps (frame per second) yang berbeda. Beberapa contoh animasi sprite seperti, animasi bola memantul, animasi burung terbang, animasi rotasi galaxy atau planet, dan sejenisnya.

5. Animasi Clay

Animasi ini sering disebut sebagai animasi boneka (doll) karena pembuatannya menggunakan model boneka dari tanah liat ataupun material lain. Teknik pembuatan animasi clay ini adalah salah satu cara untuk membuat animasi stop motion. Animasi ini dikerjakan dengan cara menggerakkan boneka perlahan-lahan, kemudian difoto secara berurutan, setelah proses pengambilan gambar obyek selesai, foto dijadikan rangkaian beruntun untuk dijalankan  dalam kecepatan tertentu sehingga menghasilkan gerakan yang realistis dan unik.

DISTORTION. A Stop motion Animation by Guldies

Beberapa animasi dari tanah liat atau animasi clay ini meliputi, Gumby, Wallace and Gromit, Robot Chicken, Bob the Builder, Shaun the Sheep dan lainnya.

6. Animasi Karakter

Animasi karakter ini banyak dikaitkan dengan proses pembuatan film animasi 3D. Animator harus merencanakan prinsip pembuatan karakter obyek animasi menggunakan model ekspresi, bentuk dan gerakan secara real time untuk menghasilkan animasi yang unik dan menarik. Pengerjaan animasi ini selalu menggunakan komputer, dan merancang sketsa model dengan cara manual yang nantinya dapat di scan untuk membuat modelling di komputer.

3D Animation Student Showcase 2020 | Animation Mentor

Pembuatan animasi karakter ini menggunakan software modelling dan animasi 3D meliputi, 3ds Max, Maya, Blender, dan sejenisnya. Selanjutnya proses editing animasi dalam video dengan menambahkan beberapa efek karakter dan juga suara karakter.

7. Animasi Vektor

Animasi vektor merupakan animasi yang dibuat dalam bentuk grafis vektor. Animasi ini memiliki tampilan grafis yang halus dan berkualitas jernih karena memiliki resolusi yang tinggi walaupun di ubah ukurannya. Program umum yang biasanya dipakai untuk mengerjakan animasi vektor ialah Adobe Flash (saat ini Adobe Animate).

ROUTINE | leramakes

Beberapa format vektor yang paling umum meliputi, AI, DXF (AutoCAD DXF), CGM (Computer Graphics Metafile), EPS (Encapsulated PostScript), dan PDF (Portable Document Format). Selain itu para animator juga menggunakan format EVA (Extended Vector Animation) yaitu format file vektor berbasis web, format ini paling popular di Jepang.

Lihat Juga : Pengertian Smartphone

Kesimpulan,

Animasi merupakan sebuah teknik khusus untuk membuat gambar terlihat hidup dan bergerak dalam bentuk grafik komputer. Canggihnya teknologi saat ini mendorong para animator untuk menciptakan proyek animasi yang semakin hebat dan berkualitas. Karya animasi sendiri telah menjadi bagian dari hiburan kehidupan masyarakat seluruh dunia dengan beragam film animasi yang unik. Tidak heran, jika karya animasi tidak pernah mati dan selalu menjadi tontonan yang menarik.

Dari ulasan di atas, penulis berharap agar pembaca dapat memahami pengetahuan animasi mulai dari pengertian, konsep dasar, dan jenis-jenis animasi Bagikan artikel ini ke sosial media Anda agar semakin berguna dan bermanfaat.

Apa yang di maksud dengan animasi?

Secara umum, animasi adalah rangkaian gambar bergerak dari kumpulan obyek yang disusun berurutan sesuai dengan alur cerita pada kecepatan waktu tertentu. Obyek yang digerakkan dapat berupa (obyek makhluk hidup, benda, tulisan, angka, dan elemen lainnya).

Apa perbedaan Animasi 2D dan 3D?

Animasi 2D adalah usaha animator dalam menggerakkan obyek gambar dalam karakter dua dimensi (2D), sedangkan Animasi 3D adalah usaha animator dalam menggerakkan obyek gambar dalam karakter tiga dimensi (3D).

Apa saja yang termasuk ke dalam software animasi?

Software Animasi 2D; Adobe Animate, Synfig, Moho Pro 12, Pencil 2D, Anime Studio, dan masih banyak lagi. Software Animasi 3D; Blender, 3ds Max, Maya, KeyShot, Macromedia Director, dan masih banyak lagi.

Apa saja jenis-jenis animasi?

Animasi dapat dikategorikan dalam beberapa jenis, namun secara umum pengetahuan jenis animasi ada 5 meliputi : Animasi Tradisional (Cell Animation), Animasi 2D, Animasi 3D, Motions Graphics, dan Animasi Stop Motion.

Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan mengenai animasi, silakan tulis di kolom komentar. Terima Kasih!


Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Fungsi Free Transform Tool pada Adobe Photoshop

    Free Transform Tool dapat digunakan untuk mengatur objek gambar atau foto sesuai keinginan
  2. 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

    Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang untuk mengatasi…
  3. 8 Cara Aktivasi Microsoft Office 2013

    Anda bisa aktivasi Microsoft Office 2013 dengan menjalankan perintah CMD atau menginstall program activator