Pengertian Instagram | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Bagi mereka yang melek akan dunia teknologi mungkin serasa tidak asing lagi dengan Instagram. Tapi bagi sebagian orang yang mungkin tidak begitu memahami perkembangan teknologi digital mungkin masih kurang memahami apa itu Instagram. Platform yang saat ini sedang naik daun dan ramai digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Generasi millenial dan generasi z adalah yang paling ahli dalam menggunakan Instagram.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari kompas.com, yang dilansir dari perusahaan analisis sosial media marketing NapoleonCat tahun 2019, total pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka 59.840.000 atau sekitar seperempat penduduk Indonesia. Perempuan adalah yang paling dominan menggunakan Instagram dengan jumlah 50,8 persen, sedangkan pria dengan jumlah 49,2 persen.

Pertumbuhan pengguna Instagram dari waktu ke waktu juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Selain sebagai media informasi dan komunikasi antar pengguna, Instagram juga menjadi peluang bisnis online model baru. Bagi anda yang merasa belum memahami apa itu Instagram, sejarah, dan manfaatnya, melalui artikel ini anda bisa dapatkan penjelasan lengkapnya. Berikut ulasannya;

Lihat Juga : Pengertian Sistem Operasi | Sejarah, Fungsi, Jenis

Pengertian Instagram Secara Umum

Pengertian dan Fitur Instagram
Image source : medium.com

Secara istilah Instagram diambil dari kata “Insta” yang berasal dari kata “Instan”. Nama ini diambil dari kamera polaroid dimana merupakan kamera instan yang langsung jadi seketika. Sedangkan kata “gram” diambil dari kata “Telegram” yang mampu mengirim informasi secara cepat. Dalam hal ini, kata kata yang dibuat sesuai dengan tujuan Instagram yang mampu mengirim foto dan video dalam jaringan internet secara instan dan cepat. Selain disebut Instagram, orang masa kini lebih suka menyebutnya IG atau Insta.

Dari definisi singkat tersebut, secara umum Instagram dapat diartikan sebagai aplikasi yang dapat difungsikan sebagai media berbagi foto dan video dalam sebuah jejaring sosial, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video, dan menambahkan filter untuk menambah kesan menarik pada foto. Utamanya, Instagram lebih difokuskan pada perangkat smartphone seperti Android dan iOS. Namun pengguna tetap dalam menjalankan Instagram dalam mode web app meskipun dengan fitur terbatas.

Sama seperti jejaring media sosial lainnya, Instagram memiliki konsep interaksi antar pengguna dengan mengikuti (following) atau pengikut (follower). Pengguna juga dapat menambahkan komentar pada foto maupun video, menyukai, mengirim, hingga menyimpannya dalam sebuah akun.

Lihat Juga : Cara Daftar Instagram

Sejarah Instagram

Sejarah Instagram
Image credit : nuchylee | DepositPhotos
Perancang awalKevin Systrom, Mike Krieger
PengembangFacebook
Rilis perdana6 Oktober 2010
Sistem OperasiiOS, Android, Windows 10 Mobile, Windows 10
Peringkat Alexa26 (7 September 2020)
Situs webinstagram.com

Instagram pertama kali dikembangkan di San Francisco, Amerika Serikat oleh perusahaan startup Burbn, Inc dari CEO Kevin Systrom dan Mike Krieger. Versi pertama dari Instagram adalah Burbn yang hanya dapat digunakan pada perangkat iPhone. Pada awalnya, versu Burbn terlalu banyak fitur-fitur, akhirnya Kevin Systrom dan Mike Krieger mulai memfokuskan fitur untuk berbagi foto, komentar, dan menyukai.

Pada tahun 2012, Facebook resmi mengakuisisi Instagram senilai $1 juta dalam bentuk tunai dan saham. Beberapa waktu kemudian, Instagram rilis untuk perangkat Android. Dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali waktu kurang dari 1 hari. November 2012, Instagram rilis pada bentuk web app sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui browser desktop meskipun dalam fitur terbatas.

Maret 2014, Instagram merilis Geotagging yang memungkin pengguna menambahkan lokasi pada foto. Fitur ini dapat digunakan secara real-time dan tepat ketika pengguna mengaktifkan GPS pada smartphone. Namun perkembangan Instagram saat ini telah memungkinkan pengguna menambahkan lokasi foto; semisal kota atau tempat liburan tanpa harus mengaktifkan fitur GPS.

Instagram Luncurkan LOGO Baru

Mei 2016, Instagram meluncurkan logo baru dengan desain yang lebih berwarna dan modern. Paduan menarik dari warna kuning, merah jambu, ungu, dan jingga menjadi perubahan besar Instagram. Hal ini juga dibarengi dengan perubahan Layout, Boomerang, Hyperlapse, dan user interface yang lebih flat dan minimalistic.

Juni 2018, Instagram memperkenalkan IGTV yang memungkinkan pengguna menambahkan video dengan durasi yang lebih lama. Menariknya, IGTV hadir dengan tanpa iklan sama sekali, hal ini disampaikan langsung oleh Kevin Systrom selaku CEO Instagram. Agustus 2020, Instagram merilis fitur baru yakni “Instagram Reels” yang mirip dengan aplikasi Tik Tok dengan memanfaatkan teknologi AR (Augmented Reality).

Lihat Juga : Ukuran Foto dan Video Instagram

Tujuan dan Manfaat Instagram

Tujuan dan Manfaat Instagram
Image source : instagram.com

Perkembangan dan perubahan Instagram dari waktu ke waktu memiliki dampak luas biasa dalam kehidupan. Sosial media seperti Instagram tidak hanya digunakan sebagai media interaksi dan komunikasi, berbagi foto maupun video, namun lebih dari itu. Instagram menjadi media baru yang mampu meng-influence semua orang.

Mungkin dimasa lalu ketika pengguna smartphone masih sedikit dan pengetahuan yang terbatas membuat Instagram hanya digunakan sebagai media interaksi sosial, namun saat ini Instagram telah berevolusi sebagai media hiburan, edukasi, inspirasi, hingga bisnis. Beberapa hal dibawah ini mungkin bisa membuka wawasan lebih jauh mengenai Instagram saat ini hingga masa depan.

1. Saling Interaksi Antar Pengguna

Sama seperti sosial media lainnya, Instagram memiliki fungsi dan tujuan utama untuk saling berinteraksi antar pengguna, mulai dari berbagi foto dan video, berkirim pesan (direct messenger), menambahkan komentar, dan lainnya. Mark Zuckerberg selaku Founder Facebook, induk dari Instagram memiliki motto “Bringing the World Closer Together”.

Ini menunjukkan bahwa Instagram memiliki peranan penting dalam berinteraksi. Instagram juga terus menghadirkan fitur-fitur baru yang mampu memanjakan penggunanya, mulai dari Instagram Live, IGTV, Instagram Story, Instagram Reels, Filter, dan sebagainya.

2. Sebagai Media Hiburan

Di Instagram pengguna bisa menemukan beragam hiburan seru dan menyenangkan. Instagram telah berevolusi menjadi media entertaining atau hiburan menyesuaikan perkembangan dan perubahan kehidupan sosial masa kini. Akun-akun meme, comic, dagelan, hingga animator tersedia cukup banyak di Instagram. Bahkan perusahaan media digital, TV, hingga artis telah merambah ke Instagram untuk menghibur dan terus meningkatkan popularitasnya.

3. Mencari Inspirasi dan Ide Kreatif

Selain hiburan, pengguna juga dapat menemukan beragam ide kreatif dan inspiratif untuk produktivitas atau kebutuhan lainnya. Semisal ketika anda membutuhkan ide baru tentang dekorasi rumah atau ruangan, maka anda bisa temukan beragam contohnya di Instagram. Tak hanya itu saja, setup komputer, desain grafis, editing video, buat konten IG, dan hal menarik lainnya bisa anda temukan dengan mudah di explore Instagram.

4. Dapatkan Rekomendasi Tempat Liburan

Rekomendasi tempat liburan yang seru dan memukau mata juga banyak tersedia di Instagram. Banyak sekali pengguna Instagram yang sering memposting liburan ke suatu tempat lengkap dengan tag lokasinya. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri untuk pengguna yang suka liburan, akan lebih mudah menemukan destinasi wisata yang bagus dan keren.

Biasanya untuk memudahkan pencarian, penggunaan tagar #surabayahits, #travelling, #wisata, #pesonaindonesia, dan sejenisnya akan memudahkan pengguna dalam menemukan tempat yang diharapkan.

5. Menjadi Influencer

Siapa bilang menjadi Influencer hanya dapat dilakukan oleh artis atau orang-orang tertentu saja? Mungkin artis bisa jadi salah satunya. Namun saat ini, semua pengguna sangat mungkin untuk jadi Influencer, terutama untuk pengguna yang memiliki skill dan daya tarik yang tidak dimiliki pengguna lain.

Instagram menjadi salah satu platform sosial media yang mampu membentuk para Influencer. Mereka yang sukses menjadi Influencer tentu akan mendapat pemasukan baru, entah itu dalam bentuk endorse, review produk, jualan produk sendiri, dan sebagainya.

6. Bisnis Online

Pengguna Instagram yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun tentu menjadi peluang baru dalam berbisnis online. Penggunaan Facebook Ads yang juga terintegrasi dengan Instagram menjadi strategi baru para Internet Marketer dalam menjual produk secara cepat dan efisien. Jangan kaget ketika melihat ikan di Instagram yang sesuai dengan apa yang anda sukai dan apa yang sedang anda minati.

Instagram memanfaatkan semua data pengguna, mulai dari yang konten yang dilihat dan sukai, hingga lokasi yang pernah dikunjungi. Semua penargetan bisa sangat tepat dan mampu memikat pengguna untuk melihat iklan sehingga tertarik untuk membeli.

Lihat Juga : 80 Caption Inspiratif & Keren buat Instagram

Penutup,

Itulah sajian singkat dari penulis mengenai pengertian Instagram, sejarah, hingga manfaat dan tujuannya. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

CATATAN: Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.