Pengertian Teknologi Informasi – Fungsi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan

Teknologi informasi adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan, pengelolaan, dan penyampaian informasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat ialah karena adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. Implementasi internet, electronic data interchange, electronic commerce, virtual office, dan lain-lain telah menerobos batas-batas fisik antar negara. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan, namun saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

Apalagi pada zaman digital seperti saat ini, hampir semua kegiatan manusia sehari-hari tidak bisa lepas dari teknologi informasi yang ada. Hal ini juga membuat kegiatan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Adanya teknologi informasi tersebut juga mengubah banyak hal dengan cepat. Teknologi informasi yang memadukan teknologi komputer dan telekomunikasi mengubah paradigm industrial menjadi post-industrial. Perilaku dalam lingkungan bisnis juga berubah karena teknologi ini dapat mengurangi kesenjangan jarak dan waktu.

Lihat Juga : Pengertian Freeware

Pengertian Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Secara umum teknologi informasi adalah sebuah studi tentang perencanaan, pengembangan, implementasi, dukungan, atau manajemen sistem informasi yang terkomputerisasi, terutama pada perangkat keras atau perangkat lunak. Teknologi ini menggunakan komputer elektronik dan  perangkat lunak komputer untuk mengubah, memproses, menyimpan, melindungi, mengirimkan, dan mengakses informasi dengan aman.

Teknologi ini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi elektronik, tetapi juga merupakan alat penting yang harus dimiliki setiap pelaku bisnis untuk mengoordinasikan dan mengarsipkan berbagai dokumen penting lainnya dengan baik. Teknologi ini juga digunakan untuk mengelola informasi secara real time. Ini merupakan bagian penting dari tekanan persaingan bisnis dengan semakin kompleksnya tugas-tugas administrasi, dampak ekonomi dari globalisasi, dan pentingnya waktu respons yang lebih cepat.

Sejarah Teknologi Informasi

Teknologi informasi menggambarkan perkembangan peradaban manusia yang erat kaitannya dengan perkembangan cara menyampaikan informasi. Pada zaman dahulu, kebanyakan dari mereka mengkomunikasikan informasi melalui lukisan di dinding gua. Kini Anda dapat dengan mudah mengakses arus informasi melalui internet. Internet seolah mampu memberikan informasi tanpa batas.

Pada awalnya, bahasa berfungsi sebagai media untuk bertukar informasi. Namun bahasa lisan memiliki kelemahan karena informasi yang disampaikan mudah dilupakan dan tidak dapat disimpan untuk waktu yang lama, termasuk  jangkauan suara yang terbatas. Kemudian, informasi yang lebih canggih dikembangkan menggunakan gambar dari zaman kuno hingga sekarang.

Penemuan alfabet dan angka Arab telah membuat penyediaan informasi  lebih efisien. Alfabet memudahkan orang untuk menyampaikan informasi secara tertulis. Kemudian saat teknologi pencetakan ditemukan, berbagi informasi menjadi lebih mudah. Hal yang sama terjadi dengan munculnya radio, televisi dan komputer, dan informasi menjadi lebih luas.

Setelah itu, teknologi informasi menjadi bidang yang penting. Teknologi informasi adalah teknologi untuk memproses data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi berkualitas tinggi. Teknologi informasi juga dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan pribadi, bisnis dan bahkan peraturan. Teknologi informasi membutuhkan berbagai media seperti komputer dan sistem jaringan sesuai kebutuhan.

Lihat Juga : Pengertian Adobe After Effects

Fungsi Teknologi Informasi           

Fungsi Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Sebuah teknologi memiliki beberapa fitur yang sangat penting dan dari berbagai fitur yang ada tentunya memiliki fungsi. Teknologi Informasi sendiri setidaknya mempunyai enam fungsi utama yaitu: menangkap, menyimpan, memproses, mengirim, mengambil, dan menghasilkan. Berikut ini merupakan penjelasan dari keenam fungsi tersebut.

1. Menangkap

Dalam hal ini, capture didefinisikan sebagai meng-input. Misalnya, menerima input dari keyboard, scanner, mikrofon, dan sebagainya. Fitur ini mungkin tidak asing bagi kebanyakan orang karena biasanya digunakan ketika kita memakainya untuk menyimpang sesuatu.

2. Pengolah (Processing)

Fungsi ini menangani kombinasi catatan aktivitas secara terperinci. Misalnya, menerima input dari keyboard, scanner, mikrofon, dan sebagainya. Fitur ini memudahkan dalam mengolah file dan data.

3. Mengolah atau memproses data

Pengolahan atau pemroresan data dapat berupa konversi, analisis, sintesis, dan perhitungan ke dalam segala bentuk data dan informasi. Fitur ini dapat memudahkan para pengguna.

4. Menghasilkan (Generating)

Dalam hal teknologi berperan penting sebagai alat untuk mengatur informasi dalam format yang lebih fokus dan mudah dipahami. Contoh sederhana seperti tabel dan grafik.

5. Penyimpanan (Storage)

Fungsi teknologi informasi selanjutnya adalah merekam atau menyimpan data dan  informasi pada media yang mudah digunakan untuk keperluan lain. Contohnya disimpan pada hard disk, disket, kaset, CD, dan media lainnya.

6. Retrieval

Dalam hal ini, teknologi ini digunakan untuk menelusuri, mendapatkan, atau menyalin data atau informasi yang disimpan sebelumnya. Misalnya mencari data pemasok berbayar. Data yang  berhasil disimpan mungkin sulit  ditemukan karena data yang lengkap, tetapi fitur ini memudahkan dan  menghemat waktu bagi pengguna.

7. Transmisi

Teknologi digunakan untuk mengirim data dan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya, mengirim data penjualan dari pengguna X ke pengguna Y. Jadi, pengguna tidak perlu menyalinnya satu per satu, cukup bagikan filenya.

Lihat Juga : Pengertian Monitor

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Teknologi informasi yang ada pada saat ini bertujuan untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan kata lain, karena kreativitas, efektivitas dan efisiensi sangat dibutuhkan dalam sebuah sistem kerja maka teknologi informasi ini kemudian diciptakan.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Manfaat teknologi informasi dalam aktivitas sehari-hari sangatlah penting. Adanya berbagai manfaat tersebut dapat digunakan untuk menunjang kehidupan yang lebih baik, karena dengan adanya teknologi informasi dapat  membuat kegiatan yang dilakukan sehari-hari menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut ini merupakan manfaat teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang;

1. Manfaat teknologi informasi bagi pendidikan

Kehadiran teknologi informasi dalam dunia pendidikan tentunya mempunyai manfaat yang cukup besar khususnya komputer. Komputer dapat memungkinkan siswa untuk belajar lebih efektif dan merupakan salah satu alat yang memudahkan untuk merangsang kreativitas siswa. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini, adanya teknologi informasi mempunyai banyak sekali manfaat karena dapat memudahkan siswa untuk belajar, dan menerima materi pembelajaran hanya dari rumah lewat beberapa aplikasi seperti Zoom, Google Meet, E-Learning, dan lain sebagainya.

2. Manfaat teknologi informasi di industri dan manufaktur

Teknologi informasi ini berguna untuk merancang produk yang merupakan output industri, dan juga dapat mengontrol mesin produksi dengan presisi tinggi.

3. Manfaat teknologi informasi bagi dunia usaha dan perbankan

Teknologi informasi ini juga bisa mendukung transaksi, menyimpan file dengan lebih aman, dan menciptakan sistem perbankan yang lebih canggih. Tidak hanya itu, ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan teknologi yang ada seperti mempromosikan produknya lewat iklan di televisi maupun media sosial. Selain itu adanya teknologi juga dapat menjangkau target pasar secara lebih maksimal.

4. Manfaat teknologi informasi bagi militer

Dengan teknologi informasi yang canggih, tentunya dapat digunakan untuk navigasi kapal selam dan manuver pesawat dengan atau tanpa kemudi. Selain itu dengan adanya teknologi informasi yang ada juga dapat memudahkan komunikasi bagi para prajurit militer.

5. Manfaat teknologi informasi bagi teknologi dan pengetahuan

Adanya teknologi informasi ini juga dapat digunakan untuk mempelajari struktur tanah, angin, cuaca, dan dapat memprediksi datangnya bencana alam sehingga masyarakat dapat menjadi lebih waspada.

6. Manfaat teknologi informasi untuk kedokteran

Teknologi informasi dalam hal ini dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit dan memotret semua organ tubuh dengan komputer sehingga dapat memudahkan tenaga medis untuk menyembuhkan pasien. Pada zaman sekarang masyarakat juga dapat bertanya pada dokter tentang kesehatan tanpa repot-repot pergi ke rumah sakit karena dapat melalui aplikasi yang ada seperti Halodoc, dan sejenisnya.

7. Manfaat teknologi informasi bagi pemerintah

Teknologi informasi ini dapat digunakan untuk mengolah data dan informasi bagi masyarakat umum. Selain itu juga dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan warganya.

8. Manfaat teknologi informasi untuk hiburan dan game

Masyarakat dapat menggunakan teknologi komputer ini untuk membuat animasi, iklan, desain grafis, dan audiovisual untuk membuat sesuatu yang lebih baik dan lebih menarik. Apalagi pada zaman sekarang hal tersebut tidak hanya berfungsi sebagai hiburan saja melainkan dapat dijadikan sebagai pekerjaan.

9. Manfaat teknologi informasi bagi bidang kriminal

Teknologi ini memudahkan polisi dalam menyelesaikan masalah dan melacak penjahat, pelanggaran lalu lintas, serta pendeteksian sidik jari.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Lightroom

Komponen Teknologi Informasi

Komponen Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Selain memiliki berbagai macam manfaat dan fungsi untuk kegiatan manusia sehari-hari. Teknologi informasi juga didukung oleh berbagai komponen-komponen penting untuk dapat memaksimalkan fungsinya dengan baik. Komponen tersebut antara lain:

1. Perangkat Lunak

Komponen pertama dari teknologi ini dikenal sebagai perangkat lunak atau bisa juga disebut dengan software. Perangkat lunak itu sendiri merupakan media yang berperan sebagai jembatan antara operator dan perangkat keras (hardware). Cara kerja perangkat lunak ini sendiri adalah dengan mengoptimalkan fungsionalitas dari perangkat keras dan kemudian menerjemahkan berbagai jenis instruksi dari operator (brainware).  Perangkat lunak sendiri juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu software sistem dan software aplikasi.

  • Software sistem – Software yang digunakan untuk menjalankan aplikasi. Software sistem atau yang biasa dikenal dengan sebutan OS inilah yang biasanya digunakan oleh operator atau pengguna. Contoh: Linux, Windows, Unix, dan lain-lain.
  • Software aplikasi – Merupakan aplikasi yang digunakan pada perangkat elektronik atau sistem operasi yang dirancang untuk memaksimalkan kinerja komputer. Contoh: Adobe Photoshop, Microsoft Office, CorelDraw, dan lain-lain.

2. Perangkat Keras

Perangkat keras atau hardware merupakan perangkat komputer yang digunakan oleh operator atau pengguna. Contohnya seperti: RAM, Processor, kabel data, dan lainnya.

3. Brainware (Manusia)

Merupakan komponen yang paling penting dalam teknologi. Karena apabila komponen tersebut tidak ada, maka komputer tidak akan dapat dijalankan.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Illustrator

Jenis – Jenis Teknologi Informasi

Jenis - Jenis Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Jenis-jenis teknologi informasi meliputi:

  1. Telekomunikasi, merupakan jaringan yang memungkinkan orang berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak jauh. Telekomunikasi memudahkan pustakawan untuk terhubung dengan siapa saja dan mengembangkan perpustakaan lebih lanjut. Contoh alat telekomunikasi seperti telepon dan internet.
  2. Sistem pita video, merupakan sistem penyimpanan informasi dalam sebuah kaset yang dapat ditampilkan di layar. Sistem ini digunakan untuk merekam sumber secara langsung seperti Handycam.
  3. Cakram video, merupakan chip yang digunakan dalam sinar laser untuk menyimpan data digital seperti artikel dan manuskrip kuno. Cakram video sangat penting untuk menyimpan bahan pustaka sehingga Anda dapat menyimpan informasi. Contoh dari cakram video adalah komputer CDROM.
  4. Komputer merupakan mesin yang dapat memanipulasi data dengan sendirinya dan digunakan sebagai alat pengolah data. Komputer adalah fondasi utama teknologi informasi, karena sebagian besar teknologi informasi menggunakan komputer untuk melakukan proses. Komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras meliputi perangkat input data (keyboard, scanner), perangkat pengolah kata (CPU), perangkat tampilan output data (layar atau monitor, printer), dan perangkat penyimpanan data (floppy disk, hard disk, CD). Perangkat lunak meliputi perangkat lunak pengolah angka, perangkat lunak pengolah data, perangkat lunak pengolah kata, perangkat lunak pengolah gambar, dan perangkat lunak presentasi multimedia.
  5. Bentuk Mikro, merupakan perangkat untuk menempatkan dan menyimpan informasi seperti teks, gambar, dan grafik pada selembar film dengan garis horizontal / vertikal. Mikro bentuk biasanya digunakan untuk merekam dokumen lama dan memerlukan alat baca khusus, microreader, untuk membacanya.
  6. Email adalah cara untuk mentransfer file dan mengirim pesan antar workstation. E-mail memungkinkan pengguna komputer untuk bertukar pesan dengan pengguna lain melalui jaringan komunikasi.

Lihat Juga : Pengertian CPU

Contoh Perangkat Teknologi Informasi

Contoh Perangkat Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Perangkat teknologi informasi sendiri yaitu segala macam jenis peralatan yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Berikut ini merupakan beberapa macam perangkat dari teknologi informasi itu sendiri antara lain :

1. Komputer

Komputer merupakan perangkat yang berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang membantu manusia mengolah data menjadi sebuah informasi dan menyimpannya untuk kemudian ditampilkan. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa teks, gambar, audio, video, dan animasi.

2. Laptop / notebook

Merupakan perangkat canggih yang bekerja seperti komputer, namun bentuknya yang praktis dapat dilipat dan dapat dipindahkan ke mana saja. Dengan kata lain, karena CPU terintegrasi dengan monitor, laptop, atau notebook dapat dengan mudah diletakkan di atas meja tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang.

3. Tablet

Tablet juga merupakan salah satu perangkat yang mirip dengan komputer namun dengan bentuk yang lebih praktis mirip dengan buku. Perangkat ini memiliki layar yang dpaat disentu. Selain itu juga dapat menggunakan stylus atau pulpen digital sebagai pengganti keyboard atau mouse dalam komputer.

4. Televisi

Telivsi merupakan salah satu contoh dari perangkat teknologi informasi berupa sistem penyiaran yang dilengkapi dengan gambar visual dan suara.

5. Radio

Perangkat ini juga memiliki fungsi untuk menyamaikan informasi, namun berbeda dengan televisi yang dapat memperlihatkan gambar visual, radio hanya menyediakan informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.

Lihat Juga : Pengertian GUI dan CLI

Ruang lingkup Teknologi Informasi

Ruang Lingkup Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Ruang lingkup teknologi informasi sendiri yaitu terdiri dari enam bagian antara lain:

Teknologi Input

Perangkat yang digunakan untuk mengambil data / informasi dari sumber aslinya. Contoh teknologi ini adalah pemindai kode batang dan papan ketik (keyboard). Barcode dan scanner merupakan contoh produk teknologi input yang biasa digunakan di supermarket untuk memasukkan data penjualan di layar. Untuk menerima informasi dari pengguna yang membutuhkannya, kita perlu menyajikannya dengan cara yang berbeda. Dalam hal ini, teknologi keluaran memiliki andil yang cukup besar.

Teknologi Output

Informasi umum ditampilkan pada monitor. Namun, pengguna mungkin ingin mencetak informasi di atas kertas (hardcopy). Dalam situasi seperti itu, ada alat untuk membantu dalam  penyajian informasi, termasuk suara.

Teknologi Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk membuat informasi, atau perangkat lunak yang sering  disebut sebagai program. Program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk mengontrol perangkat keras komputer. Program pengolah kata adalah contoh program yang sering digunakan pengguna komputer untuk membuat dokumen.

Teknologi Penyimpanan

Teknologi Penyimpanan mempengaruhi semua perangkat yang digunakan untuk menyimpan data. Hard disk dan SSD adalah contoh media penyimpanan data yang masih digunakan hingga saat ini.

Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi jarak jauh. Internet adalah salah contoh teknologi komunikasi yang digunakan sampai saat ini.

Mesin Pengolah

Mesin pengolah merupakan bagian penting dari teknologi informasi dan digunakan untuk menyimpan data / informasi (dalam bentuk komponen memori) dan mengeksekusi program (dalam bentuk komponen CPU).

Lihat Juga : Pengertian Open Source

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Informasi

Kelebihan & Kekurangan Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Pada dasarnya kelebihan dari adanya teknologi informasi ini mempermudah masyarakat dalam berkomunikasi dan mengakses informasi tanpa batas di internet. Namun dibalik manfaat yang ditawarkan, tentu ada juga kekurangan yang mungkin kebanyakan masyarakat tidak menyadarinya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Kelebihan Teknologi Informasi

  • Dengan berkembangnya teknologi informasi, globalisasi semakin maju, ekonomi dunia menjadi saling bergantung. Informasi dapat disebarluaskan dengan cepat dan mudah dari seluruh pelosok tanah air.
  • Dengan bantuan sistem teknologi informasi, komunikasi menjadi lebih mudah, murah dan cepat. Melalui Internet, orang-orang di seluruh dunia dapat berbicara satu sama lain melalui konferensi video seperti Skype, yang merupakan salah satu aplikasi berguna yang dapat digunakan pengguna untuk berkomunikasi secara gratis. Anda juga dapat menelepon saluran reguler dengan sedikit biaya seperti melakukan video call melalui WhatsApp, dan lain-lain.
  • Adanya media sosial pada saat ini juga dapat memudahan masyarkat mendaptkan informasi secara cepat dan mudah dari berbagai negara, misalnya dari aplikasi Twitter, YouTube, dan Instagram.
  • Mengurangi biaya secara lebih efisien bagi perusahaan dan konsumen. Selain itu juga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Hal ini akan memungkinkan para pelaku bisnis untuk menawarkan upah yang lebih baik dengan  kondisi kerja yang lebih mudah.
  • Selain efisiensi bisnis, adanya teknologi informasi juga memberikan akses bisnis kepada konsumen tanpa batasan waktu. Karena kita dapat dengan mudah membeli produk yang kita inginkan dari berbagai kota maupun negara menggunakan aplikasi belanja online yang tersedia pada saat ini seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain.
  • Menciptakan lapangan kerja baru di dunia digital seperti programmer, analis sistem, pengembang perangkat keras dan perangkat lunak, perancang web, desain grafis, konten kreator, influencer, dan lain-lain.

Kekurangan Teknologi Informasi   

  • Selain menciptakan lapangan pekerjaan baru dan menarik, sayangnya teknologi informasi juga mempunyai beberapa macam kekurangan yaitu, menyebabkan meningkatnya pengangguran. Penyederhanaan proses bisnis menyebabkan redundansi kerja, perampingan, dan outsourcing. Banyak pekerjaan tingkat menengah dan rendah telah beralih ke pekerja di negara lain, dan lebih banyak orang yang menganggur.
  • Munculnya kemalasan melalui game dan aplikasi yang terhubung dengan internet. Sangat mudah untuk mencetak ulang informasi  tanpa izin dari informan atau tanpa mempercayai sumbernya.
  • Munculnya pornografi / konten dewasa.
  • Karyawan lebih suka terhubung melalui internet daripada bertemu langsung, yang mengurangi karakter sosial mereka. Perubahan karakter sosial mengakibatkan perubahan pola interaksi.
  • Penyalahgunaan untuk pencurian keuangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Munculnya sifat individualism karena banyak manusia yang lebih suka menyendiri dengan teknologi yang ada dibandingkan mengikuti kegiatan yang bermanfaat.

Lihat Juga : Pengertian Animasi

Kesimpulan,

Teknologi informasi merupakan sebuah studi tentang perencanaan, pengembangan, implementasi, dukungan, atau manajemen sistem informasi yang terkomputerisasi, terutama pada perangkat keras atau perangkat lunak. Teknologi ini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi elektronik, tetapi juga merupakan alat penting yang harus dimiliki setiap pelaku bisnis untuk mengoordinasikan dan mengarsipkan berbagai dokumen penting lainnya dengan baik. Karena dengan adanya teknologi informasi yang ada dapat emempersingkat jarak dan waktu. Tidak hanya itu manfaat dari adanya teknologi tersebut juga tidak hanya dirasakan dalam bidang bisnis saja, melainkan dalam bidang lainnya seperti pendidikan, kesehatan, militer, hukum, dan lain-lain.

Namun dari adanya berbagai manfaat yang ada, teknologi informasi juga mempunyai kekurangan antara lain, munculnya kemalasan melalui game dan aplikasi yang terhubung dengan internet, sangat mudah untuk mencetak ulang informasi tanpa izin dari informan atau tanpa mempercayai sumbernya, munculnya pornografi / konten dewasa, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebagai pengguna teknologi informasi kita harus bersikap bijak dalam menfaatkan teknolgi yang ada serta memafaatakan berbagi kemudahan tersebut untuk hal-hal yang positif.

Itulah ulasan singkat yang dapat penulis berikan mengenai pengertian teknologi informasi, beserta sejarah, fungsi, manfaat, tujuan, kelebihan dan kelemahan, dan juga contoh-contohnya. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan maupun pendapat mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar. Terima kasih!

Apa itu teknologi informasi?

Sebuah aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian informasi antar media.

Sebutkan contoh apa saja perangkat teknologi informasi?

Komputer, laptop, tablet, televisi, radio, dll.

Apa saja komponen dari teknologi informasi?

Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software) dan Manusia (Brainware).


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!