Pengertian Fingerprint ­- Fungsi, Cara Kerja, Jenis Sensor, Kelebihan dan Kekurangan

Fingerprint merupakan teknologi pemindaian sidik jari untuk memverifikasi identitas pengguna

Sebelum teknologi fingerprint ditemukan, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kata sandi dan pola untuk melindungi keamanan data pada smartphone Anda. Namun pada saat ini, beberapa orang sudah mulai beralih menggunakan sensor fingerprint sebagai alat keamanan. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh sensor fingerprint membuat sebagian dari mereka memilih untuk menggunakannya. Tidak hanya berfungsi untuk alat keamanan pada smartphone, sensor fingerprint juga dapat digunakan untuk mengamankan barang-barang pribadi Anda dan sebagai alat absensi pada perusahaan tertentu.

Penggunaan kata sandi dan pola juga dinilai belum cukup aman karena dapat diakses oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu penggunaan sensor fingerprint dapat meminimalisir kejadian tersebut. Serta dapat mencegah kecurangan beberapa pegawai saat melakukan absensi pada perusahaan. Lalu apa itu pengertian dari fingerprint? Apa saja beberapa fungsi yang dimiliki, bagaimana cara kerjanya, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan yang dapat Anda simak agar mengetahui lebih dalam mengenai fingerprint.

Lihat Juga : Pengertian Input dan Output

Pengertian Fingerprint

Pengertian Fingerprint
Sumber Gambar : unsplash

Fingerprint adalah perangkat elektronik yang menggunakan sensor pemindai untuk menemukan sidik jari seseorang yang dapat digunakan untuk keperluan verifikasi identitas. Sensor fingerprint pada saat ini juga dapat Anda temukan pada beberapa perangkat elektronik seperti smartphone, alat absensi karyawan, pintu masuk, brankas, dan berbagai perangkat elektronik yang memerlukan tingkat keamanan tinggi dan hanya dapat diakses oleh individu tertentu.

Selain itu, penggunaan fingerprint juga lebih aman digunakan karena dapat mengurangi adanya kecurangan karyawan yang dapat merugikan perusahaan. Dan dapat digunakan untuk menjaga keamanan pintu brankas Anda. Fingerprint memungkinkan akses pintu brankas Anda hanya dapat dibuka oleh individu tertentu, atau bahkan satu orang. Untuk menjamin keamanan barang-barang di dalamnya.

Lihat Juga : Pengertian Enkripsi

Fungsi Fingerprint

Fungsi Fingerprint
Sumber Gambar : jojonomic.com

Fingerprint pada umumnya memiliki fungsi seperti kata sandi dan pola yaitu untuk menjamin keamanan dan berfungsi sebagai media verifikasi, hanya saja media verifikasi yang digunakan pada teknologi fingerprint adalah sidik jari manusia itu sendiri yang tidak mudah untuk dipalsukan dan diakses oleh orang lain. Berikut ini merupakan beberapa fungsi fingerprint yang dapat Anda ketahui:

1. Fingerprint pada smartphone

Bagi beberapa pengguna smartphone seperti Apple, Xiaomi, VIVO, dan OPPO pasti sudah tidak asing lagi dengan sensor fingerprint atau yang biasa disebut dengan sensor sidik jari pada smartphone. Biasanya beberapa merek tersebut menyisipkan sensor fingerprint sebagai pengaman data pengguna. Sensor fingerprint ini biasanya terletak pada bagian belakang smartphone dan pada saat ini mulai berkembang menjadi satu bagian dengan tombol home yang terdapat pada smartphone, sehingga pengguna lebih mudah untuk mengaksesnya.

Perlu Anda ketahui juga smartphone yang menggunakan sensor fingerprint jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan pola atau kata sandi.

2. Fingerprint pada absensi karyawan

Sensor fingerprint biasanya juga berfungsi sebagai alat absensi pada karyawan di berbagai perusahaan tertentu. Penggunaan sensor fingerprint dinilai tidak dapat dipalsukan dan tidak dapat diwakilkan sehingga rasa tanggung jawab dan disiplin para karyawan lebih meningkat.

3. Fingerprint pada pintu

Tidak hanya digunakan untuk meningkatkan keamanan data pada ponsel, beberapa pintu khusus pada saat ini juga menggunakan sensor fingerprint untuk meningkatkan keamanan barang-barang penting yang ada di dalamnya. Biasanya pintu rumah mewah, dan pintu ruangan khusus juga menggunakan sensor tersebut. Anda juga dapat menemukan sensor fingerprint digunakan pada pintu brankas yang dulunya menggunakan kata sandi atau pola sebagai pengaman namun sekarang mulai beralih menggunakan sensor fingerprint.

Penggunaan sensor fingerprint dinilai lebih aman dan hanya dapat diakses oleh pemilik sidik jari sehingga sangat cocok digunakan untuk menjaga keamanan barang-barang berharga seperti uang, emas, dokumen-dokumen penting, dan sebagainya.

Lihat Juga : Pengertian Folder

Cara Kerja Fingerprint

Cara Kerja Fingerprint
Sumber Gambar : fbi.gov

Pada umunya sensor fingerprint bekerja dengan menangkap data sidik jari untuk pertama kalinya dan dijadikan sebagai acuan. Data sidik jari tersebut kemudian disimpan dalam database. Saat seseorang mencoba mengakses perangkat yang memiliki sensor sidik jari atau fingerprint, sistem akan melakukan scanning ulang dan kemudian hasil tersebut akan dicocokkan dengan sidik jari yang telah tersimpan dalam database. Jika sidik jari cocok dengan sidik jari yang tersimpan pada database, maka Anda dapat mengakses alat tersebut. Namun, jika sidik jari ditemukan berbeda dengan sidik jari yang tersimpan pada database, akses akan langsung ditolak dan akan sulit untuk dibuka.

Lihat Juga : Pengertian File

Jenis-Jenis Sensor Fingerprint

Jenis Sensor Fingerprint
Sumber Gambar : zapproved.com

1. Sensor Optik

Cara kerja sensor fingerprint optik yaitu dengan mengambil gambar dari sidik jari pengguna menggunakan cahaya. Bisa dikatakan sensor ini mempunyai cara kerja seperti cap sidik jari. Karena menggunakan cahaya maka cara kerjanya yaitu dengan mendeteksi permukaan jari yang gelap dan terang. Sensor ini juga bekerja seperti kamera, semakin tinggi resolusinya maka sidik jari juga semakin akurat.

2. Sensor Kapasitif

Kemudian jenis sensor yang selanjutnya adalah sensor kapasitif. Jenis sensor ini dapat dikatakan lebih aman dibanding yang lain karena sensor ini bekerja menggunakan sekumpulan kapasitor kecil yang mampu membaca ke dalam guratan sidik jari.

3. Sensor Ultrasonik

Untuk sensor ultrasonik sebenarnya memiliki cara kerja yang hampir sama dengan sensor kapasitif, hanya saja sensor ultrasonik menggunakan gelombang sinyal ultra yang bertugas sebagai transmitter dan receiver.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Kelebihan dan Kekurangan Fingerprint

Kelebihan Kekurangan Fingerprint
Sumber Gambar : economictimes.indiatimes.com

Kelebihan Fingerprint

Penggunaan sensor fingerprint memiliki beberapa kelebihan yang dapat Anda ketahui, antara lain:

1. Memiliki tampilan lebih mewah

Jika Anda menggunakan ponsel atau smartphone yang telah dilengkapi dengan sensor fingerprint, maka smartphone Anda akan memiliki tampilan yang terkesan mewah dan lebih unggul dibanding yang lain. Hal ini karena banyak pengguna ponsel lain yang belum menggunakan fitur ini dan masih menggunakan kata sandi atau pola untuk menjaga keamanan ponsel mereka.

2. Mudah diingat

Jika Anda menggunakan kata sandi atau pola untuk membuka smartphone, maka Anda harus mengingatnya ketika akan membuka ponsel Anda. Tapi bagaimana jika Anda lupa dengan kata sandi atau pola tersebut? pasti Anda akan mengalami kesulitan untuk membuka ponsel Anda. Namun dengan menggunakan sensor fingerprint, Anda cukup tempel sidik jari Anda pada ponsel dan secara otomatis ponsel Anda akan terbuka.

3. Memiliki tingkat keamanan yang tinggi

Tidak semua orang di dunia memiliki pola yang sama pada sidik jarinya. Jika Anda menggunakan sistem keamanan sidik jari, Anda dapat yakin bahwa sistem keamanan tetap terjaga karena hanya Anda yang dapat mengaksesnya.

4. Privasi data menjadi lebih aman

Beberapa smartphone yang memasang fitur fingerprint juga dapat Anda gunakan untuk mengakses beberapa data atau dokumen penting yang ada pada smartphone. Data-data atau dokumen penting tersebut akan tersimpan lebih aman karena hanya Anda yang dapat membukanya.

5. Dapat mematikan alarm dengan mudah

Saat Anda masih mengantuk tapi alarm di ponsel telah berbunyi, pasti untuk mematikannya Anda harus mematikan alarm di ponsel dengan mencari tombol terlebih dahulu. Namun dengan melalui fingerprint, Anda hanya tinggal menempelkan jari pada sensor fingerprint, sehingga alarm tersebut akan mati secara otomatis.

6. Kemudahan dalam notifikasi

Jika notifikasi pada smartphone Anda sering bermunculan hingga membuat layar terasa penuh, hal tersebut pastinya membuat Anda malas untuk membuka smartphone. Jika Anda menggunakan sensor fingerprint, cukup gulirkan jari Anda ke bawah dan ketuk dua kali maka notifikasi Anda akan terhapus secara otomatis.

7. Mudah untuk mengambil selfie

Tentu saja jika Anda penggemar selfie, Anda pasti sering mengalami kesulitan untuk menekan tombol kamera saat mengambil gambar dengan benar. Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir, karena dengan fitur fingerprint, Anda dapat mengambil foto selfie secara otomatis hanya dengan meletakkan jari Anda di sensor fingerprint.

Kekurangan Fingerprint

1. Memungkinkan adanya duplikasi jari

Sidik jari seseorang memang sangat sulit untuk ditiru atau diduplikasi, namun bukan tidak mungkin jika sidik jari Anda dapat diduplikasi oleh orang lian. Oleh karena itu Anda juga perlu berhati-hati karena pada saat ini beberapa cara dapat dilakukan untuk menggandakan sidik jari seseorang. Misalnya dengan mengambil gambar pola sidik jari orang lain dan mencetaknya dalam resolusi tinggi.

2. Bersifat permanen

Sidik jari yang Anda gunakan pada smartphone Anda secara otomatis akan langsung tersimpan dan tidak dapat diubah atau bersifat permanen. Maka secara otomatis apabila sidik jari Anda berhasil dicuri atau diduplikasi oleh orang yang tak bertanggung jawab, maka orang tersebut akan bebas mengakses semua data yang ada pada smartphone Anda.

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Penutup

Beberapa informasi di atas menjelaskan bahwa fingerprint pada saat ini menjadi pilihan karena memiliki beberapa keunggulan dibanding alat keamanan seperti pola dan kata sandi. Beberapa keunggulan tersebut misalnya memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, mudah diingat, privasi data lebih terjamin, dan beberapa keunggulan lainnya. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa sidik jari yang Anda gunakan bersifat permanen maka jika berhasil dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan sidik jadi Anda berhasil diduplikasi maka data Anda akan dapat diakses dengan mudah.

Apa teknologi terbaru dari fingerprint?

Teknologi sensor fingerprint yang terletak di bagian bawah layar mungkin sudah tidak asing bagi pengguna smartphone. Namun apakah Anda tahu jika baru-baru ini Xiaomi telah mematenkan teknologi sensor fingerprint yang tidak hanya terletak di bagian bawah layar saja, melainkan pada area permukaan layar mana pun. Namun belum dapat dipastikan pula kapan teknologi terbaru ini dapat benar-benar hadir dalam berbagai produk Xiaomi.

Apa saja permasalahan yang terjadi pada mesin absensi fingerprint?

Beberapa masalah yang dapat terjadi pada mesin absensi yang menggunakan sensor fingerprint adalah memori pada mesin absensi yang penuh, pengguna lupa terhadap setting mesin fingerprint, koneksi ke komputer melalui kabel LAN terganggu, record log tidak dapat tampil pada komputer, touchscreen yang bekerja kurang responsif, dan mesin absensi fingerprint yang hang.

Bagaimana cara mengatasi mesin fingerprint yang eror atau bermasalah?

Cara mengatasi permasalahan fingerprint yang error tergantung dari jenis permasalahan tersebut. Misalnya karena memori absensi yang penuh pada mesin fingerprint, maka yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara mem back-up semua data terlebih dahulu kemudian menghapus log absensi yang sudah tidak terpakai agar dapat berjalan normal kembali. Kemudian jika layar touchscreen kurang responsif Anda dapat melakukan kalibrasi untuk menormalkan kembali fungsi touchscreen tersebut. Dan yang terakhir jika mesin fingerprint tiba-tiba mengalami hang, maka Anda dapat mencabut adaptor kemudian tancapkan kembali. Dan usahakan menggunakan daya cadangan untuk menghindari risiko trouble coreboard.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…