Pengertian LINE | Sejarah, Fitur, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat membuat perusahaan teknologi terus melakukan gebrakan dengan menghadirkan fitur dan inovasi baru, tujuannya adalah untuk mendapatkan pengguna sebanyak-banyaknya dan membuat pengguna betah berlama-lama menggunakan. Salah satu sosial messenger yang cukup populer dikalangan anak muda Indonesia adalah LINE.

Meskipun tidak sepopuler WhatsApp, LINE menawarkan fitur yang tidak ada duanya, beberapa fitur unggulannya yakni LINE Webtoon, LINE Today, dan Sticker. Menurut informasi We Are Social dilansir dari Alinea.id, pengguna LINE di Indonesia tahun 2019 mencapai 89 juta. Jumlah tersebut membuktikan pengguna LINE di Indonesia terbilang cukup banyak, dominasi 80 persen adalah remaja dan millennial.

Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu LINE? fitur, manfaat, kelebihan, dan kekurangan aplikasi LINE. Penjelasan ini akan sangat membantu teman-teman yang mungkin belum mengerti dan memahaminya. Berikut ulasan lengkapnya;

Lihat Juga : Pengertian Instagram | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Pengertian LINE Secara Umum

Pengertian LINE secara umum
Image source : LINE Corporation

LINE adalah aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi melalui jaringan internet. LINE diklaim sebagai aplikasi paling laris di 42 negara, termasuk Indonesia. Pengguna LINE dapat saling berkomunikasi dengan mengirim pesan teks, gambar, foto, video, audio, dan lainnya. Dalam perkembangannya, LINE telah didukung pada beragam sistem operasi seperti Android, iOS (iPhone), Windows, MacOS, BlackBerry, dan Firefox OS.

Untuk smartphone Android, pengguna bisa mengunduh aplikasi LINE dari Google Play dan iOS (iPhone) bisa mengunduhnya melalui App Store. Sedangkan Microsoft Windows bisa mengunduhnya melalui Windows Store. Atau bisa juga melalui layanan unduhan pihak ketiga yang banyak tersedia di Internet. Selain menghadirkan LINE Standar yang ukurannya relatif besar, perusahaan telah mengembangkan LINE dengan ukuran dan penggunaan yang lebih ringan, yakni LINE Lite.

LINEAplikasi LINE Standar dengan ukuran lebih besar dengan kostumisasi tampilan lebih banyak.
LINE LiteAplikasi LINE dengan ukuran lebih kecil dan ringan dengan fitur dan fungsi yang sama dengan LINE standar.

Lihat Juga : Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Sejarah Aplikasi LINE

Sejarah Aplikasi LINE
Image source : Nikkei Asian Review
PengembangLINE Corporation
Sistem OperasiiOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Microsoft Windows, Mac OS X, NOKIA Asha series, Firefox OS
JenisPengiriman pesan instan
LisensiPerangkat lunak milik perorangan
Situs webline.me/en

Pada awalnya, LINE dikembangkan untuk kebutuhan tanggap bencana yang terjadi tahun 2011 di Tohuka Jepang. Pada tahun tersebut, tsunami memang sedang melanda negara jepang dan merusak sistem komunikasi secara nasional. Dengan alasan tersebut, NHN Jepang unit dari NHN Corporation Korea Selatan mulai mengandalkan sumber daya berbasis internet. Solusi yang diambil adalah dengan mengembangkan LINE sebagai alat komunikasi dan rilis secara publik pada Juni 2011.

Hadirnya LINE membuat publik puas dan terbantukan. Terbukti pada akhir Oktober 2011, LINE memiliki banyak pengguna hingga membuat kelebihan pada beban server. Pada akhirnya, mereka mencoba meningkatkan skalabilitas dengan mengadopsi menyimpanan HBase untuk profil pengguna, kontak, dan grup. Depan bulan semenjak dirilis, LINE memiliki lebih dari 100 juta pengguna; enam bulan kemudian mencapai 200 juta pengguna. Akhir Nobember 2013, LINE memiliki pengguna hingga 300 juta lebih.

Bulan April 2014, LINE mengumumkan telah memiliki pengguna hingga 400 juta. Tahun 2017, pengguna LINE terus berkembang hingga 700 juta pengguna. Selain menghadirkan aplikasi pesan instan, LINE terus mengenbangkan fitur lain seperti LINE Pay, LINE Taxi, LINE Wow, LINE Man, LINE Today, LINE Shopping, dan lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Telegram | Sejarah, Fitur, Kelebihan

Fitur Aplikasi LINE

Fitur Aplikasi LINE
Image source : TechCrunch

Sebagai aplikasi sosial messenger, LINE telah menghadirkan beragam fitur menarik yang belum banyak dihadirkan aplikasi serupa lainnya. Di Indonesia sendiri, LINE lebih banyak digunakan untuk hiburan seperti LINE Today dan Webtoon. Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar fitur menarik yang ada di aplikasi LINE;

1. Chat, Voice Call, Video Call, Story, dan Group

Sama seperti aplikasi chat pada umumnya, melalui aplikasi LINE pengguna dapat melakukan beragam aktivitas komunikasi seperti saling berkirim pesan teks, sticker, gambar, foto, video, melakukan panggilan suara, panggilan video, membuat dan bergabung dalam sebuah grup/ komunitas, serta berbagi aktivitas lainnya melalui fitur story.

Pengguna juga dapat saling berbagi format file attachment atau lampiran, seperti dokumen, RAR, ZIP, JPG, PNG, dan lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat berbagi kontak, lokasi, keep (file yang anda simpan), split bill, polling, jadwal, dan lainnya.

2. Sticker dan Tema

Bicara mengenai Sticker, maka LINE adalah juaranya. LINE menghadirkan beragam sticker yang lucu dan unik yang jarang ada di aplikasi chat lainnya. WhatsApp, Telegram, atau aplikasi chat kompetitor lainnya tidak selengkap yang ada di LINE. Melalui fitur Toko Sticker, pengguna dapat mengunduh Sticker pilihan, ada yang gratis dan berbayar.

Selain Sticker, LINE juga tersedia kostumisasi tampilan dengan mengunduh beragam pilihan Tema yang unik dan keren. Sayangnya, semua tema berbayar, pengguna perlu mengisi koin sesuai dengan harga koin melalui Google Play, GoPay, dan kartu kredit/ debit.

3. LINE Jobs

Bagi pengguna LINE yang membutuhkan pekerjaan, pengguna dapat mencari lowongan pekerjaan melalui fitur LINE Jobs. Fitur tersebut dapat memungkinkan pengguna untuk mencari pekerjaan sesuai dengan lokasi terdekat. Jangan takut mengenai loker penipuan, LINE bekerja sama dengan situs loker yang tentunya legal dan terpercaya.

4. LINE Shopping

Berikutnya adalah LINE Shopping yang mana pengguna dapat mencari produk marketplace melalui aplikasi LINE. LINE Shopping bekerja sama dengan iPrice yang merupakan situs perbandingan harga dari banyak marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan Shopee. Beragam kebutuhan tersedia di LINE Shopping seperti Celana, Kaos, Charger, Laptop, hingga Suplemen.

5. Watch Now

Berikutnya ada fitur Watch Now dimana pengguna dapat menonton beragam video hiburan dan informasi menarik yang disediakan oleh LINE Today. Selain melalui aplikasi, pengguna juga dapat menonton video LINE Today melalui situs LINE Today yang dapat diakses melalui browser smartphone ataupun komputer.

6. LINE Today

LINE Today merupakan portal berita yang berisikan informasi menarik seputar dunia artis, hiburan, games, otomotif, musik, teknologi, dan lainnya. LINE Today juga merupakan bagian dari LINE Corporation yang mana telah bekerja sama media di Indonesia seperti Kompas, Liputan6, Medcom, Kumparan, dan lainnya. Pengguna dapat mengakses LINE Today melalui aplikasi LINE atau melalui browser.

7. LINE Webtoon

LINE Webtoon merupakan portal webtoon yang dikembangkan oleh Naver Corporation di Korea Selatan pada tahun 2004. Pengguna bisa temukan beragam komik seru dan menghiburan setiap harinya secara bebas dan gratis. LINE bekerja sama dengan Naver Corporation sehingga pengguna LINE dapat mengakses semua komik melalui aplikasi LINE atau dengan mengunduh LINE Webtoon lewat Google Play dan App Store. Agar dapat melihat komik secara stabil dan cepat, pengguna disarankan untuk mengunduh aplikasi Webtoon, bukan melalui aplikasi LINE.

8. Keep

Keep merupakan fitur penyimpanan cloud yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan berkas file foto, gambar, video, tautan, teks, dan lainnya. Batas penyimpanan berkas di LINE Keep adalah 1 GB. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, pengguna akan lebih mudah dalam berbagi foto, video, serta beragam jenis format lainnya.

9. LINE Pay

16 Desember 2014, LINE Pay Corporation memperkenalkan fitur LINE Pay yang memungkinkan pengguna untuk saling mengirim uang ke sesama pengguna LINE dan melakukan pembayaran pada sebuah toko/ minimarket. Layanan ini terus dikembangkan seperti aplikasi digital payment pada umumnya. Selain menghadirkan fitur pembayaran, pemilik merchant juga dapat mengintegrasikan dengan aplikasi POS (Point of Sales) sehingga memudahkan merchants untuk mengelola transaksi. LINE Pay saat ini telah tersedia di negara Jepang, Taiwan, dan Thailand.

10. LINE Taxi

Januari 2015, LINE menghadirkan fitur baru bernama LINE Taxi. Seperti aplikasi GO-JEK dan Grab di Indonesia, LINE Taxi memungkinkan pengguna untuk memesan taxi secara online. LINE bekerja sama dengan Nihon Kotsu, sebuah layanan taksi online di Jepang. Pengguna juga dapat melakukan pembayaran secara otomatis dengan menghubungkan aplikasi LINE ke LINE Pay. Sampai saat ini, fitur ini hanya tersedia untuk negara Jepang.

11. LINE TV

LINE TV merupakan layanan video on demand yang tersedia untuk negara Taiwan dan Thailand. Melalui fitur ini, pengguna dapat menonton beragam layanan streaming seru seperti TV Shows, TV Original, serta beragam pilihan kategori menarik lainnya mulai dari Drama, Movie, Music, Entertaiment, Y-Series, Lifestyle, dan lainnya.

12. dll…

Lihat Juga : Pengertian Twitter | Sejarah, Fitur, Manfaat

Fungsi dan Manfaat Aplikasi LINE

Fungsi dan Manfaat Aplikasi LINE
Image source : Wondershare MobileTrans

Aplikasi pesan instan seperti LINE tidak hanya berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi antar pengguna, namun telah dikembangkan dalam banyak hal; seperti bisnis, hiburan, jasa, hingga pembayaran. Namun secara umum, berikut fungsi dan manfaat ketika menggunakan aplikasi LINE;

1. Media Komunikasi Personal dan Publik

Aplikasi LINE dirancang sebagai media komunikasi personal dan publik dimana pengguna dapat saling berkirim pesan singkat dalam bentuk teks, gambar, foto, video, hingga beragam jenis format file lainnya. LINE mengandalkan jaringan internet untuk berkirim dan bertukar informasi secara bebas dan gratis.

LINE menggunakan teknologi end-to-end encryption untuk keamanan berkirim pesan secara personal dan grup, melakukan panggilan suara dan video. Fitur terbaru juga memungkinkan pengguna untuk melakukan meeting dengan mengundang anggota atau menggunakan tautan/ link. Jumlah anggota dalam sebuah meeting LINE terbatas, maksimal untuk 50 anggota.

2. Media Hiburan dan Bisnis

LINE menghadirkan banyak fitur hiburan menarik dan seru, dimana pengguna dapat saling berinteraksi melalui kolom berkomentar seperti LINE Today dan LINE Webtoon. Melalui media tersebut, pengguna dapat menemukan kabar terbaru dunia hiburan dan artis paling hits saat ini. Dalam media Webtoon, pengguna juga dapat menikmati beragam komik seru, lucu, dan romantis yang bisa diakses secara bebas dan gratis.

Khusus untuk pengguna LINE yang ada di Jepang, pengguna dapat menggunakan LINE Pay sebagai media pembayaran dan LINE Taxi untuk memesan taksi secara online. Meskipun masih terbatas, fitur tersebut sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

3. Media Penyimpanan dan Berbagi

Fitur Keep memungkinkan pengguna untuk menyimpan beragam jenis file seperti teks, foto, gambar, video, audio, dokumen, tautan, dan lainnya. Fitur tersebut memudahkan pengguna untuk saling berbagi file secara cepat dan efisien tanpa harus mencarinya satu persatu. Pengguna LINE dapat saling berbagi file melalui ruang obrolan personal atau dalam sebuah grup/ komunitas.

Fitur terbaru yang ada di Timeline juga memungkinkan pengguna untuk membuat cerita (story) dalam bentuk foto atau video dengan penambahan efek-efek seperti Instagram dan Facebook.

4. Jaringan Pertemanan Tanpa Batas

LINE terintegrasi dengan semua kontak yang tersimpan di ponsel pengguna. Artinya, pengguna yang telah terdaftar di LINE maka secara otomatis akan terhubung dengan pengguna lain. Fitur ini sama dengan aplikasi chat pada umumnya; seperti WhatsApp, Telegram, Messenger, dan lainnya.

Menariknya, ketika grup WhatsApp hanya dibatasi maksimal 256 anggota, LINE memiliki jumlah lebih besar hingga 500 anggota (termasuk admin). Dengan jaringan pertemanan yang lebih luas tersebut, maka LINE bisa jadi pilihan ketika ingin membuat grup/ komunitas.

Lihat Juga : Pengertian Facebook | Sejarah, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi LINE

Kekurangan dan Kelebihan LINE

Meskipun fiturnya cukup lengkap, LINE tak luput dengan kelebihan dan kekurangannya. Pengguna bisa temukan kelebihan dan kekurangan aplikasi LINE berikut ini;

Kelebihan LINE

  1. Dapat digunakan secara gratis. Seperti yang kita tahu, pengguna bisa menggunakan LINE secara bebas dan gratis melalui jaringan internet.
  2. Jumlah anggota grup cukup banyak. Berbeda dengan aplikasi WhatsApp yang terbatas dengan 256 anggota, LINE menghadirkan jumlah lebih banyak, yakni 500 anggota.
  3. Mendukung banyak platform. LINE telah dikembangkan pada banyak sistem operasi populer saat ini seperti Android, iOS, Windows Phone, Microsoft Windows, Mac OS, Nokia Asha Series, dan Firefox OS. Beberapa OS mungkin sudah tidak dikembangkan dan LINE tentunya juga menghentikan pengembangan aplikasi untuk platform tersebut.
  4. Sticker LINE tak ada tandingannya. LINE menghadirkan beragam sticker lucu dan unik yang kemungkinan jauh lebih baik ketimbang stiker yang dihadirkan oleh aplikasi pesan instan lainnya. Untuk mendapatkannya, pengguna harus membeli dengan point atau melakukan pembayaran dengan Google Play/ pulsa.
  5. Tersedia LINE Lite. Untuk pengguna ponsel low-end dengan memori internal dan RAM yang sangat terbatas, disarankan untuk menggunakan LINE Lite dengan ukuran dan penggunaan yang relatif lebih ringan.

Kekurangan LINE

  1. Membutuhkan koneksi internet yang stabil. Ketika menggunakan LINE, pengguna membutuhkan koneksi internet yang stabil agar aktivitas tetap optimal, terutama ketika membuka konten LINE Today, memutar video Watch Now, ataupun membaca komik di LINE Webtoon.
  2. Ukuran aplikasi relatif besar. LINE memiliki ukuran yang relatif besar sehingga sangat menguras penyimpanan internal dan RAM ketika dijalankan. Alternatif untuk pengguna smartphone low-end bisa gunakan LINE Lite dengan ukuran yang relatif lebih kecil.
  3. Tema LINE tidak ada yang gratis. LINE memungkinkan pengguna untuk melakukan kostumisasi tampilan, namun semua tema LINE yang dihadirkan tidak ada yang gratis, semuanya berbayar.
  4. Beberapa fitur belum tersedia secara publik. Beberapa fitur unggulan seperti LINE Pay, LINE Taxi, dan LINE TV hanya tersedia untuk beberapa negara.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Word | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Kesimpulan,

Di Indonesia sendiri sekitar 80% pengguna LINE di dominasi oleh remaja. Ciri khas Sticker, Webtoon, LINE Today, LINE Shopping, serta beragam fitur menarik lainnya membuat remaja di Indonesia masih setia menggunakan LINE. Selain itu, para kreator sticker LINE juga tumbuh lebih cepat mengingat pembuatan sticker dibuat lebih mudah ketimbang yang dulu. Untuk membuat Sticker, pengguna cukup mengambil foto, kemudian edit dan sedikit tambahkan kata-kata, lalu jadikan itu sebagai Sticker.

Apa itu LINE?

LINE adalah aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi melalui pesan teks, suara, video, dan sticker

Siapa yang membuat aplikasi LINE?

LINE pada awalnya dikembangkan oleh NHN Corporation. Saat ini dimiliki oleh Lee Hae-jin, Chairman Naver (pemilik LINE).

Bagaimana cara membuat akun LINE?

Pengguna bisa mengunduh aplikasi LINE di Google Play untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone). Kemudian lakukan pendaftaran menggunakan nomor telepon. Informasi lebih lengkap bisa akses disini.

Itulah informasi dan penjelasan mengenai aplikasi LINE, sejarah LINE, fitur, fungsi dan manfaatnya. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

CATATAN: Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.