Pengertian Gmail | Fungsi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Perkembangan teknologi informasi membuat layanan berkirim pesan/ surat dapat dilakukan secara cepat dan efisien. Email adalah contoh nyata dari revolusi pesan dan dokumen yang dulunya konvensional berubah menjadi digital. Berbagai layanan email hadir untuk memudahkan seseorang dalam berkirim pesan seperti Yahoo Mail, Outlook, iCloud Mail, Gmail, dan lainnya. Email dapat membantu seseorang dalam menjalankan aktivitas bisnis, pekerjaan, dan pendidikan.

Gmail adalah satu-satunya layanan email dengan pengguna terbanyak saat ini. Tahun 2018, pengguna Gmail mencapai 1,5 Milyar dan terus bertambah. Gmail memiliki pengguna yang cukup besar karena dukungan perangkat Android yang mengharuskan pengguna untuk memiliki akun Gmail. Selain itu, Gmail adalah satu-satunya layanan yang memiliki kapasitas penyimpanan (cloud storage) paling besar ketimbang layanan email lainnya.

Melalui artikel ini, penulis akan penjelasan mengenai pengertian Gmail, fitur, fungsi, manfaat, serta kelebihan dan kekurangan Gmail. Penulis berharap, penjelasan ini dapat membantu anda dalam memahami fungsi dan manfaat Gmail secara lebih luas. Berikut ulasannya;

Lihat Juga : Pengertian Skype | Fitur, Fungsi, Cara Menggunakan

Pengertian Gmail Secara Umum

Apa itu Gmail
Image source : Forbes
Jenis situsSurel / Surat web
Bahasa105 bahasa
PemilikGoogle LLC
PenciptaPaul Buchheit
Diluncurkan1 April 2004
Situs webmail.google.com

Gmail atau Google Mail adalah layanan surel (email) yang dikembangkan oleh Google dalam bentuk web HTTPS. Dengan Gmail, seseorang dapat saling berkirim surat/ pesan elektronik melalui jaringan internet. Gmail diluncurkan pada 1 April 2004 dalam bentuk Beta. Pada 7 Februari 2007 Gmail diluncurkan secara publik meskipun masih dalam bentuk Beta. Gmail baru keluar dari status beta pada 7 Juli 2009.

Ide pengembangan Gmail muncul oleh Paul Buchheit, insinyur komputer Google. Kode proyek Gmail dengan nama Caribou. Selama pengembangan awal, proyek ini dirahasiakan dari sebagian komputer Google. Pada awal 2004, sistem email Gmail hanya digunakan oleh karyawan internal perusahaan. Kemudian pada tanggal 1 April 2004, Gmail diluncurkan secara publik dalam bentuk Beta.

Layanan Gmail adalah yang pertama kali memberikan kapasitas penyimpanan 1 GB per pengguna. Gmail menjadi standar penyimpanan gratis terbesar yang pada layanan lain hanya memberikan kapasitas penyimpanan 2-4 MB. Dalam perkembangan terbaru saat ini, kapasitas penyimpanan Gmail sebesar 15 GB. Integrasi dengan Google Drive membuat kapasitas penyimpanan untuk setiap pengguna lebih besar.

Batas untuk mengirim pesan pada sebulah lampiran adalah 25 MB, lebih besar ketimbang layanan email lainnya. Jika dibutuhkan untuk mengirim lampiran dengan ukuran yang lebih besar, pengguna dapat menautkannya dengan Google Drive. Gmail juga menggunakan teknologi pencarian Google yang memudahkan pengguna dalam mencari sesuatu sesuai dengan kata kunci yang tulis.

Lihat Juga : Pengertian YouTube | Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Fitur dan Manfaat Gmail

Fitur dan Manfaat Gmail
Image source : Global News

Menjadi salah satu layanan email terbaik saat ini, Gmail menghadirkan beragam fitur dan manfaat yang sangat membantu para penggunanya. Tidak hanya berfungsi mengirimkan pesan email, Gmail telah berevolusi membantu pengguna dalam berkomunikasi, mendapatkan notifikasi, mencari informasi, hingga melakukan meeting online. Integrasi dengan semua produk Google adalah satu hal manfaat Gmail dimana pengguna tidak perlu mendaftar ulang untuk setiap kali menggunakan produk Google. Simak beberapa fitur dan manfaat yang pengguna dapatkan dari Gmail;

1. Integrasi dengan semua produk Google

Seperti yang penulis katakan diatas, integrasi dengan semua produk Google memudahkan pengguna untuk mengakses setiap layanan yang tersedia. Pengguna tidak perlu daftar layanan apabila telah memiliki email Gmail. Salah satunya contohnya adalah Google Play Store pada perangkat Android yang mana pengguna bisa mencari dan mengunduh aplikasi secara bebas tanpa perlu mendaftar akun.

Pengguna juga bisa menggunakan Google Meet (layanan konferensi video) secara langsung tanpa harus mendaftar akun. Cukup gunakan akun Gmail, maka semuanya bisa pengguna dapatkan.

2. Sangat minim dengan Spam

Gmail merupakan layanan email yang super cerdas yang mana mampu memetakan email spam dengan email yang bukan spam. Fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan banyaknya spam dan notifikasi yang masuk. Lalu kemana email spam yang masuk? Email yang dianggap spam oleh Gmail secara otomatis masuk ke dalam label Spam.

Pengguna bisa cek label tersebut untuk memastikan apakah email yang masuk spam atau bukan. Jika spam, pengguna bisa menghapus dan jika tidak pengguna bisa kembalikan ke kotak masuk. Email yang dianggap spam juga secara otomatis terhapus ketika lewat dari 30 hari. Dari pengalaman saya, Gmail sangat akurat dalam mengidentifikasi email spam dan bukan spam.

3. Prioritas untuk layanan/ platform lain

Ketika menggunakan email Gmail, pengguna akan memiliki prioritas ketika mendaftar atau menggunakan layanan lain. Contohnya ketika mendaftar Pinterest, pengguna tidak perlu menuliskan data diri, membuat username, password, dan lainnya. Pinterest telah dilakukan integrasi dengan akun Google, sehingga pengguna cukup login dengan akun Google.

Lihat Juga : Pengertian Twitter | Sejarah, Fitur, Manfaat

Kelebihan dan Kekurangan Gmail

Kelebihan dan Kekurangan Gmail
Image source : Business Insider

Bicara mengenai kelebihan dan kekurangan, Gmail tentu memiliki banyak kelebihan yang pastinya sangat membantu pengguna dalam membalas, menemukan, serta mengontrol email yang masuk. Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat sebagian pengguna tidak suka dengan Gmail–yakni iklan yang muncul di halaman tab promosi. Simak beberapa kelebihan dan kekurangan Gmail berikut ini;

Kelebihan Gmail

  1. Penyimpanan cukup besar. Gmail menyediakan penyimpanan data (cloud storage) sebanyak 15 GB untuk setiap akun. Jumlah tersebut dirasa lebih besar ketimbang layanan email lainnya.
  2. Antivirus dan Malware terbaik. Sejauh ini, Gmail merupakan layanan email paling aman dari serangan virus dan malware. Gmail mampu menginformasikan setiap email atau pesan masuk yang dirasa mencurigakan atau berbahaya. Gmail juga akan melakukan scanning data/ dokumen yang dikirim oleh pengguna.
  3. Jarang mengalami down. Sumber daya yang cukup besar membuat Gmail berjalan sangat stabil. Sejauh ini, Gmail sangat jarang mengalami masalah, terutama down.
  4. Dapat login lebih dari satu akun. Gmail mengizinkan pengguna untuk login ke lebih dari satu akun. Dengan kelebihan ini, pengguna dapat beralih dari satu akun ke akun lain secara lebih cepat.

Kekurangan Gmail

  • Terdapat iklan dalam Gmail. Pada bagian tab promosi, pengguna akan melihat iklan Google Adsense. Biasanya ada dua jenis iklan yang tampil. Namun hal tersebut bersifat tidak pasti, terkadang tampil dan terkadang tidak tampil.
  • Beberapa email yang salah dilabeli sebagai spam. Sebagian email yang masuk terkadang ada yang dianggap spam padahal bukan spam. Namun hal ini juga jarang terjadi, mengingat tingkat akurasi untuk mengidentifikasi spam adalah 99% sehingga pengguna tidak perlu khawatir.

Lihat Juga : Pengertian WhatsApp | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Kesimpulan,

Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Gmail merupakan layanan email yang dikembangkan oleh Google berbasis web app HTTPS dengan integrasi produk, fitur, dan cloud storage yang tidak ada tandingannya. Pengguna dapat menggunakan Gmail melalui perangkat Android, iOS, dan Web.

Bagaimana cara menggunakan Gmail?

Untuk dapat menggunakan Gmail, anda perlu melakukan pendaftaran melalui link berikut ini: www.google.com/gmail/

Apakah Gmail berbayar?

Ada dua email yang disediakan oleh Google yakni gratis (personal) dan bisnis. Untuk gratis, anda bisa gunakan domain @gmail.com sedangkan untuk kebutuhan bisnis bisa gunakan costum domain, contoh @dianisa.com. Informasi mengenai Gmail bisnis bisa anda cek disini.

Itulah ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

CATATAN: Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.