Pengertian Skype | Fitur, Fungsi, Cara Menggunakan

Kita tahu bahwa pandemi COVID-19 membuat semua aktivitas dan kegiatan sehari-hari mengalami perubahan. Kebijakan WFH (Work from Home) yang dimulai sejak bulan April 2020 membuat semua kegiatan belajar dan bekerja dilakukan dari rumah. Social Distancing menjadi alasan utama agar masyarakat mengurangi kontak sosial dan fisik untuk menurunkan angka COVID-19. Beberapa mungkin merasa tidak efektif, namun inilah kenyataan yang mau tidak mau harus dilakukan.

Layanan konferensi video yang saat ini makin populer yakni Zoom Meeting dan Google Meet. Kedua layanan tersebut menjadi pilihan instansi, lembaga, sekolah, universitas, hingga perusahaan dalam melakukan pertemuan. Meskipun keduanya sangat populer, ada satu alternatif lain patut untuk dicoba yakni Skype. Skype adalah layanan komunikasi panggilan audio dan video yang dimiliki oleh Microsoft. Skype menawarkan sejumlah fitur dan kebutuhan yang belum dimiliki Zoom Meeting dan Google Meet.

Ingin tahu lebih jelas mengenai Skype dari pengertian hingga manfaat utamanya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini;

Lihat Juga : Pengertian Zoom Meeting | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Pengertian Skype Secara Umum

Apa itu Skype
Image source : CNet
PengembangSkype Technologies
Microsoft
Rilis perdana29 Agustus 2013
Sistem OperasiAndroid, iOS, Linux, Microsoft Windows, OS X, Windows Phone, BlackBerry OS, PSP, WebOS, dan Symbian
LisensiFreemium
Alexa rank235 (9 Oktober 2020)
Situs webwww.skype.com

Skype adalah layanan komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung secara bersamaan melalui obrolan video dan panggilan suara dengan komputer, tablet, smartphone, Xbox One, hingga smartwatch. Skype juga menyediakan fitur pesan instan untuk mengirim pesan teks, foto, video, dokumen, hingga reactions. Pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan video conference (grup) dengan jumlah maksimal 50 anggota.

Untuk pertama kalinya Skype dibuat oleh orang Swedia Niklas Zennström dan Dane Janus Friis, bekerja sama dengan Ahti Heinla, Priit Kasesalu, Jaan Tallinn, dan Toivo Annus, orang Estonia yang juga mengembangkan teknologi peer-to-peer untuk layanan musik Kazaa. Pada September 2005, eBay mengakuisisi Skype dengan nilai $2,6 milyar. Kemudian pada Mei 2011, Microsoft membeli Skype dengan nilai $8,5 milyar.

Akuisisi tersebut membuat perubahan besar pada Skype. Sepanjang tahun 2016 dan 2017, Microsoft mendesain ulang Skype untuk antarmuka client hingga komunikasi peer-to-peer menggunakan layanan Azure. Skype menggunakan keamanan end-to-end encryption dimana teknologi tersebut banyak digunakan pada layanan komunikasi lain seperti WhatsApp, Telegram, dan sejenisnya. Cryptographic key adalah metode yang digunakan untuk mengenkripsi komunikasi.

Lihat Juga : Pengertian LINE | Sejarah, Fitur, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan

Fitur dan Manfaat Utama Skype

Fitur Utama Skype
Image source : lifehacker.com.au

Skype hadirkan beragam fitur yang memudahkan pengguna untuk saling terhubung dengan teman, keluarga, guru, hingga rekan kerja. Fitur meeting adalah yang paling populer saat ini, mengingat kebijakan WFH yang mengharuskan pengguna untuk belajar, bekerja, dan melakukan konferensi video dari rumah. Berikut fitur utama Skype yang perlu anda ketahui;

1. Panggilan Suara dan Video HD

Fitur paling penting dan utama yang ada di Skype adalah panggilan suara dan video. Melalui fitur ini, pengguna dapat saling bertatap muka dalam sebuah rapat atau meeting dengan kualitas video HD (High Definitions). Skype juga dibekali dengan kualitas VoIP yang di rasa lebih baik dari versi pendahulunya. Pengguna juga dapat melakukan meeting dari perangkat apapun, mulai dari web, desktop, Mac, smartphone, dan lainnya.

Sayangnya, pengguna hanya dapat menggunakan fitur-fitur ini secara gratis untuk konferensi video, tidak untuk invidual/ pribadi. Jika pengguna ingin menggunakan fitur panggilan telepon secara pribadi, maka pengguna harus upgrade ke paket premium.

2. Smart messaging dan Private convertations

Ketika melakukan pencakapan dalam sebuah meeting atau private, pengguna dapat membuat suasana menjadi seru dan menyenangkan. Pengguna bisa memanfaatkan fitur reactions untuk menanggapi sebuah pesan yang dikirim pengguna lain. Pengguna juga dapat melakukan @mentios untuk menegaskan apa yang dimaksud dan tujukan. Fitur ini dapat pengguna manfaatkan secara gratis ketika berada dalam sebuah meeting/ diskusi grup.

Pengguna yang ingin melakukan percakapan secara private (private conversations), tanpa melalui server Microsoft maka pengguna harus upgrade ke paket premium. Private conversations adalah fitur chat yang dapat digunakan untuk berkirim pesan, yang sifatnya sensitif dan rahasia menggunakan teknologi keamanan end to end encryption.

3. Screen sharing

Dalam sebuah meeting, terkadang dibutuhkan yang namanya presentasi. Nah, untuk melakukan presentasi, maka pengguna harus melakukan Screen sharing (berbagi layar) dimana pengguna bisa menunjukkan materi presentasi tersebut pada semua anggota yang ikut join. Skype telah dilengkapi dengan fitur Share Screen dimana pengguna bisa menunjukkan dokumen, PowerPoint, foto, video, atau apapun yang diinginkan.

4. Call Recording dan Live subtitles

Beberapa perusahaan atau instansi terkadang membutuhkan dokumentasi untuk setiap pertemuan/ meeting. Tujuannya agar sebagian pengguna yang tidak ikut dalam meeting masih punya kesempatan untuk menonton kembali meeting tersebut. Nah, fitur Recording dapat pengguna (admin) manfaatkan untuk merekam meeting. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan Live subtitles untuk memahami setiap kata/ kalimat yang di ucapkan pengguna lain.

Lihat Juga : Pengertian YouTube | Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan

Kelebihan dan Kekurangan Skype

Kekurangan dan Kelebihan Skype
Image source : Tribune de Genève

Skype merupakan program meeting yang mudah, murah, ekonomis, serta memiliki dukungan server Microsoft Azure yang dijamin kehandalannya. Meskipun demikian, Skype belum begitu populer di Indonesia, banyak pengguna di Indonesia lebih memilih Zoom Meeting dan Google Meet. Simak beberapa kelebihan dan kekurangan yang Skype miliki berikut ini;

Kelebihan Skype

  • Mudah digunakan. Skype sebagai program meeting sangat mudah digunakan, fitur lengkap dan sumber daya besar karena dukungan Microsoft Azure.
  • Meeting dapat dilakukan secara gratis. Pengguna dapat menggunakan program Skype secara gratis dengan dukungan meeting maksimal 50 anggota dengan durasi maksimal 4 jam per hari.
  • Support pada banyak device. Skype support pada banyak device dan sistem operasi seperti Windows, MacOS, Linux, Android, dan iOS.

Kekurangan Skype

  • Panggilan Telepon dan Chat Berbayar. Untuk panggilan telepon dan chat secara individual di Skype tidak gratis. Pengguna hanya bisa memanfaatkan fitur chat dan panggilan gratis dalam sebuah meeting/ diskusi grup.
  • Pengguna Indonesia Masih Sedikit. Sayangnya, pengguna Skype di Indonesia belum banyak. Sehingga dibutuhkan ketentuan dan aturan bersama dalam sebuah instansi/ organisasi agar semuanya menggunakan Skype. Atau Skype bisa jadi alternatif ketika ingin terhubung dengan klien, teman, dan keluarga yang ada di luar negeri.
  • Tidak support pada browser Firefox. Beberapa fitur Skype tidak support pada browser Firefox. Pengguna disarankan menggunakan Google Chrome atau Microsoft Edge.

Lihat Juga : Pengertian Facebook | Sejarah, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Cara Menggunakan Skype

Cara Menggunakan Skype
Image source : CNet

Untuk menggunakan Skype, anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda bisa gunakan Email atau nomor telepon untuk melakukan pendaftaran. Skype tidak bisa digunakan melalui browser Firefox, jadi anda harus menggunakan Google Chrome, Microsoft Edge, Desktop, atau Mobile Apps. Berikut panduan singkat menggunakan Skype yang bisa anda ikuti.

1. Daftar Akun Skype

STEP 1: Pertama, silahkan akses halaman pendaftaran untuk membuat akun Skype berikut ini: go.skype.com/signup. Gunakan Email atau nomor telepon yang anda miliki. Klik Next untuk melanjutkan.

1 Masukkan Nomor Telepon atau Email

STEP 2: Buat password/ kata sandi untuk akun anda. Agar aman, kombinasikan dengan huruf, simbol, dan angka. Klik Next untuk melanjutkan.

2 Buat Password untuk Skype

STEP 3: Tulis nama depan dan nama belakang anda. Klik Next untuk melanjutkan.

3 Tulis Nama Depan dan Belakang Skype

STEP 4: Kemudian masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon anda. Jika kode tidak terkirim, anda bisa klik Resend. Setelah masukkan kode, klik Next.

4 Verifikasi Data Diri Skype

STEP 5: Dan terakhir, jika anda ingin tetap dalam mode login, klik Yes.

5 Tetap Login Skype

STEP 6: Berikut adalah tampilan akun Skype dalam mode web. Anda bisa gunakan sesuai keinginan dan kebutuhan.

6 Tampilan Dashboard Skype

2. Buat Meeting di Skype

STEP 1: Untuk memudahkan anda dalam membuat pertemuan (meeting), silahkan unduh program Skype versi desktop atau Mac. Klik link berikut untuk mengunduh program Skype.

WindowsDownload
Mac OSDownload
LinuxDownload
AndroidDownload
iOS (iPhone)Download

STEP 2: Kemudian silahkan install dan login Skype. Anda akan masuk pada halaman dashboard program Skype. Untuk membuat meeting online, klik fitur Meet Now » Host a meeting.

1 Membuat Meeting Skype

STEP 3: Setelah itu, akan terbuka jendela baru untuk meeting online. Anda bisa menambahkan kontak, mengundang, atau membagikan link untuk bergabung dalam meeting. Start meeting untuk memulai meeting online anda.

2 Mulai Meeting Skype

STEP 4: Meeting telah dimulai, anda bisa menunggu pengguna lain untuk bergabung dalam meeting yang anda buat tersebut. Anda juga bisa melakukan testing untuk Share Screen (membagi layar), mematikan video, audio, menulis chat, hingga melakukan Raise hand.

3 Tampilan Meeting Skype

Lihat Juga : Pengertian Twitter | Sejarah, Fitur, Manfaat

Kesimpulan,

Skype merupakan layanan komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung dengan pengguna lain dari manapun melalui jaringan internet. Dukungan pengguna lebih banyak di kawasan Eropa dan Amerika, sementara Indonesia masih sangat sedikit. Skype juga terus mengembangkan fitur dan kemudahan untuk para penggunanya. Salah satu fitur yang cukup menarik adalah Live subtitles dimana belum dihadirkan oleh program meeting lainnya.

Apakah Skype aman?

Tentu saja, Skype adalah layanan komunikasi yang didukung dengan teknologi keamanan end to end encryption.

Apakah Skype gratis?

Skype adalah layanan Freemium, fitur ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Itulah informasi dan penjelasan dari saya mengenai pengertian Skype beserta fungsi, manfaat, kelebihan dan kekurangannya. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

CATATAN: Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.