8+ Cara Mengatasi Kamera Android Error, Tidak Dapat Terhubung

Dianisa.com – Memperbaiki Kamera Android Tidak Bisa Dibuka. Fitur kamera android merupakan fitur yang menjadi keutamaan paling penting yang menjadi perhatikan para pengguna Android, termasuk saya.

Mengapa Demikian? Karena dengan kamera, seseorang bisa mengabadikan sesuatu dari apa yang ia lihat. Selain itu, di era digital sekarang ini, kamera menjadi primadona kaum hawa untuk berselfie – selfie rai dimanapun tempatnya.

Bicara masalah kamera, kali ini saya akan berbagi tips mengenai Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error atau Tidak Bisa Dibuka. Dan biasanya para pengguna Android mengeluhkan mengenai pesan yang tampil dari kamera itu sendiri seperti “Cannot Connect to Camera” atau “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera”.

Dari setiap masalah yang muncul pastinya ada penyebabnya. Dan Setiap smartphone memiliki faktor penyebab yang berbeda – beda. Biasanya saat Kamera Android Mengalami Error atau Tidak Bisa Dibuka, terjadi setelah jatuh pada benda keras, entah itu dirumah ataupun dijalan raya.

Selain itu, upgrade sistem OS terkadang juga membuat kamera tidak bisa dibuka. Lalu, Apakah Ada Solusi Dari Permasalahan Ini?

Masalah Aplikasi Android

Masalah Kamera Android

Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Terhubung

Untuk Mengatasi Kamera Yang Error Atau Tidak Bisa Terhubung, Cobalah untuk melakukan tips – tips berikut ini, Siapa tahu nantinya bisa terhubung dan bisa normal kembali.

Tips yang saya berikan memang tidak bisa dikatakan berhasil 100%, namun setidaknya anda coba terlebih dahulu supaya tahu hasilnya seperti apa. Langsung saja simak Metode Mengatasi Kamera Android Tidak Berhubung berikut ini.

#1. Reboot Ponsel..

Saat terjadi error pada kamera, cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan me-reboot ponsel. Setelah itu, lepaskan baterai, Memori Card (Micro SD), dan Kartu SIM. Diamkan selama 20 – 30 detik agar tidak ada sumber daya yang masuk pada smartphone.

Selanjutnya pasang dan hidupkan kembali. Cobalah untuk membuka kamera, semoga nantinya bisa terhubung dan normal kembali.

#2. Hentikan & Hapus Data Aplikasi

Cara ini biasanya ampuh dalam Mengatasi Aplikasi Kamera Yang Bermasalah, terutama aplikasi kamera bawaan. Menghapus data aplikasi akan membersihkan semua data yang tersimpan seperti cache, History, basis data, setting kamera, dan lainnya.

Untuk Menghapus Data Aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Kamera

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Kamera” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

#3. Unroot Smartphone

Selanjutnya, apabila sebelumnya anda telah melakukan Root dan akhirnya terjadi bugs pada Aplikasi Kamera maka dapat dipastikan rooting gagal dan membuat kamera tidak bisa digunakan.

Solusi yang bisa anda lakukan yakni unroot agar kinerja sistem kembali normal. Adapun jika nantinya kamera masih tidak bisa digunakan, maka anda bisa Flashing ulang.

NOTE: Khusus untuk anda yang tidak melakukan Root sebelumnya, anda bisa abaikan metode ini.

#4. Update Sistem Android

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan update sistem android anda. Hal ini tentu memungkinkan dalam Mengatasi Error Pada Aplikasi Kamera. Selain bugs pada sistem, stabilitas sistem akan terasa lebih optimal, serta penambahan fitur dan keamanan akan lebih ditingkatkan.

Adapun untuk melakukannya, anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

#5. Gunakan Aplikasi Kamera Lainnya

Jika yang rusak adalah aplikasi kamera bawaan, maka cobalah untuk menginstall aplikasi kamera lainnya, seperi Camera 360 misalnya. Unduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store secara gratis. kemudian pasang dan coba gunakan.

Apabila terhubung, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi bawaan android telah rusak.

Image & Editing

#6. Scan Dengan Antivirus

Kamera yang error atau muncul pesan peringan terkadang juga dibebabkan oleh Virus yang menginfeksi kamera. Untuk itulah anda perlu melakukan scanning agar virus-virus tersebut bisa terhapus dan kemera bisa digunakan kembali.

Gunakan Aplikasi Antivirus yang sangat powerfull seperti AVG, 360 security, atau Avast.

#7. Factory Reset

Jika dengan cara – cara diatas juga tidak bisa Mengatasi Kamera Android Yang Error, cobalah untuk melakukan Factory Reset atau Mengembalikan Smartphone Ke Pengaturan Pabrik.

Cara ini sebenarnya sangat beresiko karena nantinya semua aplikasi yang telah anda install akan hilang, terkecuali untuk aplikasi bawaan. Sebelum Melakukan Factory Reset pastikan bahwa semua data telah anda backup agar nantinya bisa anda kembalikan lagi.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

#8. Bongkar Ponsel..

Jika dengan Factory Reset juga tidak mengatasi masalah, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware kamera itu sendiri. Sebaiknya lakukan pembongkaran pada smartphone android. cek pada bagian koneksi kabel dengan kamera, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

Akhir Kata

CATATAN: untuk langkah yang terakhir, sebaiknya jangan anda lakukan jika anda tidak tahu – menahu mengenai hardware Smartphone. Untuk lebih baiknya bawalah ke Service Center agar nantinya bisa diperbaiki oleh teknisi Android yang lebih handal.

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, NEXUS, SONY, Blackberry, Nubia, Polytron, Motorola, OnePlus, Huawei, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Macet, Berhenti Tiba – Tiba, Tidak Terhubung, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (96)