8 Cara Mengatasi Kamera Android Tidak Dapat Terhubung

Fitur kamera android merupakan fitur yang menjadi keutamaan paling penting yang menjadi perhatikan para pengguna Android, termasuk saya.

Mengapa demikian? Karena dengan kamera, seseorang bisa mengabadikan sesuatu dari apa yang ia lihat. Selain itu, di era digital sekarang ini, kamera menjadi primadona kaum hawa untuk berselfie-selfie ria dimanapun tempatnya.

Bicara masalah kamera, kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara memperbaiki kamera android error. Dan biasanya para pengguna Android mengeluhkan mengenai pesan yang tampil dari kamera itu sendiri seperti “cannot connect to camera” atau “tidak dapat terhubung ke kamera”.

Dari setiap masalah yang muncul pastinya ada penyebabnya. Dan Setiap smartphone memiliki faktor penyebab yang berbeda – beda. Biasanya saat kamera android mengalami error, terjadi setelah jatuh pada benda keras, entah itu dirumah ataupun dijalan raya.

Selain itu, upgrade sistem OS terkadang juga membuat kamera tidak bisa dibuka. lalu, apakah ada solusi dari permasalahan ini? Lebih jelasnya, mari simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Sayangnya, Kamera Telah Berhenti

Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Terhubung

Untuk mengatasi kamera yang error atau tidak bisa terhubung, cobalah untuk melakukan tips – tips berikut ini, Siapa tahu nantinya bisa terhubung dan bisa normal kembali.

Tips yang saya berikan memang tidak bisa dikatakan berhasil 100%, namun setidaknya anda coba terlebih dahulu supaya tahu hasilnya seperti apa.

#1. Reboot Ponsel..

Saat terjadi error pada kamera, cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan me-reboot ponsel. Setelah itu, lepaskan baterai, memori card (micro sd), dan kartu sim. Diamkan selama 20 – 30 detik agar tidak ada sumber daya yang masuk pada smartphone.

Selanjutnya pasang dan hidupkan kembali. Cobalah untuk membuka kamera, semoga nantinya bisa terhubung dan normal kembali.

#2. Hentikan & Hapus Data Aplikasi

Cara ini biasanya ampuh dalam mengatasi aplikasi kamera yang bermasalah, terutama aplikasi kamera bawaan. Menghapus data aplikasi akan membersihkan semua data yang tersimpan seperti cache, history, basis data, setting kamera, dan lainnya.

Hapus Data Aplikasi Kamera
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Kamera” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Lihat Juga : Cara Menghapus Data Aplikasi Huawei

#3. Unroot Smartphone

Selanjutnya, apabila sebelumnya anda telah melakukan root dan akhirnya terjadi bugs pada aplikasi kamera maka dapat dipastikan rooting gagal dan membuat kamera tidak bisa digunakan.

Solusi yang bisa anda lakukan yakni unroot agar kinerja sistem kembali normal. Adapun jika nantinya kamera masih tidak bisa digunakan, maka anda bisa Flashing ulang.

NOTE: Khusus untuk anda yang tidak melakukan root sebelumnya, anda bisa abaikan metode ini.

#4. Update Sistem Android

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan update sistem android anda. Hal ini tentu memungkinkan dalam mengatasi error pada aplikasi kamera. Selain bugs pada sistem, stabilitas sistem akan terasa lebih optimal, serta penambahan fitur dan keamanan akan lebih ditingkatkan.

Adapun untuk melakukannya, anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Update OS Android
  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

#5. Gunakan Aplikasi Kamera Lainnya

Jika yang rusak adalah aplikasi kamera bawaan, maka cobalah untuk menginstall aplikasi kamera lainnya, seperi camera 360 misalnya. Unduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store secara gratis. kemudian pasang dan coba gunakan.

Apabila terhubung, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi bawaan android telah rusak.

Lihat Juga : 30 Aplikasi Edit Foto Android & iOS Terbaik

#6. Scan Dengan Antivirus

Kamera yang error atau muncul pesan peringan terkadang juga dibebabkan oleh virus yang menginfeksi kamera. Untuk itulah anda perlu melakukan scanning agar virus-virus tersebut bisa terhapus dan kemera bisa digunakan kembali.

Gunakan aplikasi antivirus yang sangat powerfull seperti AVG, 360 security, atau Avast.

#7. Factory Reset Android

Jika dengan cara – cara diatas juga tidak bisa mengatasi kamera android yang error, cobalah untuk melakukan factory reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik

Cara ini sebenarnya sangat beresiko karena nantinya semua aplikasi yang telah anda install akan hilang, terkecuali untuk aplikasi bawaan. Sebelum melakukan factory reset pastikan bahwa semua data telah anda backup agar nantinya bisa anda kembalikan lagi.

Reset HP Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

Lihat Juga : Cara Hard Reset HP VIVO

#8. Bongkar Ponsel…

Jika dengan factory reset juga tidak mengatasi masalah, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware kamera itu sendiri. Sebaiknya lakukan pembongkaran pada smartphone android. cek pada bagian koneksi kabel dengan kamera, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

Akhir Kata

CATATAN: untuk langkah yang terakhir, sebaiknya jangan anda lakukan jika anda tidak tahu – menahu mengenai hardware Smartphone. Untuk lebih baiknya bawalah ke service center agar nantinya bisa diperbaiki oleh teknisi Android yang lebih handal.

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti NOKIA, ASUS, Samsung, OPPO, Realme, Xiaomi, VIVO, dan lainnya. Itulah ulasan singkat dari saya, jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 105 Comment

  1. Andika berkata:

    oke bang..
    makasih metode no.2 bener bener ampuh..
    kamera ane balik lagi normar

  2. Novia Nur mala berkata:

    mas kamera saya ada peringatan ” tidak dapat tersambung ke kamera. pastikan untuk menutup aplikasi yang mungkin menggunakan kamera atau senter ” gimana cara mengatasinya ya mas mohon sarannya dong mas… 🙂

    • Dian Arifin berkata:

      Mbak bercanda atau bagaimana, mana mungkin ada peringatan kamera yang seperti itu. Jikapun ada, mbak bisa mencoba untuk menghapus data aplikasi kamera tersebut 🙂

  3. Novia Nur mala berkata:

    lah emang peringatannya gitu mas ngapain juga bercanda hp saya lenovo A2010, terus apikasi kamera di data aplikasi juga ndak ada

    • muchlis berkata:

      Mbak gimna kamerannya udah bisa blm. ssaya juga sama kaya gitu.

    • Dian Arifin berkata:

      coba mbak cari pada bagian Manajemen Aplikasi, pasti disitu ada aplikasi kamera mbak. Nah, dari situ mbak bisa menghapus data aplikasi kamera. Pokoknya, cari sampai ketemu… pasti ada.

      Jika tidak ada, install aplikasi kamera langsung dari Google Play Store.

  4. ginting berkata:

    terimakasih banyak gan.. nomor satu ampuh.. belajar dimana gan?

  5. agung berkata:

    Saya sudah melakukan semua metode nya gan, “Semua”, sampe di bongkar…
    Tapi masih tidak connect gan kamera nya.

  6. hairunnisa6743 berkata:

    Mas. numpang nnya kalo kamera depan hape saya. tombol untuk ke kamera depan nya hilang tu gimana caranya untuk agar kembali lg kamera depan saya mohon bantuannya terima kasih.

  7. suci trisna berkata:

    Kak kalau pake cara nomor 2 hilang semua gag foto2 yg ada di galeri?

  8. Rojiin berkata:

    Numpang tanya gan…hpq redmi note 3 pro posisi miui 8.0.6.0 lollipop…klo tak upgrade keversi lbh baru di os marshmallow kameranya tidak bisa dibuka “sayangnya kamera tidak terhubung” mohon pencerahannya gan

  9. boncezdw berkata:

    Mas kmera a37 saya tidak terhubung sayw udah lakukan semua metode… apakah dengan menganti kamera nanti akan bisa sperti semula… tidak terhubung akibat jatuh

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau tidak terhubung akibat jatuh, ya pastinya terjadi kerusakan pada kamera. Solusinya bisa membawa ke Service Center agar mendapat menanganan yang lebih baik.

  10. Duta berkata:

    Hp saya Samsung J2. tadinya normal saja setelah di Flash Ulang, Kamera Belakang nya Bisa tetapi Kamera Depan- nya yang Failed, Sudah coba cara diatas tapi tetep tidak bisa apa masalahnya di Firmware nya ya..

    • Dian Arifin berkata:

      Kemungkinan iya mas, coba mas lakukan update sistem mas, biar semua bugs bisa hilang dan teratasi. Jangan lupa untuk memperbersihkan file sampah, kemudian restart…

  11. sri berkata:

    Makash mas kamera sya bisa trbuka bsa selfi lg

  12. sidqy berkata:

    gan kamera belakang sy gk bisa gmna cara memperbaikinya??

  13. agung berkata:

    Hp saya grandfrime ,knph yah kamera ggal trs ,hars d apain yah saya udh coba yg d atas tpi.gabsa

  14. dwicky berkata:

    Mas kamera ku tidak ditemukan bagaimna it solusinya

  15. krisna damaris m berkata:

    Gan saya mau tanya, itu cara yang nomer 2 kan,di suruh hapus data kan,nah itu akan mempengaruhi hilangnya gambar/foto2 apa nggak.trimakasih.

    • Dian Arifin berkata:

      Apabila merasa takut kehilangan foto, bisa memindahkan dulu semua foto yang ada difolder kamera (DCIM) ke folder baru atau folder lain. Setelah itu, barulah nanti melakukan hapus data.

  16. yudiin berkata:

    peringatan “lampu kilat kamera sedang digunakan, silahkan matikan sebelum mengakses kamera” yg gabisa kamera depan. kalo itu gimana ya mas tolong dibalas makasih maas hp saya advan s5e

    • Dian Arifin berkata:

      Sudahkan mencoba cara-cara atau metode yang saya tulis diatas. Untuk mengembalikan kamera pada pengaturan default, hapus data dari kamera tersebut. Jika sudah, sebaiknya matikan lampu pada kamera belakang mas. barulah nanti mas melakukan restart.

  17. assanibillah berkata:

    Gan klo kamera gbsa kebuka gmne gan kan ane ke aplikasi kamera trs gada bacaan apa2 tiba2 langsng keluar aja posisi diandroid lenovo vibe c os lollipop

    • Dian Arifin berkata:

      Cobalah untuk menghapus data aplkasi kamera, semoga bisa digunakan kembali. Atau coba gunakan aplikasi kamera lain, tujuannya untuk tes apakah kamera masih berfungsi atau tidak. Solusi terakhir, bisa mencoba dengan Hard Reset melalui menu Recovery Mode.

  18. Adi berkata:

    MAKASIH GAN , Sangat membantu

  19. Lutvy berkata:

    Zenfone Laser juga gitu gan..
    katanya sedang digunakan aps lain
    sama minta di reboot..
    udah hapus chache, hapus data, tutup aplikasi masih aja ga kebuka

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau masalahnya semacam itu, kemungkinan tidak hanya aplikasi kamera saja yang harus di Hapus Data, tetapi aplikasi lain juga yang membutuhkan fitur kamera. Setelah itu baru reboot.

  20. Irfan berkata:

    Saya pake cara yang ke2 kok ga bisa pake kamera depansih?
    Mohon jawabanya

  21. Saiful berkata:

    Hp saya oppo neo 5 . Kemaren masih baik2 saja. Tiba2 muncul kamera tidak dpt terhubung, dan flash jg gk bisa dinyalahkan. Sudah hard reset, hapus cache. Dan flashing firmware pakek flashtool.. ttp gk bisa.
    Sya bongkar sya ganti camera beli di tokopedia dan sya psang ttp gk bisa..
    Kira2 kenapa ya mas?

    • Jawa berkata:

      Sama gan gua juga gitu hapenya sudah di apapapin ga bisa juga.

      • Dian Arifin berkata:

        Kalau udah sampai akarnya masih tetap ngak bisa, bawa ke Service Center OPPO mas, nanti bakal tau masalahnya dimana …

    • Dian Arifin berkata:

      Wow, sampai segitunya. Saya kurang tau mas, biasanya kalau sudah diganti bisa, tapi ya harus sesuai dengan perangkat itu sendiri…

      • sams aprilio berkata:

        Gan sya dah xoba yg di sarani sma abang.. ya paksakan berhenti.. awalx bsa.. trz tiba2 ga bsa lg kamera dpanx.. tu knp ya gan

      • Dian Arifin berkata:

        Bisa jadi sistemnya yang bermasalah, coba hapus data aplikasi kamera mbak, bersihkan cache, kemudian restart…

  22. Allong berkata:

    Gan mau tanya kenapayaa lg g4 saya kameranyaa gamuncull “error,kamera tidak tersedia” mohon gan sarannyaa

  23. rahayu berkata:

    Gan kalau camera ku belakang baik” aja
    Tapi kamera depan nya eror udh di coba semua nya nggk bisa..
    Tap blm yg no 5 sama no 6

    • Dian Arifin berkata:

      Setelah hapus data aplikasi kamera, disarankan untuk restart. Tapi jika tidak bisa, maka solusinya Hard Reset (Factory Reset) melalui menu Recovery Mode.

  24. ali berkata:

    Min klu punya saya tidak bisa membuka settingan kamera itu gimana ya min solusinya

  25. Ramadhan berkata:

    Pake cara yg kesatu malah jadi botlop

  26. Brugman berkata:

    Nomor 1 ampuh gan wkwkw

  27. Susan berkata:

    Klo untuk aplikasi yang 360 atau lainya bisa di pke tapi camera bawaan susah di buka itu rusaknya di bagian apanya ya gan

    • Dian Arifin berkata:

      Dibagian aplikasi bawaan mbak, cobalah buat bersihkan data aplikasi kamera dan update aplikasi tersebut via Google Play Store..

  28. rama berkata:

    Gan , kamera hpku jgu ngga bisa .klau kubuka kamera “maaf galeri telah berhenti” tapi klau ku buka galerinya mlah bisa . Di managemen aplikasi pun ngga ada aplikasi kamera . Kukembalikan ke pabrik pun ngga muncul dipengaturan aplikasi kameranya . Handphoneku lenovo a2010

  29. Arya berkata:

    saya sudah flash ulang awalnya gabisa, besoknya kameranya bisa ,malemnya gabisa lagi
    klo gini kenapa ya?

  30. ithabie27 berkata:

    Mas q tu download video editor trus gak bisa buat video nya cma bisa buat edit aja trus kalau mau buka buat video tulisanya silahkan buka pengaturan sistem atau beri akses .untuk membuka …gimana itu

    • Dian Arifin berkata:

      Izinkan aplikasi untuk bisa akses pada kamera, untuk HP XIaomi biasanya ada pada setelan Perizinan > Izin Aplikasi > kemudian cari pada bagian kamera..

  31. pratama berkata:

    Kalau kamera depan bisa tapi yang belakang dibukak cuma warna warni kira2 apanya ya gan udah factory reset tapi tetep gk bisa

  32. qoluk berkata:

    bila untuk scan QR g bisa gimana ya? padahal kameranya saat dibukak biasa masih bisa?

  33. Dicky berkata:

    Udah di coba semua sampe di bongkar juga udah. Ane bersihin konektor nya tetep gak bisa. Masa iya modul kamera nya harus diganti?

  34. rum berkata:

    kalo pas buka kamera tapi langsung keluar tanpa ada peringatan apa apa itu kenapa ya ? padahal udah di hapus cachenya , di reboot ulang tapi ttp gak bisa

  35. Ipank berkata:

    Gan hp infinix zero 3 sudah ane lakukan step2 sperti di atas, cuma blm pernah di flash sm bongkar. Klo dilakukan flash atw tahap pembongkaran,bisa jd baik lg gx ya???

  36. Navika berkata:

    Terima kasih ini sangat membantu??

  37. Rofiq berkata:

    Makasih no 1 work

  38. dinaerliana berkata:

    Semua foto dan video enggak ke hapus kan kalo data nya di hapus dan copot paksa henti tdi

  39. Abi banyu berkata:

    Bos klao yg eror ganti2an, misal kemaren yg eror kamera depan tapi sekarang yang eror kamera depan… Kenapa yah..

  40. Sheila berkata:

    Saya pake cara ke 2 ternyata berhasil, terimakasih banyak ?????

  41. Abee Tien Wargani berkata:

    Punya saya masalahnya “lampu kilat sedang dinyalakan”. Saya udah coba setel ulang setting pabrik tapi tetap begitu. Gimana ya?

  42. Sony berkata:

    Thx gan tips no 1 ampuh gan d hp advane gw gan, trima kasih bnyak gan…? atas tips” nya , brmnfaat bnget … Jos pkoknya, ???

  43. Sony berkata:

    Trima ksih gan tips no 1 ampuh d hp android ADVAN gw..?, brmnfaat bnget pkoknya…????

  44. Novi berkata:

    Kak mau tanya, kenapa kamera instagram aku hitam gitu ya? Dan kamera biasanya gabisa buat ngevideo ?

  45. Wan maulana berkata:

    Makasih kk skrg dh bisa

  46. Dimas berkata:

    Kamera saya knp ya gan?
    Sampai di ganti kamera tetep tidak terhubung

  47. Jawariyah berkata:

    Sayapun kamera tidak dapat di
    Buk,semua nya vc ga bisa apa apah ga bisa,itu kenapa ya

  48. lebahmadu berkata:

    teriakasih tips no. 1 ampuh untuk hape cina saya

  49. Didin sahidin berkata:

    Hp ku jg ngablank gmn y

  50. Sukmo berkata:

    Kelima cara udah sy lakukan,mash blm bisa,mungkinkah cara ke 6 bisa mengatasi?

  51. Fuad berkata:

    Alhandulillah.. dengan cara pertama akhirnya bisa 😊

  52. Al berkata:

    Semua udah dicoba bang, reset pabrik, instal apk camera lain, clear cache tetep gabisa. Kalo konektor nya kira kira berapa harga service nya ya?

  53. FastanIndo202 berkata:

    Kak virus saya ini namanya apa :
    1. Aplikasi keluar2 sendiri
    2. Kamera tidak bisa membuka kamera belakang Dan ada tulisan *Kamera Rusak*
    Itu terjadi pada semua aplikasi tapi saya saat menggunakan whatapps kamera belakang tidak apa2, Itu jenis virus apa ya kak ?

  54. No name berkata:

    Klo pke apk kamera lain bsa buat vcan di wa g si

  55. Iqbal berkata:

    Mas numpang nanya hp saya v15 tulisan gagal membuka kamera, mengalihkan ke kamera lain mohon bantuannya tolong bantuannya ya mas pusing kepala sya

  56. Lia berkata:

    Mau tanya…. Oppo f11 pro saya baru di update versi baru… Akan tetepi kamera depan y tidak berfungsi dan berwarna hitam bagaimana solusi ya