Cara Membersihkan Cache di HP VIVO, Mudah dan Cepat

0
34

Dianisa.com – Cara Membersihkan Cache di Smartphone VIVO Mudah dan Cepat. Seperti yang kita tahu VIVO merupakan salah satu brand smartphone kenamaan asal China, anak dari perusahaan BBK Electronics. Menjadi salah satu smartphone primadona kaum hawa, dengan kamera selfienya yang begitu manja membuatnya terkenal dimana, bahkan disinyalir menjadi pesaing dari OPPO. Padahal kalau menurut saya keduanya tidak pernah bersaing karena berasal dari induk perusahaan yang sama, mungkin strategi pasarnya saja terlihat seperti bersaing.

Baca Juga :

Karea postingan kali ini akan membahas mengenai file cache maka saya akan mencoba menjelaskan secara singkat. Apa itu Cache? File cache merupakan sebuah file yang diproduksi oleh sistem yang kemudian melekat pada memori dan processor agar lebih maksimal dan cepat dalam menjalankan sistem atau aplikasi yang dibuka. Setiap kali kita membuka sesuatu yang baru, maka disitulah akan diproduksi file cache. Keuntungan dari file cache bagi pengguna ialah akan mempercepat akses saat membuka aplikasi, namun sayangnya semakin menumpuk file cache juga akan membuat memori terasa penuh dan berat.

Cara Menghapus Cache Aplikasi VIVO

Sedikit informasi mengenai perangkat VIVO dan cache diatas, pada kesempatan kali ini saya berbagi ulasan ke anda semua mengenai Cara Menghapus Cache Aplikasi Secara Manual. Dengan membersihkan cache pada aplikasi yang dimaksud maka tentunya akan membuat performa aplikasi akan lebih maksimal, pasalnya semua data yang bersifat sementara akan terhapus. Metode ini dapat anda lakukan melalui fitur manajemen aplikasi di HP VIVO yang anda miliki. Untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi VIVO

  • Buka Pengaturan » Pengaturan Lainnya » Aplikasi » Terpasang » Pilih “NAMA APLIKASI” » Penyimpanan » Kemudian tap “Bersihkan Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone VIVO V9 dengan sistem operasi Android Oreo v8.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Cara Membersihkan Cache Memori VIVO

Metode berikutnya yakni membersihkan file cache menggunakan aplikasi i Manager. Sedikit informasi, i Manager merupakan aplikasi bawaan atau bloatware pada perangkat VIVO yang fungsinya dapat melakukan maintenance pada memori, baterai, dan pembersihan pada cache dan virus. Penggunaan i Manager akan terasa lebih efisien dan lebih cepat dalam membersihkan cache pada semua aplikasi terinstal. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Membersihkan Cache Memori VIVO

  • Buka i Manager » Pembersihan Ruang » Kosongkan Tempat Sampah » Kemudian anda bisa membersihkannya dengan tap “Pembersihan Dengan Sekali Ketuk”. Anda bisa melakukan hal ini pada bagian lainnya pula ….

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone VIVO V9 dengan sistem operasi Android Oreo v8.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat VIVO seperti VIVO Xshot, VIVO Y67, VIVO Xplay 5, VIVO Xplay 5s, VIVO Xplay 5 Elite, VIVO Xplay 6, VIVO X9 Plus, VIVO X9, VIVO V5, VIVO X7, VIVO X7, VIVO X6S, VIVO X6S, VIVO Y51, VIVO Y69, VIVO Y65, VIVO Y71, VIVO Y83, VIVO Y55, VIVO V3, V3 MAX, VIVO V5, V5 Plus, V5 Lite, VIVO V7, V7 Plus, VIVO V9, V9 Plus, VIVO V11, V11 Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari metode yang saya berikan, maka anda dapat menyesuaikannya. Jika ada yang perlu anda tanyakan terkait masalah pada perangkat VIVO atau Tips dan Trik seputar HP VIVO, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here