9 Cara Membersihkan Cache di HP VIVO

Seperti yang kita tahu VIVO merupakan salah satu brand smartphone kenamaan asal Cina, anak dari perusahaan…

Seperti yang kita tahu VIVO merupakan salah satu brand smartphone kenamaan asal Cina, anak dari perusahaan BBK Electronics. Menjadi salah satu smartphone primadona kaum hawa, dengan kamera selfie-nya yang begitu manja membuatnya terkenal di seluruh dunia, bahkan disinyalir menjadi pesaing dari OPPO. Padahal keduanya tidak pernah bersaing karena berasal dari induk perusahaan yang sama, mungkin strategi pasarnya saja terlihat seperti bersaing.

Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara membersihkan file cache pada ponsel VIVO. Sebelum masuk ke tutorial saya mencoba menjelaskan file cache secara singkat dari apa itu cache? Apa fungsi dan kegunaannya? Dan kenapa file cache perlu dihapus / dibersihkan? Untuk menjawabnya, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 8 Cara Membersihkan Cache Windows 10, 8, 7

Apa itu Cache?

File cache merupakan sebuah file yang diproduksi oleh sistem yang kemudian melekat pada memori dan processor agar lebih maksimal dan cepat dalam menjalankan sistem dan aplikasi yang dibuka. Setiap kali kita membuka suatu file sistem / aplikasi baru, maka di situlah akan diproduksi file cache. File cache tidak hanya terdapat pada smartphone Android seperti VIVO, tetapi terdapat juga pada hampir semua perangkat teknologi yang menggunakan sistem operasi. Keuntungan dari file cache bagi pengguna ialah dapat mempercepat akses saat membuka aplikasi. Namun sayangnya semakin menumpuk file cache juga akan membuat memori penuh dan berat.

Contoh sederhananya adalah ketika Anda membuka laman dengan web browser, maka web browser akan menyimpan atau mengunduh informasi dari laman tersebut ke komputer / smartphone Anda mulai dari cache, cookies, file statis, gambar, audio, video, dan lain sebagainya. Nah, ketika dikemudian hari Anda membuka kembali laman yang sama, maka loading laman akan jauh lebih cepat ketimbang sebelumnya. Mengapa demikian? Karena file cache dan beberapa file statis telah tersimpan di memori Anda, sehingga sistem tidak perlu mengunduhnya kembali.

Mengapa file cache perlu dibersihkan?

Dalam kurun waktu tertentu, file cache perlu untuk dibersihkan. Terutama pada smartphone Android dengan ruang penyimpanan yang relatif kecil / terbatas. Meskipun memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar pun, file cache tetap perlu untuk dibersihkan. Hal ini untuk menjaga stabilitas sistem Android dan aplikasi terinstall yang ada di dalamnya. Penumpukan file cache pada memori internal dan eksternal dalam kurun waktu yang relatif lama dapat menyebabkan konflik antara file satu dengan file lainnya.

Dalam beberapa kasus, penumpukan file cache dapat menyebabkan sistem dan aplikasi error, macet, dan force close. Membersihkan file cache tidak harus dilakukan setiap hari, Anda dapat membersihkan file cache minimal dua minggu atau sebulan sekali. File cache yang telah dihapus tidak akan membuat sistem dan aplikasi error. Semua file cache yang telah dihapus akan diproduksi / dibuat kembali.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP VIVO

Cara Menghapus Cache di HP VIVO

Untuk membersihkan file cache, ada banyak metode yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menggunakan aplikasi iManager bawaan ponsel VIVO, melalui menu Setelan / Pengaturan, menggunakan aplikasi pembersih pihak ketiga seperti CCleaner, AVG Cleaner, Avast Cleanup, dan sejenisnya. Untuk melakukannya, Anda bisa simak dan cermati metode berikut ini.

Menggunakan Aplikasi iManager

iManager merupakan aplikasi pembersih bawaan atau bloatware dari ponsel VIVO. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membersihkan file cache secara mudah dan cepat hanya dengan sekali klik. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan beragam fitur dari aplikasi ini untuk mengoptimalkan kinerja sistem dan aplikasi terinstall. Terdapat beragam fitur menarik dari aplikasi ini seperti pengelolaan ruang, pemantau data, pengelola aplikasi, pengelola daya, penolakan, dan privasi. Untuk menggunakan aplikasi iManager, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi iManager pada ponsel VIVO Anda.
  2. Tunggu beberapa saat sampai proses pemindaian dan pengoptimalan sistem dan aplikasi selesai dilakukan.
  3. Anda bisa ketuk Status Optimal untuk memindai dan mengoptimalkan kinerja sistem dan aplikasi.
  4. Selanjutnya, Anda bisa pilih Pembersih Ruang.
  5. Ketuk Bersihkan Semua untuk membersihkan semua file cache pada ponsel VIVO Anda.
  6. Tunggu sampai proses penghapusan selesai dilakukan.

Jika Anda ingin menghapus file cache pada aplikasi tertentu, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Ketika Anda memilih opsi Pembersih Ruang.
  2. Ketuk bagian Lihat Detail » lalu ketuk tanda Sampah Cache untuk melihat informasi file cache pada semua aplikasi terinstall.
  3. Kemudian Anda bisa pilih aplikasi yang Anda inginkan (hilangkan centang untuk pengecualian).
  4. Ketuk Pembersihan dengan sekali ketuk (xx GB) untuk membersihkan file cache.
  5. Tunggu sampai proses penghapusan selesai dilakukan.
  6. Selesai.

Dalam menggunakan aplikasi iManager, setiap versi ponsel VIVO akan terdapat perbedaan tampilan dan nama fungsi. Jika Anda merasa nama fungsi / fitur di atas tidak sesuai dengan aplikasi iManager ponsel VIVO Anda, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : 6 Cara Membersihkan Cache di HP Realme

Melalui menu Pengaturan

Selain menggunakan aplikasi iManager, Anda juga dapat menghapus file cache secara manual melalui menu Setelan / Pengaturan ponsel VIVO Anda. Metode ini lebih banyak dilakukan hanya ketika mengalami masalah pada aplikasi tertentu. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel VIVO Anda.
  2. Kemudian pilih Aplikasi dan Notifikasi.
  3. Kemudian muncul beberapa informasi setelan aplikasi.
  4. Lanjutkan dengan memilih Lihat semua xx aplikasi.
  5. Temukan dan pilih aplikasi yang Anda inginkan.
  6. Lanjutkan dengan memilih Penyimpanan & Cache.
  7. Ketuk Hapus cache untuk menghapus cache pada aplikasi tersebut.
  8. Selesai.

Pada beberapa ponsel VIVO seri lama, aplikasi terpasang terdapat pada fitur Pengaturan Lainnya.

Menghapus Cache Aplikasi VIVO
2. Menghapus cache aplikasi VIVO. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel VIVO Anda.
  2. Pilih Pengaturan Lainnya » Aplikasi » Terpasang.
  3. Pilih aplikasi / game yang Anda inginkan.
  4. Pilih Penyimpanan untuk melihat total penyimpanan.
  5. Tekan Bersihkan Tembolok untuk menghapus cache aplikasi.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache di HP Android

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan aplikasi iManager dan melalui menu Setelan / Pengaturan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pembersih pihak ketika. Berikut beberapa aplikasi pembersih yang dapat saya rekomendasikan. Selebihnya, Anda bisa temukan melalui Google Play Store atau toko aplikasi lain pilihan Anda.

  • CCleaner
  • All-In-One Toolbox
  • Avast Cleanup
  • AVG Cleaner
  • NOX Cleaner

Cara menggunakan aplikasi pembersih sangat mudah untuk Anda lakukan. Jika Anda memilih menggunakan CCleaner, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

Membersihkan Cache dengan CCleaner
1. Bersihkan cache menggunakan CCleaner. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Langkah pertama, pasang aplikasi CCleaner dari Google Play Store.
  2. Ketuk MULAI untuk mengikuti proses perizinan aplikasi.
  3. Ketuk LANJUTKAN DENGAN IKLAN untuk menggunakan CCleaner secara gratis.
  4. Ketuk MULAI DI SINI untuk melakukan proses pemindaian dan pembersihan.
  5. Lakukan perizinan untuk mengakses file foto, video, dan sejenisnya.
  6. Ketuk PEMBERSH CEPAT untuk melakukan proses pemindaian.
  7. Tunggu sampai proses pemindaian selesai dilakukan.
  8. Pilih file cache pada kategori yang Anda inginkan.
  9. Ketuk Selesaikan pembersihan.
  10. Selesai.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Pembersih Android & iOS Terbaik

Apa perbedaan Hapus Data dan Hapus Cache?

Ketika masuk pada info aplikasi ponsel VIVO, Anda pasti melihat dua pilihan antara “Hapus Data” dan “Hapus Cache”. Jika Anda merasa bingung dari kedua pilihan tersebut, simak perbedaannya berikut ini.

  • Hapus Data – Fungsi hapus data digunakan untuk menghapus semua data pada aplikasi. Ini bukan berarti menghapus / uninstall aplikasi pada ponsel VIVO Anda. Menghapus data berkaitan dengan menghapus data login, basis data, cache, cookies, histori penelusuran, dan semua data simpanan lainnya. Intinya menghapus data aplikasi akan mengembalikan aplikasi ke posisi awal. Opsi ini biasanya dipilih ketika mengalami masalah error pada aplikasi atau game seperti lag, tidak bisa dibuka, telah berhenti, dan sebagainya.
  • Hapus Cache – Sedangkan hapus cache berkaitan dengan cache pada aplikasi tersebut. Hapus cache hanya menghapus file singgah atau file sementara pada aplikasi. Menghapus cache tidak akan mengembalikan aplikasi ke posisi awal dan tetap mempertahankan “setelan” pengguna pada aplikasi.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi VIVO

Penutup,

Dengan mengikuti panduan di atas, saya rasa membersihkan cache pada ponsel VIVO mudah untuk dilakukan. Seperti yang telah saya singgung di atas, menghapus cache tidak harus dilakukan setiap hari. Anda bisa menghapusnya saat ketika memori ponsel terasa penuh atau saat ketika ponsel sudah terasa lemot / lambat. Setidaknya bersihkan cache dua minggu atau sebulan sekali. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pembersih untuk membersihkan cache secara mudah dan cepat.

Metode di atas dapat Anda terapkan pada semua perangkat VIVO seperti VIVO Xshot, VIVO Y67, VIVO Xplay 5, VIVO Xplay 5s, VIVO Xplay 5 Elite, VIVO Xplay 6, VIVO X9 Plus, VIVO X9, VIVO V5, VIVO X7, VIVO X7, VIVO X6S, VIVO X6S, VIVO Y51, VIVO Y69, VIVO Y65, VIVO Y71, VIVO Y83, VIVO Y55, VIVO V3, V3 MAX, VIVO V5, V5 Plus, V5 Lite, VIVO V7, V7 Plus, VIVO V9, V9 Plus, VIVO V11, V11 Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari metode yang saya berikan, maka Anda dapat menyesuaikannya.

Apa file cache tersimpan pada memori RAM?

Tidak, file cache tersimpan pada memori internal smartphone.

Apa perbedaan file cache dan file cookies?

Cache digunakan untuk menyimpan data-data sementara seperti histori, teks, gambar, dan sejenisnya. Sedangkan Cookies digunakan untuk menyimpan data username dan password.

Apa yang terjadi jika saya tidak membersihkan file cache?

Seiring berjalannya waktu, file cache yang tidak pernah dihapus akan membuat memori penuh hingga akhirnya terjadi penurunan performa.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada yang perlu Anda tanyakan terkait masalah pada perangkat VIVO atau tips dan trik seputar HP VIVO, silakan tulis melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Discussion | 18 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. meridawati berkata:

    saya pakai vivo 11..bgg cari pengaturan spt yg dimksd pada artikel diatas..aplg cari yg lain2nya

  2. Adelia Dwi A. berkata:

    saya sudah menghapus semua aplikasi tapi tetap saja tulisan penyimpanan penuh tidak hilang dan saya juga menghapus beberapa kali sampah cache tapi tetap saja

  3. Rifai ahmad berkata:

    Trims bos hp sudah mulai ringan
    Trims ilmunya

  4. muniroh berkata:

    klo mau mengahpus file chace instagram. nanti aplikasi instagramnya jadi terhapus nggak kak?

  5. AsSyai berkata:

    Mengapa apabila saya menginstal aplikasi telegram tidak bisa akan muncul pemberitahuan memori anda hampir habis padahal kemuatan memori masih banyak? dan apabila sudah terinstal mengapa aplikasi telegramnya tidak terpasang?. Mohon jawabannya

  6. Sri wirda berkata:

    Kenapa hp vivo y12 saya tidak bisa download atau pun update aplikasi???
    Mohon bantuannya

  7. Anita berkata:

    Tolong plis. saya pakai vivo V9 . Memory internal saya full, sampai uda merah.
    Lama saya biarkan krn ga tau bawa kmn video anak bayi saya. Lalu tiba2 tnp ada yg pgg hp, memorynya kembali 1gb ( jd yg tadinya merah, jd free 1gb) saya takut ada file saya yg hilang otomatis. Lalu kejadian sperti itu terus saja berulang. Ga tau brp lama temponya, free lagi 1 gb atau kurang dr satu Gb. Bisakah tolong pecahkan?apakah ada file yg dihilangkan otomatis. Dan knp bisa demikian? Krn kdg2 walopun dah tggal nol bite juga ga ada dihapus (ga tiba tba free 1gb)

  8. Elisa Lidya berkata:

    Apakah file yg judulnya fullarchive-(nomoracak) pada vivo juga merupakan file sampah ? Apakah aman utk di hapus ?

  9. Dedihatdiansyah berkata:

    Kenapa hp vivo ,nomor model,1724 saya sinyal hilang/kartu sim tidak terbaca,terima kasih mohon solusinya

  10. Rasyid berkata:

    Cara yg kedua apknya ke hapus semua gak
    Pembersihan dengan satu kali ketuk file sampah apa termasuk apknya

  11. Vanny berkata:

    Kenapa ya hp Vivo y95 saya sering mati terus hidup sendiri padahal semua cara cara udh d lakukan udah hapus apk yg berat bahkan udah ke setelan pabrik tp tetap saja sering ng restar sendiri. Apa harus d service ? Kira-kira berapa ya kalo d service?

  12. Nila Sari berkata:

    Mengapa hp vivo saya tidak bisa menggunakn kamera belakang?

  13. yaumi berkata:

    ka, kalau mau membersihkan sampah cache apl play store bagaimana? soalnya di pengaturan aplikasi terpasang play store tidak muncul, itu bagai mana ka, tolong dibantu dijawab ya ka…

  1. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  2. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih
  3. Apa itu Esports?

    Esports merupakan bentuk dari sebuah kompetisi games yang terorganisir.