Dian Arifin Sebagai Author, saya berusaha keras agar website ini dapat bermanfaat untuk banyak orang, khususnya untuk para pengguna Android. Disini, saya banyak penulis mengenai masalah pada Aplikasi serta Tips & Trik Android. Khairunnas Anfauhum Linnas ....

8+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Google Play Store Telah Berhenti” di HP Android

3 min read

Cara Mengatasi Google Play Store Berhenti Tiba - Tiba

Dianisa.comMengatasi Play Store Telah Berhenti. Google Play Store adalah salah satu aplikasi paling penting yang sering digunakan oleh para users Android diseluruh dunia. Tanpa adanya Google Play Store mungkin pengguna android akan kebingungan dalam mencari aplikasi dan game terbaru yang gratis dan aman.

Salah satu produk dari Google Inc, ini tentunya menjadi pilihan terbaik bagi para pengguna Android.Tapi sayangnya, google play store sering mengalami error. hal ini terbukti banyak pengguna Android yang sering mengeluh dikarenakan,

Google Play Store muncul pesan error seperti “Unfortunately Google Play Store Has Stopped”, “Google Play Store Has Been Stopped”, “Sayangnya, Google Play Store Telah Berhenti”, “Maaf, Google Play Store Telah Berhenti”, “Google Play Store Tidak Menanggapi”, “Sayangnya, Google Play Store Terhenti”, “Sayangnya, Google Play Store Terus Berhenti”, “Sayangnya, Layanan Google Play Store Telah Berhenti”, “Sayangnya, Layanan Google Play Store Tidak Menanggapi”, “Layanan Google Play Store Terhenti”, “Layanan Google Play Store Terus Berhenti”, dan lainnya.

Intinya adalah Google Play Store berhenti secara tiba – tiba atau force close tiba – tiba. Masalah seperti ini terjadi pada banyak merek smartphone Android. Untuk versi OS, ini sering terjadi pada versi Android Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan google play store terjadi error, diantaranya yakni file cache, memori RAM yang terlalu penuh, error pada aplikasi, dan lainnya.

Tips Play Store

Masalah Play Store

Masalah HP Android

Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti

Mengenai Permasalah tersebut, anda beberapa cara yang bisa anda coba terapkan agar Google Play Store dapat normal kembali. Lebih jelasnya, silahkan simak beberapa caranya dibawah ini.

#1. Hapus Cache Google Play Store

Penumpukan File cache yang terlalu banyak dapat membuat aplikasi serasa berat saat dibuka atau saat Loading Page. Hal ini terjadi tidak hanya pada Google Play Store saja, bisa saja pada aplikasi lain seperti BBM, LINE, WhatsApp, ataupun yang lainnya.

Solusinya yakni dengan menghapus file cache tersebut supaya Android serasa lebih ringan dan normal kembali. Ada dua cara yang bisa anda lakukan, pertama bisa secara manual dan kedua, bisa dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga semacam CCleaner atau Clean Master.

Hapus Cache Google Play Store

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Store” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

#2. Hentikan & Hapus Data Google Play Store

Apabila cara pertama tidak berhasil maka lakukan dengan cara kedua yakni dengan menghapus data aplikasi mulai dari cache, history pencarian, data login, katagori favorit, dan seterusnya. Cara ini tidak menghapus aplikasi, hanya menghapus data – data sementara yang ada di Android anda.

Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Google Play Store

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Store” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Dengan melakukan hal tersebut, Google Play Store akan kembali pada kondisi normal yang bersih dan belum pernah dibuka. Untuk menggunakannya kembali, tentunya anda harus login kembali sesuai dengan email dan password yang anda miliki.

#3. Hapus Data Google Play Service

Selain Google Play Store, anda juga perlu menghapus data google play service. ini merupakan bagian yang cukup penting dari Google Play Store dan biasanya sangat berpengaruh saat anda menghapus data. Seperti biasa, untuk menghapusnya anda bisa lakukan melalui manajemen aplikasi.

Hapus Data Google Play Service

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Google Play Services for Instant Apps” » Selanjutnya tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

#4. Update Google Play Store Ke Versi Terbaru

Memperbaharui aplikasi dapat membuat bugs atau kerusakan tertentu bisa hilang. Semua file Google Play Store akan diperbaiki setelah anda berhasil melakukan update. Jika-pun nantinya tetap tidak berhasil maka anda bisa mencoba dengan cara berikutnya.

#5. Uninstall dan Install Google Play Store

Menghapus dan mengganti dengan aplikasi yang baru adalah solusi paling jitu dalam mengatasi aplikasi google play store yang error. Tapi sebelum melakukan hal ini, persiapkan Aplikasi Google Play Store Format Apk untuk di install. Cara uninstall Google Play Store cukup mudah, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Store” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

#6. Matikan Android, Cabut Baterai, dan SIM Card

Metode terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan mematikan Android, Mencabut Baterai, Mencopot SIM Card dan SD Card. Diamkan selama beberapa saat agar daya baterai tidak masuk ke Android. Pasang dan nyalakan kembali Android anda, kemudian buka Google Play Store semoga nantinya dapat normal kembali.

#7. Update Sistem Android

Masalah kemungkinan tidak hanya pada Google Play Store, namun bisa jadi juga ada pada Sistem Android. Cobalah untuk melakukan update, siapa tahu nantinya Google Play Store dan aplikasi lain yang mungkin juga bermasalah dapat normal kembali.

Stabilitas sistem akan ditingkatkan sehingga aplikasi terinstal juga akan lebih optimal. Metode ini hanya berlaku untuk smartphone yang tersedia update terbaru.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sistem, Pada bagian tersebut anda bisa coba lakukan update pada Sistem Android anda.

#8. Factory Reset HP Android

Selanjutnya, anda bisa melakukan reset apabila semua metode yang saya berikan diatas tidak berhasil sama sekali. Ini adalah opsi terakhir yang dapat dipastikan Google Play Store dapat normal kembali. Namun sebelum melakukannya, pastikan anda melakukan backup pada semua data penting yang anda miliki.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

Akhir Kata

Dengan menerapkan metode – metode diatas semoga nantinya bisa berhasil mengatasi masalah Google Play Store yang error atau force close tiba – tiba. Jika-pun nantinya masih terjadi error maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan Factory Reset (Mengembalikan Android ke pengaturan pabrik)

Metode sederhana diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Demikian ulasan singkat mengenai penyebab dan solusi mengatasi play store telah berhentis, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila nantinya ada yang perlu anda tanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Dian Arifin Sebagai Author, saya berusaha keras agar website ini dapat bermanfaat untuk banyak orang, khususnya untuk para pengguna Android. Disini, saya banyak penulis mengenai masalah pada Aplikasi serta Tips & Trik Android. Khairunnas Anfauhum Linnas ....

9 Replies to “8+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Google Play Store Telah Berhenti”…”

  1. 6 langkah sudah dilakukan sampai yg terahir factory reset, tp masih tetep ga normal.. Malah tambah parah mas, hp jadi nge renstart sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *