7+ Cara Memperbaiki Aplikasi Android Rusak & Tidak Berfungsi

1

Dianisa.com – Mengatasi Aplikasi Android Sering Macet, Rusak, Error. Secanggih apapun Smartphone Android tentunya juga bisa mengalami kerusakan, macet, dan error pada aplikasi. Aplikasi Yang Tidak Bisa Dibuka adalah masalah yang sering terjadi pada pengguna smartphone dan tablet Android.

Permasalahan tentu berbeda – beda, dan tidak semua pengguna memiliki masalah yang sama, seperti misalnya muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”, Sayangnya, Aplikasi Tidak Menanggapi, “Sayangnya, Aplikasi Terus Berhenti”, “Unfortunately, App Has Stopped”, “Unfortunately Force Close, Not Enough Memory”, Not Responding”, “Sayangnya, com.android.process Telah Berhenti”, dan lainnya.

Untuk mengatasinya, mari kita simak ulasan lengkap Cara Memperbaiki Aplikasi Android Yang Rusak Dan Error berikut ini.

Masalah Smartphone

Mengatasi Aplikasi Rusak dan Tidak Berfungsi

Setiap pengguna Android memiliki masalah atau kerusakan pada aplikasi yang berbeda – beda. Aplikasi yang di Install bukan dari Google Play Store menjadi penyebab mengapa aplikasi bisa rusak atau tidak berfungsi. Perlu anda ketahui bahwa Google Play Store adalah tempat paling aman untuk mengunduh Aplikasi Android.

Berbeda jika anda mengunduh aplikasi dari situs pihak ketiga yang belum tentu terjamin keamanannya. Untuk Mengatasi Aplikasi Android Yang Rusak Atau Macet, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Dan untuk lebih jelasnya, langsung saja anda ikuti metode – metode sederhananya berikut ini.

1. Reboot Smartphone Android

Cara paling sederhana yang bisa anda lakukan saat aplikasi di Android anda terjadi masalah adalah me-restart atau me-reboot smartphone Android anda. Hal ini akan mengurangi kelebihan muatan pada RAM yang terlalu banyak digunakan untuk membuka dan menjalankan aplikasi.

Dengan reboot atau restart, smartphone Android anda akan kembali fresh atau segar, sehingga menjalankan aplikasi juga terasa lebih ringan dan optimal. Lebihnya lagi, kinerja RAM juga lebih maksimal karena tidak terlalu banyak aplikasi yang terjalan di Background.

2. Bersihkan Cache Smartphone

Selanjutnya, cobalah untuk Membersihkan Cache Pada Smartphone anda. Gunakan Aplikasi Cleaner untuk membersihkannya secara lebih maksimal. Hal ini tentu akan berdampak baik pada performa smartphone dan aplikasi terinstal.

Sebagai contohnya, anda bisa lihat contoh menghapus cache pada aplikasi tertentu secara manual.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi yang error atau rusak » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Gunakan Aplikasi Keamanan

Smartphone Android saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan aplikasi keamanan atau pusat keamanan yang fungsinya untuk Membersihkan Cache, virus, serta melakukan optimalisasi pada sistem dan aplikasi terinstal.

Anda bisa gunakan aplikasi keamanan untuk melakukan boost pada memori dan aplikasi. Sebagai contohnya, dibawah ini saya lakukan pada smartphone Xiaomi yang tentunya bisa anda sesuaikan sendiri.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo warna hijau. Setelah dibuka, anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporaty lainnya.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Dan itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di HP Xiaomi menggunakan aplikasi Keamanan. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X.

4. Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Untuk metode kedua yang bisa anda lakukan yakni dengan Menghentikan Aplikasi Secara Paksa. Cara ini merupakan cara yang lebih ampuh ketimbang cara yang pertama. Tujuan menghentikan aplikasi agar aplikasi tidak terus terbuka di Background layar.

Seperti misalnya pada Aplikasi BBM, walaupun anda tidak membukanya, namun aplikasi tersebut sebenarnya terbuka di bekalang background. Untuk menghentikan aplikasi, anda bisa ikuti metodenya berikut ini.

Hapus Data Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi yang error atau rusak » Kemudian tap “Paksa Berhenti”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

5. Update Aplikasi Android

Untuk metode ketiga yang bisa anda lakukan yakni dengan memperbarui aplikasi yang terinstall tersebut. Siapa tahu dengan update, aplikasi bisa berjalan lancar tanpa kendala apapun. Untuk meng-update aplikasi, anda bisa kunjungi Google Play Store.

Dari situs tersebut, anda bisa mulai untuk Update Aplikasi Yang Error tersebut. Sebelumnya, pastikan koneksi internet anda lancar supaya proses update juga berjalan lancar.

Update Aplikasi Android

  • Buka Google Play Store, kemudian cari “NAMA APLIKASI” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

NOTE: Apabila pembaruan tidak tersedia, anda bisa abaikan metode ini.

6. Hapus Data Aplikasi Android

Jika dengan memperbarui tidak bisa Mengatasi Aplikasi Yang Rusak Atau Tidak Berfungi, maka solusinya adalah Membersihkan Data Aplikasi. Cara ini akan berpengaruh pada data login, basis data, dan cache pada aplikasi.

Namun anda tenang saja, dengan cara ini aplikasi akan kembali pada versi standard dan bisa lebih fresh layaknya aplikasi yang baru di Install. Untuk membersihkan data aplikasi, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Hapus Data Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi yang error atau rusak » Kemudian tap “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

7. Update Sistem Operasi Android

Metode terakhir yang bisa anda coba lakukan yakni dengan meng-update sistem operasi android. Tapi ini tidak menjadi pilihan terakhir, ada banyak cara yang sebenarnya bisa anda lakukan pada Aplikasi Yang Macet Atau Error.

Sebelumnya anda cek terlebih dahulu, apakah aplikasi yang anda install tersebut support dengan sistem operasi android anda, jika tidak tentu anda harus update ke versi yang lebih baru. Seperti misalnya dari Kitkat ke Lollipop. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sistem, Pada bagian tersebut anda bisa coba lakukan update pada Sistem Android anda.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Akhir Kata

Metode yang saya berikan diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya.

Itulah tips singkat yang bisa anda lakukan mengenai Cara Memperbaiki Aplikasi Android Yang Rusak, Error, dan Macet, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

PROBLEM APPS :

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here