8 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka

WhatsApp Web merupakan layanan Web Apps yang menjadi alternatif pengguna WhatsApp dalam mengirim dan menerima pesan melalui browser laptop/ komputer. Fitur dan kemudahan yang ditawarkan sama, pengguna dapat saling mengirim dan menerima pesan, serta melihat status/ story yang dibuat orang lain. Meskipun demikian, WhatsApp Web tidak sepenuhnya mudah digunakan. Koneksi internet pada ponsel dan komputer harus benar-benar stabil agar WhatsApp Web tidak terputus.

Beberapa pengguna terkadang mengalami kendala ketika membuka WhatsApp Web di komputer. Berikut beberapa hal yang membuat WhatsApp Web tidak bermasalah ketika digunakan.

  • Kamera ponsel bermasalah. Apabila kamera ponsel bermasalah, entah itu kacanya yang pecah, lensa rusak, buram, dan lainnya tentu akan membuat scan QR Code tidak maksimal. Biasanya proses scan selalu terjadi kegagalan.
  • Jaringan internet tidak stabil. Jaringan internet yang tidak stabil (lemot) juga membuat login WhatsApp Web bermasalah. Selalu gagal dan loading terus-menerus.
  • Browser tidak mendukung. Kemungkinan browser yang Anda gunakan pada komputer Anda versi lama dan tidak mendukung WhatsApp Web.
  • Akses WhatsApp Web di blokir. Kemungkinan lain, akses ke situs WhatsApp Web di blokir pihak pemerintah atau penyedia/ pemilik WiFi yang Anda gunakan.
  • dll….

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Link Google Form Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka

Untuk mengatasi masalah WhatsApp Web yang tidak bisa di akses, gagal login, dan sejenisnya. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Cek keadaan kamera ponsel

Jika Anda memilih menggunakan WhatsApp, hal paling penting yang juga harus diperhatikan adalah kondisi kamera. Kenapa ini penting? Alasannya jika Anda ingin login WhatsApp Web harus menggunakan kamera untuk scan barcode/ QR Code yang ditampilkan oleh WhatsApp Web. Hal ini memang berbeda dengan Telegram tidak menggunakan scan barcode, cukup menggunakan verifikasi nomor telepon.

Untuk itu cek kondisi kamera Anda, normal atau tidak. Pastikan kondisi kamera tidak buram ketika digunakan. Cek kondisi kaca dan lensa kamera, apakah baik-baik saja atau bermasalah.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Bermasalah, Tidak Dapat Terhubung

2. Cek koneksi internet ponsel Anda

Selain kamera, perhatikan juga koneksi internet pada ponsel Android Anda. Pastikan jaringan internet benar-benar stabil. Coba tes koneksi internet dengan membuka aplikasi lain seperti YouTube, Facebook, dan sejenisnya. Jika tidak stabil, login WhatsApp Web juga akan bermasalah, sering terputus bahkan gagal tidak bisa login.

Provider internet yang Anda gunakan juga penting untuk diperhatikan. Jika terjadi gangguan maka tentunya Anda tidak maksimal dalam mengakses internet, termasuk membuka WhatsApp Web.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Terhubung Internet

3. Pastikan juga koneksi internet laptop tetap stabil

Selain pada ponsel Android, perhatikan juga koneksi internet pada laptop/ komputer yang Anda gunakan. Jaringan seperti apa yang Anda gunakan untuk akses internet, apakah pada Cafe, kantor, kampus, atau yang lainnya. Pastikan koneksi internet benar-benar stabil. Jika akses situs ke WhatsApp Web loading terus-menerus, tanyakan ke pemilik layanan apakah WhatsApp Web dilakukan pemblokiran atau tidak.

Jika Anda menggunakan WiFi sendiri, coba reboot ulang router Anda. Stabilitas jaringan internet (untuk akses WhatsApp Web) sangat penting untuk Anda perhatikan, baik pada ponsel Android maupun pada Laptop/ komputer.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Connect WiFi Windows

4. Coba muat ulang halaman WhatsApp Web

Muat ulang halaman WhatsApp Web
4. Coba muat ulang halaman WhatsApp Web pada browser. RUDI DIAN ARIFIN

Jika terjadi kegagalan saat login dengan barcode, coba muat ulang halaman WhatsApp Web. Gunakan tombol Reload atau CTRL + R untuk muat ulang halaman.

5. Pastikan browser Anda mendukung WhatsApp Web

Cek versi Microsoft Edge
5. Gunakan browser versi paling baru. RUDI DIAN ARIFIN

Selanjutnya, cek browser yang Anda gunakan. Pastikan untuk menggunakan browser versi paling baru. Jika Anda menggunakan Microsoft Edge, lihat melalui halaman About. Jika tersedia versi terbaru, lakukan update untuk mendapatkan fitur dan perbaikan.

  1. Buka Microsoft Edge, klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas.
  2. Pilih Settings » About Microsoft Edge.
  3. Tunggu beberapa saat untuk melihat versi paling baru.
  4. Jika tersedia, update dan restart browser.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Google Chrome Error, Tidak Bisa Dibuka

6. Update WhatsApp ke versi terbaru

Update WhatsApp ke versi terbaru
6. Update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. RUDI DIAN ARIFIN

Selain browser, update versi WhatsApp yang Anda gunakan. Biasanya versi WhatsApp yang paling baru lebih stabil dan dilakukan perbaikan. Anda bisa buka Google Play Store untuk melakukan update WhatsApp.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

7. Akses WhatsApp Web kemungkinan di blokir

Kemungkinan lain, akses WhatsApp Web dilakukan pemblokiran. Hal ini terjadi apabila pemuatan halaman situs loading terus-menerus dan tidak terlihat tampilan WhatsApp Web sama sekali. Kemungkinan blokir bisa dilakukan oleh provider, pemilik WiFi, hingga pemerintah terkait.

Informasi pemblokiran biasanya ramai di publik. Anda bisa tanyakan ke teman atau kerabat Anda mengenai hal ini. Jika pemblokiran terjadi, Anda bisa manfaatkan VPN untuk akses situs terblokir. Ada banyak layanan VPN yang bisa Anda gunakan secara mudah dan gratis.

Lihat Juga : 14 Masalah WhatsApp & Solusi Mengatasinya

Kesimpulan,

Dalam menggunakan WhatsApp Web, hal paling penting untuk Anda perhatikan adalah kestabilan jaringan internet. Dua perangkat yang Anda gunakan, baik Android ataupun Laptop harus stabil semua. Jika tidak, maka koneksi akan terputus.

Kenapa WhatsApp Web tidak bisa kirim file?

Batas ukuran file maksimum untuk media seperti foto, video, dan pesan suara adalah 16 MB. Sedangkan ukuran file untuk dokumen dan sejenisnya adalah 100 MB. Lebih dari itu, pasti akan terjadi kegagalan (tidak di izinkan). Perhatikan juga koneksi internet Anda, jika lambat maka upload file bisa sangat lama bahkan terjadi kegagalan.

Kenapa WhatsApp Web tidak bisa download file?

Kemungkinan file tersebut telah hilang karena batas waktu telah habis. Biasanya WhatsApp akan mempertahankan file yang dikirim orang lain dalam satu chat/ grup selama satu bulan. Lebih dari itu, file otomatis terhapus dari server. Itulah kenapa Anda tidak bisa download file. Jika demikian, mintalah kembali file tersebut ke pihak pengirim.

Kenapa WhatsApp Web tidak bisa scan barcode?

Kemungkinan jaringan internet pada ponsel Anda bermasalah (tidak stabil) atau kamera buram dan tidak maksimal dalam men-scan barcode.

Kenapa barcode WhatsApp Web tidak muncul?

Biasanya karena pemuatan halaman belum selesai. Atau ada ekstensi browser yang membuat pemuatan halaman di kurangi.

Tips di atas memang sangat sederhana, tanyakan masalah Anda dalam menggunakan WhatsApp Web melalui kolom komentar. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.