10 Aplikasi Cloud Storage Android & iOS Terbaik

Dalam kehidupan ber-digital seperti sekarang ini keberadaan penyimpanan yang luas menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kegiatan sehari-hari, terutama untuk Anda yang dalam kesehariannya cukup bergantung pada perangkat digital seperti komputer atau ponsel. Mengingat ukuran software atau aplikasi yang semakin besar dan semakin banyaknya software atau aplikasi yang dibutuhkan, membuat Anda terpaksa mengosong pemakaian penyimpanan Anda demi memasang aplikasi yang Anda butuh kan.

Namun, jika Anda melihat dari sisi lain, Anda akan menemukan hal baik di dalamnya. Dengan mengurangi pemakaian kapasitas penyimpanan, terutama penyimpanan internal, Anda akan memberikan perangkat Anda tempat untuk bernafas sehingga bisa lebih mengoptimalkan kinerjanya. 

Meskipun begitu, mengorbankan berkas-berkas yang berharga pasti masih terlalu berat. Oleh karena itu, di sini Penulis akan memberikan Anda solusinya. Daripada harus menghapus berkas berharga Anda, Penulis menyarankan Anda menggunakan Cloud Storage sebagai tempat penyimpanan tambahan untuk berkas-berkas Anda. Untuk penjelasan lebih lanjutnya silakan simak ulasan berikut ini.

Lihat Juga : 13 Aplikasi Streaming Musik Android & iOS Terbaik

Apa itu Cloud Storage?

Cloud Storageatau Penyimpanan Awan adalah tempat penyimpanan online yang bisa Anda akses kapan pun dan di mana pun dengan perangkat apa pun yang terhubung dengan internet. Cloud Storageini bisa Anda bayangkan seperti sebuah server di mana Anda bisa menyimpan semua data Andas secara online. Lebih sederhananya Cloud Storageini adalah hard disk yang tidak terlihat dan dihubungkan dengan internet.

Untuk mendapatkan akses server Cloud Storageini Anda memerlukan akun yang bisa dibilang sebagai tanda kepemilikan Anda pada sebagian tempat di server itu. Agar lebih mudah, Anda bisa membayangkan akun Anda adalah kunci dari satu kotak loker (bagian Anda) yang tersedia di lemari loker (server) itu. 

Meskipun begitu, cloud storage juga memiliki batasan-batasan dan kebijakan yang harus Anda patuhi. Kebijakan tersebut biasanya diatur oleh platform cloud storage yang Anda gunakan. Salah satunya adalah kebijakan dalam penggunaan kapasitas yang Anda gunakan. Sampai saat ini belum ada platform cloud storage yang menyediakan kapasitas unlimited secara gratis.

Lihat Juga : 8 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Android & iOS Terbaik

Aplikasi Cloud Storage Android & iOS Terbaik

Setelah mempelajari apa itu Cloud Storage, Penulis akan memberikan rekomendasi layanan-layanan Cloud Storage yang bisa Anda akses melalui ponsel Anda. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Google Drive

Google Drive Android
Sumber Gambar : Google Play

Aplikasi yang pertama ini pasti Anda sudah mengetahuinya, aplikasi yang menjadi rekomendasi pertama yang terpikirkan ketika mendengar cloud storage. Apalagi kalau bukan Google Drive. Salah satu layanan Google yang sudah ada sejak 2012 dan menjadi yang terbaik di kategori cloud storage sampai saat ini. 

Seperti yang Penulis jelaskan tentang cloud storage di atas, di Google Drive Anda mampu menyimpang, melihat, mengedit, mengakses berbagai berkas Anda dari perangkat apa pun dan kapan pun Anda membutuhkannya. Selama Anda masih memiliki akses ke akun dan koneksi internet, Anda bisa menelusuri semua berkas yang pernah Anda simpan di Google Drive dari perangkat mana pun dengan mudah.

Google Drive juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi layanan Google Inc. lainnya sehingga semua pekerjaan yang Anda lakukan di aplikasi Google dapat langsung tersimpan secara otomatis. Untuk menggunakan Google Drive, Anda juga harus terhubung internet dan Log in dengan akun yang sama terlebih dahulu. Untuk paket penjualannya (premium), Google memberikan beberapa varian paket yang bisa Anda pilih, berikut ini adalah beberapa variannya.

StorageHarga
15 GBGratis
100 GBRp 26.900/bulan
Rp 269.000/tahun
200 GBRp 43.000/bulan
Rp 430.000/tahun
2 TBRp 135.000/bulan
Rp 1.350.000/tahun

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 15 Aplikasi VPN PC & Mac Terbaik

2. One Drive

Microsoft OneDrive Android
Sumber Gambar : Google Play

Aplikasi yang selanjutnya adalah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft Corp. bernama OneDrive. Layan cloud storage miliki Microsoft Corp. ini sudah ada sejak 2007 silam, namun mengalami berbagai perubahan nama hingga tahun 2014 ditetapkan nama OneDrive. Sama seperti layanan Google Drive, OneDrive ini memiliki kemampuan untuk menampung, melihat, mengedit, mengakses, membagikan, berbagai file Anda dari perangkat mana pun dan kapan pun Anda memerlukannya. 

OneDrive ini juga terintegrasi dengan layanan aplikasi Microsoft lain, seperti Microsoft Office 365 yang akan mempermudah pekerjaan dalam menyimpan berkas dan juga mengamankan berkas-berkas yang Anda kerjakan. Anda juga bisa membuka berkas itu kapan pun Anda membutuhkannya, sekalipun dengan perangkat yang berbeda. Untuk paket penggunaannya sendiri, Microsoft menyediakan beberapa paket untuk Anda. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

PaketHarga
Gratis – 5 GBFree
Premium Personal – 1 TB + Office 365Rp 87.999,00/bulan
Premium Family – 6 TB (1 TB/orang) + Office 365Rp 119.999,00/bulan

[Google Play] [App Store]

3. Dropbox

Dropbox Android
Sumber Gambar : Google Play

Masuk ke aplikasi ketiga, di urutan ini ada aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang yang banyak mengembangkan program pemberkasan digital seperti cloud storage, personal cloud, file sync, dan client software. Nama Aplikasi itu adalah Dropbox. Dengan slogan mereka “Segala yang Anda perlukan untuk pekerjaan, dalam satu tempat”.

Dropbox memberikan semua yang Anda butuh kan dalam masalah penyimpanan berkas, mulai dari menyimpan, melihat, mengedit, mengakses, membagikan, dan mentransfer semua berkas yang Anda perlukan kapan pun dan di mana pun. Hanya dengan bermodalkan koneksi internet, perangkat gadget, dan akun Dropbox, Anda sudah bisa menggunakan semua yang Anda butuh kan untuk berbagai masalah penyimpanan berkas Anda.

Meskipun bukan bagian dari suatu perusahaan besar seperti dua aplikasi sebelumnya, Dropbox ini juga tetap memiliki integritas dengan berbagai aplikasi dari berbagai Corporation. Sampai saat ini, Dropbox sudah memiliki integrasi dengan lebih dari 170 Corporation yang di antaranya terdapat Google Cloud, Zoom, Microsoft, Adobe, Autodesk, WordPress, dan Corporation lainnya. 

Untuk paket penjualannya, Dropbox tersedia dalam 5 varian, mulai dari yang gratis, individual, hingga team. Berikut ini adalah beberapa varian yang tersedia beserta harganya.

PaketHarga
Gratis – 2GBFree
Individual Plus – 2TB$11.99/Bulan (Ditagih Bulanan)
$9.99/Bulan (Ditagih Tahunan)
Individual Professional – 3TB$19.99/Bulan (Ditagih Bulanan)
$16.58/Bulan (Ditagih Tahunan)
Team Standar – 5TB$15/Pengguna/Bulan (Ditagih Bulanan) $12.50/Pengguna/Bulan (Ditagih Tahunan)
Team Advanced – Unlimited$25/Pengguna/Bulan (Ditagih Bulanan) $20/Pengguna/Bulan (Ditagih Tahunan)

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 14 Aplikasi Kasir (POS) PC & Android Terbaik

4. Mega

Mega Android
Sumber Gambar : Google Play

Di urutan keempat ini ada aplikasi yang bernama Mega, merupakan aplikasi yang diluncurkan sejak tahun 2013 silam sebagai pengganti, penerus, atau reinkarnasi dari platform Megaupload yang sudah tiada. Mega menawarkan keamanan, kenyamanan, dan keluwesan kepada Anda yang sedang mencari layanan cloud storage untuk menampung berbagai berkas penting Anda.

Sama halnya dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Mega juga memungkinkan Anda untuk menyimpan, melihat, mengakses, membagikan, mentransfer, mengedit berbagai berkas Anda kapan pun dan di mana pun Anda membutuhkannya. Tidak ada batasan device, selama Anda memiliki sebuah perangkat yang bisa terhubung ke internet, dan sebuah akun untuk mengakses Mega, Anda sudah bisa menggunakannya dengan sesuka Anda.

Yang sedikit spesial dibanding yang lainnya, Mega memiliki fitur komunikasi yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan teman yang sudah terdaftar di akun Mega Anda. Tidak hanya sebatas tulisan, Anda juga bisa melakukan panggilan suara bahkan panggilan video juga. Meskipun begitu, Mega juga memiliki kekurangan yang cukup berpengaruh, yakni kemampuan integrasi dengan pengembang aplikasi lain yang sangat minim bahkan mungkin tidak ada.

Untuk paket penjualannya sendiri, Mega terbilang sangat murah. Selain karena menyediakan storage yang besar untuk paket gratis, namun harga paket lainnya juga lebih murah dibanding aplikasi-aplikasi cloud storage sebelumnya-sebelumnya.

PaketHarga
Gratis – 50GBFree
Pro Lite – 400GBRp 85.500/Bulan
Rp 856.500/Tahun
Pro I – 2TBRp 171.00/Bulan
Rp 1.172.000/Tahun
Pro II – 8TBRp 342.500/Bulan
Rp 3.426.000/Tahun
Pro III – 16TBRp 514.000/Bulan
Rp 5.140.000/Tahun

[Google Play] [App Store]

5. Amazon Drive

Amazon Drive Android
Sumber Gambar : Google Play

Rekomendasi berikutnya datang dari perusahaan raksasa yang sudah mendunia dalam bidang teknologi, Amazon Inc. Dengan layanan cloud storage mereka yang bernama Amazon Drive. Mungkin Anda tidak cukup familier dengan nama Amazon Drive ini, Amazon Drive ini juga bisa dibilang salah satu cloud storage terbaik yang bisa penulis rekomendasikan, mengingat layanan yang satu ini dipegang salah satu raksasa perusahaan teknologi. 

Selain latar belakang yang meyakinkan, Amazon Drive ini juga memiliki fungsi dan fitur yang sama seperti Cloud Storage sebelumnya. Di sini Anda bisa menyimpan berbagai berkas mulai dari dokumen, foto, maupun video dengan bebas selama sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku. Anda juga bisa melihat, mengakses, membuka, mengedit, bahkan berbagi berkas dari perangkat di mana pun dan kapan pun Anda butuh kan.

Untuk hubungan integrasi dengan perusahaan lain, Penulis belum menemukan informasinya, namun jika hanya untuk menyimpan atau membagikan berkas, penulis cukup merekomendasikan Amazon Drive ini. Untuk harga paketnya sendiri, Anda bisa melihatnya daftar tabel berikut ini.

PaketHarga
5GBFree
100GB$1.99/Bulan
$19.99/Tahun
1TB$6.99/Bulan
$59.99/Tahun
2TB$11.99/Bulan
$119.98/Tahun
3TB – 30TB$179.97/Tahun – $1,799.70/Tahun

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

6. Box

Box Android
Sumber Gambar : Google Play

Box merupakan salah satu penyedia layanan Cloud Storage yang sudah dipercaya hingga bisa membuat kantor cabang di berbagai penjuru dunia. Saat ini, Box sudah memiliki 12 kantor cabang yang beberapa di antaranya terdapat di Jepang, Prancis, Jerman, United Kingdom, dan negara-negara lain.

Sama seperti yang lain, Box juga menyediakan layanan penyimpanan berkas secara online di mana Anda bisa mengecek, mengakses, membuka, mengedit, membagikan, berkas-berkas Anda dari perangkat mana pun, kapan pun, dan di mana pun Anda butuh kan. Box juga menjamin berkas Anda terjaga dengan aman, tidak akan hilang ataupun bocor ke orang lain. 

Tidak selesai di situ, Box juga memiliki integritas dengan berbagai pengembang ternama, seperti Google Cloud, Adobe, Office 365, Slack, dan lainnya. Untuk harganya sendiri, Box menyediakan beberapa paket penjualan yang value dan harganya bisa Anda cek di tabel berikut ini.

PaketHarga
Gratis – 10GBFree
Individual Personal Pro – 100GB$10/Bulan
Team Starter – 100GB$7/user/bulan (ditagih per bulan)
$5/user/bulan (ditagih per tahun)
Team Business – Unlimited$20/user/bulan (ditagih per bulan) $15/user/bulan (ditagih per tahun)
Team Business Plus – Unlimited$33/user/bulan (ditagih per bulan) $25/user/bulan (ditagih per tahun)
Team Enterprise – Unlimited$47/user/bulan (ditagih per bulan) $35/user/bulan (ditagih per tahun)

[Google Play] [App Store]

7. MediaFire

Mediafire Android
Sumber Gambar : Google Play

Masuk ke urutan ketujuh, di urutan ini ada layanan cloud storage yang saat ini kurang populer namun masih sangat bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang sedang mencari cloud storage. Aplikasi itu adalah MediaFire, merupakan cloud storage yang dikembangkan di Texas dan sudah ada sejak tahun 2006 silam. 

MediaFire menawarkan Anda pengalaman cloud storage yang nyaman dengan unlimited bandwidth dan download, 10GB Free dengan Up to 4GB file size, cross-platform, dan penawaran-penawaran menarik lainnya. Pada dasarnya MediaFire ini sama saja dengan cloud storage lainnya di mana Anda bisa menyimpan, melihat, mengakses, membagikan berbagai berkas Anda dari perangkat apa pun yang terhubung dengan internet dan memiliki akses akunnya, kapan pun Anda membutuhkannya.

Untuk paket penjualannya sendiri, MediaFire memiliki harga yang cukup murah di value yang sama dengan cloud storage lain. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut.

PaketHarga
Basic – 10GBFree
Pro – 1TB$5/bulan (ditagih per bulan)
$3.75/bulan (ditagih per tahun)
Business 100 User – Up to 100TB$50/bulan (ditagih per bulan)
$40/bulan (ditagih per tahun)

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 7 Aplikasi Pencari Driver PC & Mac Terbaik

8. Sync.com

Sync.com Android
Sumber Gambar : Google Play

Build a Better Cloud with Sync.com” Sync.com merupakan cloud storage lainnya yang bisa penulis rekomendasikan untuk Anda. Mungkin terdengar asing, namun layanan yang satu ini tidak bisa diacuhkan begitu saja. 

Sync.com mengklaim bahwa layanannya sangat menjaga keamanan dan privacy customer mereka “Sync is like Dropbox, but 100% private”. Sync.com juga sangat fleksibel, mengingat paket penjualannya yang sangat banyak, mulai dari paket personal, individual, bahkan team. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda, jika Anda ingin paket Individual namun value-nya terlalu besar, Anda bisa mengambil paket mini yang ada di Personal.

Untuk kegunaannya sendiri, Sync.com ini sama saja dengan yang lainnya. Anda bisa menyimpan, melihat, membagikan, mengakses, berkas-berkas Anda dari perangkat mana pun, kapan pun, dan di mana pun Anda membutuhkannya. Anda juga tidak perlu khawatir berkas Anda bocor atau hilang karena Sync.com sudah menjamin untuk menjaga berkas Anda dengan aman sentosa. 

Untuk harganya sendiri, tidak bisa dibilang murah namun masih cukup worth it. Untuk jelasnya silakan lihat tabel berikut ini.

Paket PersonalHarga
Free – 5GBGratis
Mini – 200GB$60/tahun
Basic – 2TB$96/tahun
Paket IndividualHarga
5GBFree
Basic – 2TB$8/bulan (ditagih per tahun)
Standard – 3TB$10/bulan (ditagih per tahun)
Pro – 4TB$15/bulan (ditagih per tahun)
Paket TeamHarga
Standard – 1TB/User (Up to 100 User)$5/user/bulan (ditagih per tahun)
Plus – 4TB/user (Up to 100 User)$8/user/bulan (ditagih per tahun)
Advanced – 10TB/User (Up to 1000 User)$15/user/bulan (ditagih per tahun)

[Google Play] [App Store]

9. pCloud

pCloud Android
Sumber Gambar : Google Play

Rekomendasi selanjutnya datang dari pengembang yang berpusat di Switzerland atau Swiss, aplikasi itu adalah pCloud. Salah satu cloud storage yang sangat penulis rekomendasikan untuk Anda yang mencari paket cloud storage lifetime. Selain menjadi satu-satunya cloud storage yang menyediakan paket penjualan Lifetime, pCloud ini juga menyediakan berbagai layanan seperti keamanan, backup, File management, Access & Synchronization, dan layanan lainnya yang juga dimiliki cloud storage lain.

Pada dasarnya, pCloud ini kurang lebih sama saja dengan yang lain. Namun berkat adanya paket penjualan lifetime, pCloud bisa saja lebih baik dibanding cloud storage lain. Semua kembali kepada kebutuhan masing-masing. Untuk harganya, Anda bisa lihat tabel berikut ini.

PaketHarga
10GBFree
Premium – 500GB$47.88/Tahun
$174 sekali bayar
Premium Plus – 2TB$95.88/Tahun
$350 sekali bayar
pCloud Family – 2TB$400 sekali bayar

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 12 Aplikasi Translate Android & iOS Terbaik

10. Degoo Cloud Storage

Degoo Cloud Storage
Sumber Gambar : Google Play

Masuk ke rekomendasi terakhir, Degoo Cloud Storage ini bisa menjadi kuda hitam yang mampu mengalahkan rekomendasi-rekomendasi sebelumnya. Dengan pemasangan lebih dari 10 Juta kali dan rating 4,3 dari 500 ribu orang di Google Play Anda sudah bisa mengetahui kehebatan cloud storage yang satu ini.

Jika dilihat dari kegunaannya, Degoo Cloud Storage ini tidak jauh berbeda dengan cloud storage sebelum-sebelumnya, dari kegunaan dan keamanannya kurang lebih sama saja. Yang membuat cloud storage ini spesial dibanding yang lainnya adalah value yang diberikannya.

Degoo Cloud Storage memberikan value yang sangat worth it bahkan untuk Anda yang hanya menggunakan paket gratisnya. Untuk harga yang sama di cloud storage lain, Degoo bisa memberikan 3X lebih banyak. Penasaran sama value dan harganya? cek tabel berikut ini.

PaketHarga
100GBFree
Pro – 500GB$3/bulan
Ultimate – 10TB$10/bulan

[Google Play] [App Store] [App Gallery]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. geandra berkata:

    gan numpang tanya, file / data pada handphone yang tersimpan pada file manager baik yang tersedia atau sudah terhapus, sudah otomatis tersimpan ke cloud/drive ya?
    Terimakasih