5 Cara Menyembunyikan Story Instagram

Semenjak rilis tahun 2016 yang lalu, Instagram Stories (story) kini menjadi salah satu fitur populer yang sering digunakan. Terlebih, dukungan filter yang unik dan seru makin membuat Instagram story lebih kekinian. Apalagi, banyak kreator Instagram yang turut hadir mengembangkan filter-filter baru dengan software Spark AR Studio.

Perkembangan Instagram story makin lama makin menarik dan memanjakan penggunanya. Berbeda dengan feed Instagram, pengguna harus mengatur setiap feed supaya terlihat rapi. Nah dalam hal ini, anda sebagai pengguna terkadang juga perlu mengatur siapa saja yang berhak melihat story Instagram, terutama untuk aktivitas keseharian yang sering dijadikan cerita baru.

Kita bisa ambil sebuah contoh ketidaksengajaan seorang artis yang membagikan cerita (story) dengan pacarnya, yang sebenarnya tidak layak untuk dijadikan story karena berbaur por*rn*graf*. Story tersebut direkam oleh para pengikutnya lalu dibagikanlah dibanyak media, akhirnya story tersebut trending dimana-mana. Dampak dari hal tersebut tentu membuat kredibilitas artis hancur serta mendapat bully-an dari warganet Indonesia.

Inilah pentingnya pengguna Instagram untuk membagikan story untuk orang yang benar-benar kita kenal atau percaya. Untuk story yang biasa, hanya sebatas hiburan mungkin tidak jadi masalah, namun untuk story yang sifatnya sensitif lebih baik bagikan untuk teman yang kita kenal.

Lihat Juga : Cara Agar Story Instagram Tidak Tersimpan ke Galeri

Cara Menyembunyikan Story Instagram

Melalui artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menyembunyikan story Instagram untuk orang tertentu. Ada beragam pilihan metode yang bisa anda lakukan. Lebih jelasnya, simak beberapa metodenya berikut ini.

1. Menyembunyikan Story dari Orang Tertentu

Metode pertama adalah menyembunyikan story dari orang tertentu yang mungkin anda tidak inginkan atau tidak anda sukai. Untuk Instagram versi terbaru, cara ini dapat anda lakukan dengan masuk ke profil Instagram orang terkait, tidak bisa dilakukan melalui fitur Settings Instagram Story. Berikut langkah-langkahnya;

STEP 1: Buka Instagram anda, kemudian masuk ke halaman Profil dari pengguna yang tidak anda inginkan untuk melihat story Instagram anda. Klik icon tiga titik yang ada dibagian pojok kanan atas » pilih Sembunyikan Cerita Anda » tap Sembunyikan.

1 Sembunyikan Story Instagram untuk Orang Lain

STEP 2: Untuk melihat hasilnya, coba buat story, tap icon Settings yang ada dipojok kiri atas. Pilih Orang dibagian Sembunyikan Cerita dari. Kemudian anda bisa lihat orang tersebut masuk dalam daftar orang yang anda sembunyikan dari story anda.

2 Sembunyikan Cerita dari Orang Tertentu Instagram

Jika diurutkan, berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka Instagram, masuk ke halaman Profil seseorang.
  2. Tap icon tiga titik yang ada dipojok, pilih Sembunyikan Cerita Anda.
  3. Konfirmasi dengan Sembunyikan.
  4. Buat Story baru, tap Settings.
  5. Lihat bagian Orang Sembunyikan Cerita dari.
  6. Anda bisa lihat bahwa orang tersebut masuk daftar sembunyikan.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Copy Postingan dan Komentar Instagram

2. Membagikan Story hanya Untuk Teman Dekat

Berikutnya anda bisa membagikan story haya untuk teman dekat. Jadi sebelumnya anda perlu membuat daftar teman dekat melalui fitur Settings Instagram story. Berikut langkah-langkahnya;

STEP 1: Silahkan buka Instagram story anda, kemudian pilih icon Settings. Lihat dibagian Teman Dekat, tap Orang. Tap Mulai untuk menambahkan teman dekat baru. Pilih teman yang anda inginkan dengan tap Tambahkan. Tap Buat Daftar untuk konfirmasi.

1 Membuat Daftar Teman Dekat Instagram

STEP 2: Kemudian coba buat story baru, tap Teman Dekat untuk mengirim story anda. Dengan begitu hanya daftar teman dekat anda yang bisa melihat story yang anda buat.

2 Membagikan Story untuk Teman Dekat Instagram

Jika diurutkan, berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka Instagram story, tap icon Settings yang ada dipojok kiri atas.
  2. Dibagian teman dekat, tap Orang.
  3. Tambahkan teman dekat baru dengan tap Mulai.
  4. Pilih teman yang anda inginkan dengan tap Tambahkan dan Buat Daftar.
  5. Coba buat story dan tap Teman Dekat untuk mengirim.
  6. Dengan begitu, hanya teman dekat yang bisa melihatnya.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mematikan Notifikasi Instagram

3. Menyembunyikan Story dari yang Bukan Pengikut

Berikutnya adalah hanya mengizinkan para pengikut (follower) untuk dapat melihat story anda. Sedangkan yang bukan pengikut tidak bisa melihatnya. Untuk melakukannya, anda perlu mengubah privasi akun dari privat ke publik melalui menu Pengaturan. Tapi efek dari privat akun adalah semua pengguna Instagram yang bukan pengikut juga tidak bisa melihat postingan anda, serta postingan tidak dapat prioritas untuk masuk ke fitur Jelajah (explore). Berikut langkah-langkahnya;

PRIVASI AKUN INSTAGRAM: Masuk ke halaman Profil Instagram anda, tap icon tiga garis yang ada dibagian pojok kanan atas » pilih Pengaturan » Akun » Privasi Akun » lalu enable bagian Akun Privat tersebut (tanda biru artinya aktif).

Mengubah akun Publik ke Privat Instagram

Jika dipersingkat, berikut langkah-langkahnya;

  1. Pertama, buka halaman Profil Instagram anda.
  2. Tap icon tiga garis » pilih Pengaturan.
  3. Tap Akun » Privasi Akun » enable bagian Akun Privat.
  4. Dengan begitu hanya pengikut yang bisa melihat story anda.
  5. Selesai.

Jika akun diatur ke pribadi;

  • Hanya pengikut (follower) yang disetujui yang bisa melihat cerita (story) yang anda buat.

Jika akun diatur ke publik;

  • Pengikut bisa melihat cerita yang anda buat dari Beranda Instagram.
  • Siapa pun bisa melihat cerita yang anda buat di mana saja ditampilkan, seperti di Profil dan Jelajah (explore).
  • Siapa pun yang bisa menanggapi utas Anda di Direct bisa melihat cerita anda di sana.

Lihat Juga : 3 Cara Mengganti Password Instagram

Cara Menyembunyikan Story Instagram Orang Lain

Buat anda yang mungkin tidak suka dengan cerita (story) teman atau orang di Beranda, dibawah ini saya memberikan bonus panduan bagaimana menyembunyikan story pengguna lain. Berikut langkah-langkahnya;

STEP 1: Jika ia membuat story dan anda melihatnya di Beranda Instagram, anda bisa tap dan tahan story tersebut » lalu pilih Senyapkan » Senyapkan Cerita. Dengan begitu, anda tidak lagi melihat ceritanya di Beranda.

1 Sembunyikan Cerita Orang Lain Instagram

Jika dipersingkat, berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka Instagram anda, kemudian lihat bagian story.
  2. Jika ia membuat story, tap dan tahan story tersebut.
  3. Pilih Senyapkan, konfirmasi dengan Senyapkan Cerita.
  4. Selesai.

STEP 2: Opsi berikutnya, anda bisa langsung kunjungi Profil pengguna tersebut. Tap bagian Mengikuti » pilih Senyapkan » kemudian aktifkan bagian Cerita. Dengan begitu, anda tidak lagi melihat ceritanya di Beranda.

2 Senyapkan Story Instagram Orang Lain

Jika dipersingkat, berikut panduannya;

  1. Kunjungi Profil pengguna Instagram tersebut.
  2. Tap Mengikuti » Senyapkan » Cerita.
  3. Selesai.

Dengan fitur Senyapkan, maka anda tidak lagi melihat cerita (story) pengguna tersebut di Beranda. Namun anda tetap dapat melihatnya dengan mengunjungi halaman Profil pengguna lalu melihat cerita atau postingannya.

Lihat Juga : Cara Menyembunyikan Story Instagram Milik Orang Lain

Penutup,

Itulah panduan singkat dari saya, semoga mudah untuk dimengerti. Sebenarnya ada beragam fungsi story Instagram yang bisa anda terapkan serta dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna untuk hal privasi atau bisnis. Anda bisa mencoba beberapa fitur lain untuk lebih memahaminya.

Bagikan artikel ini ke sosial media yang anda miliki supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.