Pengertian Microsoft Office | Jenis Layanan, Fungsi, Manfaat

Melihat perkembangan teknologi saat ini, bukan hal yang tidak mungkin jika segala kegiatan terasa dipermudah. Misalnya mengolah sebuah data, dalam hal ini peranan Microsoft Office sangatlah dibutuhkan. Tentu saja tidak sedikit orang beranggapan, bahwa Microsoft Office ini telah menjadi salah satu perangkat lunak terpenting yang mampu mengelola dan menghasilkan data terbaik.

Tidak heran jika banyak sekali pengguna, baik dari pekerja kantoran hingga mahasiswa yang memakai paket layanan dari Microsoft Office sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Meskipun layanan Microsoft Word, Excel dan PowerPoint yang populer, namun terdapat layanan lainnya yang menurut saya pribadi patut untuk dicoba. Jika pengguna ingin mengetahui lebih tentang apa itu pengertian Microsoft Office? Berikut definisi, jenis serta fungsi dari setiap layanan yang dirilis.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Visio | Fungsi, Fitur, Kelebihan

Pengertian Microsoft Office?

Apa itu Microsoft Office
Image Source : computerworld.com
PengembangMicrosoft
Peluncuran Pertama19 November 1990
Sistem OperasiMicrosoft Windows, MacOS X, Linux, Windows Phone, iOS, & Android.
JenisOffice Suite
Websitewww.office.com

Microsoft Office adalah sebuah paket perangkat lunak klien serta perangkat lunak server yang dikembangkan oleh Microsoft. Umumnya Microsoft Office ini digunakan sebagai alat untuk mempermudah aktivitas dalam perkantoran. Hal tersebut \tidak dapat dipungkiri, mengingat pada awalnya Microsoft mengembangkan Office ini untuk tujuan perkantoran.

Disisi lain banyak masyarakat yang menggunakan Microsoft Office untuk keperluan lain. Misalnya dalam bidang pendidikan, Microsoft Office sangat berguna dalam mengolah dan menghasilkan berbagai data yang difokuskan. Seperti membuat surat, menyimpan data penting, membuat slide presentasi, mengirim email, serta melakukan video call.

Microsoft Office ini pertama kali diumumkan oleh Bill Gates pada tanggal 1 Agustus 1988 di COMDEX, Las Vegas. Pada awal perilisannya, paket perangkat lunak dari Microsoft ini bernama Office Suite. Selain itu, Microsoft juga memposisikan Office sebagai platform pengembangan untuk perangkat lunak lini bisnis dibawah merk Aplikasi Bisnis Office.

Diketahui bahwasannya pengguna Microsoft Office paling banyak menggunakan versi desktop, yang tersedia untuk PC dengan sistem operasi Windows dan macOS. Kemudian tidak tanggung-tanggung, Microsoft juga mengelola aplikasi seluler untuk android dan iOS. Lebih lanjut, Office juga tersedia dalam versi web. Dalam artian pengguna dapat menjalankan Office di dalam web browser.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Publisher | Fungsi, Fitur, Kelebihan

Jenis Layanan Microsoft Office dan Fungsinya

Jenis Layanan Microsoft Office
Image Source : ed2go.com

Terlepas dari pengertian Microsoft Office, tentu kita telah mengetahui bahwa Microsoft Office saat ini telah memperbanyak layanannya. Memang pada awal perilisan Microsoft Office hanya memiliki 3 layanan saja, seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Namun lain halnya dengan saat ini, yang mana telah mengembangkan beberapa layanan untuk mempermudah pekerjaan ataupun tugas.

Dan menariknya, setiap layanan yang dihadirkan melalui Microsoft Office akan membantu dalam memaksimalkan kegiatan pengguna. Misalnya Microsoft Teams, banyak digunakan untuk keperluan video conference dikala pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini. Penjelasan mengenai layanan lainnya yang terdapat dalam Microsoft Office ini dapat pengguna simak pada poin berikut ini.

1. Microsoft Word

Microsoft Word merupakan sebuah perangkat lunak pengolah kata yang dirilis oleh Microsoft. Perangkat lunak yang satu ini dapat dikatakan sabagai layanan pertama dalam paket Microsoft Office. Mengingat perangkat lunak yang satu ini dirilis pada tanggal 21 Oktober 1983. Seperti halnya program pengolah kata lainnya, di dalam Word pengguna dapat membuat, mengedit, serta memformat sebuah dokumen. Misalnya dokumen surat, brosur, buku, kartu nama, jurnal, proposal, dsb.

Saat ini Microsoft Word telah tersedia di berbagai jenis sistem operasi. Mulai dari Microsoft Windows, macOS, iOS, dan juga Android. Hadirnya software ini tentu saja memiliki fungsi serta manfaat yang menarik bagi penggunanya. Misalnya seperti pada poin berikut ini :

  • Mengemat waktu serta tenaga saat membuat dokumen
  • Mudahnya dalam mengelola data yang berkaitan dengan kata – kata dimanapun dan kapanpun
  • Dapat meminimalisir kesalahan penulisan
  • Dan juga meminimalisir penggunaan kertas.

2. Microsoft Excel

Lain halnya dengan paragraf sebelumnya, Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation. Pada umumnya penerapan software Microsoft Excel sangatlah berguna untuk seorang yang bekerja dalam bidang akuntansi atau administrasi. Karena dengan software ini, pengguna mampu mengatur data keuangan dalam perusahaan dengan mudah dan efisien.

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa Microsoft Excel sering disebut sebagai alat manajemen data. Namun data yang paling sering dikelola adalah keuangan. Adapun fungsi lain yang dirasakan dari penggunaan Microsoft Excel misalnya pengguna dapat menganalisis keuangan, pinjaman, pemasukkan, pengeluaran, serta melalukan riset harga.

Lihat Juga : Pengertian Skype | Fitur, Fungsi, Cara Menggunakan

3. Microsoft PowerPoint

Kemudian layanan Microsoft PowerPoint merupakan program dari Microsoft yang dirancang untuk presentasi. Adanya software ini pengguna dapat membuat, mengatur serta memformat sebuah file presentasi menjadi lebih menarik sebelum ditampilkan kepada audience. Tidak sedikit orang lebih milih Microsoft PowerPoint sebagai alat presentasi mereka. Mulai dari perkantoran, pebisnis, pendidik, siswa, mahasiswa, hingga trainer.

Selain sebagai alat untuk mempermudah presentasi, Microsoft PowerPoint juga memiliki manfaat lainnya yang dapat pengguna rasakan. Diantaranya adalah dapat akses di berbagai perangkat komputer, baik versi desktop maupun smartphone dan juga dapat membuat slide presentasi profesional dengan dukungan berbagai fitur (audio, video, gambar, animasi, serta template/desain).

4. Microsoft Outlook

Selanjutnya adalah Microsoft Outlook, layanan yang satu ini merupakan sebuah program personal information manager dari Microsoft. Pada dasarnya Microsoft Outlook ini biasa digunakan untuk mengirim, menerima serta membaca pesan email layaknya Gmail. Namun disamping itu, Microsoft Outlook memiliki fungsi lainnya yang mungkin jarang diketahui. Misalnya dapat membuat draft rencana atau penjadwalan acara, membuat serta mengatur buku alamat.

Dengan menggunakan Microsoft Outlook, pengguna akan disajikan beragam manfaat. Salah satu diantaranya adalah akses pesan yang terorganisir. Atau bahkan dapat meningkatkan produktivitas kerja pengguna, terutama seorang administrasi. Karena memang software ini dapat berkontribusi pada kelayakan kerja dan juga dapat meningkatkan kemungkinan produktivitas pengguna di tempat kerjanya.

5. Microsoft OneNote

Seperti dengan namanya, Microsoft OneNote ini merupakan program untuk membuat catatan dengan fitur kolaborasi multi-pengguna. Lebih lanjut, dengan OneNote pengguna dapat mengoperasikannya untuk berbagai keperluan. Misalnya seperti mengolah catatan, gambar, kliping layar, serta komentar audio. Menariknya, anda juga dapat berbagi dengan pengguna OneNote lainnya melalui jaringan internet.

Lihat Juga : Pengertian Google Meet | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

6. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive merupakan layanan hosting file dan layanan sinkronisasi yang dioperasikan oleh Microsoft. Memungkinkan pengguna dapat mengunggah serta menyinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan (cloud). Kemudian pengguna dapat mengaksesnya melalui peramban web ataupun perangkat tertentu. Layanan ini menyediakan fitur editor via website untuk dokumen office, seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan OneNote.

7. Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan sebuah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan fitur percakapan kerja, rapat video, penyimpanan berkas dan integrasi aplikasi. Dalam Microsoft Teams ini, pengguna akan menemukan beragam fungsi dan manfaat yang menarik. Misalnya dapat membuat komunikasi dan informasi pengguna dengan lancar serta aman.

Lihat Juga : Pengertian YouTube | Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kesimpulan,

Pada ulasan diatas dapat disimpulkan, bahwa pengertian dari Microsoft Office merupakan sebuah paket layanan dari Microsoft yang dirancang untuk kebutuhan perkantoran. Tentunya dengan layanan ini pekerjan kantoran pengguna akan dipermudah dan dipercepat. Didalam paket Microsoft Office ini terdapat 7 layanan yang memiliki peran serta fungsi yang berbeda-beda. Mulai dari pembuatan dokumen, penjadwalan acara, mengedit file presentasi hingga melakukan rapat video.

Apakah Office termasuk ke dalam paket Microsoft 365?

Dengan paket langganan Microsoft 365, Anda mendapatkan aplikasi Office yang terinstal lengkap: Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Publisher, dan Access. (Publisher dan Access hanya tersedia di PC)

Bisakah saya mendapatkan Microsoft 365 secara gratis?

Iya tentu saja, dengan catatan anda dapat menggunakan secara gratis dalam masa uji coba selama satu bulan.

Apakah saya dapat membeli paket Microsoft Office secara terpisah?

Yaa, anda dapat membeli paket Office home & student 2019 (Word, Excel & PowerPoint) dengan harga Rp.1799.000 sekali pembelian.

Berapa harga Microsoft 365?

Anda dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp.39.100 pengguna/bulan hingga Rp.1.199.000/tahun.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya berikan mengenai pengertian Microsoft Office. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa bagikan artikel ini ke semua jejaring sosial media anda supaya lebih berguna. Apabila terdapat pertanyaan mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terimaskasih!!!

CATATAN : Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.