Pengertian Microsoft Publisher | Fungsi, Fitur, Kelebihan

Desain grafis merupakan sebuah proses komunikasi visual melalui penggunaan tipografi, fotografi, serta ilustrasi. Untuk membuat sebuah desain grafis tentu saja membutuhkan sebuah software. Kita tahu terdapat banyak sekali software desain yang dapat pengguna temui di penulusuran google. Hal ini memang tidak mengherankan, mengingat sekarang ini desain telah menjadi salah satu sebuah skill yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Desain grafis juga menjadi salah satu kebutuhan yang penting dan dibutuhkan di sebuah perusahaan. Jika dilihat dari segi pengguna pun, tidak hanya berasal dari kalangan remaja saja. Bahkan tidak sedikit orang dewasa yang menyukai desain grafis. Berbicara mengenai software desain grafis, terdapat beberapa software yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Diantaranya adalah Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, CorelDRAW, inDesign, dan sebagainya. Terlepas dari hal tersebut, apakah pengguna telah mengetahui bahwasannya Microsoft Office juga merilis produk yang terkait desain.

Sangat wajar jika pengguna tidak mengetahui produk tersebut, mengingat setiap orang hanya mengetahui beberapa dari Microsoft Office. Seperti halnya Microsoft Word, Microsoft Excel, PowerPoint ataupun OneDrive. Selain dari produk tersebut, terdapat produk lainnya dari Microsoft Office yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah Microsoft Publisher.

Microsoft Publisher ini tidaklah sepopuler software desain lainnya. Namun software ini patut diperhitungkan, terutama bagi para desainer pemula. Di dalam Micrososoft Publisher pengguna akan diberikan kemudahan dalam mendesain poster, iklan, sertifikat dan lainnya. Nah bagi pengguna yang belum mengetahuinya, simak ulasan lengkap mengenai pengertian, fungsi, fitur serta kelebihan dari Microsoft Publisher berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Apa itu Microsoft Publisher?

Apa itu Microsoft Publisher
Image Source : comoeslavaina.com
PengembangMicrosoft
Rilis Perdana1991
Sistem OperasiMicrosoft Windows
JenisDesktop Publishing Software
LicenseTrialware
Websitewww.microsoft.com

Microsoft Publisher adalah sebuah sebuah aplikasi penerbitan desktop (desktop publishing) dari Microsoft. Berbeda dengan Microsoft Word, Microsoft Publisher penekanannya lebih ditempatkan pada tata letak dan desain halaman dari pada komposisi teks dan pemeriksaan.

Microsoft Publisher dirilis pada tahun 1991, dan software ini termasuk dalam paket Microsoft 365 selain Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan yang lainnya. Menariknya, Microsoft Publisher ini menawarkan pengguna alat yang sempurna dalam membuat teks dengan gambar yang berkualitas dan menghasilkan tata letak yang menarik.

Microsoft Publisher dapat digunakan untuk berbagai bidang. Misalnya bidang pendidikan, seorang desainer pemula dapat menggunakan software ini untuk keperluan pembelajaran. Dengan tersedianya fitur yang ada, pengguna dapat menghasilkan desain yang menarik. Software ini dapat pengguna jadikan sebagai langkah awal dalam membuat desain sebelum mencoba software yang lebih advance seperti Photoshop maupun Corel.

Disisi lain, penggunaan Microsoft Publisher dapat digunakan untuk keperluan bisnis. Selain menghadirkan antarmuka yang sederhana, pekerjaan sebagai desainer akan lebih cepat. Terlebih lagi terdapat efek khusus untuk membantu meningkatkan gambar/foto. Tools untuk memanipulasi warna, efek teks dan aspek desain lainnya pun juga tersedia dalam Microsoft Publisher. Sehingga keluaran yang dihasilkan dalam bentuk cetak pun berkualitas.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Access | Sejarah, Fungsi, Manfaat, Fitur

Fungsi dan Manfaat Microsoft Publisher

Fungsi Microsoft Publisher
Image Source : ed2go.com

Fungsi dari Microsoft Publisher ini akan jauh berbeda dengan produk Microsoft Office lainnya. Namun banyak orang beranggapan fungsi dari Microsoft Publisher ini sama dengan Microsoft Word. Memang di Microsoft Word kita dapat membuat sertifikat, brosur, bisnis card serta yang sejenisnya, hanya saja tingkat kesulitannya cukup tinggi. Karena pada dasarnya hal tersebut bukanlah fungsi utama dari Microsoft Word.

Berbeda dengan Microsoft Publisher yang memang dirancang untuk melakukan hal tersebut. Terlebih dengan menggunakan software ini pengguna tidak perlu membuat sebuah desain dari awal, karena tersedia berbagai template yang menarik. Berikut beberapa fungsi dari Microsoft Publisher yang perlu pengguna ketahui.

1. Membuat tata letak profesional

Dengan segudang fitur yang disediakan, pengguna dapat dengan bebas mengatur tata letak untuk menghasilkan output yang profesional. Disamping itu, keluaran yang dihasilkan pun akan terlihat sama persis dengan apa yang diinginkan.

2. Mendesain dengan unik

Dalam Microsoft Publisher, pengguna akan menemukan beberapa macam template yang dapat digunakan. Memungkinkan pengguna menghasilkan berbagai materi, mulai dari sertifikat, bisnis card, hingga kartu ucapan secara unik, profesional serta perlengkapan pemasaran.

3. Publikasi yang disesuaikan

Berbagai dukungan tools yang tersedia dalam Microsoft Publisher memungkinkan pengguna menghasilkan berbagai produk. Mulai dari pencetakan sampai publikasi email berkualitas profesional. Bahkan dapat digunakan untuk mengekspor pekerjaan yang telah pengguna lakukan ke dalam format standar industri yang tidak dapat diedit.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft OneNote | Fungsi, Manfaat, Kelebihan

Fitur Microsoft Publisher

Fitur Microsoft Publisher
Image Source : techradar.com

Mungkin tidak sedikit orang penasaran, mengapa software ini memiliki popularitas yang cukup mumpuni dalam dunia desain. Berbicara mengenai popularitas Microsoft Publisher ini tidak akan jauh dari fitur yang disediakan. Hal ini tidak mengherankan, mengingat software ini telah memberikan kemudahan bagi desainer pemula dalam membuat desain. Terlebih dengan tersedianya beberapa template dan tool yang menarik. Simaklah berikut ini beberapa fitur yang terdapat dalam Microsoft Publisher.

  • Mail merge tools.
  • Personalization tools.
  • Mengimpor foto dari album online seperti Facebook dan Flickr.
  • Efek tingkat profesional untuk teks, bentuk, dan gambar.
  • Drag-and-drop untuk mengimpor gambar.
  • Default cloud-saving.
  • Kemampuan berbagi dokumen.
  • Kemampuan untuk menggunakan latar belakang gambar dengan resolusi tinggi.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft OutLook | Fungsi, Manfaat, Fitur

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Publisher

Kelebihan Microsoft Publisher
Image Source : notizie.it

Setiap software saat ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Hal ini pun juga dapat pengguna rasakan ketika menggunakan Microsoft Publisher. Disamping itu hanya sebagian pengguna saja yang menanggapinya. Padahal dengan melihat kelebihan dan kekurangan tersebut, kita dapat menentukan “Apakah software ini sesuai dengan yang kita inginkan?”.

Namun pengguna tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, karena banyak sekali kelebihan yang dimiliki Microsoft Publisher. Diantaranya adalah mudahnya pembuatan tata letak grafis, terdapat fitur custom, berkolaborasi menjadi mudah, fitur wizard serta banyak template gratis yang dapat pengguna pakai. Mengenai penjelasan lebih detailnya, dapat anda simak berikut ini.

Kelebihan Microsoft Publisher

  1. Tersedianya template desain gratis. Salah satu keuntungan yang menarik perhatian adalah dengan tersedianya beberapa template desain yang gratis. Microsoft memang telah menyediakan sebuah website untuk mendapatkan template secara gratis, dan juga terdapat ratusan template yang dapat pengguna pilih sesuai keingingan.
  2. Mudahnya pembuatan tata letak grafis. Kita tahu bahwa Microsoft Publisher tidak memiliki fitur yang sulit seperti Photoshop, Illustrator maupun Corel. Hanya bermodalkan drag-and-drog ke dalam layout yang tersedia, pengguna dapat menghasilkan desain yang menarik dan juga profesional.
  3. Fitur kolaborasi. Microsoft Publisher memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan beberapa orang untuk dapat melakukan pekerjaan secara real-time, baik mengubah atau pun menghapus.
  4. Fitur wizard. Dengan didukungnya fitur Wizard, dipastikan pengguna tidak akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan Microsoft Publisher. Karena akan disajikan tutorial step by step pada setiap dokumen yang akan dibuat.
  5. Share melalui Cloud Service. Pengguna dapat melakukan share lewat cloud yang sudah disediakan oleh Microsoft. Para penerima nantinya cukup dikirimkan link untuk melakukan download hasil ke cloud. Jadi pengguna tidak perlu menggunakan alat penyimpanan data fisik untuk diserahkan ke penerima.

Kekurangan Microsoft Publisher

  1. Hanya untuk Platform Microsoft Windows. Diketahui bahwasannya Microsoft Publisher ini hanya dapat digunakan untuk platform microsoft dengan berbagai sistem operasi. Mulai dari Windows 7, 8 ,10 ataupun Vista. Mengenai Publisher pada platform lainnya seperti Linux dan juga Mac memang tidak tersedia, karena mungkin terdapat beberapa kendala yang terjadi.
  2. Berbayar. Sayangnya untuk menggunakan Microsoft Publisher, diharuskan membelinya terlebih dahulu. Mengenai harganya sendiri dimulai dari Rp. 129.000/bulan sampai Rp. 1.199.999/tahun. Jika dilihat dari segi harga sangatlah mahal, karena memang harga tersebut sudah termasuk paket Microsoft 365.

Lihat Juga : Pengertian Zoom Meeting | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Kesimpulan,

Dari ulasan informasi diatas dapat disimpulkan bahwasannya Microsoft Publisher adalah sebuah software penerbitan desktop yang dirilis oleh Microsoft pada tahun 1991. Adanya software ini, pengguna akan diberikan kemudahan dalam membuat sebuah desain grafis. Dengan bermacam template yang disediakan, pengguna dapat membuat poster, sertifikat, kartu nama, bisnis card dan sejenisnya dengan praktis.

Apakah Microsoft Publisher berbayar?

Yaa, karena Publisher termasuk ke dalam Paket Microsoft 365. Pengguna dapat berlanggan dengan harga mulai dari Rp. 129.000/bulan sampai Rp. 1.199.999/tahun.

Apakah Microsoft Publisher mudah dioperasikan?

Tentu saja yaa, Microsoft telah merancang Publisher sedemikian rupa supaya dapat dioperasikan dengan mudah. Namun jika terlihat membingungkan, Microsoft juga telah menyediakan fitur Wizard yang terdapat di Microsoft Publisher.

Apa definisi dari Microsoft Publisher?

Microsoft Publisher merupakan sebuah software yang dirancang untuk membuat desain grafis dengan mudah dan cepat. Hanya bermodalkan drag-and-drop, pengguna dapat menghasilkan desain yang profesional.

Perbedaan Microsoft Publisher dengan Microsoft Word?

Microsoft Publisher digunakan untuk membuat dan menyesuaikan komposisi visual, sedangkan Microsoft Word untuk menulis dan mengedit dokumen yang nantinya dapat dibagikan.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya berikan mengenai pengertian, fungsi, fitur dan kelebihan dari Microsoft Publisher. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi semuanya. Bagikan artikel ini ke jejaring sosial media anda supaya lebih berguna danbermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai ulasan diatas, silahkan kirim melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih!!

CATATAN : Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.